cover
Contact Name
laelatus Syifa Sari Agustina
Contact Email
laelatussyifa.sa@staff.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
wacana@mail.uns.ac.id
Editorial Address
Gedung D Fakultas Kedokteran UNS Jl. Ir. Sutami no. 36A, Kota surakarta (solo), Jebres, Jawa Tengah, 57126
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
WACANA
ISSN : 20850514     EISSN : 27161625     DOI : https://doi.org/10.13057/wacana.v12i1
Wacana adalah wadah pengembangan psikologi di indonesia khususnya dibidang indegenous yang memuat naskah-naskah ilmiah penelitian empiris. Psikologi dalam ranah indegenous mengkhususkan diri pada studi yang mengangkat seni, etnis, budaya, nilai-nilai kepercayaan, spiritualitas, agama dan kearifan lokal yang saling mempengaruhi proses sosial dan proses individual serta hubungan intra dan/atau inter kelompok dan lingkungan. Kajian dalam bidang-bidang psikologi lainnya dapat dimuat dalam Wacana sepanjang memiliki relevansi dengan psikologi khusunya bidang indegenous.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 1 (2020)" : 8 Documents clear
Optimalisasi Peran Orang Tua Dalam Memahami Remaja Generasi Milenial Ernawati, .; Fadillah, Galih Fajar; khairi, Alfin Miftahul
Wacana Vol 12, No 1 (2020)
Publisher : UNS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.13057/wacana.v12i1.168

Abstract

Abstrak: Latar belakang penelitian ini adalah masih adanya relasi yang kurang harmonis antara orang tua dan anak, hal tersebut berdampak signifikan pada sekat emosional yang ada. Terlebih lagi tantangan dalam memahami remaja generasi milenial masa kini. Orang tua sebagai orang yang pertama kali dikenal oleh remaja hendaknya dapat menjadi teladan yang baik, memberikan dukungan pada remaja serta diharapkan orang tua dapat memahami remaja, tidak hanya kebutuhan fisik tentunya namun kebutuhan psikologis dan kebutuhan agama. Kasus-kasus yang beredar di media surat kabar dan media online saat ini sungguh sangat memprihatinkan. Tidak jarang orangtua dengan tega bertindak kasar, bahkan sampai menghabisi nyawa buah hatinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang optimalisasi peran orang tua dalam memahami remaja generasi milenial. Penelitian ini bersifat kualitatif terapan (applied qualitative research) dan menggunakan pendekatan Interpretative Phenomenology Analysis (IPA), teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan obersvasi serta dokumentasi. setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya optimalisasi peran orang tua dalam memahami remaja generasi milenial. Optimalisasi peran orang tua dikelompokkan dalam 4 kategori yaitu optimalisasi dalam peran pemenuhan kebutuhan ekonomi, fisik, psikologis, dan agama.Kata kunci : peran orang tua, generasi milenial
Hubungan Tingkat Kecerdasan Emosi Dengan Derajat Depresi Pada Mahasiswa Kedokteran Ramdhani, Sindy Fajriyatul; Fanani, Mohammad; Nugroho, Dian
Wacana Vol 12, No 1 (2020)
Publisher : UNS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.13057/wacana.v12i1.171

Abstract

Abstrak. Kecerdasan emosi merupakan kemampuan seseorang untuk memahami dan merespon emosi seseorang dan orang lain serta menggunakan pemahaman ini untuk memandu pikiran dan tindakannya. Orang-orang dengan kecerdasan emosi yang lebih tinggi ini pun dapat mengatur emosi yang lebih baik di lingkungan akademik, tempat kerja dan lebih banyak lagi, sehingga mereka sering mencapai kesuksesan yang maksimal. Rendahnya kecerdasan emosi terlihat berkorelasi dengan beberapa gangguan kejiwaan seperti depresi, kecanduan, dan kegagalan pendidikan. Depresi sendiri adalah perasaan sedih, pesimis dan merasa sendirian serta masalah mood lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat tingkat kecerdasan emosi dan derajat depresi pada mahasiswa kedokteran tahun pertama.Kata Kunci: [depresi, kecerdasan emosi]
Penguatan Spritualitas dalam Komunitas Resimen Mahasiswa Dian Yudhawati
Wacana Vol 12, No 1 (2020)
Publisher : UNS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.13057/wacana.v12i1.167

Abstract

Abstrak: Spiritualitas merupakan hal yang penting untuk menciptakan manusia yang berkualitas dan manusia yang mampu memahami kebermaknaan hidup. Kemampuan memahami kehidupan dapat membuat seseorang meraih makna dan mengembangkannya menjadi suatu kebahagiaan. Membangun spiritualitas bukanlah sekedar melakukan ritual keagamaan Upaya membangun nilai-nilai spiritual dapat dilakukan pula dalam berbagai kegiatan yang mampu menerima keberagaman sehingga dapat menambah wawasan tentang makna hidup bagi seseorang. Berkembangnya spiritualitas juga dapat ditemukan pada kehidupan komunitas yang memiliki rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang kuat. Resimen Mahasiswa merupakan suatu komunitas yang dimaksud dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan tentang adanya penguatan spiritualitas yang dimiliki oleh anggota Resimen Mahasiswa dalam melaksanakan berbagai kegiatan di dalam komunitasnya.Kata kunci : Spiritualitas; Resimen Mahasiswa
Penanaman Nilai Moral- Spiritual Pada Anak Usia Dini Melalui Cerita Fabel dalam Surat Al-Fiil Intan Puspitasari; Miftah Khilmi Hidayatulloh
Wacana Vol 12, No 1 (2020)
Publisher : UNS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.13057/wacana.v12i1.166

Abstract

Abstrak. Bercerita merupakan salah satu metode untuk menanamkan nilai moral- spiritual pada anak usia dini. Metode bercerita efektif untuk dilakukan pada anak usia dini karena anak sedang berada pada tingkat dongeng (fairy tale stage) dalam tahap perkembangan spiritualnya. Pada tahapan ini anak tertarik dengan cerita menakjubkan sehingga mengembangkan daya imajinasinya. Kondisi ini dapat dimanfaatkan oleh orang tua maupun pendidik untuk dapat menanamkan berbagai nilai moral- spiritual pada anak melalui sebuah cerita. Untuk menarik minat anak, cerita dapat disampaikan dengan berbagai cara yang lebih sesuai dengan kemajuan zaman saat ini. Dua diantaranya adalah dengan media interaktif dan story telling- story acting. Al quran sebagai pedoman hidup umat Islam sarat akan pelajaran yang tertuang dalam firman-firman Allah. Adapun beberapa pelajaran tersebut disampaikan melalui kisah Nabi, umat terdahulu maupun kisah-kisah binatang. Artikel ini merupakan gagasan tertulis yang membahas tentang pesan-pesan moral yang dapat diambil dari karakter fabel dalam Surat Al-Fiil. Metode yang dilakukan dalam pembuatan artikel ini dilakukan dengan literature review menggunakan tinjauan psikologi melalui teori perkembangan moral- spiritual dan tafsir Al Quran. Tujuan dari artikel ini adalah memberikan wawasan baru mengenai penanaman nilai moral pada anak dengan menyampaikan pesan-pesan moral dari cerita fabel dalam Al Quran. Kata kunci: Nilai Moral, Cerita Fabel, Surat Al-Fiil, Anak Usia Dini
Kausalitas Anak dan Orang Tua : Relevansi antara Teori Konvergensi dalam Psikologi Pendidikan Barat dengan Teori Fitrah dalam Perspektif Islam . Sukarman
Wacana Vol 12, No 1 (2020)
Publisher : UNS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.13057/wacana.v12i1.165

Abstract

Abstrak: Artikel ini merupakan kajian penelitian konseptual yang akan memaparkan pola hubungan kausalitas anak dan orang tua menurut teori konvergensi dalam psikologi pendidikan barat dan pandangan teori fitrah dalam perspektif pendidikan Islam. Jika kedua teori ini disandingkan maka akan ditemukan relevansi satu sama lain. Hal yang menarik dalam kajian ini adalah kedua teori ini menempatkan seorang anak sebagai pihak penerima pengaruh (pendidikan) sedangkan orang tua diposisikan sebagai pihak pemberi pengaruh (pendidikan) dalam kehidupan anak. Dalam pandangan Islam ketika orang tua telah tiada maka hasil pemberian pengaruh (pendidikan) terhadap anak akan berpengaruh pada kehidupan orang tuanya kelak. Sehingga dalam hal ini akan terdapat hubungan kausalitas antara keduanya. Kajian ini dilatarbelakangi adanya persoalan ketidaksepemahaman tentang tanggung jawab pendidikan antara guru dan orang tua. Metode penelitian menggunakan literature review dalam kajian deskriptif kualitatif. Penelitian ini mencoba membandingkan antara dua teori pendidikan barat dan teori pendidikan Islam. Simpulan dari kajian tentang teori konvergensi dan teori fitrah adalah adanya satu titik temu antara keduanya meskipun kedua teori tersebut bersumber dari sumber yang berbeda yakni literatur barat dan literatur Islam.Kata kunci: kausalitas, konvergensi, Islam.
Fatherhood dan Indeks Prestasi (IP) Akademik pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Jakarta Bijak Aditia Hutomo; Fathimah Miftahul Jannah; Tahlia Latifah
Wacana Vol 12, No 1 (2020)
Publisher : UNS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.13057/wacana.v12i1.169

Abstract

Abstrak: Pendidikan merupakan salah satu hal mendasar yang sangat dibutuhkan oleh manusia, sama halnya dengan pengasuhan orangtua. Sebagai bagian dari pendidikan, mahasiswa merupakan seseorang yang berada dalam tahapan perkembangan remaja menuju dewasa awal. Dalam beberapa teori, remaja lebih cenderung terlibat dengan teman sebaya daripada orangtuanya. Keterlibatan yang lebih pada teman sebaya tidak berarti remaja tidak terlibat secara seutuhnya dengan orang tuanya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan mencari gambaran Fatherhood dan Indeks Prestasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Jakarta. Literatur lain menunjukkan bahwa keterlibatan ayah memiliki kontribusi yang sangat besar pada prestasi akademik anak usia 13-15 tahun. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Fatherhood Scale yang dikembangkan oleh Gary L. Dick pada tahun 2016. Populasi dan Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi angkatan 2016 dan 2017. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu menjadi gambaran sederhana mengenai bagaimana Fatherhood dan Indeks Prestasi (IP) Akademik yang ada pada mahasiswa.Keyword: Fatherhood, Mahasiswa, Indeks Prestasi Akademik
Evaluasi Psikometris General Health Questionnaire (GHQ) 28 Pada Subjek Mahasiswa di Semarang, Jawa Tengah Diany Ufieta Syafitri
Wacana Vol 12, No 1 (2020)
Publisher : UNS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.13057/wacana.v12i1.164

Abstract

Abstrak: usia remaja hingga dewasa dianggap sebagai masa yang rentan terhadap masalah kesehatan mental. Dilaporkan dalam berbagai berita maupun penelitian mahasiswa juga merupakan segmen memiliki kemungkinan tinggi mengalami masalah kesehatan mental. Salah satu hambatan utama dalam penanganan kesehatan mental di Indonesia adalah kurangnya alat skrining kesehatan mental yang adekuat. Telah terdapat beberapa alat skrining tetapi tidak disertai dengan informasi tentang evaluasi psikometris yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi properti psikometris alat skrining General Health Questionnaire (GHQ) 28 yang sebelumnya telah diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia untuk melihat apakah alat ini memiliki reliabilitas dan validitas yang memadai sebagai alat skrining dan memiliki faktor struktur yang sesuai dengan acuan teoretisnya. Subjek penelitian ini adalah 356 mahasiswa S1 dari berbagai universitas di Kota Semarang. Hasilnya, didapatkan koefisien reliabiliatas Alpha Cronbach 0,897 yang dianggap memuaskan. Hasil analisis faktor menunjukkan terdapat empat faktor sesuai dengan faktor asli penyusun GHQ 28. Secara umum, GHQ 28 versi terjemahan bahasa Indonesia memiliki properti psikometris yang cukup baik. Kata kunci: evaluasi psikometris, General Health Questionnaire, kesehatan mental, mahasiswa
Hubungan Tingkat Kepercayaan Diri Dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Whatsapp Pada Mahasiswa Kedokteran 2018 Arum Sonia Azahra Nur Annisa; Istar Yuliadi; Dian Nugroho
Wacana Vol 12, No 1 (2020)
Publisher : UNS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.13057/wacana.v12i1.170

Abstract

Abstrak. Kepercayaan diri merupakan hasil dari proses pembentukan identitas. Identitas diri yang jelas menghasilkan kepercayaan diri yang tinggi. Identitas yang kabur menurunkan kepercayaan diri. Kepercayaan diri mempengaruhi kemampuan seseorang berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain yang berarti komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal di kalangan mahasiswa cukup penting dalam membangun konsep diri, aktualisasi diri, untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, untuk menghindarkan diri dari tekanan dan ketegangan. Kepercayaan diri mempengaruhi komunikasi interpersonal berarti kepercayaan diri juga mempengaruhi cara mahasiswa atau remaja pada umumnya dalam berkomunikasi dengan media sosial. Kepercayaan diri yang berbeda beda pada setiap individu di usia remaja ini yang akan berpengaruh terhadap intensitas penggunaan media sosial mereka. Intensitas penggunaan merupakan tingkat kedalaman dan kekuatan sikap dalam menggunakan atau memanfaatkan fasilitas-fasilitas media sosial dengan memperhatikan durasi waktu dan frekuensi penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat kepercayaan diri dan intensitas penggunaan media sosial. Hasil menunjukkan bahwa ada hubungan korelasi signifikan negatif antara tingkat kepercayaan diri dengan intensitas penggunaan media sosial WhatsApp pada mahasiswa FK UNS angkatan 2018.Kata Kunci: Intensitas penggunaan WhatsApp, Kepercayaan diri.

Page 1 of 1 | Total Record : 8