cover
Contact Name
Nurina Hidayah
Contact Email
nurihidayah.matematika@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
deltajipm@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota pekalongan,
Jawa tengah
INDONESIA
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Published by Universitas Pekalongan
ISSN : 23033983     EISSN : 25483994     DOI : -
Core Subject : Education,
Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika menyajikan informasi mutakhir hasil kajian dan penelitian bidang matematika dan pendidikan. Lingkup matematika meliputi statistik, aljabar, geometri, analisis, komputer, terapan. Sedangkan lingkup pendidikan meliputi pembelajaran matematika, media pembelajaran matematika, hasil pembelajaran matematika, matematika sekolah.
Arjuna Subject : -
Articles 209 Documents
FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI PADA MATA KULIAH STATISTIKA MATEMATIKA I Muhammad Ali Gunawan; Amalia Fitri
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2013): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.034 KB) | DOI: 10.31941/delta.v1i2.483

Abstract

The ability of students to apply the concepts of statistics in problem solving is low. It is not only caused by factors lecturers but also socio-economic, environmental, family, campus environment, and so on. These factors need to be assessed so that learning objectives can be achieved optimally. Issues that will be examined are: 1) What is the factor that can affect difficulty of learning statistics 1 in the fourth semester students of mathematics education courses and science teacher education faculty Pekalongan University Academic Year 2012/2013? 2) How do these factors influence the achievement motivation of fourth semester students of mathematics education courses and science teacher education faculty Pekalongan University Academic Year 2012/2013? The study population was all students of fourth semester mathematics education courses. The sampling technique used is proportional sampling technique and simple random sampling. Data analysis techniques used in this study is a factor and multiple regression analysis (multiple regression). The results showed that the factors that affect difficulty learning statistics 1 are internal factors and external factors. Internal factors include the factors physical / health and psychological factors. The external factors include: a) family environment, b) the campus environment, and c) society.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) BERBANTUAN ALAT PERAGA LUAS LINGKARAN MATERI LUAS DAN KELILING LINGKARAN KELAS VIII Jimmy Nur Achmad
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2015): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.636 KB) | DOI: 10.31941/delta.v3i2.449

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan alat peraga efektif pada materi luas dan keliling lingkaran. Penelitian ini dilakukan di SMP N 08 Pekalongan Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini melibatkan 100 orang siswa kelas VIII sebagai subyek penelitian yang diambil dengan teknik cluster random sampling terpilih dua kelas yaitu VIII E sebagai kelas kontrol dan VIII F sebagai kelas eksperimen. Data kemampuan prestasi belajar matematika siswa diperoleh melalui tes prestasi belajar, sedangkan data motivasi belajar siswa diperoleh melalui angket. Kedua instrumen telah divalidasi sebelum diberikan pada sampel penelitian. Untuk analisis data diolah dengan menggunakan uji ketuntasan, uji perbedaan rata-rata, dan ujipengaruh regresi sederhana Hasil penelitian menunjukan (1) berdasarkan uji ketuntasan rata-rata prestasi belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments 73,2 secara statistik memenuhi KKM yang ditetapkan yaitu sehingga dapat dikatakan mencapai ketuntasan belajar; (2) berdasarkan uji perbedaan rata-rata prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan uji t diperoleh thitung=3,17188 dan ttabel = 2,00 dengan demikian thitung > ttabel yang bermakna bahwa rata-rata prestasi belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe teams games tournaments berbantuan alat peraga lebih baik daripada rata-rata prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran langsung; (3) berdasarkan uji pengaruh regresi sederhana terdapat pengaruh positif antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar matematika siswa dengan persamaan Ŷ = 58,26 + 0,20x adanya pengaruh sebesar 77,85%. Berdasarkan ketiga hasil penelitian tersebut maka model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments berbantuan alat peraga efektif pada materi luas dan keliling lingkaran.
PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMP Alfa Hida Maulida; Mitia Fatma Ningsih; Titis Bastian
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2018): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.757 KB) | DOI: 10.31941/delta.v6i1.649

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Faktor lain yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran matematika adalah keaktifan belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Adapun tujuan dari artikel ini adalah untuk melihat bahwa ada pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap kemampuan komunikasi matematis dan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran pada tingkat SMP. Dalam model discovery learning sendiri terdapat lima sintak yaitu stimulation, problem statement, data collection, data processing dan verification. Hasil kajian dalam artikel ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model discovery learning dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa, serta mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada jenjang SMP.
Local Stability of Predator Prey Models With Harvesting On The Prey Saiful Marom
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2013): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (120.408 KB) | DOI: 10.31941/delta.v1i1.465

Abstract

In this paper considered the dynamics of a predator prey model with threshold harvesting on the prey. Theoretical and numerical methods are used to investigate boundedness of solutions, existence of equilibrium points, and the local stability of equilibrium points.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ICT ( INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY ) MELALUI PENDEKATAN SAVI ( SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND INTELLECTUAL ) PADA MATERI GEOMETRI TRANSFORMASI KELAS VII DI SMP MA’HAD ISLAM PEKALONGAN Prima Lukitawati
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2014): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.282 KB) | DOI: 10.31941/delta.v2i2.433

Abstract

Pesatnya kemajuan IPTEK dalam dunia pendidikan mendasari adanya pembelajaran dengan memanfaatkan Teknologi Informasi sebagai media pembelajaran yang dikenal dengan istilah pembelajaran berbasis ICT. Pengembangan media pembelajaran berbasis ICT melalui pendekatan SAVI pada materi Geometri Transformasi bertujuan untuk mengatasi permasalahan pada proses pembelajaran di SMP Ma’had Islam yang masih menggunakan media pembelajaran sederhana. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Tahapan-tahapan yang dilaksanakan adalah pendahuluan, desain produk, validasi ahli, uji coba produk, dan revisi produk. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran yang berkualitas dengan menguji kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran tersebut.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII SMP 2 SRAGI Leni Marlina
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2015): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.4 KB) | DOI: 10.31941/delta.v3i1.444

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pretasi belajar peserta didik dengan metode pembelajaran mind mapping (peta pikiran) berbantu alat peraga pada materi pokok segiempat dapat mencapai ketuntasan belajar matematika dan untuk mengetahui rata-rata prestasi belajar peserta didik dengan metode pembelajaran mind mapping (peta pikiran) berbantu alat peraga pada materi pokok segiempat lebih baik daripada rata-rata prestasi belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran ekspositori.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP 2 Sragi, sedangkan Sampelnya adalah satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Analisis data awal penelitian ini meliputi uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Sedangkan analisis akhir meliputi normalitas, homogenitas, uji efektivitas, terdiri dari uji ketuntasan dan uji beda rata-rata.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tes prestasi belajar kelas eksperimen sebesar 79.875 dan kelas kontrol sebesar 74.53. Dari hasil uji ketuntasan belajar diperoleh bahwa siswa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar. Dari hasil uji beda rata-rata diperoleh t hitung = 2,488 > 1,9971 = t tabel , berarti rata-rata prestasi belajar dengan metode pembelajaran mind mapping (peta pikiran) berbantu alat peraga lebih baik daripada rata-rata prestasi belajar dengan metode pembelajaran ekspositori.
PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA Hedi Budiman; Khairunnisa Noor Syayyidah
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2018): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.991 KB) | DOI: 10.31941/delta.v6i1.540

Abstract

The research aims to determine the enhancement of students' mathematical thinking skills using the Model Eliciting Activities (MEA) approach and how students' attitudes toward the Model Eliciting Activities (MEA) approach learning. The research method used quasi experiment with research design nonequivalent control group design. This research was conducted in SMP Negeri Cianjur with population in 7th grade. The sample used class VII-4 as control class and class VII-9 as experiment class. The instrument was essay question to measure mathematical creative thinking ability and a questionnaire of attitude scale as non-test instrument. The results showed that the enhancement of students' mathematical creative thinking ability using the Model Eliciting Activities (MEA) approach was better than students using a scientific approach and most students attitude was positive response toward the Model Eliciting Activities (MEA) approach.  
Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Menengah Pertama (Smp-Mts) di Kota Pekalongan Tahun 2011 Muhammad Ali Gunawan; Fajru Sidqi; M. Haryanto; Dwi Eddy Wibowo
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2013): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.579 KB) | DOI: 10.31941/delta.v1i1.460

Abstract

This study aims to determine and describe and evaluate: 1) Implementation of the School Based Curriculum (SBC) in Junior High School in Pekalongan from the context, input, process, and product; 2) the obstacles faced by schools in implementation of School Based Curriculum (SBC) in junior High School in Pekalongan. From 35 Junior high schools in Pekalongan, 10 (ten) schools was taken as the sample in this study using multistage sampling technique. Data analysis techniques used were descriptive statistics for the primary data (quantitative) and qualitative for secondary data. This study shows that: 1) viewed from 8 national education standards, the implementation of School Based Curriculum (SBC) in Junior High School in Pekalongan fall into the category of "good", with a mean score 1.070; 2) the impact of SBC on the Education Quality of junior high school in Pekalongan from the National Examination and Final Examination schools can not be concluded because most schools still adopt the curriculum issued by BSNP; 3) Constraints faced by schools in implementing the curriculum in junior high school in Pekalongan are: (1) the schools have not been able to perform context analysis, analysis of opportunities and challenges optimally, (2) the school autonomy is low, (3) the schools have not been able to conduct self-evaluation based on the condition of the existing schools, (4) the means and infrastructure to support the implementation of the curriculum are still inadequate, especially in private schools, (5) many teachers are still teaching in some schools so that they can not focus on school development, (6) the ability of teachers in preparing and developing assessment instruments are low.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII MTs NEGERI KESESI Winda Arigustanti
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2014): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1045.937 KB) | DOI: 10.31941/delta.v2i2.428

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pembelajaran yang efektif dengan penggunaan model Learning Cycle pada materi kubus dan balok. Hal ini ditandai: (1) prestasi belajar model Learning Cycle mencapai ketuntasan, (2) prestasi dengan model Learning Cycle lebih baik daripada prestasi dengan model pembelajaran langsung, 3) adanya pengaruh aktivitas belajar model Learning Cycle menggunakan alat peraga terhadap prestasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Kesesi. Dengan Simple Random Sampling, terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan metode pengamatan dan tes. Data diolah dengan analisis uji ketuntasan klasikal, uji beda rata-rata, dan regresi linear.Hasil penelitian menunjukkan nilai z hitung = 1.847dan z tabel = 1.64, hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa (1) prestasi belajar mencapai ketuntasan, (2) prestasi siswa dengan model Learning Cycle lebih baik daripada prestasi belajar dengan model pembelajaran langsung,dan (3) ada pengaruh aktivitas belajar model Learning Cycle menggunakan alat peraga terhadap prestasi. Saran penulis hendaknya guru dapat menciptakan suasana pembelajaran aktif sehingga prestasi siswa lebih baik.
Analisis Kestabilan Titik Tetap Model Tiga Spesies Ikan Wahyu Hartono
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2014): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (626.04 KB) | DOI: 10.31941/delta.v2i1.476

Abstract

Permasalahan kebijakan pemanenan ikan yang memberikan keuntungan maksimum dan berkelanjutan (tidak terjadi kepunahan dari populasi ikan yang dipanen) adalah hal yang sangat penting bagi industri perikanan. Para ilmuwan berusaha menyelesaikan permasalahan tersebut dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan memodelkan permasalahan tersebut secara matematis kemudian menyelesaikannya dengan menggunakan metode yang sesuai untuk model tersebut. Dalam tulisan ini, model matematika diajukan dan dianalisis untuk mempelajari kedinamikan sistem satu-mangsa dua-pemangsa dari tiga spesies ikan dengan pemanenan terhadap kedua pemangsa oleh para nelayan. Kriteria kestabilan global untuk titik ekuilibrium positif diperoleh dengan metode Lyapunov. Akhirnya, simulasi komputer ditampilkan untuk menyelidiki kedinamikan dari sistem dengan memberikan nilai parameter-parameter sistemnya. Perilaku global dari sistem telah dibuktikan secara detail dengan menggunakan fungsi Lyapunov dan beberapa batasan parameter. Sistem interaksi tiga spesies ikan seperti yang dimodelkan pada tulisan ini bersifat stabil asimtotik global pada beberapa wilayah parameter.

Page 1 of 21 | Total Record : 209