cover
Contact Name
Tonni Limbong
Contact Email
tonni.budidarma@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
cartesiusdikmatust@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 26232251     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Cartesius merupakan wadah informasi yang berisi artikel ilmiah penelitian, studi literatur, gagasan, aplikasi teori, kajian analisis kritis, dan penelitian lainnya di bidang matematika dan pendidikan matematika. Jurnal Cartesius diterbitkan dua kali dalam satu tahun, Januari-Juni dan Agustus hingga Desember, yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Santo Thomas Medan.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No. 2 Tahun 2021" : 7 Documents clear
ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MASA PANDEMI COVID – 19 PADA MTS ZENDING ISLAM INDONESIA Hanna Meri
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No. 2 Tahun 2021
Publisher : Unika Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/cartesius.v4i2.1702

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran daring matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian di tentukan melalui random sampling dengan pemilihan secara acak. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C. Subjek yang diambil terdiri dari 32 orang siswa. Objek penelitian ini adalah pembelajaran daring matematika menggunakan media WhatsApp dan Google Classroom selama masa pandemic covid-19 di kelas VIII SMP Santo Yoseph Medan. Metode pengumpulan data berupa tes tertulis dan wawancara mengenai pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan media WhatsApp dan Google Classroom selama masa pandemic covid-19. Kesimpulan di peroleh dari hasil analisis berdasarkan 5 indikator indikator proses pembelajaran daring matematika, sarana pendukung pembelajaran daring, kelebihan pembelajaran daring, kendala pembelajaran daring dan kelemahan pembelajaran daring.Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring menggunakan media WhatsApp dan Google Classroom selama masa pandemic covid-19 di kelas VIII SMP santo yoseph medan cukup baik.
ANALISIS PEMBELAJARAN DARINGMATEMATIKA MELALUI MEDIAWHATSAPP DAN GOOGLE CLASSROOM SELAMA PANDEMI COVID-19 DIKELAS VIII SMP SANTO YOSEPH MEDAN Monika Manik
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No. 2 Tahun 2021
Publisher : Unika Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/cartesius.v4i2.1703

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran daring matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian di tentukan melalui random sampling dengan pemilihan secara acak. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C. Subjek yang diambil terdiri dari 32 orang siswa. Objek penelitian ini adalah pembelajaran daring matematika menggunakan media WhatsApp dan Google Classroom selama masa pandemic covid-19 di kelas VIII SMP Santo Yoseph Medan. Metode pengumpulan data berupa tes tertulis dan wawancara mengenai pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan media WhatsApp dan Google Classroom selama masa pandemic covid-19. Kesimpulan di peroleh dari hasil analisis berdasarkan 5 indikator indikator proses pembelajaran daring matematika, sarana pendukung pembelajaran daring, kelebihan pembelajaran daring, kendala pembelajaran daring dan kelemahan pembelajaran daring.Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring menggunakan media WhatsApp dan Google Classroom selama masa pandemic covid-19 di kelas VIII SMP santo yoseph medan cukup baik
ANALISIS KEMAMPUAN KREATIVITAS MATEMATIS SISWA BERBASIS APLIKASI ZOOM PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP SWASTA BUDI MURNI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021 Devy Kristin Sinaga
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No. 2 Tahun 2021
Publisher : Unika Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/cartesius.v4i2.1704

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran daring matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian di tentukan melalui random sampling dengan pemilihan secara acak. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C. Subjek yang diambil terdiri dari 32 orang siswa. Objek penelitian ini adalah pembelajaran daring matematika menggunakan media WhatsApp dan Google Classroom selama masa pandemic covid-19 di kelas VIII SMP Santo Yoseph Medan. Metode pengumpulan data berupa tes tertulis dan wawancara mengenai pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan media WhatsApp dan Google Classroom selama masa pandemic covid-19. Kesimpulan di peroleh dari hasil analisis berdasarkan 5 indikator indikator proses pembelajaran daring matematika, sarana pendukung pembelajaran daring, kelebihan pembelajaran daring, kendala pembelajaran daring dan kelemahan pembelajaran daring.Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring menggunakan media WhatsApp dan Google Classroom selama masa pandemic covid-19 di kelas VIII SMP santo yoseph medan cukup baik
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DI KELAS VIII SMP RK DELI MURNI BANDAR BARU Anita Siringo ringo
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No. 2 Tahun 2021
Publisher : Unika Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/cartesius.v4i2.1706

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada lembar kerja siswa (LKS) di kelas VIII SMP RK Deli Murni Bandar Baru. Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan melalui purpose sampling dengan pertimbangan tertentu. Pemilihan subjek ini akan diambil dari hasil dari kemampuan awal siswa. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A yang terdiri dari 5 orang siswa antaranya 1 siswa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tinggi, 2 siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu LKS dan wawancara terkait kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan langkah penyelesaian Polya. Hasil penelitian ini adalah Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang paling rendah terletak pada indikator menyelesaikan masalah dan memeriksa kembali, Kemampuan pemecahan masalah matematis untuk memahami masalah dan merencanakan penyelesaian lebih tinggi. Kemampuan siswa pada indikator memamahami masalah sebesar 96 %, pada indikator merencanakan penyelesaian sebesar 76 %, dan pada indikator menyelesaikan masalah sebesar 16 %, pada indikator memerika kembali sebesar 28 %. Dapat disimpulkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang paling rendah pada indikator menyelesaikan masalah.
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DENGAN PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI 41 MEDAN TAHUN AJARAN 2020/ 2021 Hayati Manalu
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No. 2 Tahun 2021
Publisher : Unika Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/cartesius.v4i2.1707

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi aritmatika sosial dengan pembelajaran daring di SMP N 41 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII-4 SMP N 41 Medan yang terdiri dari 23 orang yang aktif mengikuti pembelajaran daring melalui WhatsApp. Untuk menentukan subjek, peneliti menggunakan pemilihan sampel bertujuan (purpose sample). Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode tes, dan wawancara. Langkah-langkah dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas VII-4 SMP Negeri 41 Medan terdapat tiga kategori kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu : tinggi, sedang, dan rendah. Siswa yang memiliki kategori pemecahan masalah tinggi yaitu 1 orang dengan besar persentase adalah 7,7%, siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah dengan kategori sedang yaitu 2 orang dengan besar persentase 15,4%, sedangkan siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kategori rendah yaitu sebanyak 10 orang atau sebesar 76,9%. kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan kategori tinggi sudah mampu menggunakan syarat untuk setiap indikator kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan tepat untuk menyelesaikan semua jenis soal pada setiap butir soal, sedangkan siswa dengan kategori sedang dan rendah belum mampu menggunakan syarat utuk setiap indikator kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan tepat dan bena
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA PADA MASA PANDEMIC COVID-19 DI SMP BUDI MURNI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021 Veronica Barus
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No. 2 Tahun 2021
Publisher : Unika Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/cartesius.v4i2.1708

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran jarak jauh terhadap pembelajaran matematika pada masa pandemic COVID -19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pemilihan subjek dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Dalam penelitian ini subjek yang digunakan oleh peneliti adalah kelas VII dan VIII sebanyak 70 Siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, hasil dari angket respon siswa, nilai UAS matematika siswa, serta hasil wawancara dengan guru mata pelajaran matematika maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran jarak jauh cukup efektif utnuk dapat diterapkan di sekolah
ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI YAYASAN SERI AMAL MEDAN Alvin Gratianus Tamba
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No. 2 Tahun 2021
Publisher : Unika Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/cartesius.v4i2.1712

Abstract

Analisis proses pembelajaran daring dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran berlangsung secara daring (dalam jaringan) yang meliputi proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran. Penelitian tersebut dilaksanakan di SMA Cahaya Medan, SMA Ignatius Medan, dan SMA St. Petrus Sidikalang. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu guru, siswa dan kepala sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil pengolahan angket/kuesioner yang didukung dengan dokumentasi yang diperoleh dari sekolah. teknik analisis data dilakukan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan melakukan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian melalui angket/kuesioner diperoleh bahwa sekitar 11,43% menggunakan media Google Meet, 60,25% menggunakan media zoom, 25,77% menggunakan media WhatsApp, 2,17% menggunakan Microsoft Teams, dan 0,36% menggunakan media Edmodo sebagai alat pendukung dalam melakukan pembelajaran daring matematika terkait turunan fungsi. Kemudian penulis juga memperoleh data yang menunjukkan sejauh mana proses pembelajaran daring matematika materi turunan fungsi dapat dilakukan oleh guru dan siswa menggunakan skala linier dengan nilai 3,45 dibulatkan menjadi 4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru sering merencanakan serta melaksanakan proses pembelajaran daring matematika materi turunan fungsi dengan baik. Kemudian guru memberikan tes kepada siswa sebagai sebagai bentuk penilaian guru tingkat pemahaman siswa terhadap materi turunan fungsi. Dari hasil penilaian guru terhadap siswa diketahui bahwa tingkat pemahaman siswa dalam mempelajari materi turunan fungsi mulai dari pengenalan turunan fungsi hingga pengaplikasian turunan fungsi berada pada tingkat sedang

Page 1 of 1 | Total Record : 7