cover
Contact Name
Tonni Limbong
Contact Email
tonni.budidarma@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
berman_hutahaean@ust.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra
ISSN : 26848600     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Terbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Juni dan Periode II Desember . Pendidikan Bahasa Indonesia & Sastra berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi kajian di bidang Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran, serta penelitian-penelitian lain yang terkait dengan bidang-bidang tersebut.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No. 2 Tahun 2020" : 6 Documents clear
PREPOSISI BAHASA KARO Herlina Ginting; Candra Ronitua Gultom
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 3 No. 2 Tahun 2020
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v3i2.1075

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendsikripsikan preposisi yang terdapat dalam bahasa Karo. Subjek penelitian ini adalah masyarakat Karo yang berdomisili di ibu kota kabupaten Karo. Metode penelitian yang digunakan adlaah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tentang preposisi bahasa Karo adalah preposisi i ‘di’, bas ‘pada’, ku ‘ke’, nandangi ‘terhadap’, man ‘kepada’, nari ‘dari’, asangken ‘daripada’, seh ‘sampai’, alu ‘dengan’, man ‘untuk’, nandangi ‘akan’, tangtang ‘tentang’, perban ‘karena’, bagi ‘seperti’, ngikutken ‘menurut’.
KUALITAS TES UJI KOMPETENSI GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS YAYASAN SERI AMAL MEDAN Losten Tamba
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 3 No. 2 Tahun 2020
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v3i2.1070

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas tes Uji Kompetensi Guru SMA Yayasan Seri Amal Medan. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan pada tanggal 14 Nopember 2020 kepada 99 orang SMA. Tes yang digunakan adalah pilihan ganda dengan lima option yang diujikan secara online dengan google form. Data dianalisis dengan menghitung proporsi siswa yang memilih option setiap butir tes yang diujikan. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa (a) butir soal yang diujikan tergolong baik karena ada 77% soal dari 60 butir soal proporsi distraktornya di atas 5% dan (b) butir soal termasuk soal yang sulit karena nilai rata-rata dan median yang rendah.
TINGKAT KEPUASAN KEPEMIMPINAN KETUA YAYASAN SERI AMAL MEDAN Silveria Purba
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 3 No. 2 Tahun 2020
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v3i2.1071

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan kepemimpinan  Ketua Yayasan Seri Amal Medan. Jenis penelitian ini termasuk deskriptif kuantitatif. Penelitian  dilakukan pada bulan Nopember 2020 kepada Kepala Sekolah yang di unit TK, SD, SMP, dan SMA yang dikelola Yayasan Seri Amal Medan, Jalan Hayam Wuruk 11 Medan. Jumlah responden adalah 11 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dengan lima option  yang berjumlah 35 pernyataan. Data dianalisis dengan mentabulasi dan menjumlahkan setiap pilihan maupun secara keseluruhan dengan kriteria berikut: 90-100 (sangat baik), 80-89 (baik), 65-79 (cukup baik), di bawah 65 (kurang). Tingkat kepuasan kepemimpinan Ketua Yayasan Seri Amal Medan oleh Kepala Sekolah di unit TK, SD, SMP, dan SMA yang dikelola Yayasan Seri Amal Medan tergolong sangat baik yaitu skor 90,44.
A FEMINIST-STYLISTIC ANALYSIS IN WOMAN AT POINT ZERO NOVELS Amsaldi Wahyu Kristian Sinulingga; M. Yurilsya; M. Barru Siddiq
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 3 No. 2 Tahun 2020
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v3i2.1072

Abstract

This study describes the feminist stylistics in Woman at Point Zero novel. Woman at Point Zero is a novel about feminism, woman that demand equality and justice. The methods used is descriptive qualitative. The objective of this study is to find out the word, phrase / sentence, and discourse level presented in gender-specific in Woman at Point Zero novel. The result of this study uncovered the writing style or practice of the said author that has to do with the presentation of gender. Female characters differ from the male in that there are more descriptions given to them which pertain to their thoughts, emotions, experiences, vulnerability towards men, and their physical characteristics. Males, on the other hand, are described according to their physical strength, personalities, attitudes, which dominate females. The novel contains descriptions of women and men focusing on their physique, some of which displaying sensual appeal.
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MELALUI METODE BELAJAR KELOMPOK KELAS V SDN 118173 AEK TOROP Bonur BR Hutagalung
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 3 No. 2 Tahun 2020
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v3i2.1073

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Kristen melalui penerapan belajar kelompok dalam proses pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri 118173 Aek Torop. Penelitian ini dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 118173 Aek Torop yang berjumlah 10 siswa. Metode yang digunakan adalah metode diskusi kelompok, metode tanya jawab dan metode ceramah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen siswa kelas V meningkat. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan rata-rata skor motivasi pada siklus I (70 %) menjadi 100 % pada siklus II.
KEBERHASILAN PENGUASAAN BAHASA INGGRIS MENURUT GAYA BELAJAR DAN TIPE KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK Operlin Gultom
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 3 No. 2 Tahun 2020
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v3i2.1074

Abstract

Tulisan ini merupakan penelitian dengan studi literatur dari beberapa jurnal, hasil penelitian dan buku-buku referensi tentang keberhasilan peserta didik dalam menguasai Bahasa Inggris menurut Gaya Belajar ditinjau dari tipe kepribadian peserta didik. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan, dimana penulis mengumpulkan informasi dari penelitian –penelitian yang relevan. Tipe kepribadian peserta didik difokuskan pada tipe Extrovert dan Introvert, sesuai dengan pernyataan Myer and Briggs bahwa tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert sangat berpengaruh terhadap keberhasilan peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar. Dari buku-buku referensi, didapatkan informasi bahwa gaya belajar tipe kepribadian Extrovert dan Introvert berbeda didalam proses pembelajaran bahasa Asing khususnya Bahasa Inggris. Pada beberapa hasil penelitian dan jurnal penelitian menghasilkan simpulan bahwa tipe extrovert lebih sukses didalam mempelajari bahasa asing pada kompetensi Speaking. Sedangkan tipe introvert umumnya sukes dalam menguasai kompetensi Reading, Writing dan grammar. Sehingga tingkat keberhasilan peserta didik dalam menguasai Bahasa asing khususnya Bahasa inggris dapat ditentukan dengan gaya belajar berdasarkan tipe kepribadian peserta didik tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 6