cover
Contact Name
sugiarjo
Contact Email
perpus@pancabudi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
lppm@pancabudi.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JUMAN Tools (Jurnal Manajemen Tools)
ISSN : 20883145     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Manajemen Tools adalah media publikasi Kajian Konseptual dan praktis berupa Telaah Teoretis maupun hasil-hasil penelitian empiris yang membahas bidang Manajemen. Terbit dua kali dalam setahun setiap bulan Juni dan Desember. Redaksi mengundang para akademisi, peneliti dan praktisi dibidang Manajemen untuk mengirimkan naskah yang akan dipertimbangkan publikasinya secara luas untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan.
Arjuna Subject : -
Articles 159 Documents
PENGARUH MINAT BELAJAR DAN JAM BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus: SMAN 1 Pangururan) Mesra B
JUMANT Vol 10 No 2 (2018): JURNAL Manajemen Tools
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.337 KB)

Abstract

Tujuan utama setiap siswa untuk mengukur kemampuannya dalam proses belajar mengajar disekolah adalah prestasi belajar. Untuk meningkatkan prestasi belajar banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya adalah minat belajar dan jam belajar. Hambatan yang sering terjadi untuk meningkatkan prestasi belajar adalah kurangnya kesadaran siswa tentang minat belajar yang kurang dan sedikitnya jam belajar yang digunakan diluar kelas. Hal ini dapat menghambat peningkatan prestasi belajar dalam keberhasilannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pangururan, Kabupaten Samosir, (2) Mengetahui pengaruh Jam belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pangururan, Kabupaten Samosir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS di SMA Negeri Pangururan Samosir berjumlah 108 siswa. Pengambilan sampel menggunakan metode secara acak random sampling berjumlah 36 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan data sekuder. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis pengujian minat belajar dan jam belajar terhadap prestasi belajar siswa XII IPS di SMA Negeri 1 Pangururan Samosir, dapat disimpulkan bahwa minat belajar dan jam belajar terhadap prestasi belajar siswa XII IPS di SMA Negeri Pangururan Samosir sebesar 56,2%, sedangkan sisanya 43,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang diteliti.
FAKTOR MANAJEMEN BIAYA DAN MANAJEMEN PEMASARAN TERHADAP PENDAPATAN MELALUI INTENSITAS PRODUKSI PADA UKM INDUSTRI RUMAHAN DI KOTA BINJAI Mulkanuddin Ritonga
JUMANT Vol 8 No 2 (2017): JURNAL Manajemen Tools
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (806.487 KB)

Abstract

Para pengusaha UKM khususnya pada olahan kerupuk, tahu dan tempe di Kota Binjai banyak mengeluhkan minimnya pendapatan operasional yang dihasilkan. Harga yang dijual terkadang tidak sebanding dengan tingginya harga bahan baku. Belum lagi biaya tenaga kerja dan faktor cuaca yang turun menambah beban operasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali faktor manajemen biaya dan manajemen pemasaran melalui intensitas produksi terhadap pendapatan operasional. Populasi sasaran dalam penelitian ini yaitu para pelaku usaha industri rumahaan pengolahan kerupuk, tahu dan tempe di Kota Binjai denganmenarik sampel menggunakan teknik probability sampling berjumlah 104 pelaku usaha. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil analisis penelitian ini diharapkan mampu menjadi masukan bagi para pelaku usaha kecil menengah dalam menjalankan kegiatan usahaanya mencapai pendapatan yang optimal. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa manajemen biaya dan manajemen pemasaran berpengaruh signifikan terhadap intensitas produksi. Manajemen biaya dan manajemen pemasaran berpengaruh signifikan terhadap pendapatan. Manajemen biaya dan manajemen pemasaran berpengaruh signifikan terhadap pendapatan melalui intensitas produksi.
PENGARUH LOYALITAS PEGAWAI, MOTIVASI INTRINSIK DAN KEPRIBADIAN EKSTROVET TERHADAP KINERJA (Studi Pada Pegawai Tetap Universitas Pembangunan Panca Budi Medan) Muhammad Chaerul Rizky
JUMANT Vol 9 No 1 (2018): JURNAL Manajemen Tools
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.324 KB)

Abstract

Pada dasarnya sumber daya manusia adalah karyawan. Karyawan merupakan roda penggerak dari aktivitas yang ada di perusahaan dalam mencapai tujuan. Loyalitas para karyawan bukan hanya sekedar kesetiaan fisik atau keberadaaannya di dalam organisasi, namun termasuk pikiran, perhatian, gagasan, serta dedikasinya tercurah sepenuhnya kepada organisasi. Saat ini loyalitas para karyawan bukan sekedar menjalankan tugas-tugas serta kewajibannya sebagai karyawan yang sesuai dengan uraian-uraian tugasnya atau disebut juga dengan job description, melainkan berbuat seoptimal mungkin untuk menghasilkan yangterbaik dari organisasi Minat dan semangat tersebut dapat tumbuh apabila para pengusaha selalu menyadari akan kewajiban-kewajibannya terhadap para karyawan tersebut, dalam hal ini membimbing, membina dan merawatnya secara wajar sesuai dengan asas-asas kemanusiaan serta menghargainya sebagai pelaksana dari perusahaan. Terkadang penetapan gaji yang masih rendah sehingga karyawan harus menunjukkan loyalitas yang tinggi. Sedangkan loyalitas turun karyawan yang bersangkutan akan dimutasi pada posisi lain. Kurangnya motivasi terhadap karyawan yang ingin maju berkembang dalam kariernya.Dengan adanya masalah tersebut penulis mengadakan penelitian untuk menguji dan mengetahui lebih jelas. Tujuan Penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Loyalitas dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Universitas Pembangunan Panca Budi. Penulis mengumpulkan berbagai data menggunakan angket yang berstruktur sebagai alat atau instrument untuk mendapatkan data Primer dengan sistem skala likert yang disertakan pada 75 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda (Multiple Regression) dengan menggunakan pengolahan data SPSS Ver.18.00 dan melakukan uji validitas, uji reliabilitas serta uji asumsi klasik serta pengujian hipotesis. Hasil Penelitian secara serempak menunjukkan bahwa Loyalitas dan Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan Universitas Pembangunan Panca Budi dengan nilai Fhitung sebesar 89,020 > Ftabel 2,74 dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05. Hasil uji parsial untuk Loyalitas terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Karyawan dengan nilai thitung 3,567 > ttabel 1,667 dengan nilai probabilitas signifikan 0,001 < 0,05, untuk Motivasi Kerja juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan dengan nilai thitung 7,007 > ttabel 1,667 dengan nilai probabilitas signifikan 0,000 < 0,05, dan hasil dari analisis uji pengaruh dominan diketahui Motivasi Kerja lebih dominan karena memiliki nilai beta paling besar yaitu sebesar 0,604 sedangkan Loyalitas hanya sebesar 0,308.Berdasarkan hasil analisa diatas maka hipotesis1 diterima dan hipotesis 2 ditolak.
PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN LABEL HALAL SEBAGAI VARIABEL MPDERATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KEMASAN DI KOTA MEDAN Yossie Rossanty
JUMANT Vol 6 No 1 (2016): JURNAL Manajemen Tools
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.158 KB)

Abstract

This study aims to determine the effect of product attributes and halal label asmoderating variables on product purchasing decisions packaging in KotaMedan.Populasi in this study is consumers who buy packaged products which havea halal label in the city of Medan were countless, so the population is not knownsurely. Samples were obtained from some consumers who have already purchasedthe product packaging has a halal label in the city of Medan. The samplingtechnique used by non-probability sampling. The sample size is of 110 respondents.The data used is primary data collection method of data using questionnaires. Theanalysis technique used is multiple regression with moderating variablesTarget specialized in the research is very important to do, considering the majorityof residents in the city of Medan 67.8% are Muslims, it is unfortunate if it can notconsume halal sharia-compliant products. Expected outcomes of this research is tobe published in scientific journals that have become ISSN and additionalinformation in making teaching materials on the subject Marketing Management.This study will be conducted in 21 districts in the city of Medan. Old study isscheduled for 6 months.
PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN PERSAINGAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA MELALUI KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PEGAWAI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI MEDAN Rindi Andika
JUMANT Vol 11 No 1 (2019): JURNAL Manajemen Tools
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.928 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persaingan kerja terhadap produktivitas kerja melalui kepuasan kerja pegawai universitas pembangunan panca budi medan. pengujian hipotesis pertama membuktikan bahwa secara simultan motivasi kerja dan persaingan kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja. secara parsial motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, dan persaingan kerja juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja.pengujian hipotesis kedua membuktikan bahwa kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja.pengujianhipotesis ketiga membuktikan bahwa secara simultan motivasi kerja dan persaingan kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja. secara parsial motivasi kerja dan persaingan kerja juga berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja. pengujian hipotesis keempat membuktikan bahwa motivasi kerja dan persaingan kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja melalui kepuasan kerja. motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja melalui kepuasan kerja. hasil inimenyimpulkan bahwa kepuasan kerja dapat memediasi (intervening) hubungan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja. persaingan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja melalui kepuasan kerja. hasil ini menyimpulkan bahwa kepuasan kerja tidak dapat memediasi (intervening) hubungan persaingan kerja terhadap produktivitas kerja.
PENGARUH HALAL KNOWLEDGE, ISLAMIC RELIGIOSITY, LIFE STYLE TERHADAP BEHAVIOR KONSUMEN MUSLIM GENERASI Y PENGGUNA KOSMETIK HALAL DI KOTA MEDAN Elfitra Desy Surya
JUMANT Vol 11 No 1 (2019): JURNAL Manajemen Tools
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.192 KB)

Abstract

Pasar halal menjadi sektor pertumbuhan ekonomi baru dalam dunia global. Pasar halal tidak hanya pada industri keuangan dan makanan, tetapi juga pada industri kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel halal knowledge, Islamic religiosity, dan Life Style terhadap perilaku pembelian aktual atau behavior konsumen generasi Y pada pembelian kosmetik halal. Penelitian tentang perilaku konsumen muslim generasi Y dalam pembelian kosmetik halal di Indonesia masih terbatas, sehingga hal ini menarik dilakukan penelitian mengingat generasi Y adalah generasi yang unik dan berbeda dengan generasi sebelumnya. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah multiple regression analysis. Hasil dari penelitian ini yaitu halal knowledge, Islamic religiosity, dan attitude secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavior konsumen muslim genrasi Y pengguna kosmetik halal di Surabaya. Variabel halal knowledge dan Islamic religiositydan Life Style secara parsial berpengaruh terhadap consumen behavior muslim generasi Y pengguna kosmetik halal di Kota Medan.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN INDIHOME SEBAGAI PENYEDIA JASA INTERNET Di KOTA MEDAN (STUDI KASUS KANTOR PLAZA TELKOMCABANG ISKANDAR MUDA NO. 35 MEDAN BARU) Nurafrina Siregar
JUMANT Vol 7 No 1 (2017): JURNAL Manajemen Tools
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (633.577 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh variabel harga terhadap minat beli konsumen dalam menggunakan IndiHome sebagai penyedia jasa internet (2) Pengaruh variabel kualitas terhadap minat beli konsumen dalam menggunakan IndiHome sebagai penyedia jasa internet. (3) Pengaruh variabel promosi a terhadap minat beli konsumen dalam menggunakan IndiHome sebagai penyedia jasa internet (4) Tujuan PenelitianUntuk mengetahui seberapa jauh pengaruh harga terhadap konsumen dalam menggunakan IndiHome sebagai penyedia jasa internet, Untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh kualitas terhadap konsumen dalam menggunakan IndiHome sebagai penyedia jasa internet,Untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh promosi IndiHome terhadap konsumen dalam memilih IndiHome sebagai penyedia jasa internet. . populasi wilayah generalisasi yang terdiri dari objek atau subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari, dan kemudian ditarik suatu kesimpulannya. sampel adalah sebagian dari populasi yang diambil sebagai sumber data dan dapat mewakili seluruh populasi tersebut. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan Non Probability Sampling karena karakteristik populasi tidak teridentifikasi secara pasti. Penarikan sampel dilakukan berdasarkan sampel aksidential sampling yaitu siapa saja konsumen provider IndiHome yang Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif, jenis penelitian ini adalah deskriptif dan sifat penelitian ini adalah penjelasan. Populasi pada penelitian ini menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data dengan penyebaran daftar pertanyaan. Model analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis pertama dan kedua adalah regresi berganda.
PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, EFIKASI DIRIDAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA PADA KELOMPOK BISNIS DAN MANAJEMEN (Survei Pada Siswa Kelas XII di SMK Negeri di Kota Bandung) Yulvitriyani Br Sebayang
JUMANT Vol 10 No 2 (2018): JURNAL Manajemen Tools
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (766.597 KB)

Abstract

This study is based on the lack of student’s entrepreneurial intention at SMK Negeri Bandung thar marked by the number of unemployes are dominated by vocational secondary graduates, especially in Bandung. Theoretically, entrepreneurial intentions is influenced by several factors that derived from within and outside the student. Therefore, the purpose of this study is to determine the influences of Entrepreneurship Knowledge, Self-Efficacy and Family Environment on Entrepreneurial Intention of XII’s grade students in business and Management Group at SMK Negeri Bandung. The population are XII’s grade students in Business and Management Group at SMK Negeri Bandung, sample selection using proportionate random sampling method by collecting 275 students. Data obtained from primary and secondary data through quetionnaires and information from the school. Results showed Entrepreneurship Knowledge (XI), Self Efficacy (X2) and Family Environment (X3) have a positive influence on Entrepreneurial Intention (Y). This means that the higher the entrepreneurship knowledge, self efficacy and family environment, the higher the students entrepreneurial intentions. The implication of this research is all parties are expected to play their role in educational process in terms of growings entrepreneurial intention, particularly students, parents, teachers, school and government show more support and to give facilitation to students and to provide opportunities for entrepreneurship in school and have led to students entrepreneurial intention.
ANALISIS PENGARUH MASA KERJA, TINGKAT PENDIDIKAN DAN SISTEM KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. ANDALAN FAMILI INDONESIA Suwarno
JUMANT Vol 8 No 2 (2017): JURNAL Manajemen Tools
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (602.688 KB)

Abstract

A company that is eperiencing business growth is expected to be able to creat high produktivity, because produktivity level of the company it self that will determine the level of success of company. The largest contribution in the effort to increase the productivity of the company is the ability of the human resourch or labor. Thus, companies need to increase the productivity employes as possible. The research objective was to determine the length of service, level of education and work systems positive and significant impact on employee productivity, both silmutaneusly and partially on PT. Family mainstay indonesia. With these results expressedthitung 2.403 while ttable 1.683 and 0.022 significant, so thitung 2.403<1.683 and significant ttable 0.022>0.05, then HO rejected and HA accepted, stating working period and partial ssignificant influence to work productivity. With this result thitung 3.492 while ttable 1.683 and 0.001 significant, so thitung .492>1.683 and significant ttable 0.001<0.05, then HO HA accepted and rejected, stating the level of education and partial significant effect on work productivity.with this results states thitung 1.271 whilw ttable 1.683 and does not significantly by 0212, so thitung 1,271>1,683 and insignificant ttable 0212<0.05, thebn HO rejected and HA accepted, which states the system work and no ssignificant effect partially on work productivity. Results of testing the hypothesis that the value of F count 34.654>F table 2.62 and significant probability of much less than 0.05 is 0.000<0.05. then reject HO (thank HI). It cant be conclude that the period of employment, education and work system affects silmultaneously on the productivity of labor, so the hypothesis previously received. Adjusted R square.721 numbers that can be called the coefficient of determination in this case means that 72.1% of labor productivity can be obtained and described by work system, work period, level education. While the remaining 100%-72.1%= 28,9% is explained by other factors or variables outside of such incentives, job title, work experience, living expenses and other.
KAJIAN DESTINASI WISATA HALAL KOTA MEDAN DALAM PERSEPSI PEMASARAN WISATA Miftah El Fikri
JUMANT Vol 11 No 1 (2019): JURNAL Manajemen Tools
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.186 KB)

Abstract

Wisata merupakan industri yang paling menjanjikan di masa depan, di mana setiap negara berlomba memperbaiki serta menginvestasikan destinasi wisatanya menjadi lebih baik dan memiliki ciri khas yang dapat dinikmati oleh seluruh wisatawan. Keanekaragaman daerah asal para wisatawan menjadi dasar persepsi, ketika berkunjung ke Kota Medan. Kota Medan adalah ibukota Provinsi Sumatera Utara yang mayoritas penduduknya beragama islam, tetapi kurang mencerminkan suasana islam dalam aktivitasnya. Wisata halal menjadi dasar bagi para wisatawan yang beragama islam untuk berkunjung, paradigma yang muncul dan terbentuk di benak para wisatawan membuat Kota Medan menjadi kota yang kurang ramahakan suasana halal. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki paragdigma Kota Medan agar menjadi kota yang ramah wisatawan muslim, dengan memberikan strategi pemasaran yang bersifat strategis dan teknis agar dapat dilakukan dengan baik ke depannya. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kunjungan ke destinasi wisata adalah; ciri khas, suasana, pengalaman, akomodasi, infrastruktur, transportasi, persepsi, komunikasi, promosi dan keamanan.

Page 1 of 16 | Total Record : 159