cover
Contact Name
Asep Purwo Yudi Utomo
Contact Email
aseppyu@mail.unnes.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
aseppyu@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Sastra Indonesia
ISSN : 22526315     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Sastra Indonesia menerbitkan artikel penelitian atau artikel konseptual mengenai bahasa dan sastra Indonesia. Diterbikan oleh Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang dan Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta pengajarnya.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 3 (2022): November" : 9 Documents clear
Ketidakadilan terhadap Peran Wanita pada Cerpen “Nephilim” dalam Kumpulan Cerpen “Striptis di Jendela” Karya Saroni Asikin
Jurnal Sastra Indonesia Vol 11 No 3 (2022): November
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jsi.v11i3.48333

Abstract

Fokus penelitian ini adalah menganalisis karakter tokoh “Hanna” dalam cerpen “Nephilim” yang termuat dalam kumpulan cerpen “Striptis di Jendela” karya Saroni Asikin dengan pendekatan feminisme. Paham feminisme juga termasuk dalam kajian teori sastra menggambarkan peran wanita dalam karya sastra yang memiliki kemiripan dengan kondisi wanita di dunia nyata. Dengan demikian, peneliti bersinggungan dengan salah satu pendekatan karya sastra, yaitu pendekatan mimesis yang menjadi “pisau bedah” dalam menganalisis karya sastra menggunakan teori feminisme dalam sastra. Hasil temuan dalam analisis peneliti pada cerpen “Striptis di Jendela” karya Saroni Asikin memuat hal-hal yang menyangkut feminisme, meski secara tidak langsung. Hal tersebut akan dikupas tuntas oleh peneliti melalui hasil analisis yang dikaji oleh peneliti dan dituangkan ke dalam jurnal ini. Tujuan penelitian adalah sebagai berikut: (1) memahami kajian teori feminisme dalam sastra, (2) memahami peran wanita pada genre sastra, dan sekaligus (3) memberikan pemahaman lebih dan bentuk kecintaan terhadap genre sastra. Adapun manfaat penelitian, berikut diantaranya: (1) menjadikan wawasan bagi pembaca dan mahasiswa-mahasiswa yang ingin mempelajari lebih dalam feminisme di dunia sastra. (2) Sebagai wawasan terkait pemahaman feminisme.
The Concept Of Love In Sufism
Jurnal Sastra Indonesia Vol 11 No 3 (2022): November
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jsi.v11i3.52135

Abstract

This research aimed to reveal and explain the concept of love in Sufism. In the perspective of Sufism, God's love precedes humans' love for their God because if God has loved them, as His servants, then they can never reject His love because that love comes first from God. Love in the tradition of Sufism is a great stage (maqamat) for the man to know and get closer to God. This research uses qualitative research approach. This approach serves to interpret, express, and explain the concept of Sufism about love. It is library research, with the primary data source is the work of the Sufi-poets like Jalaluddin Rumi and Imam Al-Ghazali. The results of this research used Al-Ghazali’s notion of love which is: 1) self-love, 2) love caused by the advantages derived from the object of the beloved, 3) love caused by goodness and beauty, 4) love inspired by kindness and beauty in moral meaning, 5) love born because of munaasabah or secret affinity.
Tindak Tutur Ilokusi dalam Program Talkshow Mata Najwa Episode Gelap Terang 2020
Jurnal Sastra Indonesia Vol 11 No 3 (2022): November
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jsi.v11i3.54463

Abstract

Pada masa pandemi, Youtube menjadi media sosial yang sering dikunjungi salah satunya pada kanal Narasi Newsroom. Kanal ini mengunggah program acara khusus edisi pandemi yaitu Mata Najwa Episode Gelap Terang 2020 yang menceritakan segala pikiran dan pendapat mengenai kejadian pada tahun 2020 ketika orang dituntut untuk menerima keadaan dengan adanya pandemi. Tuturan yang dibawa sarat akan opini, kata-kata inspiratif, pernyataan kritis dan motivasi yang dapat dikaji menggunakan kajian pragmatik yaitu tindak tutur ilokusi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis tindak tutur ilokusi dan fungsi tuturan dalam talkshow Mata Najwa Episode Gelap Terang 2020. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan datanya yaitu dengan metode simak. Teknik yang digunakan adalah teknik simak libat cakap (SLBC), teknik rekam, dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan dan heuristik. Teknik penyajian data yang digunakan menggunakan metode informal. Hasil penelitian yang ditemukan terdapat 59 data jenis tindak tutur ilokusi dan 39 data fungsi tuturan. Tindak tutur tersebut antara lain tindak tutur asertif sejumlah 27 data, direktif terdapat 12 data, ekspresif 14 data, komisif 1 data, dan deklaratif terdapat 2 data. Sedangkan fungsi tuturan yang ditemukan yaitu kompetitif terdapat 6 data, menyenangkan 11 data, dan bekerja sama 22 data. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi pisau bedah analisis yang berbeda untuk menemukan hasil yang bervariasi dan menjadi sumber referensi bahan pengembangan materi pembelajaran pragmatik, khususnya tindak tutur ilokusi.
Analisis Kualitas Konten Evaluasi Pembelajaran Bahasa pada E-Learning di Perguruan Tinggi sebagai Media Pembelajaran Hybird
Jurnal Sastra Indonesia Vol 11 No 3 (2022): November
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jsi.v11i3.58001

Abstract

Berkembangnya e-learning dalam dunia pendidikan memberikan dampak yang besar pada tingkatan sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi. Hal ini diikuti dengan banyaknya e-learning yang dapat digunakan oleh siswa/mahasiswa seperti ruang guru, Edmodo, google classroom dan masih banyak lagi. Semakin banyak elearning yang digunakan pada proses belajar, maka dengan ini paradigma pendidikan juga mengalami pergeseran menjadi student centered learning. Berdasarkan observasi pada Universitas Negeri Semarang (elena.unnes.ac.id) dan Universitas Tidar (elita.untidar.ac.id) sebagai media yang digunakan dalam pembelajaran daring dan hybird. Konten yang terdapat dalam e-learning tersebut juga digunakan untuk melakukan evaluasi. Oleh karena itu, perlu adanya analisis yang mengungkap bentuk dan kualitas konten evaluasi yang diterapkan pada e-learning di Perguruan Tinggi sebagai Media Pembelajaran Hybird. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis isi. Penelitian kualitatif merupakan pendekatan yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah. Peneliti mendeskripsikan data konten evaluasi yang diterapkan pada E-Learning di Perguruan Tinggi sebagai Media Pembelajaran Hybird. Objek penelitian ini adalah e-learning perguruan tinggi di Universitas Negeri Semarang dan Universitas Tidar. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dideskripsikan dan dipaparkan apa adanya sehingga akan diketahui hal-hal yang belum disajikan dalam data yang telah diperoleh. Setelah data tersebut dideskripsikan selanjutnya dilakukan analisis mengenai isi evaluasi di e-learning. Analisis isi konten evaluasi yang diterapkan pada E-Learning di Perguruan Tinggi sebagai Media Pembelajaran Hybird yaitu berkaitan dengan jenis evaluasi yang diterapkan. Kata Kunci: kualitas konten, evaluasi pembelajaran bahasa, e-learning, perguruan tinggi, pembelajaran hybird
Higher Order Thinking Skills pada Soal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Siswa
Jurnal Sastra Indonesia Vol 11 No 3 (2022): November
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jsi.v11i3.59592

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dari analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang terdapat pada soal asesmen kompetensi minimum literasi membaca di SMK Negeri 3 Pekanbaru. Soal AKM yang dianalisis berjumlah 47 butir soal. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penilitian ini adalah studi dokumentasi. Berdasarkan dari hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan adanya level HOTS yang ditemukan pada soal AKM ialah level mencipta (C6), mengevaluasi (C5), dan menganalisis (C4). Berdasarkan tabel instrument 1 diperoleh hasil, dari 20 butir soal AKM 10 diantaranya merupakan soal yang berkategori HOTS. Selanjutnya, tabel instrument 2 terdapat 27 butir soal AKM yang 12 diantaranya berkategori HOTS.
Pengembangan Buku Fabel Dwibahasa Bermuatan Pendidikan Karakter bagi Siswa SD Kelas Dasar
Jurnal Sastra Indonesia Vol 11 No 3 (2022): November
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jsi.v11i3.61287

Abstract

Literasi di Indonesia yang bisa dikatakan masih cukup rendah inilah yang menjadi masalah dalam pendidikan di Indonesia. Aktivitas membaca menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan literasi. Hal ini tentunya diperlukan buku yang menarik siswa untuk membaca. Melalui buku fabel dengan menghadirkan cerita yang ringan dan singkat untuk menarik siswa kelas dasar untuk membaca. Buku fabel juga menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter sebagai pondasi awal membentuk karakter anak. Buku fabel ini disajikan juga menggunakan dwibahasa yaitu bahasa Indonesia sebagai bahasa utama dan bahasa jawa sebagai wujud melestarikan kebudayaan daerah yang beragam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian research & development (R&D) model Borg & Gall. Hasil awal berupa prinsip pengembangan buku meliputi prinsip kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan kegrafikaan berdasarkan hasil analisis kebutuhan. Produk pengembangan buku cerita fabel dwibahasa bermuatan pendidikan karakter bagi Siswa Kelas Dasar ini juga dapat digunakan sebagai buku penunjang dalam proses pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah. Buku fabel ini selain sebagai sarana untuk memupuk nilai pendidikan karakter pada siswa juga sebagai sarana hiburan untuk meningkatkan imajinasi siswa dengan tujuan kesenangan. Buku fabel ini juga menggunakan dwi bahasa yang melatih siswa melancarkan bahasa Indonesia juga mengenalkan bahasa daerah yaitu bahasa Jawa sesuai kurikulum merdeka.
Eksistensi Media Sosial dalam Menumbuhkan Keterampilan Membaca Kritis pada Kalangan Mahasiswa
Jurnal Sastra Indonesia Vol 11 No 3 (2022): November
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jsi.v11i3.61413

Abstract

Peran media sosial saat ini sebagai agen perubahan serta pembaharuaan dalam berkumikasi yang efektif dan efisien. Prosentase masyarakat sebagai pengguna aktif sebesar 49% dari populasi masyarakat Indonesia. Masyarakat menggunakan media sosial secara masif, tujuan penelitian an ini memiliki tujuan mengetahui seberapa besar eksistensi media sosial dalam menumbuhkan membaca kritis pada kalangan mahasiswa. Masalah dalam penelitian ini ialah eksistensi media sosial dalam menumbuhkan membaca kritis pada kalangan mahasiswa. Metode penelitian ini ialah kualitatif. Data dan sumber data berupa kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa Unissula. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kualitatif. Analisis data menggunakan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa responden sering membuka media sosial sebanyak 75% dan pilihan sangat sering sebanyak 25%. Tema yang digemari oleh responden dalam mengakses media sosial ialah tema hiburan dengan presentasi 50%. Eksistensi media sosial di kaloangan mahasiswa masih tinggi. Hal tersebut dapat dimanfaatkan dalam menumbuhkan keterampilan membaca kritis mahasiswa.
Representasi Honorifik dalam Tindak Tutur Direktif Siswa SMA di Kota Makassar
Jurnal Sastra Indonesia Vol 11 No 3 (2022): November
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jsi.v11i3.61653

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) menemukan bentuk honorifik yang digunakan oleh siswa. 2) menemukan bentuk tindak tutur yang menyertai honorifks; 3) merumuskan pola-pola komunikasi interpersonal yang terbentuk dari tindak tutur direktif yang disertai dengan honorifiks; serta 4) menjelaskan pergeseran budaya dari penggunaan honorifiks dari tindak tutur direktif yang digunakan siswa. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif yang mengkajian fenomena kebahasaan yang terkait dengan penggunaan honorifik dalam tindak tutur direktif. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu teknik simak bebas libat cakap, teknik catat, dan teknik rekam. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dari enam sekolah menengah atas atau yang sederajat di Kota Makassar. Data dianalisis secara kualitatif dan induktif berdasarkan pada content analysis dengan langkah-langkah analisis meliputi analisis domain, taxonomic, componential analysis, dan cultural values. Hasil penelitian membuktikan; 1) bentuk-bentuk honorifik yang digunakan siswa di kota Makassar, yaitu bentuk honorifik penamaaan diri, kata ganti, istilah kekerabatan, menyapa orang kedua sebagai orang ketiga, dan penggunaan kata milik bersama; 2) bentuk penggunaan honorifik dalam tindak direktif siswa di kota Makassar, yaitu memerintah, memohon, menasehati, dan merekomendasikan; 3) dalam kaitannya dengan penggunaan honorifks dalam tindak tutur direktif, pola komunikasi siswa Kota Makassar dibedakan menjadi tiga subkatagori yaitu pola komunikasi interpersonal berdasarkan tingkatan usia, jenis kelamin, dan strata sosial; 4) kesantunan honorifiks yang menyertai tuturan direktif mengalami pergeseran budaya. Penelitian ini menawarkan kebaruan temuan berupa ragam pola komunikasi yang terbentuk dari honorifiks yang menyertai tindak tutur direktif serta temuan pergeseran nilai-nilai kesantunan berbahasa dari penggunaan honorifiks dalam tuturan direktif siswa sebagaimana kebudayaan masyarakat Kota Makassar.
Kearifan Lokal dalam Novel Ikhtiar Cinta dari Adonara Karya J.S Maulana
Jurnal Sastra Indonesia Vol 11 No 3 (2022): November
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jsi.v11i3.62094

Abstract

Literary work is an imaginative form of the author about the reality of the lives of local people. In the creation of literary works the authors photographed real life, including raising the local wisdom values of the culture of local people in the background of the story. Local wisdom should be kept and kept preserved, one of which explores the values of wisdom on cultural elements in the novel. The approach in this study is a qualitative speech with a descriptive method of analysis. The source of the data used is derived from J. S. Maulana's Endeavar Cinta from Adonara, with a study object of local wisdom reflected in cultural elements. The data is collected by the library study methods and the collection techniques are read, mark and classify. The data analysis method used is a descriptive analytical method.

Page 1 of 1 | Total Record : 9