cover
Contact Name
Amrullah Mahmud
Contact Email
ozzy.fachrozzy15@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ozzy.fachrozzy15@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. pangkajene kepulauan,
Sulawesi selatan
INDONESIA
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar
ISSN : 26205246     EISSN : 26206307     DOI : -
Core Subject :
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar dikelola dengan proses peer review dan open acces. memiliki p-ISSN: 2620-5246 dan e-ISSN: 2620-6307. Terbit dua kali dalam setahun, bulan April dan September. Dipublikasikan oleh STKIP Andi Matappa Pangkep. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar menerbitkan artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian bidang pendidikn dasar, model-model pembelajaran, strategi pembelajar.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2019): April" : 14 Documents clear
PENGGUNAAN GAMBAR LUAS DAERAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN PECAHAN DI KELAS VI SD NEGERI 60 PONGKA KABUPATEN BONE arsyad, arsyad
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2019): April
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.731 KB)

Abstract

Ide awal peneltian ini karena kurangnya pemahaman siswa terhadap penjumlahan pecahan khususnya siswa tidak mampu menjumlahkan pecahan dengan daerah luasan arsiran. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman guru tentang pembelajaran penjumlahan pecahan dan strategi pembelajaran pada pecahan. Masalah penelitian ini adalah (1) bagaiman peningkkatan pemahaman siswa dengan menggunakan gambar luas daerah di SD Negeri 60 Pongka. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dalam menjumlahkan pecahan dengan menggunakan gambar luas daerah siswa kelas VI SD Negeri 60 Pongka Manfaat penelitian ini yaitu (1) memberikan pengalaman  kemampuan secara langsung penerapan penggunaan gambar luas daerah dalam upaya meningkatkan kemampuan kemampuan menjumlahakn pecahan (2) sebagai perbaikan mengajar pada pokok bahasan  penjumlahan pecahan .Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini adalah data aktifitas dan hasil belajar siswa dalam penjumlahan pecahan. Data diperoleh dengan observasi, tes, catatan lapangan. Hasil penelitian ini yaitu pada siklus I (1) penajian pada tahap presentase dalam mempragakan gambar luas daerah belum maksimal (2) siswa mengalami kesulitan dalam menjumlahkan pecahan (3) kerja kelompok belum maksimal, sedangakan pada siklus II telah menunjuhkan peningkatan yang signifikan yaitu (1) penyajian pada tahap presentase dalam mempragakan gambar luas daerah telah maksimal berjalan sesuai dengan rencana (2) siswa merasa senang mengerjakan soal penjumlahan pecahan dengan menggunakan gambar luas daerah (3) siswa dapat menenyikan langka-langka penjulahan pecahan dengan menggunakan gambar luas daerah Peningkatan itu dapat dilihat pada siklus I kualifikasi kurang (K), siklus II kualifikasi baik (B). Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan gambar luas daerah dalam pembelajaran pecahan dapat meningkatkan  hasil belajar  siswa kelas VI SD Negeri 60 Pongka. Saran penelitian ini adalah kepada guru sekolah dasar agar menggunakan gambar luas daerah dalam meningkatakan pemahaman siswa terhadap penjumlahan pecahan dan sebagai salasatu alternatif dalam mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran pecahan.
HUBUNGAN ANTARA DAYA LEDAK TUNGKAI DAN KELENTUKAN TOGOK DENGAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH MURID SD INPRES 12/79 BIRU I KEC. TANETE RIATTANG KABUPATEN BONE Muliadi, Muliadi
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2019): April
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.832 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara daya ledak tungkai dengan kemampuan lompat jauh, hubungan antara kelentukan togok dengan kemampuan lompat jauh, hubungan antara daya ledak tungkai dan kelentukan togok dengan kemampuan lompat jauh. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional, sebagai variabel bebas yaitu daya ledak tungkai dan kelentukan togok, sebagai variabel terikat yaitu kemampuan lompat jauh. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SD Inpres 12/79 Biru 1 Kec. Tanete Riattang Kab. Bone. Sampel yang digunakan sebanyak 80 orang yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Ada hubungan antara daya ledak tungkai dengan kemampuan lompat jauh (r X1 Y = 0,65 > rt 0,05 = 0,195). (2) Ada hubungan antara kelentukan togok dengan kemampuan lompat jauh (r X1 Y = 0,64 > rt 0,05 = 0,195). (3) Ada hubungan antara daya ledak tungkai dan kelentukan togok dengan kemampuan lompat jauh (RX1,2 Y = 0,72 > Rt 0,05= 0,195).
PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD INPRES MINASAUPA 1 MAKASSAR PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MACAM-MACAM USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA Hastati, Sri
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2019): April
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.097 KB)

Abstract

Penelitian ini diawali dari rendahnya hasil belajar murid tentang kemampuan murid dalam memecahkan masalah sosial berdasarkan tes awal yang dilakukan sebelumnya. Menurut hemat peneliti hal tersebut disebabkan kurangnya penerapan strategi maupun metode atau yang sejenisnya yang dapat meningkatkan kemampuan murid dalam memecahkan masalah. Atas dasar ini peneliti menawarkan solusi untuk menyelesaikan persoalan tersebut yakni dengan menggunakan metode bermain peran dalam meningkatkan hasil belajar IPS. Selanjutnya masalah dalam penelitian ini adalah : apakah hasil belajar murid akan meningkat bila menggunakan metode bermain peran pada mata pelajaran IPS pokok bahasan macam-macam usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia.   Tujuan penelitian tersebut adalah untuk mengetahui dengan penerapan metode bermain perang dapat meningkatkan hasil belajar murid.Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus selama dua siklus, dengan  alur penelitian yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang digunakan dalam penelitian ini untuk dianalisis dalam upaya mengetahui tingkat keberhasilan penelitian adalah data hasil yaitu berupa hasil tes dan data proses  yaitu berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.Berdasarkan temuan penelitian pada siklus I baik pada data hasil maupun data proses peneliti belum menuai keberhasilan  dimana tingkat pencapaian hasil tes pada siklus I tidak mencapai standar minimal keberhasilan yang ditetapkan oleh peneliti sehingga ini yang melatarbelakangi peneliti untuk melanjutkan kesiklus II. Di siklus II hasil tes yang didapat telah memenuhi standar keberhasilan penelitian bahkan melebihinya.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan hasil dan aktifitas belajar murid pada mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres Minasaupa 1 Makassar.
STUDI MINAT BEKERJA DAN MINAT MELANJUTKAN KE JENJANG PENDIDIKAN YANG LEBIH TINGGI MAHASISWA IST-PI MAKASSAR Mahdiansah, Dian
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2019): April
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (777.791 KB)

Abstract

The purpose of the research was to know the difference between students who have interest to work and students who have interest to continue the higher education level of Makassar IS-PI students. This research was a comparative one and the population were taken from the students of civil engineering and electrical engineering of IST-PI of Makassar. The amount of sample is 25 students from civil engineering and 25 students from electrical engineering which was chosen randomly. Thus, the amount of this research sample was 50 students. The data was collected by questionnaire. The analysis of research that were used were descriptive statistics and inferential. The result after counting showed th 4.5 and tt 2.1, in significant level it was 0.05 or 5% and dk 98 because th was higher than tt. Thus ha was accepted and ho was denied. It means that there are differences between students of civil and electrical engineering of  IST-PI  who have interest in working and students who have interest in continuing the study to a higher level.
PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA 1 DI KELAS 27 MAHASISWA PGSD FIP UNM Amran, Muhammad
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2019): April
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (566.942 KB)

Abstract

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) mengdeskripsikan pembelajaran mata kuliah konsep dasar IPA 1 dengan pendekatan pembelajaran aktif. fokus masalah adalah apakah pendekatan pembelajaran aktif cocok untuk diterapkan pada mata kuliah konsep dasar IPA 1. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeksripsikan pelaksanaan pembelajaran pada mata kuliah konsep dasar IPA 1 dengan pendekatan pembelajaran aktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis peneltitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif murni. Dari hasil penlitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran aktif pada mata kuliah konsep dasar IPA 1 di kelas 27 di Prodi PGSD  FIP UNM berada pada kategori baik.
EFEKTIVITAS PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SD INPRES 6/80 POMPANUA RIATTANG KABUPATEN BONE Syamsiah, Syamsiah
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2019): April
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.496 KB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan pendekatan Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Inpres 6/80 Pompanua Riattang ?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan pendekatan Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Inpres 6/80 Pompanua Riattang.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan fokus penelitian adalah murid kelas kelas VI SD Inpres 6/80 Pompanua Riattang. Pengumpulan data dengan teknik Tes, observasi, dan wawancara, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisis data dalam penelitian ini dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data.Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pengamatan, wawancara dengan indikator-indikator pada tahap refleksi dari siklus penelitian. Data yang terkumpul disetting ke dalam penelitian kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode quantum learning meningkatkan hasil belajar murid dalam pembelajaran IPS bagi siswa kelas VI SD Inpres 6/80 Pompanua Riattang, hasil penelitian menujukkan bahwa nilai pembelajaran IPS mengalami peningkatan dari pelaksanaan siklus I ke siklus II.
PENGGUNAAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KONSEP ENERGI BUNYI DI KELAS VI SD INPRES 5/81 MALLARI KABUPATEN BONE Najiah, Najiah
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2019): April
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.764 KB)

Abstract

Dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : Apakah dengan pembelajaran pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep energi bunyi di Kelas VI SD Inpres 5/81 Mallari Kab. Bone. Sumber data dalam penelitian ini adalah personil penelitian yang terdiri dari siswa dan guru. Jenis data yang diperoleh adalah kuantitatif dan data kualitatif yang terdiri dari tes hasil belajar, hasil observasi, evaluasi, refleksi dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan yang berarti baik pada aktivitas guru dan siswa pada saat proses belajar maupun hasil belajar memahami konsep energi bunyi. Peningkatan itu dapat terlihat pada setiap siklus kesiklus. Siklus satu tingkat penguasaan siswa cukup (C), siklus dua tingkat penguasaan siswa baik (B). Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses yang dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pengajaran konsep energi bunyi di SD Negeri 1 Watampone adalah sebagai berikut: (a) Mengamati, (b) Menggolongkan/mengkalsifikasi, (c) Menafsirkan, (d) Merencanakan penelitian, (e) Meramalkan, dan (f) Menerapkan, (g) Mengkomunikasikan, dan (h) Evaluasi. Saran Peneliti adalah kepada guru SD, agar menggunakan pendekatan keterampilan proses sebagai salahsatu alternatif meningkatkan pemahaman konsep dalam pembelajaran energi bunyi di SD.
Peningkatan Keterampilan Menulis melalui Strategi Pembelajaran Critical Incident pada Murid Kelas IV SDN No. 169 Inpres Parambaddo Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar Syam, Nur
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2019): April
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.004 KB)

Abstract

The problem in this research is the low level of writing skills at the grade IV pupil SDN No. 169 of presidential instruction Parambaddo Sub Polongbangkeng Northern District Takalar. Formulation of the problem in this research is how improved writing skills through learning strategies Critical Incident on the disciple class IV SDN No. 169 of presidential instruction Parambaddo Sub Polongbangkeng Northern District Takalar?. The purpose of this study was to describe the improvement of writing skills through learning strategies Critical Incident on the disciple class IV SDN No. 169 of presidential instruction Parambaddo Sub Polongbangkeng Northern District Takalar. The approach used in this study is a qualitative approach. This type of research is the research action class. The focus in this research is the application of learning strategies Critical Incident and writing skills. The subject of this research is the teacher and student class IV SDN No. 169 of presidential instruction Parambaddo Sub Polongbangkeng Northern District Takalar, as many as 17 students which consists of 11 disciples male and 6 female students, who are actively enrolled in the semester odd years teaching 2018/2019. Data collection techniques used in this research is the observation, tests, and documentation. The data obtained, analyzed using qualitative descriptive analysis.  Results of research writing skills pupils on a cycle I for the average value of classes and ketuntasan of classical learning was at category enough. This suggests that the study has not yet reached the success indicators that is 65, so research proceeded to cycle II. As for the results of the research on cycle II for the average value of classes and ketuntasan of classical learning was increased to a category. This indicates that the results of the writing skills pupils have qualified from the indicators of the success of the research action class is expected, so there is no need to proceed to the next cycle.
IMPLEMENTASI TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 PANGKEP Yusuf, Ahmad; Haslinda, Haslinda
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2019): April
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.84 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk (1)  mengetahui gambaran pelaksanaan teknik self Talk untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar pada Siswa SMP Negeri 1 Pangkep. (2) Untuk mengetahui gambaran aktivitas belajar siswa di SMP Negeri 1 Pangkep sebelum dan setelah diberi teknik Self Talk. Untuk mengetahui (3) Apakah penerapan teknik Self Talk dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di SMP Negeri 1 Pangkep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pangkep sebanyak 12 siswa pada Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel penelitian sebanyak 12 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan teknik self Talk  terdiri atas 4 tahap yaitu tahap memberikan informasi, memberikan lembar jurnal self thought kepada siswa, pernyataan self talk positif dan evaluasi  (2) Tingkat aktivitas belajar pada siswa sebelum diberikan teknik self talk berada pada kategori rendah dan setelah diberikan teknik self talk berada pada kategori sangat tinggi (3) Penerapan teknik self talk dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siswa di SMP Negeri 1 Pangkep.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SUDIRMAN IV MAKASSAR Afni, Nur
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2019): April
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.707 KB)

Abstract

Masalah Pokok Penelitian yaitu hasil belajar pada ulangan sumatif PKn yang dilaksanakan secara klasikal mendapat nilai rata-rata kelas 61, 60 dengan murid yang tuntas hanya mencapai 21 orang (55, 16%) dari jumlah murid dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) belajar murid 65%. Pada dasarnya setiap guru menginginkan dalam proses pembelajaran berjalan aman dan kondusif, oleh karena itu diperlukan suatu metode dan strategi yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa yang positif yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran. Sebenarnya guru telah berusaha menciptakan pembelajaran agar siswa lebih aktif, diantaranya mengerjakan lembar kerja siswa (LKS), menggunakan media yang ada di sekolah, dan mengunakan metode tanya jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan IPS pada siswa kelas IV SDN Sudirman IV Makassar.Pendekatan penelitian  metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Data diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis tes hasil belajar dan statistik infrensial.Pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar PKn dan terjadi perubahan sikap yang positif bagi murid kelas kelas IV SDN Sudirman IV Makassar selama pelaksanaan tindakan. Hal ini dapat terlihat pada hasil belajar PKn murid kelas IV SDN Sudirman IV Makassar melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata setelah dilaksanakannya tindakan kelas pada siklus I, kemudian nilai rata-rata meningkat dari skor ideal yang akan dicapai setelah dilaksanakannya tindakan kelas pada siklus II. Ketuntasan Hasil belajar sains murid kelas IV SDN Sudirman IV Makassar meningkat. Pada siklus I ke siklus II mencapai ketuntasan hasil belajar PKn.

Page 1 of 2 | Total Record : 14