cover
Contact Name
sudirman
Contact Email
sudirmanunwir@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
edumjournal@unwir.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. indramayu,
Jawa barat
INDONESIA
Edum Journal
Published by Universitas Wiralodra
ISSN : 26204363     EISSN : 26221098     DOI : -
Core Subject : Social,
Focus artikel on the edum journal that is on the education management and humoniora. While the scope of articles that are published in the fields of education and social.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2018)" : 7 Documents clear
SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI DILIHAT DARI PRODUKTIVITAS KERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Dadang Dadang
Edum Journal Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/edumjournal.v1i1.32

Abstract

Perhatian utama pembahasan dalam penelitian ini adalah menyangkut supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi berprestasi serta pengaruhnya terhadap produktivitas kerja guru SMP Negeri di Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu baik secara parsial maupun ganda. Metode penelitian menggunakan metoda survey terhadap guru SMP Negeri di Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu. Teknik pengumpulan data, selain melaksanakan observasi langsung, mengadakan wawancara dengan pihak terkait, dan menyebarkan angket terhadap 59 orang responden. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan supervisi akademik kepala sekolah terhadap produktivitas kerja guru SMP Negeri di Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu. Adapun besaran pengaruhnya setelah melalui perhitungan regresi parsial adalah sebesar 16,2 %, sementara selebihnya sebanyak 83,8 % merupakan pengaruh lain. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap produktivitas kerja guru SMP Negeri di Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu. Adapun besaran pengaruhnya setelah melalui perhitungan regresi parsial adalah sebesar 31,6 %, sementara selebihnya sebanyak 68,4 % merupakan pengaruh lain. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara simultan terhadap produktivitas kerja guru SMP Negeri di Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu. Adapun besaran pengaruhnya setelah melalui perhitungan regresi ganda adalah sebesar 36,9 %, sementara selebihnya sebanyak 63,1 % merupakan pengaruh lain.
MUTU SEKOLAH PADA SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN MANAJEMEN KELAS Ruhita
Edum Journal Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/edumjournal.v1i1.33

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat mutu sekolah dasar yang ada di Kecamatan Sindang ditinjau dari Supervisi yang dilakukan kepala sekolah dan manjemen pengelolaan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu dengan populasi penelitian yaitu seluruh guru SD yang berstatus PNS sejumlah 196 orang di lingkungan UPTD Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu. Secara ringkas teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi Pearson Product Moment dan korelasi ganda, yang dilanjutkan dengan analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan (1) Supervisi yang dilakukan kepala sekolah memiliki kontribusi 44,5 % terhadap mutu sekolah; (2) Optimalisasi pengelolaan kelas yang baik berkontribusi sebesar 47,5% terhadap mutu sekolah; (3) untuk mutu sekolah jika ditinjau dari supervisi dan manajemen kelas secara bersama sama ketika dilakukan sebesar 61,1%. Saran penelitian ini kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi dalam jenjang sekolah harus terus melakukan proses supervisi dan mengoptimalisasikan manjemen kelas dengan baik.
EFEKTIVITAS SEKOLAH: KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH Rinel
Edum Journal Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/edumjournal.v1i1.37

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap sekolah efektif. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Gugus Kendali Tugas (Guligas IV) Kabupaten Indramayu. Teori yang melandasi penelitian ini adalah teori kepemimpinan visioner, teori iklim sekolah dan teori sekolah efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan angket. Responden berjumlah 72 orang dari SMA negeri dan swasta yang ada di Guligas IV Kabupaten Indramayu. Instrumen penelitian berbentuk kuesioner divalidasi dengan menggunakan analisis butir Korelasi Pearson dan reabilitas total butir menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan regresi tunggal dan regresi ganda dengan bantuan SPSS versi 24 for Windows. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1.Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap terwujudnya efektivitas sekolah di SMA Se-Guligas IV Kabupaten Indramayu dengan besaran pengaruh 33,9%; 2.Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada iklim sekolah terhadap terwujudnya efektivitas sekolah di SMA SeGuligas IV Kabupaten Indramayu dengan besaran pengaruh 43,1%; 3.Terdapat pengaruh . yang positif dan signifikan pada kepemimpinan visioner kepala sekolah dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap terwujudnya efektivitas sekolah di SMA Se-Guligas IV Kabupaten Indramayu dengan besaran 58,2%.
PENGARUH KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN TERHADAP MUTU LULUSAN SISWA SMP NEGERIDI SEKTOR VKABUPATEN INDRAMAYU Tarsiman
Edum Journal Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/edumjournal.v1i1.39

Abstract

Fenomena mutu lulusan adalah pemangku kepentingan (stakeholders) terutama orang tua siswa dan masyarakat sebagai pengguna jasa pendidikan. Masyarakat menilai lulusansiswasiswi SMP Negeri dapat melanjutkan sekolah kejenjang lebih tinggi,dan diharapkan tidak terseret ke pergaulan bebas seperti pelaku kriminal, pengguna obat-obat terlarang, dan prilaku asusila, karena tertanam pengetahuan afektif, kognitif, dan psikomotor dalam dirinya. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP di sektor V Kabupaten Indramayu sebanyak 410 orang dari 17 SMP Negeri. Sampel diambil sebanyak 80 orang secara proporsional sampling, Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert, instrumen penilaian berbentuk kuisioner yang sudah di uji validitas dan reliabelitasnya, dengan pendekatan kuantitatif, analisis data menggunakan Sistem Program Statistic Solusion (SPSS) ver.23 utuk menentukan regresi dan korelasi. Hasil penelitian menunjukan kompetensi kepala sekolah (X1), dan manajemen pembelajaran (X2), sendiri atau bersama-sama terdapat hubungan yang positif terhadap mutu lulusan (Y). Besarnya pengaruh kompetensi kepala sekolah, manajemen pembelajaran dan masing-masing 3,9% dan 0,3%, sedangkan pengaruh dari keduanya (X1 dan X2) 4,4% terhadap mutu lulusan, sedangkan yang lainnya dipengaruhi oleh paktor lain yang tidak diteliti.
PENINGKATAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI MELALUI TEKNIK SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN MANAJEMEN KELAS Wasilah
Edum Journal Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/edumjournal.v1i1.40

Abstract

Masalah dalam penellitian ini adalah seberapa besar pengruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Pengelolaan Kelas Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Kelas V Pada Sekolah Dasar Negeri di UPTD Pendidikan Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu. Masalah penelitian diteliti melalui pendekatan kuantitatif. Dengan sumber data penelitian adalah guru-guru pada SD Negeri di UPTD Pendidikan Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu berjumlah 457 orang guru. Karena jumlah populasi besar diputuskan untuk diambil sampel 110 orang guru. Data dikumpulkan melalui angket langsung yang dijawab oleh para guru, selanjutnya dianalisis secara statistik dengan teknik analisis regresi ganda menggunakan komputer program SPSS Versi 24.0. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa: (1) Hasil uji t diperoleh ̂ = 29,373 + 1,149 Xı. Konstanta sebesar 29,373 menyatakan bahwa jika tidak ada kenaikan nilai dari variabel supervisi kepala sekolah (Xı) maka kualitas proses pembelajaran adalah 29,373. Koefisien regresi sebesar 1,149 menyatakan bahwa setiap perubahan satu skor atau nilai supervisi kepala sekolah memberikan kenaikan skor sebesar 1,149. (2) Hasil uji t diperoleh ̂ = 47,026 + 0,308 X2 konstanta sebesar 47,026 menyatakan bahwa jika tidak ada kenaikan nilai dari variabel manajemen kelas (X2), maka kualitas proses pembelajaran (Y) adalah 47,026. Koefisien regresi 0,308menyatakan bahwa setiap perubahan satu skor nilai manajemen kelas memberikan kenaikan 0,308. (3) Hasil uji hubungan korelasi ganda antara variabel supervisi kepala sekolah (X1) dan manajeman kelas (X2) secara bersama – sama terhadap kualitas proses pembelajaran (Y) adalah 0,553. Hal ini dapat di lihat dari persamaan regresi ̂ = 29,373 + 1,149 X1 + 0,358 X2 sehingga setiap perubahan skor supervisi kepala sekolah dan manajemen kelas sebesar satu satuan dapat mengubah 1,149 dan 0,358 skor kualitas proses pembelajaran pada arah yang sama.
ANALISIS ADMINISTRASI KURIKULUM PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA TUNAS BARU CIPARAY Asti Putri Kartiwi
Edum Journal Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/edumjournal.v1i1.41

Abstract

Kurikulum dipandang sebagai suatu program yang didisain, direncanakan, dikembangkan, dan akan dilaksanakan dalam situasi belajar mengajar yang sengaja diciptakan di sekolah. Berdasarkan pengamatan yang penulis lakukan, penulis mendapati bahwa proses belajar mengajar di SMA Tunas Baru Ciparay belum berjalan dengan baik diakibatkan oleh administrasi kurikulum yang belum berjalan sebagaimana mestinya. sebagai berikut: (1) Penyusunan jadwal yang sering diubah yang disebabkan karena banyak guru yang mengajar di tempat lain. Pihak sekolah harus menyesuaikan jadwal para guru terutama mereka yang mengajar di sekolah lain.; (2) tingkat absensi guru dan siswa cukup tinggi ; (3) guru jarang membuat perangkat pembelajaran karena kepala sekolah jarang memeriksanya;(4) Penempatan guru yang tidak tepat, banyak guru yang mengajar di luar bidang kemampuannya. Dari keempat permasalahan diatas dapat disimpulkan bahwa inti permasalahan pada SMA Swasta Tunas Baru Ciparay terletak pada kelemahan kepala sekolah dalam melaksanakan fungsinya. Rekomendasi kepada Kepala Sekolah sebagi pelaksana kurikulum disekolah sebaiknya mengambil tindakan: (1) Memberikan teladan yang baik bagi guru dan staf dalam hal kedisiplinan;(2) memberikan sanksi bagi guru yang kurang disiplin.; (3) memberikan apresiasi/reward bagi guru yang disiplin; (4) memberikan pembinaan bagi para guru baik secara formal maupun informal; dan (5) menempatkan guru dan staf sesuai dengan kemampuannya (the right man in the right place).
PERAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR Patno
Edum Journal Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/edumjournal.v1i1.42

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh peran kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Indramayu; (2) pengaruh iklim Organisasi terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kabupaten Indramayu; (3) pengaruh peran kepala sekolah dan iklim organisasi terhadap kinerja guru Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Indramayu. Guna mengetahui tujuan penelitian tersebut maka menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di sembilan sekolah dasar yang ada di gugus II di UPTD Pendidikan Kecamatan Anjatan dengan jumlah pupulasi sebanyak 79 orang. Sampel diambil secara random proporsional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner atau angket sebagai instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi pengaruh peran kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Negeri pada Gugus II di UPTD Pendidikan Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu tergolong signifikan yakni sebesar 18,3 %; (2) tingkat iklim organisasi termasuk kategori sedang 28,8%, (3) pengaruh peran kepala sekolah dan iklim organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 34,4%; (4) terdapat hubungan yang signifikan antara peran kepala sekolah dan iklim dengan kinerja guru; (5) terdapat hubungan yang signifikan antara iklim organisasi dengan kinerja guru; (6) terdapat hubungan signifikan antara peran kepala sekolah dan iklim organisasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7