cover
Contact Name
sudirman
Contact Email
sudirmanunwir@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
edumjournal@unwir.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. indramayu,
Jawa barat
INDONESIA
Edum Journal
Published by Universitas Wiralodra
ISSN : 26204363     EISSN : 26221098     DOI : -
Core Subject : Social,
Focus artikel on the edum journal that is on the education management and humoniora. While the scope of articles that are published in the fields of education and social.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2020): Edum Journal" : 7 Documents clear
PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH PADA PAUD NURUL MAGHFIRAH KOTA KENDARI Wa Rosida; Nurzaima Nurzaima
Edum Journal Vol. 3 No. 1 (2020): Edum Journal
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/edumjournal.v3i1.51

Abstract

Sarana dan prasarana pendidikan juga menjadi salah satu tolak ukur dari mutu sekolah. Tetapi fakta di lapangan banyak ditemukan sarana dan prasarana yang tidak dioptimalkan dan dikelola dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pengelolaan sarana dan prasarana, dan (2) Mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pengelolaan sarana dan prasarana. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yakni penelitian yang mengambarkan sekaligus mengkaji kondisi nyata obyek penelitian berdasarkan data-data autentik yang dikumpulkan. Subjek dalam penelitian ini adalah pengelola, guru dan operator di PAUD Nurul Maghfirah Kota Kendari. Teknik pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara: Pertama, pengamatan yaitu peneliti mengamati kegiatan pihak sekolah dalam mengelola sarana dan prasarana. Kedua, wawancara, yakni melekukan tanya jawab langsung pada beberapa subjek penelitian untuk memperoleh data tentang Pengelolaan Sarana dan Prasarana di PAUD Nurul Maghfirah Kota Kendari, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa yang pertama: bentuk pengelolaan sarana dan prasarana pembelajaran di PAUD Nurul Mahgfirah Kota Kendari yaitu perencanaan, pengadaan, inventarisasi, pemanfaatan dan pemeliharaan. Kedua, faktor pendukung yaitu adanya pemahaman tentang pengelolaaan sarana dan prasarana dan kemampuan mengelola. Sedangkan penghambat pengelolaan sarana dan prasarana yaitu lingkungan sekolah yang sering dilanda banjir dan kurangnya dukungan dari masyarakat sekitar sekolah.
PENGARUH PERILAKU DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP ETOS KERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI Sutarja Fahrudin
Edum Journal Vol. 3 No. 1 (2020): Edum Journal
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/edumjournal.v3i1.55

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini telah dilaksanakan dan dianalisis dengan mengambil fokus utama pada perilaku dan budaya organisasi serta pengaruhnya terhadap etos kerja guru. Metode yang digunakan adalah metode survey di mana penulis terjun langsung ke tataran empirik dengan menyebarkan angket terhadap 62 orang.Teknik pengolahan dan analisis yang digunakan adalah regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan perilaku organisasi terhadap etos kerja guru. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan budaya organisasi terhadap etos kerja. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan perilaku dan budaya organisasi secara bersama-sama (simultan) terhadap etos kerja guru. Bertolak dari kesimpulan tersebut penulis menyarankan, bahwa: (1) Etos kerja harus diupayakan selalu dalam kondisi bagus. Pada sisi perilaku organisasi dimensi komunikasi perlu ditingkatkan melalui program pertemuan rutin dengan guru dan memperbanyak kebersamaan. Pada sisi budaya organisasi kepala sekolah disarankan untuk memberikan peluang lebih banyak kepada guru agar berinovasi dan berkreasi.
PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN PELAYANAN TENAGA ADMINISTRASI TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN INDRAMAYU Supiyanto Supiyanto
Edum Journal Vol. 3 No. 1 (2020): Edum Journal
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/edumjournal.v3i1.56

Abstract

ABSTRAK Di sekolah masih banyak ditemukan efektivitas keja guru yang belum sesuai dengan harapan tujuan pendidikan nasional, seperti rerata hasil Ujian Nasional yang masih rendah, serta prosentasi outcome juga masih rendah. hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti lemahnya ; keterampilan manajerial kepala sekolah, pelayanan tenaga administrasi, dan sarana parasarana lainnya. Maka perlu diadakan penelitian pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah dan pelayanan tenaga administrasi terhadap efektivitas kerja guru. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif Keterampilan manajerial kepala sekolah (X1), dan Pelayanan tenaga administrasi (X2) terhadap Efektivitas kerja guru (Y). Penelitian ini merupakan penelitian survey melalui pendekatan kuantitatif dengan populasi berjumlah 961 orang guru SMAN di Kabupaten Indramayu. Pengolahan datanya menggunakan aplikasi program SPSS. Hasil dari penelitian ini diperoleh informasi ; (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan keterampilan manajerial kepala sekolah (X1) terhadap efektivitas kerja guru (Y), dengan besaran pengaruhnya 33%. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pelayanan tenaga administrasi (X2) terhadap efektivitas kerja guru (Y), dengan besaran pengaruhnya 22%.
MANAJEMEN KELAS DAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN: DAMPAKNYA TERHADAP EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN JATIBARANG KABUPATEN INDRAMAYU Lusiana Wirastuti
Edum Journal Vol. 3 No. 1 (2020): Edum Journal
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/edumjournal.v3i1.58

Abstract

Abstrak Penelitian ini mengkaji tentang “seberapa besar kontribusi manajemen kelas dan manajemen pembelajaran terhadap efektivitas proses pembelajaran”. Penelitian ini memfokuskan pada tingkat kontribusi manajemen kelas dan manajemen pembelajaran pada SMP Negeri di Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu. Pengumpulan data dilakukan dengan angket tertutup. Sedangkan analisis data dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survey brifat korelasional yang mencakup manajemen kelas, manajemen pembelajaran, dan efektivitas proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di tiga SMP Negeri di Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu sebanyak 54 orang yang digunakan sebagai sampel. Penelitian ini berhasil mengungkapkan beberapa temuan, yaitu manajemen kelas dan manajemen pembelajaran memberikan kontribusi terhadap efektivitas proses pembelajaran. Adapun kontribusi manajemen kelas terhadap efektivitas proses pembelajaran adalah sebesar 16% , sementara manajemen pembelajaran terhadap efektivitas proses pembelajaran 11,5% dan manajemen kelas bersama-sama manajemen pembelajaran sebesar 18,6% secara bersama-sama terhadap efektivitas proses pembelajaran pada SMP Negeri di Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu.
APAKAH KEBIJAKAN REKRUTMEN PESERTA DIDIK DAN MANAJEMEN SARANA PRASARANA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS Hendi Rohaendi
Edum Journal Vol. 3 No. 1 (2020): Edum Journal
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/edumjournal.v3i1.59

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran aktual mengenai pengaruh kebijakan rekrutmen peserta didik dan manajemen sarana prasarana terhadap prestasi belajar siswa di SMA. Metode penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 60 orang. Selain itu teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel rekrutmen peserta didik (X1) terhadap prestasi belajar siswa (Y) sebesar 2,4%. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan dari variabel manajemen sarana prasarana (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y) sebesar 60,5%, dan (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel rekrutmen peserta didik (X1) dan manajemen sarana prasarana (X2) secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa (Y) sebesar 60,7%. Berdasarkan penelitian ini disarankan untuk meningkatan pelayanan dalam kegiatan rekrutmen peserta didik dan peningkatan dalam pengelolaan manajemen sarana prasarana demi untuk meningkatkan hasil prestasi belajar siswa sesuai dengan harapan orang tua dan tujuan sekolah.
PENGARUH EFEKTIVITAS PELAYANAN AKADEMIK DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KECAMATAN JATIBARANG KABUPATEN INDRAMAYU Ratnaningrum Ratnaningrum
Edum Journal Vol. 3 No. 1 (2020): Edum Journal
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/edumjournal.v3i1.60

Abstract

ABSTRAK Salah satu kegiatan yang membuat terbukanya wawasan dan ilmu pengetahuan adalah belajar. Peserta didik atau siswa bisa sukses dalam mengikuti proses pembelajaran apabila rajin membaca. Kerajinan akan membaca akan terlaksana diawali dengn minat minat belajar telah ada dalam diri siswa. Keniscayaan tersebut yang mendorong fokus penelitian ini menyangkut masalah efektivitas pelayanan akademik dan kompetensi pedagogic guru serta pengaruhnya terhadap minat baca baik parsial maupun ganda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket skala Likert, terhadap 52 orang guru sekolah menengah pertama (SMP) Negeri di Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu. Pengolahan hasil penelitian menggunakan teknik analisis regresi. Uji signifikansi menggunakan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan efektivitas pelayanan akademik terhadap minat belajar siswa SMP Negeri di Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu. Adapun besaran pengaruh efektivitas pelayanan akademik terhadap minat belajar siswa SMP Negeri di Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu. adalah 53,9%. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap minat belajar siswa SMP Negeri di Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu. Adapun besaran pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap minat belajar siswa SMP Negeri di Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu. adalah 49,5%. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan efektivitas pelayanan akademik dan kompetensi pedagogik guru secara simultan terhadap minat belajar siswa SMP Negeri di Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu. Adapun besaran pengaruh efektivitas pelayanan akademik dan kompetensi pedagogik guru secara simultan terhadap minat belajar siswa SMP Negeri di Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu. adalah 59,6%. Bertolak dari kondisi tersebut penulis menyarankan: (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan akademik sudah efektif, tetapi karena berpengaruh terhadap minat belajar siswa maka masih ada sisi yang dapat dikembangkan yaitu yang berkaitan dengan kelengkapan instrumen berikut pendayagunaannya melalui perbaikan manajemen sarana dan prasarana. (2) Berdasarkan hasil penelitian, secara umum kompetensi pedagogik guru sudah bagus. Tetapi untuk lebih memaksimalkan minat belajar siswa, sebaiknya kepala sekolah dan guru lebih fokus pada pemahaman tentang siswa (peserta didik) agar lebih mudah mengarahkannya.
INVESITIGASI PENGARUH DISIPLIN KERJA GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SALAH SATU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI Krista Renggana
Edum Journal Vol. 3 No. 1 (2020): Edum Journal
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/edumjournal.v3i1.61

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi pengaruh disiplin kerja guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan yakni desain ex post facto tipe causal komparatif. Teknik pengumpulan data terhadap disiplin kerja guru, motivasi belajar siswa menggunakan angket skala Likert. Sedangkan prestasi belajar siswa diperoleh dari hasil ujia akhir sekolah. Partisipan yang terlibat yakni 44 orang guru sekolah dan 44 orang siswa. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan disiplin kerja guru terhadap prestasi belajar siswa di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Indramayu. Adapun besaran pengaruhnya mencapai 36,1%. (2) Terdapat pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Indramayu. Adapun besaran pengaruhnya hanya 3,1%. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan disiplin kerja guru dan motivasi belajar siswa secarasimultan terhadap prestasi belajar siswa di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Indramayu. Adapun besaran pengaruhnya mencapai 39,3%. Beranjak dari hasil kajian tersebut, hendaknya disiplin kerja guru mendapat perhatian yang serius untuk dioptimalkan terutama menyangkut ketertiban dalam melaksanakan kegiatan. Baik kegiatan akademik maupun kegiatan non akademik diharapkan lebih tertib dan teratur melalui persiapan dan perencanaan yang sesuai tujuan dari kegiatan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7