cover
Contact Name
sudirman
Contact Email
sudirmanunwir@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
edumjournal@unwir.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. indramayu,
Jawa barat
INDONESIA
Edum Journal
Published by Universitas Wiralodra
ISSN : 26204363     EISSN : 26221098     DOI : -
Core Subject : Social,
Focus artikel on the edum journal that is on the education management and humoniora. While the scope of articles that are published in the fields of education and social.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2022): Edum Journal" : 10 Documents clear
KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN MOTIVASI KERJA GURU SERTA DAMPAKNYA TERHADAP EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN Euis Yuliani Permananingsih
Edum Journal Vol. 5 No. 2 (2022): Edum Journal
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/edumjournal.v5i2.119

Abstract

Abstrak-Keberhasilan akademik peserta didik sangat ditentukan oleh proses pelaksanaan pembelajaran. Oleh karenanya, proses pembelajaran harus diupayakan efektif agar peserta dapat menerima materi ajar secara maksimal. Banyak factor yang memiliki dampak positif terhadap efektivitas proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui dan menganalisis dampak komunikasi interpersonal dan motivasi kerja guru terhadap efektivitas proses pembelajaranb baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket skala Likert, terhadap 52 orang guru. Pengolahan hasil penelitian menggunakan teknik analisis regresi. Uji signifikansi menggunakan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Komunikasi interpersonal berdampak positif dan signifikan terhadap efektivitas proses pembelajaran. (2) Motivasi kerja guru berdampak positif dan signifikan terhadap efektivitas proses pembelajaran. (3) Komunikasi interpersonal dan motivasi kerja guru secara bersama-sama (simultan) berdampak positif dan signifikan terhadap efektivitas proses pembelajaran. Beranjak dari kondisi tersebut, penulis menyarankan: (1) Dari pembahasan terlihat bahwa semua dimensi efektivitas proses pembelajaran sudah bagus kecuali dimensi antusiasme peserta didik terhadap materi pelajaran. Oleh karenanya, dianjurkan agar guru berupaya lebih menguasai materi ajar serta mengorganisasikannya dengan tingkat pemahaman peserta didik. (2) Sesuai hasil penelitian bahwa komunikasi interpersonal berdampak pada efektivitas proses pembelajaran, maka guna meningkatkan efektivitas proses pembelajaran dapat dilakukan dengan meningkatkan komunikasi interpersonal melalui perbaikan dimensi saling menghargai dengan cara kepala sekolah mengondisikan agar lebih transparan dalam pengelolaan sekolah serta memberikan perhatian yang relatif sama terhadap setiap guru. (3) Dilihat dari sisi motivasi kerja hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi growth mendapatkan nilai paling rendah dari responden. Oleh karena itu, disarankan bahwa untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran melalui dimensi growth hendaknya guru diberikan peluang lebih besar untuk mengembangkan diri baik melalui keaktifan pada kelompok kerja guru maupun melalui studi banding dan kesertaan pada forum-forum ilmiah lainnya.
IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK DAN PEMBERDAYAAN GURU OLEH KEPALA SEKOLAH SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN GURU Lindiawati Lindiawati
Edum Journal Vol. 5 No. 2 (2022): Edum Journal
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/edumjournal.v5i2.120

Abstract

Kemampuan guru Sekolah Dasar pada Gugus II Kecamatan Ciwaru Kabupaten Kuningan dinilai masih belum optimal. Berdasarkan observasi awal, diduga fenomena tersebut disebabkan oleh masih rendahnya implementasi supervisi akademik dan pemberdayaan guru oleh kepala sekolah. Karena itu, perlu dilakukannya penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif, serta teknik korelasional dan regresi. Teknik pengumpulan data melalui angket skala Likert terhadap 59 guru Sekolah Dasar Gugus II di Kecamatan Ciwaru Kabupaten Kuningan. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Implementasi supervisi akademik berpengaruh terhadap kemampuan guru Sekolah Dasar Gugus II di Kecamatan ciwaru Kabupaten Kuningan, (2) pemberdayaan guru oleh kepala sekolah berpengaruh terhadap kemampuan guru Sekolah Dasar Gugus II di Kecamatan Ciwaru Kabupaten Kuningan, (3) Implementasi supervisi akademik dan pemberdayaan guru oleh kepala sekolah secara simultan berpengaruh terhadap kemampuan guru Sekolah Dasar Gugus II di Kecamatan Ciwaru Kabupaten Kuningan. Berdasarkan temuan hasil penelitian, kepala sekolah dapat meningkatkan kemampuan guru dengan membuka forum diskusi bersama guru untuk mengetahui secara mendalam dan terperinci kebutuhan sarana prasarana yang saat ini dibutuhkan. Media atau forum sebagai wadah partisipasi orangtua siswa untuk berkomunikasi dengan guru menjadi hal penting dalam mendeteksi lebih awal kesulitan siswa selama proses pembelajaran. Perlu adanya pengarahan guru untuk lebih fokus pada pembelajaran berbasis proyek sehingga esensi dari proses belajar sepanjang hayat tetap dapat berjalan optimal serta mendidik siswa untuk memiliki kemandirian dalam belajar
KONTRIBUSI PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DAN DISIPLIN KERJA PENDIDIK TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA GURU Anasih Anasih
Edum Journal Vol. 5 No. 2 (2022): Edum Journal
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/edumjournal.v5i2.121

Abstract

Abstrak-Dinamika perkembangan ilmu dan teknologi mendorong proses pendidikan berlangsung lebih efektif agar dapat mengimbangi dinamika tersebut. Maknanya adalah bahwa terwujudnya proses poendidikan yang efektif dimulai dengan efektivitas kerja guru yang tinggi. Banyak faktor yang berkontribusi terhadap efektivitas kerja guru, di antaranya peran kepala sekolah sebagai manajer dan disiplin kerja pendidik. Dalam penelitian ini ingin menganalisis bagaimana kontribusi peran kepala sekolah sebagai manajer dan disiplin kerja pendidik baik secara parsial maupun ganda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket skala Likert, terhadap 81 orang guru. Pengolahan hasil penelitian menggunakan teknik analisis regresi. Uji signifikansi menggunakan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat kontribusi positif dan signifikan peran kepala sekolah sebagai manajer terhadap efektivitas kerja guru. (2) Terdapat kontribusi positif dan signifikan disiplin kerja pendidik terhadap efektivitas kerja guru. (3) Terdapat kontribusi positif dan signifikan peran kepala sekolah sebagai manajer dan disiplin kerja pendidik secara bersama-sama (simultan) terhadap efektivitas kerja guru. Berdasarkan kesimpulan tersebut, penulis menyarankan: (1) Dalam rangka meningkatkan efektivitas kerja guru melalui peran kepala sekolah sebagai manajer, hendaknya kepala sekolah lebih transparan dalam mengelola sekolah dan mengoptimalkan jalur-jalur komunikasi baik vertikal maupun horizontal. Kemudian diikuti dengan optimalisasi penggunaan instrumen komunikasi dalam lingkungan warga sekolah, baik itu penggunaan media sosial maupun pertemuan-pertamuan langsung sehingga dapat menghindari sekat-sekat yang dapat menghambat komunikasi. (2) Upaya peningkatan efektivitas kerja guru melalui disiplin kerja, hendaknya kepala sekolah secara bertahap memberikan tanggung jawab yang lebih besar kepada guru dengan cara melibatkannya sebagai penanggung jawab program kegiatan. Pemberian tanggung jawab dimaksud seyogyanya diikuti dengan tatakerja dan ukuran tingkat keberhasilan yang jelas. Sehingga para guru paham benar apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dicapai.
PENGARUH MANAJEMEN LINGKUNGAN SEKOLAH DAN PENDAYAGUNAAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI KECAMATAN KADIPATEN KABUPATEN MAJALENGKA Yana Suryana
Edum Journal Vol. 5 No. 2 (2022): Edum Journal
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/edumjournal.v5i2.122

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh manajemen lingkungan sekolah dan pendayagunaan sumber belajar terhadap Prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif, teknik korelasional dan regresi. Teknik pengumpulan data melalui angket skala Likert terhadap 89 responden. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Manajemen lingkungan sekolah berpengaruh terhadap Prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka , (2) Pendayagunaan sumber belajar berpengaruh terhadap Prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka, (3) Manajemen lingkungan sekolah dan pendayagunaan sumber belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka. Temuan ini mengimplikasikan bahwa manajemen lingkungan sekolah dan pendayagunaan sumber belajar adalah dua faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Beberapa hal dapat dijadikan prioritas dalam meningkatkan manajemen lingkungan sekolah, diantaranya dengan melakukan kajian dalam pembaharuan program yang saat ini telah diterapkan dan disesuaikan kembali dengan kebutuhan saat ini serta mampu beradaptasi minimal untuk satu tahun kedepan yang berikutnya akan dikaji kembali. Kepala sekolah dapat meningkatkan pendayagunaan sumber belajar dengan pemutakhiran modul ataupun SOP yang sudah ada, dan bisa dilaksanakan dalam bentuk workshop ataupun studi banding dengan sekolah yang setara. Untuk menambah kecerdasaan emosi siswa, Kepala sekolah dapat mengadakan program khusus yang bersifat spiritual ataupun dengan memgiatkan program bimbingan dalam bentuk penyuluhan.
KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI SEKBIN 3 KECAMATAN BANJARHARJO KABUPATEN BREBES Rojikin Rojikin
Edum Journal Vol. 5 No. 2 (2022): Edum Journal
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/edumjournal.v5i2.123

Abstract

Fokus utama yang menjadi perhatian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui besaran pengaruh kepemimpinan situasional kepala sekolah dan motivasi kerja baik secara parsial maupun ganda terhadap kinerja mengajar guru Sekolah Dasar Negeri di Sekbin 3 Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes. Metode yang digunakan adalah survey dengan studi deskriptif dan korelasional di mana penyebaran angket kepada 52 responden sebagai teknik untuk mendapatkan data primer. Untuk melengkapi data penulis mengadakan observasi pada tataran empirik dan wawancara dengan pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja mengajar guru. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan situasional kepala sekolah dan motivasi kerja secara simultan terhadap kinerja mengajar guru. Beranjak dari kesimpulan yang telah disampaikan di atas, dengan tulus penulis menyarankan, bahwa: (1) Kepala sekolah sebagai manajer pada satuan pendidikan perlu terus meningkatkan kemampuan memimpinnya terutama menyangkut kejelasan dalam memberikan instruksi, membuka peluang konsultasi bagi guru, mengutamakan kerjasama dan mendewasakan kader pengganti melalui pendelegasian wewenang yang dapat dilakukan dengan mengikuti perkembangan keilmuan melalui forum KKKS dan sarana informasi lainnya. (2) Para guru disarankan untuk meningkatkan motivasi kerjanya terutama motivasi intrinksik melalui peningkatan semangat bekerja dan mengembangkan peluang kebersamaan dengan sesama guru sehingga mendorong prestasi meningkat melalui tampilan kerja atau kinerja mengajar.
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MUTU LULUSAN SEKOLAH LUAR BIASA Nanu Danuhari
Edum Journal Vol. 5 No. 2 (2022): Edum Journal
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/edumjournal.v5i2.124

Abstract

Abstrak-Mutu lulusan dapat menjadi tolak ukur sekolah dalam melaksanakan Pendidikan. Berdasarkan pengamatan mutu lulusan sekolah luar biasa tuna grahita pada beberapa sekolah masih memiliki ruang untuk peningkatan. Untuk itu, perlu diadakan penelitian lebih lanjut. Peneliti melakukan penelitian ini untuk mengungkap pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional guru terhadap mutu lulusan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif, serta teknik korelasional dan regresi. Teknik pengumpulan data melalui angket skala Likert terhadap 64 responden. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1)Terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu lulusan sekolah luar biasa tunagrahita, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi profesionalisme guru terhadap mutu lulusan sekolah luar biasa tunagrahita, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesionalisme guru secara bersama-sama terhadap mutu lulusan sekolah luar biasa tunagrahita. Temuan ini mengimplikasikan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional guru adalah dua faktor yang berpengaruh terhadap mutu lulusan sekolah luar biasa tunagrahita.
MANAJEMEN SARANA PRASARANA DAN KOMPETENSI PROFESIONAL TUTOR SERTA PENGARUHNYA TERHADAP MUTU PENDIDIKAN PADA PROGRAM PAKET C DI MASA PANDEMI COVID-19: Penelitian korelasional pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Di Wilayah IV Kabupaten Sumedang Muhammad Arwan Aziz
Edum Journal Vol. 5 No. 2 (2022): Edum Journal
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/edumjournal.v5i2.125

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh manajemen sarana prasarana dan kompetensi professional tutor baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap mutu pendidikan pada program paket C di masa pandemi Covid-19. Penelitian dengan menggunakan metode deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dengan menyebar angket kepada 50 orang responden yaitu tutor program paket C. Dari hasil pengolahan dan analisa data diperoleh kesimpulan bahwa: Terdapat pengaruh yang signifikan manajemen sarana prasarana dan kompetensi professional tutor secara parsial maupun bersama-sama terhadap mutu pendidikan di masa pandemic Covid-19, serta terdapat besaran pengaruh manajemen sarana prasarana dan kompetensi professional tutor secara bersama-sama terhadap mutu pendidikan di masa pandemi Covid-19. Besarnya pengaruh Manajemen sarana prasarana dan kompetensi profesional tutor terhadap mutu pendidikan di masa pandemi Covid-19 pada program paket C di PKBM Wilayah IV Kabupaten Sumedang dalam penelitian ini menguatkan dan membuktikan atau sejalan dengan pendapat beberapa ahli dan peneliti maupun penulis sebelumnya yang menyatakan bahwa pendidikan di masa pandemi covid-19 banyak dipengaruhi oleh ketersediaan sarana prasarana dan kesiapan guru dalam proses pembelajaran jarak jauh. Saran yang diberikan penulis agar pengelola lebih baik lagi dalam perencanaan dan inventarisasi sarana prasarana. Tutor dapat mengembangkan diri secara kreatif dan mengoptimalkan pemanfaatkan tekhnologi informasi dan komunikasi, serta mutu lulusan lebih ditingkatkan lagi.
PENGARUH MANAJERIAL DAN KEBIJAKAN PERIODESASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN JAPARA Suhari Suhari
Edum Journal Vol. 5 No. 2 (2022): Edum Journal
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/edumjournal.v5i2.126

Abstract

Keberadaan guru dalam operasional Pendidikan sangat dominan peranannya. Karena begitu pentingnya maka disiplin kerja guru harus baik. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi disiplin kerja guru diantaranya manjerial kepala sekolah dan kebijakan periodesasi kepala sekolah. Maka dari itu, fokus penelitian ini adalah ingin mengetahui dan menganalisis pengaruh manajerial kepala sekolah dan kebijakan periodesasi kepala sekolah terhadap disiplion kerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert, terhadap 60 orang guru. Pengolahan hasil penelitian menggunakan teknik analisis regresi. Uji signifikansi menggunakan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif manajerial kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru. (2) Terdapat pengaruh positif kebijakan periodesasi kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru. (3) Terdapat pengaruh positif manajerial kepala sekolah dan kebijakan periodesasi kepala sekolah dan tidak signifikan secara simultan terhadap disiplin kerja guru. Sehubungan dengan pengaruh periodesasi kepala sekolah dan kebijakan periodesasi kepala sekolah terhadap disiplin guru tidak signifikan, sehingga untuk meningkatkan disiplin kerja guru dapat dilakukan melalui peningkatan manajerial kepala sekolah dan memaksimalkan kebijakan periodesasi kepala sekolah. Untuk meningkatkan manajerial kepala sekolah masih ada kendala pada dimensi tepat cepat menyelesaikan masalah. Oleh karena itu penulis menyarankan agar: (1) Kepala sekolah senantiasa meningkatkan kapasitas dirinya terkait manajerial kepala sekolah untuk meningkatkan disiplin kerja guru. (2) Kebijakan periodesasi kepala sekolah harus didukung semua pihak agar disiplin kerja guru terjaga sehingga dapat mewujudkan tata kelola sekolah sesuai dengan ,tujuan pendidikan.
PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN DISIPLIN KERJA GURU TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN KADUGEDE KABUPATEN KUNINGAN Andriyani Andriyani
Edum Journal Vol. 5 No. 2 (2022): Edum Journal
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/edumjournal.v5i2.127

Abstract

Mutu pembelajaran merupakan target yang harus dicapai dalam melaksanakan proses pembelajaran. Sekolah dianggap bermutu bila berhasil mengubah sikap, perilaku dan keterampilan peserta didik dikaitkan dengan tujuan pendidikannya. Banyak faktor yang mempengaruhi mutu pembelajaran di antaranya komitmen organisasi dan disiplin kerja guru. Tujuan penelitian ini umtuk mengetahui seberapa besar pengaruh komitmen organisasi dan disiplin kerja guru terhadap mutu pembelajaran baik secara partial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket skala Likert, terhadap 59 orang guru. Pengolahan hasil penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi. Uji signifikansi menggunakan uji-F dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan komitmen organisasi terhadap mutu pembelajaran. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin kerja guru terhadap mutu pembelajaran. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara komitmen organisasi dan disiplin kerja guru secara bersama-sama terhadap mutu pembelajaran. Berdasarkan temuan penelitian yang telah dipaparkan, maka saran dari penulis adalah bawah guru sebagai figur utama di satuan pendidikan diharapkan untuk senantiasa meningkatkan kapasitas dirinya terkait perasaan identifikasi dengan tujuan organisasi untuk meningkatkan mutu pembelajaran, Guru selaku individu yang bergelut dalam dunia kerja harus mampu meningkatkan disiplin terhadap waktu untuk terwujudnya motivasi kerja tinggi sehingga terwujudnya peningkatan mutu pembelajaran di sekolah. Guru harus dapat mengembangkan dan meningkatkan potensi dan pengetahuannya untuk meningkatkan mutu input guna terciptanya mutu pembelajaran yang diharapkan.
KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN DEMOKRATIK KEPALA SEKOLAH DAN FUNGSI KELOMPOK KERJA GURU TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS SITI ARMILAH KECAMATAN DAWUAN KABUPATEN MAJALENGKA Asep Iman Sosanto
Edum Journal Vol. 5 No. 2 (2022): Edum Journal
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/edumjournal.v5i2.128

Abstract

ABSTRAK Guru sebagai tombak terdepan dalam organisasi sekolah menjadi salah satu tolak ukur dalam menilai keberhasilan sekolah dalam mendidik siswa. Berdasarkan hasil observasi awal ditemukan bahwa kinerja mengajar guru belum optimal. Hal tersebut diduga disebabkan oleh rendahnya kepemimpinan demokratik kepala sekolah dan fungsi kelompok kerja guru guru. Karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif, serta teknik korelasional dan regresi. Teknik pengumpulan data melalui angket skala Likert terhadap 56 responden yang merupakan guru Sekolah Dasar Gugus Siti Armilah di Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Kepemimpinan demokratik kepala sekolah berkontribusi terhadap kinerja mengajar guru Sekolah Dasar Gugus Siti Armilah di Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka, (2) Fungsi kelompok kerja guru berkontribusi terhadap kinerja mengajar guru Sekolah Dasar Gugus Siti Armilah di Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka, (3) Kepemimpinan demokratik kepala sekolah dan fungsi kelompok kerja guru secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja Sekolah Dasar Gugus Siti Armilah di Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini diharapkan pimpinan dapat memberikan ruang atau sarana agar guru agar dapat menuangkan ide dan gagasan mereka. Tidak hanya untuk program dimasa yang akan datang melainkan juga agar guru mendapatkan tempat untuk mengutarakan kesulitan-kesulitan yang ditemui. Mengembangkan fungsi kelompok kerja guru dengan memberikan waktu khusus dan berkelanjutan untuk mendiskusikan permasalahan yang ditemukan dalam pekerjaan termasuk didalamnya hal-hal yang berkaitan dengan mendiskusikan kesulitan dalam pembelajaran. Menerapkan kedua saran diatas dengan harapan kinerja mengajar guru akan menjadi lebih optimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 10