cover
Contact Name
Tonni Limbong
Contact Email
tonni.budidarma@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
cartesiusdikmatust@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 26232251     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Cartesius merupakan wadah informasi yang berisi artikel ilmiah penelitian, studi literatur, gagasan, aplikasi teori, kajian analisis kritis, dan penelitian lainnya di bidang matematika dan pendidikan matematika. Jurnal Cartesius diterbitkan dua kali dalam satu tahun, Januari-Juni dan Agustus hingga Desember, yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Santo Thomas Medan.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No. 1 Tahun 2021" : 6 Documents clear
PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD BERBASIS PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE MATH SOLVER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA Novita Indrianai
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No. 1 Tahun 2021
Publisher : Unika Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/cartesius.v4i1.1693

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa RPP dan LKS berbasis penemuan terbimbing dengan bantuan software Math Solver untuk siswa kelas X SMA Swasta Katolik Cinta Kasih Tebing Tinggi yang valid dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Subjek dari penelitian ini adalah kelas X IPA-1 SMA Swasta Katolik Cinta Kasih Tebing Tinggi. Instrumen penelitian terdiri dari: lembar validasi LKS, RPP, angket respon siswa, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis validitas dan analisis efektivitas. Berdasarkan analisis hasil penelitian dihasilkan (1) RPP dan LKS berbasis pendekatan penemuan terbimbing berbantuan software Math Solver sangat valid dari segi kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa dan kelayakan kegrafikan. (2) RPP dan LKS berbasis pendekatan penemuan terbimbing berbantuan software Math Solver efektif dari segi ketuntasan klasikal dan angket respon positif siswa
PENERAPAN APLIKASI MATH SOLVER PADA PEMEBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS XI SMA ST.PETRUS MEDA Marsaulina Br Silaen
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No. 1 Tahun 2021
Publisher : Unika Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/cartesius.v4i1.1698

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvesional. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Santo Petrus Medan, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol sebanyak 34 orang dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 34 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari tes kemampuan berpikir kritissiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) sebesar 83,8235, sementara nilai rata-rata yang mengikuti pembelajaran konvesional hanya sebesar 75,55147, sehingga diperoleh selisih nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 8,272. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai dan dengan dk = 66 dan taraf signifikasi sehingga terlihat bahwa yaitu 1,8609> 1,668. Hal ini berarti bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mnegikuti pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvesional. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kirtis matematis siswa
ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK BERBASIS SOAL KONTEKSTUAL DI KELAS VIII SMP Elsa Br Tarigan
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No. 1 Tahun 2021
Publisher : Unika Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/cartesius.v4i1.1699

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi kubus dan balok berbasis soal kontekstual di kelas VIII SMP.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus (case studies). Subjek penelitian ini yaitu 5 orang siswa diantaranya 1 siswa dengan kemampuan pemahaman matematis tinggi, 2 siswa dengan kemampuan pemahaman matematis sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan pemahaman matematis rendah.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara.Tes yang diberikan yaitu tes kemampuan pemahaman matematis. Wawancara dilakukan terkait konfirmasi ulang pengerjaan tes tertulis untuk mengetahui cara atau pola berpikir mengenai kemampuan pemahaman matematis.Hasil analisis yang diperoleh berdasarkan tes dan wawancara diperoleh 70% siswa mampu menyatakan soal berbentuk kata-kata menjadi gambar, grafik, simbol matematika maupun sebaliknya.43% siswa mampu memahami dan menafsirkan masalah serta menentukan konsep yang digunakan dalam menyelesaikan masalah.20% siswa mampu meramalkan atau menentukan arah dari pengerjaan soal.Dapat disimpulkan kemampuan pemahaman matematis siswa yang paling rendah terletak pada kemampuan meramalkan atau menentukan arah dari pengerjaan soal
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMA MELALUI STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) DI SMA SW PARSAORAN Martina Manalu
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No. 1 Tahun 2021
Publisher : Unika Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/cartesius.v4i1.1700

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan menggunakan Strategi REACT di SMA SW PARSAORAN tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Pretest- Posttest Control Grup Design. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa untuk kelompok eksperimen dan 20 siswa untuk kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi. Berdasarkan perhitungan uji korelasi hipotesis (rxy) ditolak dan diterima karena yaitu ( > 1,686) artinya kemampuan penalaran matematis siswa meningkat dengan menggunakan strategi REACT
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBANTU GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HIGH ORDER MATHEMATICAL THINGKING (HOMT) SISWA SMA SWASTA SANTA MARIA KABANJAHE Elnita Br Perangin-angin
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No. 1 Tahun 2021
Publisher : Unika Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/cartesius.v4i1.1701

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi kevaliditan dari pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk meningkatkan kemampuan High Order Mathematical Thingking (HOMT) siswa, 2) mengidentifikasi keefektifan dari pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk meningkatkan kemampuan High Order Mathematical Thingking (HOMT) siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan pembelajaran ADDIE dengan tahapan (1) Analisys (Analisis), (2) Design (Perancangan), (3) Develop (Pengembangan), (4) Implement (Implementasi), (5) Evaluation (Evaluasi). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh data hasil validasi ahli dengan rata-rata total penilaian 4,07 berada pada kategori baik sehingga LKS dikatakan valid dan layak digunakan. Kefektifan LKS untuk meningkatkan kemampuan High Order Mathematical Thingking (HOMT) siswa dengan bantuan GeoGebra dilihat dari beberapa penilaian yang diperoleh melalui tes hasil belajar yang meliputi: (1) Ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar berada pada kategori tuntas; (2) Ketercapaian indikator kompetensi dengan persentase sebesar berada pada kategori tuntas; (3) Hasil observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan nilai rata-rata 3,83 berada pada kategori sangat baik; (4) Waktu pembelajaran yang efektif selama 3 kali pertemuan; (5) Angket respon siswa terhadap LKS dengan rata-rata penilaian sebesar 4,43 berada pada kategori sangat baik dan setiap aspek respon positif. Berdasarkan hasil analisis data diatas, dapat disimpulkan bahwa pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbantu GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan High Order Mathematical Thingking (HOMT) siswa SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe adalah valid dan efektif yang digunakan dalam menunjang proses pembelajaran matematika serta meningkatkan High Order Mathematical Thingking (HOMT) siswa
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA Risnawati
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No. 1 Tahun 2021
Publisher : Unika Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/cartesius.v4i1.1711

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematik pada soal PISA. Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan melalui purpose sampling dengan pertimbangan tertentu. Pemilihan subjek ini akan diambil siswa juara pertama di setiap kelas dari lima kelas. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari lima orang siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa pada soal PISA konten perubahan dan hubungan. Metode pengumpulan data berupa tes tertulis dan wawancara terkait kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan langkah penyelesaian Polya. Hasil penelitian ini adalah banyak siswa dalam menyelesaikan pemecahan masalah yaitu a) kemampuan dalam memahami masalah sebanyak 60 % siswa, b) kemampuan menyusun rencana penyelesaian sebanyak 48 % siswa, c) kemampuan melakukan perhitungan sebanyak 36 % siswa dan d) kemampuan dalam memeriksa kembali penyelesaian sebanyak 12 %. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah karena masih siswa kurang memahami pertanyaan dari setiap soal

Page 1 of 1 | Total Record : 6