cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kebumen,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan
ISSN : 25489453     EISSN : 2580510X     DOI : -
Core Subject : Economy,
This journal publishes research from various topics in Accounting and Finance.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2019): JIAK" : 12 Documents clear
Pengaruh ekspor impor terhadap cadangan devisa di Indonesia Mahmudah, Binti Khoirul
JIAK : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan Vol 8 No 1 (2019): JIAK
Publisher : P4M STIE Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (869.042 KB) | DOI: 10.32639/jiak.v8i1.205

Abstract

This study aims to analyze the amount of foreign exchange reserve in Indonesia. And the effect of exsports and imports on foreign exchange reserve in Indonesia. This data usade are secondary data derived from The Central Statistics Agency and Indonesian Banks. This research uses a quantitative analysis. Analysis to see whether the exsport and import factors significantly affect the foreign exchanges reserves in indonesia. Based on the regresion result in the know that exports have a positive and significant impact on Indonesian,s foreign exchange reserve while imports have a negative and significant impact on indonesian,s foreign exchange reserve. Keywords : Export, Import, Foreign Exchange
ABOUT CSR GRI-G4 Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Kinerja Lingkungan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Ramadhan, Abid
JIAK : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan Vol 8 No 1 (2019): JIAK
Publisher : P4M STIE Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.376 KB) | DOI: 10.32639/jiak.v8i1.271

Abstract

Kehadiran CSR di indonesia sudah dimulai sejak tahun 1980-an hingga saat ini, dengan berbagai bentuk laporan yang disajikan oleh perusahaan demi upaya berkontribusi dalam dunia bisnis secara sehat. Namun seiring berjalannya waktu, pelaksanaan CSR ini masih terdapat banyak kendala. Salah satu penyebabnya adalah motivasi pengungkapan CSR di Indonesia terkadang hanya untuk mencari popularitas semata dan menjaga reputasi baik bagi pemegang saham. Selain itu dengan diterbitkannya Undang-Undang Nomor 40 tahun 2007 tentang kewajiban Perseroan Terbatas, perusahan dinilai hanya sekedar mematuhi peraturan pemerintah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan kinerja lingkungan sebagai variabel independen terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di jakarta islamic indeks (JII). Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 60 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja lingkungan berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure sedangkan ukuran perusahaan dan profitabilitas tidak memiliki pengaruh terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure.
AKUNTAN DI ERA DIGITAL: PENDEKATAN TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL) PADA SOFTWARE BERBASIS AKUNTANSI Mahardhika, Arya
JIAK : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan Vol 8 No 1 (2019): JIAK
Publisher : P4M STIE Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.074 KB) | DOI: 10.32639/jiak.v8i1.282

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji faktor yang menentukan keinginan (intention) akuntan muda untuk menggunakan software MYOB dengan menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis (1989). Responden dari penelitian ini berjumlah 47 orang yang merupakan akuntan muda maupun calon akuntan yang pernah menggunakan software MYOB. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan melakukan uji regresi berganda yang menggunakan software SPSS.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kebermanfaatan (perceived usefulness) merupakan faktor yang menentukan intention, sedangkan tidak pada persepsi kemudahan (perceived ease of use), Kata kunci: perceived ease of use, perceived usefulness, intention to use
PENGARUH ROTASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DALAM MEMPENGARUHI KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN Warsi, Diah Aryanti Sapto
JIAK : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan Vol 8 No 1 (2019): JIAK
Publisher : P4M STIE Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (816.477 KB) | DOI: 10.32639/jiak.v8i1.283

Abstract

The most important resources of an organization is human resouces, those giving all energy, Tlent, creativity, and effort. It is difficult for an organization to pursue its aim without having capable human reresources. Job rotation and satisfaction are parts of quality human resources management to enhance staff performance. Rotation can inprove knowledge, capability, and minimize burmout. Job satisfaction can enhance job performance. The Purpose of this study is to investigate wheter rotation influences job satisfaction and permormance job sastifaction influences performance of 93 staffs using partial least square analysis. This study shows that rotation has asignificanly positive influences performances and rotation. Rotation is an effective way to enhance capability and knowledge, and minimize burnout, but it should consider the competency-based placement. Keyword : job rotation, job satisfaction, staff performance.
PEMBENTUKAN MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN BUDAYA KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENGURANGI PENGANGGURAN DAN KEMISKINAN Sukhemi, Sukhemi; Maisaroh, Siti
JIAK : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan Vol 8 No 1 (2019): JIAK
Publisher : P4M STIE Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (688.079 KB) | DOI: 10.32639/jiak.v8i1.284

Abstract

ABSTRACT   This study aims to examine the model’s formation that can reduce the problem of unemployment and poverty. In accordance with these objectives,  there are several principal problems studied in this research that are; (1) how the approach to poverty reduction programs should be made, (2) how the potential of local institutions' resources are able to act as virtuous circles to reduce the poverty, (3) how the community empowerment model system based on the potential of local wisdom resources and institutions local communities should be conducted in order to be able to significantly reduce the number of local poor community, independent and sustainable. This research was conducted at Muntuk Village due to it is classified as a backward village and it still has the good local wisdom potential to be developed further. This research applies participatory research method to the craftsmen group chosen as pioneer in forming the community empowerment model. The main subjects in this research are; craftsmen group and socio economic community societies at Muntuk Village. The subjects of this study are determined by purposive sampling. Data collection techniques are done through interview, FGD, and analytical descriptive analysis. The result of the research shows that the link and the integration among the bamboo handicraft industry, the local institution’s role, the entrepreneurship spirit and the work ethic of the craftsmen group through the entrepreneurial skills development and social entrepreneurship culture are able to be a virtuous circle or the virtue circle to cut the poverty problem, more independent and sustainable, from the original still powerless to be powerful. The strengthening of empowerment model supported by the strength of human capital, social capital, and also citizens participate actively, were increasingly able to produce a form of community empowerment model. Furthermore, the empowerment model is more strongly built through six pillars namely; industrial structure, entrepreneurship spirit, human capital and social capital factors, local institution, infrastructure and conductive environment. All sub-systems in each of these pillars are interconnected in a system namely community empowerment system model through the development of an entrepreneurial culture to alleviate unemployment and poverty. Keywords : Empowerment Model, Enterpreneur Culture, Unemployment and Poverty
PELAKSANAAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) PENYELESAIAN PERMOHONAN KEBERATAN DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KENDARI Putra, Randy Ariyadita
JIAK : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan Vol 8 No 1 (2019): JIAK
Publisher : P4M STIE Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (718.97 KB) | DOI: 10.32639/jiak.v8i1.281

Abstract

Pajak merupakan salah satu sumber penerimaan Negara yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan pembangunan nasional. Dalam meningkatkan penerimaan pajak, pemerintah melakukan reformasi di bidang perpajakan yang tidak hanya terjadi di tingkat struktur organisasi, tetapi juga dalam hal sistem informasi dan sumber daya manusia termasuk prosedur kerja. Salah satunya yaitu penetapan standar pelayanan yang berhubungan dengan proses-proses penyelesaian masalah antara Dirjen Pajak dengan wajib pajak seperti pada sengketa pajak. Dalam proses pemenuhan kewajiban pajak, prinsip Self-Assessment pada pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan yang diterapkan kepada wajib pajak menciptakan celah ketidakadilan. Surat Ketetapan Pajak (SKP) yang diterbitkan menyebabkan wajib pajak tidak puas atas ketetapan tersebut sehingga timbul sengketa pajak. Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kendari untuk tahun pajak 2017 Standard Operating Procedure (SOP) dibuat berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 9/PMK.03/2013 tentang Tata Cara Pengajuan dan Penyelesaian Keberatan dan dijabarkan dalam SE-11/PJ/2014 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelesaian Keberatan Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai dan/atau Pajak Penjualan Atas Barang Mewah. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif mengingat bahwa yang akan dibuktikan adalah pelaksanaan penyelesaian permohonan keberatan atas sengketa pajak antara wajib pajak dengan aparat pajak berdasarkan SOP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan SOP penyelesaian permohonan keberatan telah sesuai dengan Surat Edaran Direktorat Jenderal Pajak nomor SE-11/PJ/2014 dan Peraturan Menteri Keuangan nomor PMK-9/PMK.03/2013. SOP (Standard Operating Procedure) penyelesaian permohonan keberatan juga efektif dalam proses penyelesaian permohonan keberatan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kendari. Kata kunci: Pajak, Reformasi Perpajakan, Sengketa Pajak, Keberatan Pajak, SOP.
Pengaruh ekspor impor terhadap cadangan devisa di Indonesia Binti Khoirul Mahmudah
JIAK : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan Vol 8 No 1 (2019): JIAK
Publisher : P4M STIE Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/jiak.v8i1.205

Abstract

This study aims to analyze the amount of foreign exchange reserve in Indonesia. And the effect of exsports and imports on foreign exchange reserve in Indonesia. This data usade are secondary data derived from The Central Statistics Agency and Indonesian Banks. This research uses a quantitative analysis. Analysis to see whether the exsport and import factors significantly affect the foreign exchanges reserves in indonesia. Based on the regresion result in the know that exports have a positive and significant impact on Indonesian,s foreign exchange reserve while imports have a negative and significant impact on indonesian,s foreign exchange reserve. Keywords : Export, Import, Foreign Exchange
ABOUT CSR GRI-G4 Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Kinerja Lingkungan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Abid Ramadhan
JIAK : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan Vol 8 No 1 (2019): JIAK
Publisher : P4M STIE Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/jiak.v8i1.271

Abstract

Kehadiran CSR di indonesia sudah dimulai sejak tahun 1980-an hingga saat ini, dengan berbagai bentuk laporan yang disajikan oleh perusahaan demi upaya berkontribusi dalam dunia bisnis secara sehat. Namun seiring berjalannya waktu, pelaksanaan CSR ini masih terdapat banyak kendala. Salah satu penyebabnya adalah motivasi pengungkapan CSR di Indonesia terkadang hanya untuk mencari popularitas semata dan menjaga reputasi baik bagi pemegang saham. Selain itu dengan diterbitkannya Undang-Undang Nomor 40 tahun 2007 tentang kewajiban Perseroan Terbatas, perusahan dinilai hanya sekedar mematuhi peraturan pemerintah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan kinerja lingkungan sebagai variabel independen terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di jakarta islamic indeks (JII). Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 60 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja lingkungan berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure sedangkan ukuran perusahaan dan profitabilitas tidak memiliki pengaruh terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure.
PELAKSANAAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) PENYELESAIAN PERMOHONAN KEBERATAN DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KENDARI Randy Ariyadita Putra
JIAK : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan Vol 8 No 1 (2019): JIAK
Publisher : P4M STIE Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/jiak.v8i1.281

Abstract

Pajak merupakan salah satu sumber penerimaan Negara yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan pembangunan nasional. Dalam meningkatkan penerimaan pajak, pemerintah melakukan reformasi di bidang perpajakan yang tidak hanya terjadi di tingkat struktur organisasi, tetapi juga dalam hal sistem informasi dan sumber daya manusia termasuk prosedur kerja. Salah satunya yaitu penetapan standar pelayanan yang berhubungan dengan proses-proses penyelesaian masalah antara Dirjen Pajak dengan wajib pajak seperti pada sengketa pajak. Dalam proses pemenuhan kewajiban pajak, prinsip Self-Assessment pada pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan yang diterapkan kepada wajib pajak menciptakan celah ketidakadilan. Surat Ketetapan Pajak (SKP) yang diterbitkan menyebabkan wajib pajak tidak puas atas ketetapan tersebut sehingga timbul sengketa pajak. Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kendari untuk tahun pajak 2017 Standard Operating Procedure (SOP) dibuat berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 9/PMK.03/2013 tentang Tata Cara Pengajuan dan Penyelesaian Keberatan dan dijabarkan dalam SE-11/PJ/2014 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelesaian Keberatan Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai dan/atau Pajak Penjualan Atas Barang Mewah. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif mengingat bahwa yang akan dibuktikan adalah pelaksanaan penyelesaian permohonan keberatan atas sengketa pajak antara wajib pajak dengan aparat pajak berdasarkan SOP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan SOP penyelesaian permohonan keberatan telah sesuai dengan Surat Edaran Direktorat Jenderal Pajak nomor SE-11/PJ/2014 dan Peraturan Menteri Keuangan nomor PMK-9/PMK.03/2013. SOP (Standard Operating Procedure) penyelesaian permohonan keberatan juga efektif dalam proses penyelesaian permohonan keberatan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kendari. Kata kunci: Pajak, Reformasi Perpajakan, Sengketa Pajak, Keberatan Pajak, SOP.
AKUNTAN DI ERA DIGITAL: PENDEKATAN TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL) PADA SOFTWARE BERBASIS AKUNTANSI Arya Samudra Mahardhika
JIAK : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan Vol 8 No 1 (2019): JIAK
Publisher : P4M STIE Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/jiak.v8i1.282

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji faktor yang menentukan keinginan (intention) akuntan muda untuk menggunakan software MYOB dengan menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis (1989). Responden dari penelitian ini berjumlah 47 orang yang merupakan akuntan muda maupun calon akuntan yang pernah menggunakan software MYOB. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan melakukan uji regresi berganda yang menggunakan software SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kebermanfaatan (perceived usefulness) merupakan faktor yang menentukan intention, sedangkan tidak pada persepsi kemudahan (perceived ease of use), Kata kunci: perceived ease of use, perceived usefulness, intention to use

Page 1 of 2 | Total Record : 12