cover
Contact Name
Hamdan Sugilar
Contact Email
hamdansugilar@uinsgd.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
puslitpen@uinsgd.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Perspektif
ISSN : 25497111     EISSN : 2549712x     DOI : -
Multidicipliner: Social Science, Law and Islamic Law, Education, Politic, Science and Technology, Languistic.
Arjuna Subject : -
Articles 67 Documents
Implementasi Model Perkuliahan Assesment for Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Pembuktian pada Mahasiswa Pendidikan Matematika Hamdan Sugilar
Jurnal Perspektif Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Perspektif
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap mahasiswa terhadap assessment for learning (AFL), sikap mahasiswa terhadap mata kuliah analisis riil ditinjau dari substansi atau materi kuliah dan kesungguhan mahasiswa mempelajari materi kuliah dan mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar mahasiswa antara mahasiswa yang kuliah dengan model perkuliahan AFL dengan ekspositori. Metodologi penelitian ini adalah quasi eksperimen (percobaan semu) di mana penulis melakukan perlakuan terhadap variabel bebas dan mengamati perubahan yang terjadi pada variabel terikat. Jenis desain eksperimennya yaitu kelompok kontrol pretes–postes. menurut mahasiswa 92,5% menyatakan bahwa analisis riil, merasa bingung dan kesulitan dalam menyelesaikan soal pembuktian, sikap mahasiswa terhadap mata kuliah analisis riil ditinjau dari substansi atau materi kuliah dan kesungguhan mahasiswa mempelajari materi kuliah diperoleh 70% mahasiswa tidak mempelajari mata kuliah ini sebelumnya. Ketika perkuliahan berlangsungpun 65% mahasiswa kurang memahami materi dengan baik dan memberikan sikap pasif. 77,5% mahasiswa merespon positif terhadap model perkuliahan AFL. berdasarkan hasil postes rata-rata kelas eksperimen 62, kelas kontrol 55 dengan prosentase kenaikan kelas eksperimen 61% sedangkan kelas kontrol 42%. Kesimpulannya mahasiswa yang dalam perkuliahannya melalui AFL kemampuan pembuktian pada mata kuliah analisis riil lebih baik secara signifikan dari pada yang menggunakan perkuliahan ekspositori. Kata kunci: analisis riil, assesment for learning,
Hubungan Model Pembelajaran Tendangan Penalti dengan Tingkat Kepercaya Diri dalam Permainan Sepakbola Asep Angga Permadi
Jurnal Perspektif Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Perspektif
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tendangan penalti dalam mencetak gol dalam permainan sepakbola, tingkat kepercayaan diri pemain sepakbola, dan hubungan antara model pembelajaran tendangan penalti dengan tingkat kepercayaan diri dalam permainan sepakbola. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode eksperimen, dengan populasi dan sampel adalah pemain sepakbola yang tergabung dalam siswa ekstrakulikuler sepakbola SMAN 4 Garut sebanyak 20 orang. Instrumen Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-test, Treatment dan Post-test. Hasil penelitian, pengolahan dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa signifikansi peningkatan hasil latihan tendangan penalti, dengan tingkat kepercayaan diri pemain sepakbola SMAN 4 Garut dengan rata-rata berada pada kategori baik, kepercayaan diri pemaian sepakbola memiliki nilai koefisien yang berkatagori tinggi, dan untuk hubungan tendangan penalti dengan tingkat dapat disimpulkan bahwa korelasi antara tendangan penalti dengan kepercayaan diri memiliki nilai koefisien berkatagori tinggi. Dengan temuan tersebut, penulis mengajukan saranagar pemain sepakbola lebih memperhatikan latihan tendangan penalti dan tingkat kepercayaan diri untuk mendukung dalam permaianan sepakbola agar kemampuan dan penampilan saat bermaian maksimal.Kata kunci: kepercayaan diri; model pembelajaran; sepakbola
Pengaruh Metode Pendekatan Bermain terhadap Partisipasi Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa Adaptif Tuna Grahita Ringan Azhar Ramadhana Sonjaya
Jurnal Perspektif Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Perspektif
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh metode pendekatan bermain dan metode pendekatan konvensional tehadap partisipasi belajar pendidikan jasmani siswa adaptif tuna grahita ringan di SLB bagian C Kabupaten Cirebon. Untuk memecahkan masalah tersebut, digunakan metode eksperimen (pretest and posttes control group desain) dengan teknik observasi. Pengamatan dilakukan oleh 3 orang observer yang bersama mengamati kejadian di lapangan. Data hasil observasi selanjutnya dianalisis secara sederhana melalui analisis statistik. Berdasarkan pengolahan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa pada kelompok eksperimen tidak adanya pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi belajar pendidikan jasmani dalam pendekatan bermain pada hasil analisis data kelompok kontrol menunjukan tidak adanya pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi belajar pendidikan jasmani dalam pendekatan bermain, ketika dua kelompok dibandingkan menunjukan adanya pengaruh metode pendekatan bermain yang lebih baik terhadap partisipasi belajar pendidikan jasmani. Kata kunci: metode bermain; metode konvensional; partisipasi
Pengolahan Air Sungai Menjadi Air Layak Konsumsi Menggunakan Kulit Pisang Raja Bulu (Musa paradica) Ferli S. Irwansyah; Susan Susanti; Neneng Windayani
Jurnal Perspektif Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Perspektif
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jp.v1i1.1

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kondisi massa optimum koagulan terhadap pH dan kekeruhan pada pengolahan air sungai Cisangkuy menjadi air domestik nonkonsumsi serta menganalisis karakteristiknya sebelum dan sesudah pengolahan menjadi air domestik nonkonsumsi dengan menggunakan adsorben dari kulit pisang raja bulu (Musa paradica). Tahapan dalam penelitian ini terbagi menjadi beberapa bagian, tahap pertama adalah menganalisis air sungai sebelum perlakuan apapun dengan paramater pH, bau, kekeruhan, kesadahan, kadar besi, mangan dan kadmium. Tahap kedua adalah menentukan optimasi koagulan dari kulit pisang raja bulu (Musa paradica) dan tahap ketiga adalah melakukan penyaringan air sungai melalui media filtrasi. Analisa karakteristik air sungai Cisangkuy dengan parameter bau, pH, kekeruhan, kesadahan, mangan, besi, dan kadmium setelah dibandingkan hasilnya dengan analisa air sungai sebelum pengolahan, semua hasilnya menunjukan penurunan, dan memenuhi baku mutu yang berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 82 Th. 2001. Adapun persen penurunan dari setiap parameter, yaitu kekeruhan 87.50%, pH 25.4%, kesadahan 24.28%, Fe 95.55%, Mn 70.51%, dan Cd 98.50%. Kata kunci: air sungai, absorben, Musa paradica.
KORESPONDENSI DALAM PUBLIKASI ILMIAH Wahyudin Darmalaksana; Yaya Suryana
Jurnal Perspektif Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Perspektif
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jp.v1i2.10

Abstract

Penelitian dan publikasi ilmiah tidak dapat dipisahkan, hasil penelitian belum bermakna apabila belum terpublikasi dengan baik pada jurnal, buku atau media lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan tentang teknik publikasi dan korespondensi dalam publikasi ilmiah sehingga hasil penelitian dapat terpublikasi dengan baik sesuai dengan template dan scope yang ditentukan sehingga alur pengiriman artikel sesuai dengan harapan penulis dan pengelola jurna mulai dari kirim artikel, menerima revisi sampai mengirim hasi revisi berbasis online atau open journal system yang semua itu diperlukan adanya korespondensi. Metode penelitian merupakan penelitian kulitatif dengan pendekatan deskriptif menguraikan tentang teknik publikasi melalui korespondensi penulis. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pentingnya korespondensi dalam publikasi untuk mempermudah dan meningkatkan kualitas dan kuantitas paper pada publikasi pada jurnal online.
KUALITAS PERANGKAT LUNAK: MODULARITAS PUSTAKA TEXT PRE-PROCESSING Dian Sa'adillah Maylawati; Hamdan Sugilar; Rully Agung Yudhiantara
Jurnal Perspektif Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Perspektif
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jp.v1i2.11

Abstract

Perangkat lunak yang baik harus mencapai kualitas yang baik pula. Termasuk pustaka (library) dan komponen perangkat lunak yang akan dipanggil pada perangkat lunak lainnya. Terdapat beberapa faktor kualitas yang dapat dicapai pustaka perangkat lunak, antara lain fleksibilitas, modularitas, interoperabilitas, dan portabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur faktor kualitas modularitas dari pustaka text pre-processing untuk Bahasa Indonesia. Metodologi pembangunan pustaka menggunakan Waterfall dengan menerapkan Unified Modelling Language (UML) sebagai model perangkat lunak. Pustaka text pre-processing dibangun dengan bahasa pemrograman Java dengan masukan berupa koleksi dokumen teks dan keluaran berupa Himpunan Frequent Word Itemset (HFWI) sebagai representasi teks terstruktur. Modularitas pustaka diukur dengan menggunakan metriks Coupling between Object Classes (CBO) dan Lack of Cohesion in Methods (LCOM). Hasil pengukuran dan evaluasi modularitas pustaka menunjukkan bahwa modularitas pustaka sudah dicapai dengan kohesi yang cukup tinggi dan kopling yang rendah. Kohesi yang cukup tinggi ditunjukkan dengan nilai LCOM 0.381, sedangkan kopling yang rendah ditunjukkan dengan nilai CBO 1.045.
ANALISIS PERENCANAAN KEBIJAKAN PENELITIAN UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG Muhammad Asro; Ilim Abdul Halim
Jurnal Perspektif Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Perspektif
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jp.v1i2.12

Abstract

Tujuan penelitian ini antara lain, pertama,untuk mengetahui Rencana Kebijakan Penelitian berkaitan Rencana Kerja Tahunan di UIN SGD Bandung 2015-2019. Kedua, Untuk mengetahui Analisis perencanaan Kebijakan Penelitian di UIN SGD Bandung periode 2015-2019. Ketiga,Untuk mengetahui apa saja rekomendasi hasil Analisis Perencanaan Kebijakan Penelitian UIN SGD Bandung.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, metode pendekatan-pendekatan analisis yuridis normatif, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa; pertama : sosialisasi rencana kebijakan penelitian; belum dilakukan secara masif, jarang di sosialisasikan ke dosen dan mahasiswa sebagai calon peneliti; bahwa hal-hal yang substansi dan administrasi perlu dilakukan sosialisasi lebih dini sehingga peneliti selalu ada yang memberikan catatan. Kedua, Rencana kebijakan penelitian, pada tahun tahun sebelumnya lebih mengutamakan Pemerataan Penelitian; harapanya tahun berikutnya lebih menghadirkan karya yang inovatif dan kreatif untuk menjawab tantangan di masa yang akan datang. Ketiga, Sejalan dengan tujuan penelitian UIN SGD Bandung bahwa Kebijakan aplikasi; hasil-hasil rencana kebijakan penelitian sebaiknya ditindaklanjuti, dipublikasikan dan diterbitkan hasil penelitian tersebut agar bermanfaat untuk orang banyak.mewujudkan penelitian berarti turut serta mewujudkan visi dan misi UIN SGD Bandung; Keempat, Perlunya penguatan dan peningkatan kualitas pemerataan mutu kebijakan penelitian dan administrasi, kontennya pada kualitas isi dan administrasi; Kelima, Pembidangan rencana kebijakan penelitian harus segera diatur sebaik-baiknya lintas fakultas yang ada di lingkungan Universitas Islam Negeri Sunan gunung Djati Bandung.
KOMPETENSI GURU DAN KONTRIBUSINYA DALAM MEWUJUDKAN MADRASAH UNGGUL DI KABUPATEN SUMEDANG Jamaludin Jamaludin; A. Heris Hermawan
Jurnal Perspektif Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Perspektif
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jp.v1i2.13

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kompetensi dalam meningkatkan kinerja dalam mewujudkan lembaga yang unggul. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mendeskripsikan kontribusi kompetensi guru terhadap kinerja guru dalam membangun lembaga madrasah yang memiliki keunggulan. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa keunggulan madrasah dapat diwujudkan dengan meningkatkan kompetensi dan kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa realitas kompetensi dan kinerja guru pada madrasah tsanawiyah As- Sa’adah, madrasah tsanawiyah Al- Irfan dan madrasah tsanawiyah Ma’arif di kabupaten Sumedang telah menggambarkan kompetensi guru yang baik kompetensi guru telah memberikan kontribusi yang penting bagi peningkatan kinerja guru pada madrasah, faktor pendukung kompetensi dan kinerja guru adalah kepemimpinan yang responsif, fasilitas yang memadai, motivasi dari guru yang tinggi. Faktor penghambat kompetensi dan kinerja guru adalah sarana dan prasarana yang masih kurang, kesejahteraan yang masih perlu ditingkatkan, Hasil kompetensi dan kinerja guru pada ketiga madrasah wujud dalam bentuk keunggulan dalam berbagai prestasi perlombaan yang diraih dan nilai akreditasi yang diperoleh A
MENUJU IMPLEMENTASI MOBILE ASSISTED LAGUAGE LEARNING (MALL): PENGGUNAAN SMART PHONE UNTUK PEMBELAJARAN KAMUS MONOLINGUAL BAHASA INGGRIS Rully Agung Yudhiantara; Hamdan Sugilar
Jurnal Perspektif Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Perspektif
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jp.v1i2.9

Abstract

Penggunaan smartphone dan tren implementasi Mobile assisted Language learning banyak diteliti dan di publikasi di beberapa jurnal. Penelitian ini menginvestigasi bagaimana smart phone digunakan untuk mengakses kamus monolingual bahasa Inggris/ EMD dan  memfasilitasi pembelajaran bahasa. Penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa bisa menggunakan smartphone untuk mengakses EMD dan menggunakan smartphone untuk mendukung proses belajar bahasa Inggris.
MENAKAR KEBIJAKAN FULL DAY SCHOOL (Studi Analisis Permendikbud No 23 Tahun 2017) Muhammad Miftah
Jurnal Perspektif Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Perspektif
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jp.v2i1.14

Abstract

The full day school policy stipulated in the regulation of Educationand Culture Minister (Permendikbud) Number 23 of 2017 makesthe anxiety for the education activists who are not ready for theconsequences of this regulation. The anxiety of these educationalactivists began to disappear when Permendikbud No. 23 of2017 was abolished by a higher regulation, namely PresidentialRegulation (Perpres) No. 87 of 2017 which asserted that thefive-day school is an option rather than an obligation. In thisPresidential Decree, there is a gap for educational institutions torun the school hours in accordance with Permendikbud No. 23of 2017. It becomes interesting to be investigated in the realm ofeducational policy. This study analyzes how the emergence of apolicy in education, how to implement and evaluate the policiesthat have been applied especially Permendikbud No 23 of 2017about school hours, because there are still schools and madrasahthat use school hours in accordance with this permendikbud.