cover
Contact Name
Amrullah Mahmud
Contact Email
ozzy.fachrozzy15@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ozzy.fachrozzy15@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. pangkajene kepulauan,
Sulawesi selatan
INDONESIA
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar
ISSN : 26205246     EISSN : 26206307     DOI : -
Core Subject :
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar dikelola dengan proses peer review dan open acces. memiliki p-ISSN: 2620-5246 dan e-ISSN: 2620-6307. Terbit dua kali dalam setahun, bulan April dan September. Dipublikasikan oleh STKIP Andi Matappa Pangkep. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar menerbitkan artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian bidang pendidikn dasar, model-model pembelajaran, strategi pembelajar.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2018): April" : 7 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE ROLE PLAYING BAGI SISWA KELAS IV SD Kustiarini, Kustiarini -; Prasetyo, Pedi -
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2018): April
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (852.064 KB)

Abstract

Abstrak. Tujuan Penelitian Ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD materi lambang bilangan romawi bagi siswa kelas IV semester 2 SDN Sumur 03 tahun 2016/2017 melalui model pembelajaran Role Playing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus.  Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu (1) Perencanaan (2) Tindakan, (3) Observasi  (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan yaitu Februari  sampai dengan Mei 2017 yang bertempat di SDN Sumur 03, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati. Subyek penelitian ini  adalah siswa kelas IV semester 2 tahun  2016/2017 yang terdiri dari 13 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan hasil belajar matematika pra siklus dengan hasil belajar matematika setelah siklus. Kesimpulah hasil penelitian ialah setelah dilakukan penelitian tindakan kelas melalui model pembelajaran Role Playing, hasil belajar mata pelajaran Matematika materi lambang bilangan romawi bagi siswa kelas IV semester 2 SDN Sumur 03 mengalami peningkatan baik secara teoritik maupun empirik. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Bilangan Romawi, Role Playing  Abstract. The purpose of this research is to improve the mathematics learning outcomes of the fourth grade elementary school students the material of the Roman numerals for the fourth grade students of semester 2 of SDN Sumur 03 of 2016/2017 through the Role Playing learning model. This research is a classroom action research (CAR) which consists of 3 cycles. Each cycle consists of four stages, namely (1) Planning (2) Action, (3) Observation (4) Reflection. This research was conducted for 4 months, from February to May 2017 which was held at Sumur 03 Elementary School, Cluwak District, Pati Regency. The subjects of this study were fourth grade students in semester 2 of 2016/2017 consisting of 13 students. Data collection method through observation, documentation and test methods. The data analysis technique used was descriptive comparative by comparing the results of pre-cycle mathematics learning with the results of mathematics learning after the cycle. Conclusion the results of the study are after conducting classroom action research through the Role Playing learning model, the learning outcomes of Mathematics subject matter Roman numerals for fourth grade students in semester 2 of SDN Sumur 03 experienced an increase both theoretically and empirically. Keywords: Learning Outcomes of Mathematics, Roman Numbers, Role Playing   
Tata Kelola Inovasi Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah Atas dewi, erni ratna
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2018): April
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.55 KB)

Abstract

Abstrak.Sekolah Menengah Atas (SMA) berinovasi menciptakan pembelajaran yang efektif, efisien dan berkualitas. Unsur tata kelola pembelajaran harus disesuaikan dengan kemampuan sekolah dan sumber daya manusia yang dimilikinya untuk dapat melakukan perencanaan, pengarahan, pelaksanaan, pengorganisasian dan pengawasan untuk menjalankan prinsip tata kelola. Prinsip tata kelola yang lazim dikembangkan dalam suatu organisasi yaitu transparansi, partisipasi, akuntabilitas dan koordinasi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder secara representatif dengan menetapkan tiga SMA unggulan dan tiga SMA binaan. Penentuan informan dilakukan dengan metode representatif melalui wawancara dengan jumlah informan 12 orang. Data penelitian disajikan berdasarkan data sekunder yang telah diolah oleh masing-masing sekolah kemudian dikonfromotir kepada informan kunci dan inti yang mampu menjelaskan tata kelola inovasi pembelajaran untuk SMA. Tahapan dalam analisis data ditempuh langkah-langkah: (1) reduksi data, yaitu membuat abstraksi atau rangkuman; (2) penyajian data yaitu dengan mengambil yang pokok-pokok namun dapat dijamin kesahihannya; dan (3) kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) manajemen sekolah berperan penting dalam mewujudkan tata kelola yang baik dalam meningkatkan inovasi pembelajaran; 2) penerapan fungsi manajemen yang terencana, terarah, terlaksana, terkoordinasi dan terawasi menentukan pelaksanaan tata kelola yang transparan, partisipasi, akuntabel dan terkoordinasi; dan 3) penerapan manajemen sekolah yang berbasis tata kelola menghasilkan inovasi pembelajaran sesuai kebutuhan, integrasi, aplikasi, aktivasi dan demonstrasi.
PENGARUH PENERAPAN MEDIA ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD INPRES SUDIANG Alannasir, wahyullah
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2018): April
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.85 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui motivasi belajarsiswa kelas IV pada pelajaran IPA SD Inpres Sudiang denganPenerapan media animasi, (2) Mengetahui Apakah ada pengaruh Penerapan media animasi terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Inpres Sudiang. Jenis Penelitian yang digunakan yaitutrue eksperiment design dengan desain Pretes Posttes Equivalent Groups Design.Teknik pengumpulan data melalui angket motivasi belajar observasi dan wawancara. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 70 orang di SD Inpres SudiangTahun Ajaran 2017. Teknik penyampelan yang digunakan adalah Random sampling, setelah dilakukan perhitungan besaran sampel menggunakan rumus diperoleh 59,57 namun untuk menyeimbangkan sampel setiap kelompok maka dibulatkan menjadi 60 orang siswa. Selanjutnya ditentukan kelompok eksperimen sebanyak 30 orang siswa dan kelompok kontrol sebanyak 30 orang siswa.. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Sudiang sebelum Penerapan media animasi berada pada kategori rendah, setelah Penerapan media animasi berada pada kategori tinggi. Sedangkan pada kelompok kontrol berada pada kategori rendah ke kategori sedang.Penerapan media animasi berpengaruh terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Inpres Sudiang
ANALISIS HUBUNGAN PENERAPAN METODE UMMI DENGAN KEMAMPUAN BACA QUR’AN SISWA SDIT KHOIRU UMMAH LIWA Saputra, Rendy Rinaldy
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2018): April
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.989 KB)

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai hubungan antara penerapan metode UMMI dengan kemampuan baca Qur’an siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Khoiru Ummah Liwa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional yang merupakan suatu metode dengan cara menjelaskan hubungan dari satu variabel dengan variabel yang lain.berdasarkan pembahasan serta uji hipotesi yang telah dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut : (1) Penerapan metode UMMI yang dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Khoiru Ummah Liwa sudah dilaksanakan dengan baik, (2) Kemampuan baca Qur’an siswa  Sekolah Dasar Islam Terpadu Khoiru Ummah Liwa tergolong baik, (3) Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa nilai r hitung ( 0,911 ) lebih besar dari r tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara metode UMMI dengan kemampuan baca Qur’an siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Khoiru Ummah Liwa, dan (4) Hubungan antara variabel metode UMMI dengan variabel kemampuan baca Qur’an siswa  Sekolah Dasar Islam Terpadu Khoiru Ummah Liwa tergolong tinggi dengan arah korelasi yang psoitif (+) Kata Kunci :metode UMMI, Kemampuan Baca Qur’an.
Peningkatan Hasil Belajar Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Strategi Survey Question Reading Recite Review (SQ3R) Pada Siswa subaedah, subaedah
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2018): April
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (982.829 KB)

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Penerapan strategi SQ3R dapat meningkatkan aktivitas membaca pemahaman siswa kelas V SDI Kananga Kec.manuju. (2) Penerapan strategi SQ3R dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V SDI Kananga Kec.manuju. Sumber data dalam penelitian ini adalah personil penelitian yang terdiri dari siswa dan guru. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif yang terdiri dari tes hasil belajar dan hasil observasi. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus. Setiap siklus melalui empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Dalam penelitian ini, pembelajaran mengacu kepada langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan strategi SQ3R yaitu dimulai dari Tahap persiapan pembelajaran, Tahap Pelaksanaan pembelajaran, dan Tahap akhir pembelajaran .Dari paparan data dan pembahasan diperoleh kesimpulan pembelajaran dengan menerapkan strategi SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V SDI Kananga Kec.manuju.
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Pokok Bahasan Pecahan Siswa Kelas IV SDN 151 Kadeppe Kabupaten Enrekang nurdia, nurdia
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2018): April
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (803.291 KB)

Abstract

Abstract. This study aims to determine the improvement of mathematics learning outcomes on the subject of fractions through a realistic mathematical approach to fourth grade students of SD Negeri 151 Kadeppe, Enrekang Regency and increase the activeness of students in the learning process through realistic mathematical approaches. The method used is classroom action research with two cycles. The results showed that the results of learning mathematics in the Principles of Fractions of Students in Grade IV of SD Negeri 151 Kadeppe, Enrekang Regency after using a realistic mathematics learning approach had increased. Based on the results of this study the authors recommend to classroom teachers that a realistic mathematical approach can be used as an alternative in implementing mathematics learning in schools and the application of realistic mathematics is needed good planning in order to run effectively.
PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA PGSD UPP BONE PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA II Amran, Muhammad; Adnan,k, Adnan, K; St. Asmah, St. Asmah
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2018): April
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.722 KB)

Abstract

This study aims to improve the ability of PGSD UPP Bone students in the basic science basic 2 course using process skill approach. The benefits of the research are: (1) Expected Lecturer has knowledge of the theory of process skill approach which is one of the forms of learning innovation in elementary school. (2) it is expected that the lecturer in the course has a learning theory that can be used as a reference to improve the science learning outcomes. The population of the study was UPP PGSD Bone class 25.C was 19 students. Technique of collecting data of this research is by test, direct interview, observation and field note. Data analysis using descriptive statistical techniques to describe student learning outcomes. The results of the study are as follows; (2) Lecturer still have to maximize in designing lesson plan by using process skill approach, (3) Lecturer must improve competence in using a process skill approach. the improvement of students ability by using approach of process skill because student at the time learn more active in implementation of learning process. 

Page 1 of 1 | Total Record : 7