cover
Contact Name
R. Agrosmadhyo
Contact Email
agrosamdhyo@staidenpasar.ac.id
Phone
+628174778645
Journal Mail Official
agrosamdhyo@staidenpasar.ac.id
Editorial Address
STAI Denpasar Bali Jl Angsoka Cargo Permai I No 12 Ubung Denpasar Bali Email : journal@staidenpasar.ac.id | Telp : 085100684868
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Widya Balina :Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi
ISSN : 24776491     EISSN : 2656873X     DOI : 10.53958
Core Subject : Economy,
The contents of the journal cover the scientific fields of Education and Economics including: Economic Education (Accounting, Office Administration and Marketing) Monetary Economy Public Economy Industrial Economy International Economy Human Resource Economics Natural Resource Economics Entrepreneurship
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi" : 12 Documents clear
Diversifikasi Produk Keuangan Pasca Merger (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia)
Widya Balina Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : widya balina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53958/wb.v7i1.157

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana diversifikasi produk yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia pasca merger untuk menarik nasabah. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah pegawai Bank Syariah Indonesia Cabang Denpasar dengan menggunakan teknik purposive. Serta pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini memaparkan hasil diversifikasi produk yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia pasca merger untuk menarik nasabah yaitu dengan meluncurkan produk BSI yang diluncurkan yang belum ada di bank sebelumnya yaitu agen pintar Imas dan BSI. Verifikasi yang dilakukan oleh bank syariah Indonesia lebih efektif dalam meningkatkan minat nasabah yang semakin meningkat setiap bulannya dan juga cocok untuk memperluas pangsa pasar.
Pendayagunaan Program Bantuan Modal Usaha Dalam Mengentaskan Kemiskinan Di Baznas Kota Denpasar
Widya Balina Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : widya balina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53958/wb.v7i1.163

Abstract

Permasalahan kemiskinan ini menjadi salah satu hal utama yang masih menjadi sebuah tantangan bagi pemerintah untuk menanganinya dari dulu hingga saat ini masih terus menerus dilakukan dalam upaya mengentaskan kemiskinan. Islam memiliki peran yang besar tehadap pengentasan kemiskinan. Untuk menanggulangi kemiskinan Islam memberikan solusi melalui zakat, infaq, dan sedekah. Fokus penelitian ini: 1) Bagaimana proses pendayagunaan ZIS untuk mengentaskan kemiskinan dengan program bantuan modal usaha di Baznas Kota Denpasar?, 2) Bagaimana cara mengoptimalkan program bantuan modal usaha di Baznas Kota Denpasar untuk mengentaskan kemiskinan dengan pendayagunaan ZIS?.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) untuk mengetahui proses pendayagunaan ZIS untuk mengentaskan kemiskinan dengan program bantuan modal usaha di Baznas Kota Denpasar, 2) untuk mengetahui cara mengoptimalkan program bantuan modal usaha di Baznas Kota Denpasar untuk mengentaskan kemiskinan dengan pendayagunaan ZIS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pendekatan dan jenis penelitian, penentuan informan, jenis, sumber dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi, serta keabsahan data, dan teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Proses pendayagunaan zakat, infaq dan sedekah yaitu berupa pemberian modal usaha kepada mustahiq dan didukung dengan pemberian modal tambahan serta proses survey yang tepat pada sasaran, 2) cara mengoptimalkan program bantuan modal usaha yaitu dengan dengan pemanfaatan dana ZIS kemudian memberikan pelatihan dan pembinaan berupa edukasi kepada mustahiq dengan didukung oleh sumber daya manusia yang baik.
Implementasi Akad Musyarakah Mutanaqisah Pada Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah Di Bank Danamon Syariah KC Gunung Agung Denpasar
Widya Balina Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : widya balina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53958/wb.v7i1.164

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi akad musyarakah mutanaqisah pada pembiayaan kredit pemilikan rumah (KPR) syariah di Bank Danamon Syariah Kantor Cabang Gunung Agung Denpasar. Untuk mengetahui manfaat pada akad musyarakah mutanaqisah pembiayaan kredit pemilikan rumah (KPR) syariah di Bank Danamon Syariah Kantor Cabang Gunung Agung Denpasar. Untuk mengetahui kendala pada akad musyarakah mutanaqisah pada pembiayaan kredit pemilikan rumah (KPR) syariah di Bank Danamon Kantor Cabang Gunung Agung Denpasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data model Miles dan Huberman dengan teknik analisis data dengan reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian implementasi akad Musyarakah mutanaqisah pada pembiayaan KPR syariah berjalan sesuai dengan fatwa DSN. Serta sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memiliki rumah. Namun perlu ditinjau kembali terhadap berkas-berkas yang masih belum di revisi dengan teliti karna diberlakukan sistem DBLM (Dual Banking Level Model) serta perlu dilakukan sosialisasi kepada nasabah agar minat nasabah meningkat.
Penerapan Media Pembelajaran PPT (Power Point) Melalui Google Meet Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat Belajar PAI Siswa Kelas V SDN 3 Jimbaran
Widya Balina Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : widya balina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53958/wb.v7i1.167

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya minat belajar dan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 3 Jimbaran tahun pelajaran 2021/2022 yang dilaksanakan dengan system hybrid (50% online, 50% offline). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI dengan menerapkan media Power Point melalui Google Meet. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas meliputi perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dan minat belajar siswa pada tiap siklusnya. Hasil belajar mengalami peningkatan dari 62,5% siswa yang tuntas pada siklus I meningkat 100% pada siklus II. Minat belajar siswa mengalami peningkatan dari 75% siswa dengan minat belajar tinggi pada siklus I meningkat menjadi 100% pada siklus II.
Desain Media Pembelajaran Berbasis E-Modul Pada Materi Logika Matematika Di SMKN 5 Semarang
Widya Balina Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : widya balina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53958/wb.v7i1.194

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul matematika materi logika matematika dengan menggunakan model 4D yaitu tahap define (pendefinisian), design (perencanaan), development (pengembangan), dan disseminate penyebaran) . Dalam penelitian ini hanya sampai tahap 3D karena keterbatasan waktu dalam pembuatan produk dan validasiya. E-modul dengan pendekatan CRT terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media, ahli materi dan juga angket tanggapan siswa. Diperoleh rata-rata penilaian validasi ahli materi 87,5%, validasi ahli media 86,8%, penilaian tanggapan siswa 85,2%, Jadi media E-modul layak digunakan dengan kategori sangat baik. Jadi produk E-modul dengan pendekatan CRT pada materi logika matematika layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika SMK kelas XI.
STRATEGI PELAKSANAAN MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KUANTITAS CALON MAHASISWA BARU DI STITNU AL-MAHSUNI DANGER
Widya Balina Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : widya balina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53958/wb.v7i1.208

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pelaksanaan manajemen pemasaran jasa pendidikan untuk meningkatkan kuantitas calon mahasiswa baru. Serta mendeskripsikan tentang faktor penghambat dan pendukung strategi pelaksanaan manajemen pemasaran jasa pendidikan untuk meningkatkan kuantitas calon mahasiswa baru. Dalam meningkatkan kuantitas para pelangan jasa pendidikan yaitu calon mahasiswa adalah dengan menerapkan strategi integrasi yang baik. Strategi integrasi merupakan salah satu strategi dalam aktifitas pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan untuk meningkatkan kuantitas calon mahasiswa baru dan memenangkan persaingan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan menelaah perihal strategi pemasaran jasa pendidikan yang ada di STITNU Al-Mahsuni Danger dalam meningkatkan kuantitas calon mahasiswa baru dengan menggunakan bauran pemasaran sebagai alat promosi produk keunggulan sekolah yang lebih menekankan pada 7P (product, price, place, promotion, people, pshycal evidence, process). Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Narasumber dalam wawancara ini yaitu waka kemahasiswaan, ketua P2M-P3M, tim PMB, ketua BEM dan mahasiswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun untuk memeriksa keabsahan data, peneliti menggunakan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji depenabilitas dan uji konfirmabilitas. Hasil Penelitian menunjukan bahwa strategi integrasi yang dilakukan STITNU Al-Mahsuni Danger dalam meningkatkan kuantitas calon mahasiswa baru sudah terbilang baik, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya data jumlah peningkatan jumalah mahasiswa pada setiap tahunnya. Dari ketujuh unsur bauran pemasaran yang paling dominan didalam meningkatkan kuantitas calon mahasiswa baru di STITNU Al-Mahsuni Danger adalah product, price, dan promotion. Product STITNU Al-Mahsuni Danger yang meliputi MPI, PIAUD dan penekanan pada program pengembangan minat dan bakat. Pada price STITNU Al-Mahsuni Danger menawarkan harga yang relative terjangkau dan sangat sesuai dengan pelayanan yang diberikan serta memiliki berbagai kebijakan potongan harga. Kemudian promotion STITNU Al-Mahsuni Danger yang berfokus pada pengoptimalan periklanan seperti banner, spanduk, media sosial, dan sosialisasi ke sekolah dan madrasah.
UPAYA MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA GAMBAR DI RA AL MANSHURIAH
Widya Balina Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : widya balina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53958/wb.v7i1.209

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca dini pada anak usia 5-6 tahun melalui media gambar di RA Al Manshuriah tahun pelajaran 2022/2023, adapun pertanyaan penelitian sehingga rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana cara meningkatkan kemampuan membaca dini anak usia 5-6 melalui media gambar di RA Al Manshuriah 2) Apa saja hambatan Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun dengan menggunakan media gambar di RA Al Manshuriah tahun pelajaran 2022/2023. Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut peneliti merancang penelitian dengan menggunakan jenis dan metode kualitatif, dari penelitian ini usia anak 5-6 tahun pada RA Al Manshuriah tahun pelajaran 2022/2023, untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan tekhnik observasi, wawancara, dokumentasi, selanjutnya menggunakan analisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya meningkatkan kemampuan membaca dini dengan menggunakan media gambar pada RA Al Manshuriah tahun pelajaran 2022/2023 sudah tepat yaitu dengan metode belajar sambil bermain, hal ini dibuktikan dengan hasil skor anak pada observasi ke dua yaitu Dari hasil observasi kedua menunjukan bahwa anak yang tingkat kemampuan membaca terdapat 9 orang anak berkembang sesuai harapan (BSH) 62,5%. 5 orang anak mulai berkembang (MB) 31,25%, dan 1 orang anak yang belum berkembang (BB) 6,25% . sesuai dengan factor-faktor pendukung yaitu metode yang menantang dan merangsang serta kepedulian seorang guru terhadap anak, adapun hambatan-hambatan yang dihadapi yaitu rasa ketertarikan anak terhadap guru masih kurang, tidak ada sinergi guru dengan sekolah, kerjasama antara guru dengan orang tua anak masih belum maksimal, sebagai alternative dari hambatan-hambatan tersebut adalah guru menghadirkan model-model pembelajaran yang menantang peduli terhadap nuansa dalam pembelajaran, menunjukkan kepribadian yang positif dengan menanamkan nilai-nilai agama.
Investigating the Foundations of Sufism-Based Education in the Qur’an and Hadith
Widya Balina Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : widya balina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53958/wb.v7i1.229

Abstract

This article focuses on the discussion on the basis of Sufism-based education from the perspective of the Qur'an and hadith. This article is the result of a literature review by relying on data in the form of Islamic books and scientific journals. This study is guided by two problem formulations: first, what are the basic foundations of Sufism education in the Qur'an; Second, what is the basic foundation of Sufism education in hadith. this study shows that the verses that support Sufism-based education are Surah al-A’la: 14-15 and Surah al-R’'d: 28. These verses show that remembrance is a tradition commonly practiced by Sufis. Zikr is one method of purifying the soul (tazkiyah al-Nafs) and calming the heart (ithmainn al-Qalb). In addition to the Qur’an, a number of hadiths indicate that the practice of loud remembrance (jahr) and silent voice (sirr) is part of the Sufistic tradition. Even the sirr and jahr remembrance models have been practiced in the lifetime of the Prophet Muhammad. Zikr in congregation, and with a certain number of remembrance numbers, was also practiced at the time of the Prophet.
PENDIDIKAN ISLAM BERKEMAJUAN MUHAMMADIYAH : PELETAK DASAR DAN IMPLEMENTASINYA HINGGA AKHIR ABAD XX
Widya Balina Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : widya balina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53958/wb.v7i1.231

Abstract

Muhammadiyah merupakan gerakan kebangkitan Islam tanah air yang bergerak dibidang sosial, dakwah dan pendidikan, dengan motto amar ma’ruf nahi mungkar. Namun tulisan ini menitikberatkan pada Muhammadiyah sebagai sebuah gerakan Islam dibidang pendidikan, sebagai bagian dari Tujuan Muhammadiyah, yakni menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang berkemajuan. Maka menjadi penting bagi penulis menyoroti Islam berkemajuan Muhammadiyah dalam konteks pendidikan, penggagas, gagasan, rumusan serta implementasinya . Dengan Mengambil metode penelitian kepustakaan, pada tiga buku utama, penulis menyimpulkan Muhammadiyah melalui sang pendirinya KHA. Dahlan semenjak awal telah memberikan pondasi bagi rumah besar Islam berkemajuan sebagai dasar bagi berdirinya pilar-pilar utama berupa puritanisme, nasionalisme dan humanisme yang tampak dengan lahirnya lembaga pendidikan Kristen Muhammadiyah melalui tangan para penerus khittah dan amaliyah Muhammadiyah pada akhir abad XX.
ANALISIS MANAJEMEN PEMASARAN PRODUK INDUSTRI KERAJINAN SENI MOTIF KURSI DAN MEJA BERBAHAN DASAR BAN BEKAS DI DESA JURANG JALER KABUPATEN LOMBOK TENGAH
Widya Balina Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : widya balina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53958/wb.v7i1.250

Abstract

Penelitian ini dilakukakan untuk mengetahui implementasi perencanaan, pegorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan pemasaran produk industri kerajinan kursi dan meja berbahan dasar ban bekas di Desa Jurang Jaler Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah pengarajin kursi dan meja berbahan dasar ban bekas yang berjumlah 25 Orang. Sedangkan objeknya adalah pola manajemen pemasaran produk industri kerajinan kursi dan meja berbahan dasar ban bekas. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola manajemen pemasaran produk industri kerajinan kursi dan meja berbahan dasar ban bekas di Desa Jurang Jaler Kabupaten Lombok Tengah sudah mengikuti kaidah manajemen pemasaran yang meliputi perencanaan pemasaran, pengorganisasian pemasaran, pelaksanaan pemasaran, dan pengawasan pemasaran.

Page 1 of 2 | Total Record : 12