cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Communications
ISSN : -     EISSN : 26848392     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Communications publishes research articles from various topics in communication sciences. The journal is an interdisciplinary space that accommodates this research related to communication science; which includes, but is not limited to, interpersonal communication, mass communication, advertising, communication business, media studies, and beyond. Communications strives to serve as a major vehicle for the exchange of ideas and research among communication scholars.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2020): COMMUNICATIONS" : 5 Documents clear
Perilaku Komunikasi Mahasiswa Pegiat Game Online Ahmad Zikri Sumantri; Undang Suryatna; Ali Alamsyah Kusumadinata
Communications Vol 2 No 1 (2020): COMMUNICATIONS
Publisher : Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/Communications.2.1.5

Abstract

Tujuan penelitian ini menjelaskan perilaku komunikasi pengguna game online mobile legend yang terjadi di lingkungan penggunanya baik secara komunikasi langsung maupun tidak langsung sehingga dapat dilihat dari segi etika komunikasi pengguna game online. Fenomena gameonline sebagai gaya hidup di berbagai belahan dunia saat ini cukup mencengangkan. Lokasi penelitian dilakukan di Fisip Universitas Djuanda Bogor kususnya mahasiswa komunikasi. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil dari perhitungan WMS untuk peubah etika komunikasi didapatkan skor rata-rata sebesar 3,55 yang menurut penafsiran berada pada kategori baik. Sedangkan pada hasil perhitungan WMS untuk Peubah perilaku komunikasi didapatkan skor rata-rata sebesar 3,74 yang menurut penafsiran berada pada kategori baik. Hubungan antara game online Mobile Legend dengan Perilaku Komunikasi. Hasilnya dari pengujian hipotesis pada koefisien korelasi rank spearman’s peubah (X) terhadap peubah (Y) sebesar 0,496 yang artinya variable (X) memenuhi kriteria sebagai pengaruh terhadap peubah (Y) dengan tingkat hubungan sedang. selanjutnya pada pengujian signifikansi didapatkan nilai 0,002 < 0,1 maka Ha diterima, artinya bahwa ada hubungan yang signifikan antara (X) ke peubah (Y). Lalu untuk mengetahui diterima dan ditolaknya hipotesis peneliti melakukan penghitungan uji t dan didapatkan hasil t hitung besar 3,281 dan diketahui bahwa t tabel (N=33) adalah 1,692, Maka t hitung > t tabel yang berarti ho ditolak dan ha diterima yang artinya ada hubungan yang signifikan antara (X) terhadap (Y) dan untuk mengetahui seberapa bersar kontribusi yang diberikan peubah (X) terhadap peubah (Y) peneliti melakukan pengujian koefisien determinasi dan didapatkan nilai sebesar 23,26% dan kontribusi faktor lain adalah sebesar 76,74%.
Pengaruh Tayangan Kartun di TV Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Anak Fajri Raihan; Fadilla Rachman; Irwan Gita Saputra; Muhamad Iqbal Afghan
Communications Vol 2 No 1 (2020): COMMUNICATIONS
Publisher : Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/Communications.2.1.4

Abstract

Pada era sekarang ini, Televisi adalah media yang sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat dan hampir semua masyarakat di Indonesia memiliki televisi. Perkembangan televisi membuktikan bahwa dengan sifat audio visual yang dimilikinya, menjadikan televisi sangat pragmatis, sehingga mudah mempengaruhi penonton dalam hal sikap, tingkah laku, dan pola berpikir. Penelitian yang kami teliti bersifat deskriptif kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk membahas pengaruh tayangan kartun di tv terhadap kemampuan bersosialisasi anak. Sumber data yang diperoleh adalah dari pembagian kuesioner di lapangan. Tiga hal yang dapat dijadikan indikator untuk mengukur pengaruh menonton tayangan televisi yaitu indikator frekuensi, durasi, dan atensi. Membangun “Awareness” (kepedulian) Orang tua terhadap anak-anak untuk memberikan bimbingan pada saat anak menonton TV serta mendukung pilihan hiburan yang tepat bagi anak-anak serta kampanye terhadap media elektronik khususnya Televisi komersial untuk memberikan tayangan edukatif bagi anak-anak. Hasil pengujian menunjukan variable tayangan kartun di TV berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan bersosialisasi anak, itu berarti bahwa tayangan kartun di Televisi mempengaruhi kemampuan bersoisalisasi anak.
Model Kerangka Kerja Sosialisasi Identitas Baru JAKTV Tiara Pratiwi; Ina Novita Sari; Yuliana Riana Prasetyawati
Communications Vol 2 No 1 (2020): COMMUNICATIONS
Publisher : Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/Communications.2.1.3

Abstract

Perkembangan pasar dan pengubahan gaya hidup audience umumnya menuntut perusahaan untuk beradaptasi seperti dilakukannya repositioning terhadap target market dan citra perusahaan untuk menjaga eksistensi serta memperluas pangsa pasar, salah satu upaya yang dilakukan yaitu pengubahan identitas perusahaan. Industri televisi menjadi salah satu industri yang terdampak, karena kini masyarakat bisa menyaksikan tayangan televisi melalui handphone. Akibat hal tersebut, JAKTV turut melakukan pengubahan identitas perusahaan berupa pengubahan logo dan tagline serta menjalankan proses sosialisasi sejak 1 Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengevaluasi implementasi taktik public relations dalam menyosialisasikan logo dan tagline baru JAKTV. Teori rebranding dan konsep public relations tools digunakan untuk menganalisa kegiatan sosialisasi dengan metode penelitian kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam dengan teknik wawancara terstruktur kepada tim public relations JAKTV hingga salah satu pemirsa JAKTV sebagai metode pengumpulan data, sementara metode pengambilan sampel quota sampling yang dilakukan kepada pihak internal dan eksternal perusahaan sehingga menghasilkan 5 narasumber. Penelitian ini menghasilkan model kerangka kerja dari proses sosialisasi identitas baru JAKTV. Disarankan agar peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian mengenai persepsi dari target publik JAKTV terhadap repositioning JAKTV dari MY CITY MY TV menjadi Dari Jakarta untuk Indonesia.
Komitmen Pemberantasan Korupsi dalam Liputan Media Ihsanira Dhevina Enggarratri
Communications Vol 2 No 1 (2020): COMMUNICATIONS
Publisher : Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/Communications.2.1.2

Abstract

Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK adalah lembaga yang sejak didirikan telah mendapat simpati sangat besar serta menjadi tumpuan harapan khalayak. Pemberantasan korupsi memerlukan komitmen kuat dari KPK serta semua pihak terutama penyelenggara negara. Tanpa adanya komitmen, pemberantasan korupsi menjadi sia-sia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana komitmen KPK dan komitmen penyelenggara negara terhadap gerakan anti korupsi. Tema ini dipilih karena bagi masyarakat Indonesia, hampir setiap hari pemberitaan mengenai kasus korupsi mewarnai liputan di media. Penelitian ini menggunakan unit analisis teks pada judul liputan selama 4 bulan di tahun 2017, 2018 dan 2019 yang kemudian dianalisis melalui analisis framing. Selanjutnya, dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini menemukan adanya perbedaan komitmen terhadap upaya pemberantasan korupsi antara KPK dengan penyelenggara negara. Manfaat dari penelitian ini memperlihatkan peran media dalam menyajikan fakta terkait komitmen peyelenggara negara dalam fenomena upaya pemberantasan korupsi.
Peran Instagram @p2ptmkemenkesri Sebagai Media Kampanye Kesehatan Annisa Sekarwulan; Novita; Hidayat Purwanto; Dini safitri
Communications Vol 2 No 1 (2020): COMMUNICATIONS
Publisher : Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/Communications.2.1.1

Abstract

Teknologi memegang peranan penting dalam mendukung kelancaran proses komunikasi untuk setiap individu. Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kemenkes RI memanfaatkan hal tersebut dengan menjadikan platform Instagram sebagai media penyebar informasi mengenai kesehatan kepada masyarakat. Mereka membuat akun Instagram bernama @p2ptmkemenkesri. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana Peran Instagram @P2ptkemenkesri Sebagai Media Kampanye Kesehatan. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana Peran Instagram @P2ptkemenkesri Sebagai Media Kampanye Kesehatan. Penelitian ini mengunakan Teori Elaboration Likelihood yang hanya akan memfokuskan pada satu dimensi nya saja yaitu Strong Arguments. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa informasi yang diberikan akun Instagram @p2ptmkemenkesri memberikan pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan mengenai kesehatan pada pengikut akun Instagram @p2ptmkemenkesri. Hal tersebut dikarenakan kontennya yang konsisten mengenai kesehatan, informasi yang disajikan dapat menarik perhatian, dan membuat pengikut akun Instagram @p2ptmkemenkesri mengetahui informasi mengenai kesehatan

Page 1 of 1 | Total Record : 5