cover
Contact Name
Ansar Suhermam
Contact Email
ansar.suherman@umbuton.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
medialogkomunikasi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bau bau,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 26560690     EISSN : 26849054     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan dua kali setahun yakni bulan Februari dan Agustus. Menerima artikel yang belum pernah dipublikasikan baik dari hasil penelitian, pemikiran konseptual/teoritis, dan studi tentang berbagai fenonema dalam bidang komunikasi, namun tidak terbatas pada isu-isu yang berkaitan dengan ilmu komunikasi seperti: Politik, Ketahanan Nasional; Kebijakan dan birokrasi; Konflik; Kesehatan; Globalisasi dan Dampak Sosial; Media, Demokrasi, dan Integrasi; Literasi Media; Pariwisata; Budaya Populer dan Masyarakat; Media dan Agama; Media dan Politik Identitas; Gender; Media dan Seksualitas; Media Sosial; Teknologi Komunikasi Informasi (TIK).
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2018): Medialog" : 10 Documents clear
STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DALAM MEMBENTUK CITRA PEMERINTAHAN DI KOTA BAUBAU 1), hastuti
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No 2 (2018): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v1i2.271

Abstract

Humas memiliki peranan penting dalam setiap lembaga karena humas menjadi salah satu strategi dalam membentuk citra perusahaan baik itu citra positif maupun citra negatif. Dalam membentuk citra suatu lembaga, humas biasanya memiliki relasi yang luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Public Relations dan untuk mengetahui bagaimana hambatan-hambatan Public Relation di Bagian Humas Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Baubau dalam membentuk citra pemerintahan. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi komunikasi Public Relations di Bagian Humas Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Baubau adalah dengan melaksanakan dua komunikasi adalah komunikasi internal dan komunikasi external. Hambatan-hambatan Public Relation di Bagian Humas Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Baubau adalah sumber daya yang masih kurang memadai, besarnya biaya yang diperlukan serta kesulitan dalam kreatifitas. Untuk mencapai tujuan Humas Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Baubau dalam membentuk citra pemerintahan maka diperlukan kerja keras, disiplin yang tinggi, kemampuan dan keahlian yang profesional dalam bidang Public Relation.
STRATEGI KOMUNIKASI BENCANA PADA MASYARAKAT KABUPATEN BUTON SELATAN Suherman 1), Ansar
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No 2 (2018): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v1i2.272

Abstract

Komunikasi dalam bencana tidak saja dibutuhkan dalam kondisi darurat bencana, tapi juga penting pada saat pra bencana.Mempersiapkan masyarakat di daerah rawan bencana tentu harus senantiasa dilakukan. Selain informasi yang memadai tentang potensi bencana di suatu daerah, pelatihan dan internalisasi kebiasaan menghadapi situasi bencana juga harus dilakukan secara berkelanjutan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya strategi komunikasi interaktif dalam kesiapan menghadapi bencana, yaitu : Penentuan aparat desa/tokoh masyarakat sebagai komunikator/ sumber yang kredibel, Pemilihan pesan yang mudah diterima oleh masyarakat di kawasan kaki gunung Burangrang, Penggunaan media komunikasi yang sesuai dengan karakteristik masyarakat desa, Pemahaman karakteristik masyarakat desa, Mengatasi hambatan komunikasi yang terjadi selama pelaksanaan strategi komunikasi tersebut.
PERANAN HUMAS PEMERINTAH KOTA BAUBAU DALAM MERESPON KONFLIK Fida 1), Wa Nur
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No 2 (2018): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v1i2.273

Abstract

Humas memiliki peran yang sangat besar dalam perkembangan institusi, oleh karena itu kejelian seorang humas untuk mengkomunikasikan dengan baik, cepat dan tepat informasi yang berguna bagi institusi sangat diperlukan bahan pengambil keputusan, Konflik yang terjadi di Kota Baubau yakni dengan adanya persoalan-persoalan tentang berbagai persoalan baik dari premanisme sampai dengan tauran antar kelompok pemuda di Kota Bauabu yang terus menerus disoroti oleh media massa maupun khalayak luas. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif. Penelitian deskriptif, Penelitian ini memiliki ciri antara lain data yang dikumpukan mula-mula disusun dan dijelaskan kemudian dianalisis mengenai peran humas Pemerintah Kota Baubau dalam merespon konflik. Jenis penelitian ini akan mampu menangkap berbagai informasi kualitatif dengan deskripsi teliti dan penuh nuansa hasil penelitian ini telah disimpulkan maka mendapatkan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dan perlu ditingkatkan dalam kaitannya dengan peran oleh humas Pemerintah Kota Baubau dalam  merespon konflik Kota Baubau, hasil Peran oleh Pemerintah Kota Baubau masih perlu ditingkatkan dengan melakukan evaluasi yang bertujuan agar strategi kerja yang telah dilakukan selama ini dapat diperbaiki jika terdapat kekurangan serta dapat merencanakan pengembangan strategi agar kedepannya menjadi lebih terarah dan berkembang. Bentuk komunikasi organisasi perlu juga ditingkatkan dengan selalu berkoordinasi dengan beberapa lembaga terkait, Berbagai hambatan yang di alami oleh humas dalam merespon konflik Pemerintah Kota Baubau perlu juga diminimalkan melalui peran yang di lakukan.
STRATEGI DI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PROMOSI PARIWISATA DI KABUPATEN MUNA Maualana 1), Harry Fajar
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No 2 (2018): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v1i2.274

Abstract

Peneltian ini dilakukan untuk melihat sebuah strategi komunikasi dengan menggunakan social strategy untuk melakukan sebuah promosi pariwisata dengan membangun hubungan antara pelaku pariwisata dengan pelanggan dalam hal ini wisatawan. Social strategy melalui social impact dan strategy impact memudahkan penggunaan media sosial sebagai sarana promosi di era digital saat ini. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: mengetahui dan mendeskrisikan tentang strategi komunikasi dengan menggunakan Social strategy melalui stratgy impact dan social impact pada media sosial dalam melakukan promosi produk pariwisata Kabupaten Muna Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam kepada pelaku pariwisata Kabupaten Muna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Social Strategy melalui social strategy dan strategy impact untuk promosi pariwisata Kabupaten Muna dapat menjalin hubungan antara pelaku pariwisata dengan wisatawan baik online maupun offline. Kegiatan promosi dapat dengan mudah memberikan awareness dan diteruskan oleh follower media sosial kepada pengguna media sosial lainnya.
KURANGNYA PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH DI KABUPATEN WAKATOBI Andy Arya Maulana Wijaya 2), L.M. Azhar Sa’ban 1),
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No 2 (2018): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v1i2.275

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan faktor yang mempengaruhi kurangnya partisipasi politik masyarakat pada Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Wakatobi pada tahun 2015, dan upaya KPUD Kabupaten Wakatobi untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah. Data dikumpulkan dengan analisis dokumen, pengamatan, wawancara, dan dianalisis dengan tehnik deskriptif kualitatif dan Kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) faktor yang mempengaruhi kurangnya partisipasi politik masyarakat pada Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Wakatobi adalah a) Faktor Teknis, b) Faktor Administrasi, c) Sosialisasi, d) Faktor Politik. (2) Tingkat partispasi masyarakat masih tergolong rendah terlihat dari angka masyarakat yang tidak memilih atau golput. Pemilih yang menggunakan hak pilihnya yaitu 57.463 orang dan sisanya tidak menggunakan hak pilih 21.141 orang. (3) Upaya yang dilakuan KPUD untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah adalah (a) sosialisasi pemilihan kepala daerah (b) melaksanakan pendidikan pemilih (c) peran media massa (d) membentuk Relawan Demokrasi.
STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DALAM MEMBENTUK CITRA PEMERINTAHAN DI KOTA BAUBAU hastuti 1)
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No 2 (2018): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v1i2.271

Abstract

Humas memiliki peranan penting dalam setiap lembaga karena humas menjadi salah satu strategi dalam membentuk citra perusahaan baik itu citra positif maupun citra negatif. Dalam membentuk citra suatu lembaga, humas biasanya memiliki relasi yang luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Public Relations dan untuk mengetahui bagaimana hambatan-hambatan Public Relation di Bagian Humas Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Baubau dalam membentuk citra pemerintahan. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi komunikasi Public Relations di Bagian Humas Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Baubau adalah dengan melaksanakan dua komunikasi adalah komunikasi internal dan komunikasi external. Hambatan-hambatan Public Relation di Bagian Humas Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Baubau adalah sumber daya yang masih kurang memadai, besarnya biaya yang diperlukan serta kesulitan dalam kreatifitas. Untuk mencapai tujuan Humas Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Baubau dalam membentuk citra pemerintahan maka diperlukan kerja keras, disiplin yang tinggi, kemampuan dan keahlian yang profesional dalam bidang Public Relation.
STRATEGI KOMUNIKASI BENCANA PADA MASYARAKAT KABUPATEN BUTON SELATAN Ansar Suherman 1)
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No 2 (2018): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v1i2.272

Abstract

Komunikasi dalam bencana tidak saja dibutuhkan dalam kondisi darurat bencana, tapi juga penting pada saat pra bencana.Mempersiapkan masyarakat di daerah rawan bencana tentu harus senantiasa dilakukan. Selain informasi yang memadai tentang potensi bencana di suatu daerah, pelatihan dan internalisasi kebiasaan menghadapi situasi bencana juga harus dilakukan secara berkelanjutan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya strategi komunikasi interaktif dalam kesiapan menghadapi bencana, yaitu : Penentuan aparat desa/tokoh masyarakat sebagai komunikator/ sumber yang kredibel, Pemilihan pesan yang mudah diterima oleh masyarakat di kawasan kaki gunung Burangrang, Penggunaan media komunikasi yang sesuai dengan karakteristik masyarakat desa, Pemahaman karakteristik masyarakat desa, Mengatasi hambatan komunikasi yang terjadi selama pelaksanaan strategi komunikasi tersebut.
PERANAN HUMAS PEMERINTAH KOTA BAUBAU DALAM MERESPON KONFLIK Wa Nur Fida 1)
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No 2 (2018): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v1i2.273

Abstract

Humas memiliki peran yang sangat besar dalam perkembangan institusi, oleh karena itu kejelian seorang humas untuk mengkomunikasikan dengan baik, cepat dan tepat informasi yang berguna bagi institusi sangat diperlukan bahan pengambil keputusan, Konflik yang terjadi di Kota Baubau yakni dengan adanya persoalan-persoalan tentang berbagai persoalan baik dari premanisme sampai dengan tauran antar kelompok pemuda di Kota Bauabu yang terus menerus disoroti oleh media massa maupun khalayak luas. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif. Penelitian deskriptif, Penelitian ini memiliki ciri antara lain data yang dikumpukan mula-mula disusun dan dijelaskan kemudian dianalisis mengenai peran humas Pemerintah Kota Baubau dalam merespon konflik. Jenis penelitian ini akan mampu menangkap berbagai informasi kualitatif dengan deskripsi teliti dan penuh nuansa hasil penelitian ini telah disimpulkan maka mendapatkan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dan perlu ditingkatkan dalam kaitannya dengan peran oleh humas Pemerintah Kota Baubau dalam merespon konflik Kota Baubau, hasil Peran oleh Pemerintah Kota Baubau masih perlu ditingkatkan dengan melakukan evaluasi yang bertujuan agar strategi kerja yang telah dilakukan selama ini dapat diperbaiki jika terdapat kekurangan serta dapat merencanakan pengembangan strategi agar kedepannya menjadi lebih terarah dan berkembang. Bentuk komunikasi organisasi perlu juga ditingkatkan dengan selalu berkoordinasi dengan beberapa lembaga terkait, Berbagai hambatan yang di alami oleh humas dalam merespon konflik Pemerintah Kota Baubau perlu juga diminimalkan melalui peran yang di lakukan.
STRATEGI DI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PROMOSI PARIWISATA DI KABUPATEN MUNA Harry Fajar Maualana 1)
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No 2 (2018): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v1i2.274

Abstract

Peneltian ini dilakukan untuk melihat sebuah strategi komunikasi dengan menggunakan social strategy untuk melakukan sebuah promosi pariwisata dengan membangun hubungan antara pelaku pariwisata dengan pelanggan dalam hal ini wisatawan. Social strategy melalui social impact dan strategy impact memudahkan penggunaan media sosial sebagai sarana promosi di era digital saat ini. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: mengetahui dan mendeskrisikan tentang strategi komunikasi dengan menggunakan Social strategy melalui stratgy impact dan social impact pada media sosial dalam melakukan promosi produk pariwisata Kabupaten Muna Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam kepada pelaku pariwisata Kabupaten Muna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Social Strategy melalui social strategy dan strategy impact untuk promosi pariwisata Kabupaten Muna dapat menjalin hubungan antara pelaku pariwisata dengan wisatawan baik online maupun offline. Kegiatan promosi dapat dengan mudah memberikan awareness dan diteruskan oleh follower media sosial kepada pengguna media sosial lainnya.
KURANGNYA PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH DI KABUPATEN WAKATOBI L.M. Azhar Sa’ban 1), Andy Arya Maulana Wijaya 2)
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No 2 (2018): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v1i2.275

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan faktor yang mempengaruhi kurangnya partisipasi politik masyarakat pada Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Wakatobi pada tahun 2015, dan upaya KPUD Kabupaten Wakatobi untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah. Data dikumpulkan dengan analisis dokumen, pengamatan, wawancara, dan dianalisis dengan tehnik deskriptif kualitatif dan Kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) faktor yang mempengaruhi kurangnya partisipasi politik masyarakat pada Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Wakatobi adalah a) Faktor Teknis, b) Faktor Administrasi, c) Sosialisasi, d) Faktor Politik. (2) Tingkat partispasi masyarakat masih tergolong rendah terlihat dari angka masyarakat yang tidak memilih atau golput. Pemilih yang menggunakan hak pilihnya yaitu 57.463 orang dan sisanya tidak menggunakan hak pilih 21.141 orang. (3) Upaya yang dilakuan KPUD untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah adalah (a) sosialisasi pemilihan kepala daerah (b) melaksanakan pendidikan pemilih (c) peran media massa (d) membentuk Relawan Demokrasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10