Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar
Adi Widya merupakan media untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan topik Pendidikan Dasar, seperti pendekatan, metode, model, strategi ataupun kebijakan-kebijakan pada pendidikan dasar. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yakni pada bulan April dan Oktober.
Articles
22 Documents
Search results for
, issue
"Vol 3, No 2 (2018)"
:
22 Documents
clear
MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN PENERAPAN METODE BERCAKAP-CAKAP DAN BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA ANAK KELAS III SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DI SD NEGERI 22 DANGIN PURI
Rumiati, Ni Ketut
Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (491.931 KB)
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 22 Dangin Puri di Kelas III yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Tematik dengan penerapan metode bercakap-cakap dan bercerita dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Tematik dengan penerapan metode bercakap-cakap dan bercerita dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya 64,72. setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 66,47 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 77,76. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pembelajaran Tematik dengan penerapan metode bercakap-cakap dan bercerita dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 SD Negeri 22 Dangin Puri
MOTIVASI PENGAWAS AGAMA HINDU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN UBUD
Arini, Ni Wayan;
Oktarina, Putu Santi
Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (371.991 KB)
Peningkatan profesionalistas guru dalam bidang pendidikan terutama pendidikan agama dan pembangunan tidak lepas dari peranan motivasi pengawas terhadap produktivitas kerja warga sekolah. Pemimpin sekolah pada suatu organisasi sekolah dalam menyediakan pelayanan yang mampu bersaing dalam era globalisasi seperti saat ini. Kualitas pemimpin sekolah yang baik adalah sebagai dasar utama dalam menyiapkan sumber daya manusia yang mampu bersaing dalam dunia global, tentunya diperlukan pengelolaan secara profesional dalan bidang pendidikan terutama di tingkat pendidikan dasar dan menengah. Pengawas sekolah sebagai tenaga kependidikan mempunyai peran yang sangat strategis dalam meningkatkan kualitas kinerja sekolah melalui pembinaan, pengawasan di bidang akademik dan manajerial. Beratnya tugas seorang pengawas sekolah dalam melaksanakan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab serta wewenangnya itu hanya dapat dipikul oleh seorang pengawas yang memiliki kompetensi yang baik. Motivasi kerja pengawas Agama Hindu di Kecamatan Ubud sangat baik, karena mampu memberikan rasa nyaman dalam melaksanakan tugas-tugas dalam mengelola pembelajaran, mampu membina rasa social, persahabatan, rasa kekeluargaan terhadap guru-guru Agama Hindu, menghargai dan menghormati kerja keras guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya, dan memberikan dorongan kepada guru-guru dalam mengembangkan setip potensi atau kempuan terhadap perkembangan karier guru.
PENERAPAN METODE DISKUSI DAN BERCERITA DALAM AJARAN PUNARBHAWA SEBAGAI BAGIAN DARI SRADHA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS IV SEMESTER I SD NEGERI 4 TONJA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kusumawati, Ni Luh
Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (772.716 KB)
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Tonja di Kelas IV Semester I yang prestasi belajar agama Hindu dan budi pekerti masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah Penerapan Metode Diskusi Dan Bercerita Dalam Ajaran Punarbhawa Sebagai Bagian Dari Sradha dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu Dan Budi Pekerti Siswa Kelas IV Semester I SD Negeri 4 TonjaTahun Pelajaran 2016/2017. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Penerapan Metode Diskusi Dan Bercerita Dalam Ajaran Punarbhawa Sebagai Bagian Dari Sradha Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu Dan Budi Pekerti Siswa Kelas IV Semester I SD Negeri 4 TonjaTahun Pelajaran 2016/2017 . Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya 63,23 dengan ketuntasan 48,89 % setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 68,55 dengan ketuntasa 62,22 % dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 76,22 dengan ketuntasan 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Penerapan Metode Diskusi Dan Bercerita Dalam Ajaran Punarbhawa Sebagai Bagian Dari Sradha dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu Dan Budi Pekerti Siswa Kelas IV Semester I SD Negeri 4 TonjaTahun Pelajaran 2016/2017
PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DENGAN KOVARIABEL KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS V SD SE-GUGUS VII KUTA SELATAN
Wipradnyana, I Gede;
Prima Dewi PF, Kadek Aria
Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (508.249 KB)
ABSTRACTThe purpose of the study was to investigate the effect of scientific approach towards science learning outcomes with covariable of initial ability on fifth-grade students of public elementary schools in Cluster VII South Kuta. The design of the study was Single Factor Independent Group Design with Use of Covariate. The sample in this study was 86 students, determined by using a random sampling technique. Data obtained were processed by using one-way analysis of covariance (ANACOVA). The results show that: 1) there is a difference in science learning outcomes between students who follow learning using a scientific approach and those who follow the conventional learning model. Science learning outcomes of students who follow learning using scientific approach is higher than science learning outcomes of those who follow the conventional learning model; 2) after controlling the covariable of initial ability, there is a difference in science learning outcomes between students who follow learning using scientific approach and those who follow the conventional learning model; (3) there is a contribution of initial ability to science learning outcomes, in which the contribution percentage of initial ability of students who follow learning using scientific approach is 67.2%, whereas contribution percentage of initial ability of students who follow the conventional learning model is 46.7%.
PENINGKATAN LATIHAN TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN KONTSTRUKTIVISME SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SEMESTER I SDN 2 PEGUYANGAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Sitiasih, Ni Made
Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (671.704 KB)
Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan prestasi belajar siswa kelas III semester I SD Negeri 2 Peguyangan Tahun pelajaran 2017/ 2018 setelah diterapkan metode Latihan terbimbing dengan pendekatan model pembelajaran Kontruktifisme sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa akibat penggunaan metode yang kurang variatif yang masih menggunakan model yang terus menerus dinyatakan tanpa teori yang memadai. Setelah data dikumpulkan menggunakan alat berupa tes prestasi belajar siswa dari rata-rata awal 60,5 naik menjadi 68,11 pada siklus I dan naik menjadi 72,56 pada siklus II. Hasil pada siklus II sudah sesuai harapan indicator keberhasilan penelitian oleh karenanya penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dengan perolehan data tersebut dapat dipastikan bahwa penerapan metode pendekatan kontruktivisme dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima.
UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIPAN BELAJAR MELALUI METODE DEMONSTRASI DAN PENUGASAN PADA PEMBELAJARAN TRI PARARTHA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS III SEMESTER I SD NEGERI 2 PEGUYANGAN TAHUN PELAJARAN 2016/20
Mudiati, Ni Ketut
Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (512.867 KB)
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Peguyangan di Kelas III semester I Tahun Pelajaran 2016/2017 yang kemampuan siswanya untuk materi Tri Pararta pada mata pelajarana agama hindu dan budi pekerti cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model metode demonstrasi dan penugasan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah observasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode demonstrasi dan penugasan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya 59,20 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 68,66 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 77,91. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode demonstrasi dan penugasan dapat meningkatkan prestasi belajar agama hindu dan budi pekerti dalam pembelajaran Tri Pararta siswa kelas III semester I SD Negeri 2 Peguyangan tahun pelajaran 2016/2017
PENERAPAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN
Perni, Ni Nyoman
Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (361.388 KB)
Students are human beings whose human identity as a conscious subject needs to be defended and enforced through educational systems and models that are "free and egalitarian". The future challenge of education is to realize the process of learning democratization. A democratization process that reflects that learning is on children's initiative. To develop so that humans become mature, it is not enough if they are only trained, but also must be educated. Students must be educated for realists, recognize a life that is multidimensional, not uniform and invited to live a complementary diversity. Whereas in training, what is primarily formed is outward behavior. This learning theory talks more about the concepts of education to shape human beings who are aspired to, and about the learning process in its most ideal form. In other words, this theory is more interested in the notion of learning in its most ideal form than the understanding of the learning process as it is, as has been studied by other learning theories. In its implementation, this humanistic theory, among others, also appears in the learning approach proposed by Ausubel.
METODE TANYA JAWAB MULTIARAH SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2016/2017 SD NEGERI 4 TONJA
Luhrini, Dyah Wuryaning
Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (504.094 KB)
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Tonja di Kelas III semester II tahun pelajaran 2016/2017 yang kemampuan siswanya dalam mata pelajaran Matematika masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah metode tanya jawab multiarah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode tanya jawab multiarah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 60,17, pada siklus I menjadi 69,30 dan pada siklus II menjadi 79,44. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan metode tanya jawab multiarah dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III Semester II SD Negeri 4 Tonja Tahun Pelajaran 2016/2017 .
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL PADA SISWA KELAS VI SEMESTER II SD NEGERI 2 PEGUYANGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Miasari, Ni Made
Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (680.643 KB)
Tujuan pelaksanaan sebuah penelitian tindakan kelas adalah untuk menjelaskan proses pembelajaran yang dilakukan guru. Peningkatan tersebut akan mampu diupayakan lewat sebuah penelitian tindakan. Oleh karenanya penulis mencoba melakukan penelitian ini demi adanya upaya perbaikan tersebut.Tujuan tersebut lebih jelas lagi dan lebih terfokus lagi adalah untuk meningkatkan prestasi belajar anak. Penelitian ini mengambil objek pada kelas VI semester II SD Negeri 2 Peguyangan tahun pelajaran 2016/2017.Peningkatan prestasi belajar tersebut datanya diperoleh lewat pemberian tes, setelah data diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Perolehan data hasil penelitian ini, ternyata menggembirakan setelah cara pembelajaran yang konvensional dirubah menggunakan metode diskusi kelompok kecil. Kegiatan penelitian ini menghasilkan suatu peningkatan yang diharapkan yaitu meningkatnya perolehan data awal yang baru mencapai 64,98 dengan ketuntasan belajar 25,00% pada siklus I naik menjadi 67,87 dengan ketuntasan belajar 45,0%. siklus II naik menjadi 74,10 dengan ketuntasan belajar 92,50% Hasil tersebut membuktikan keberhasilan penelitian ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa penerapan metode diskusi kelompok kecil dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VI semester II SD Negeri 2 Peguyangan tahun pelajaran 2016/2017.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM DENGAN BANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SEMESTER I SD NEGERI 4 TONJA TAHUN PELAJARAN 2016 /2017
Rupini, Ni Made
Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (675.736 KB)
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Tonja di Kelas VI semester I yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran IPA masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 61,45 pada siklus I menjadi 69,68 dan pada siklus II menjadi 78,94. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar.