cover
Contact Name
Mela Aziza
Contact Email
mela.aziza@iainbengkulu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
equation@iainbengkulu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika
ISSN : 25993291     EISSN : 26143933     DOI : -
Core Subject : Education,
Equation Journal is an open-access journal published by State Islamic University of Bengkulu (IAIN Bengkulu) twice in a year (March and September). This journal publishes original articles from literature studies or research results in the field of mathematics education.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2020)" : 10 Documents clear
Analysis of the Ability to Solve Mathematical Problems with the Distance Learning Method Aprillianti Kanida
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : IAIN BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/equation.v3i2.3388

Abstract

The aim of this researches is to find out the problem solving ability of VII grade Al-Atiqiyah junior high school students in Sukabumi with Square topics. The research was conducted on a limited subjec of 6 people.this research is a descriptive qualitative research. The instrument used in the form of 4 item description test questions. Based on research using the Polya procedure the following result were obtained: 1) at the stage of understanding the subject matter the researcher doesn;t provide information contained in the problem. 2) in the stage of designing a problem the subjec can carry out the stages well because it can write strategies in the form of formulas that will be used in doing the desgn. 3) In this stage, this subject can carry out this stage well, because it can be done a strategy to solve the problem given 4) In the stage of re-examining the results of all research subjects could not reach this stage because the research subjects did not write down conclusions and criticisms at the end of the answer.
Pengembangan Media Pembelajaran Prezi Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Datar Kelas VII Nur Ayu Anggraeni; Andang Sunarto; Poni Saltifa
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : IAIN BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/equation.v3i2.3631

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayankan dan respon peserta didik terhadap rancangan media pembelajaran prezi berbasis etnomatematika pada materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Development Research) menggunakan model Plom. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan kuisioner. Validasi dilakukan oleh satu orang ahli media dan satu orang ahli materi. Uji coba dilakukan di seluma yang terdiri dari lima orang peserta didik yaitu kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukan bahwa Media pembelajaran prezi berbasis etnomatematika pada materi bangun datar telah dinyatakan valid oleh para ahli media maupun materi sehingga layak digunakan dan media pembelajaran prezi berbasis etnomatematika pada materi bangun datar mendapa respon menarik dari peserta didik. Hasil uji coba kelompok kecil mencapai skor rata-rata akhir sebesar 92,91 dengan kategori sangat peraktis.Kata Kunci: Media Pembelajaran Prezi, Etnomatematika
Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP dwike cinta anasia
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : IAIN BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/equation.v3i2.3463

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah yang valid dan praktis untuk kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2020, dengan siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu sebagai subjek penelitian ini. Diperoleh LKS yang dinyatakan valid dan layak digunakan berdasarkan lembar validasi oleh ulasan 3 pakar. Hasil penilaian kepraktisan menurut angket respon siswa diperoleh 4,05 dari skala 5 dengan katagori praktis. Sehingga LKS yang dikembangkan valid dan praktis.
Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-nilai Islam Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan PADA MATERI HIMPUNAN Sepi Wulandari; Deni Febrini; Fatrima Santri Syafri
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : IAIN BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/equation.v3i2.3483

Abstract

Penelitian ini adalah untuk  mengembangkan perangkat pembelajaran matematika yaitu Modul terintegrasi nilai-nilai Islam berbasis pendekatan saintifik pada materi Himpunan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul terintegrasi nilai-nilai Islam berbasis pendekatan saintifik pada materi Himpunan yang valid.Jenis penelitian ini merupakan penelitian  pengembangan  (research and development) . Model pengembangan modul yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis pendekatan saintifik terintegrasi nilai-nilai Islam pada materi Himpunan.  Metode penelitian yang digunakan adalah development research  dengan Model Plomp terdiri dari 5 tahap yang terdiri dari tahapan pengkajian awal (preliminary investigation),  perancangan  (design),  realisasi/kontruksi (realization/construction), tes, evaluasi, revisi (test, evaluation, and revision), dan implementasi (implementation). Kualitas kevalidan modul memenuhi kriteria sangat valid berdasarkan penilaian oleh empat orang validator, yaitu ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan ahli integrasi Islam. Dari rata-rata hasil validasi dari empat validator tersebut memperoleh hasil rata-rata 84% berarti memenuhi kriteria sangat valid. Namun pada penelitian ini, peneliti hanya mengimplementasikan  secara terbatas  yaitu modul sampai kelayakan valid saja pada dikarenakan keterbatasan waktu dan virus yang mewabah pada saat ini. Maka peneliti mengharapkan adanya penelitian selanjutnya yaitu efektifitas dan praktis supaya peserta didik termotivasi untuk belajar matematika.    
Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial Rintan Rintan Nurhabibah
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : IAIN BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/equation.v3i2.3529

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam kemampuan pemecahan masalah dalam soal aritmatika sosial, serta melihat variasi dari kemampuan yang dikuasai oleh siswa dalam menyelesaikan soal. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Berdasarkan analisis hasil penelitian di peroleh bahwa kesalahan siswa dalam beberapa indikator masih besar presentase kesalahan yang di lakukan dalam menjawab soal aritmatika sosial, baik dalam pemahaman informasi yang di peroleh dari soal serta dalam pemilihan strategi penyelesaian, dan sebagian dari siswa tidak memeriksa kembali jawaban yang dikerjakan.
Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Widiya Astuti Alam Sur; Minhatul Hasanah; M.Rochmat Mustofa
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : IAIN BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/equation.v3i2.3464

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 terhadap motivasi belajar statistik mahasiswa program studi DIII Akuntansi Politeknik Negeri Tanah Laut. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang melibatkan 50 responden yang telah mengikuti perkuliahan Statistika  secara daring pada masa pandemi Covid-19. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner yang dibagikan melalui link Google Form untuk mengukur motivasi belajar mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring. Berdasarkan  hasil analisis data, diperoleh persamaan regresi untuk motivasi belajar mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring adalah . Selanjutnya, berdasarkan hasil Uji t diperoleh nilai thitung=4,419yang kemudian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan sistem pembelajaran secara daring berpengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa selama masa Pandemi Covid-19.  Berdasarkan nilai =0,289, maka sebanyak 28.9% motivasi belajar mahasiswa pada MK Statistik dipengaruhi  oleh sistem pembelajaran daring yang dilaksanakan.
Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Confidence Siswa SMP dalam Materi Aritmatika Sosial Desianty Nur adilla
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : IAIN BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/equation.v3i2.2808

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena hasil dari kemampuan penalaran matematis siswa dan Self confidence  yang masih tergolong dalam kategori rendah . maka dari itu peneliti mengambil tujuan pada penelitian ini adalah : 1) ingin mengetahui bagaimana tingkat kemampuan penalaran siswa yang  dilihat dari hasil pencapaian KKM; 2) mengetahui kesalahan siswa pada setiap indikator pada kemampuan penalaran matematik; 3) mengetahui bagaimana tingkat kategori Self confidence siswa pada setiap butir pernyataan. Dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII pada Mts Assu’ada. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen soal tes, instrumen non tes berupa angket, dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa kemampuan penalaran dan self confidence siswa kelas  VII pada Materi Aritmatika Sosial termasuk dalam kategori rendah. Hal in dapat di lihat dari hasil penelitian kemampuan pemahaman yaitu hanya 7 orang atau 30,4 % yang mencapai nilai KKM dan pada hasil self confidence hanya 5 orang atau 21 % yang memiliki self confidence yang tinggi.Kata kunci : Kemampuan Pemahaman, Self Confidence, Aritmatika Sosial. 
Implementasi Model Pembelajaran Generatif Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SDN 43 Rejang Lebong misbahayati misbahayati
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : IAIN BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/equation.v3i2.3575

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Generatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 43 Rejang Lebong pada sub materi pengukuran semester ganjil 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Generatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 43 Rejang Lebong. Pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai skor rata-rata 29,25 pada kategori cukup aktif dan meningkat sebesar 5,08 menjadi 34,33 pada kategori aktif pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh dari mata pelajaran berturut-turut pada setiap siklus adalah 77,06 dan 80,39 serta ketuntasan belajar klasikal siklus I dan siklus II masing-masing adalah 76,19% dan 85,71%.
Efektifitas Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Berbasis Pendidikan Karakter Berdasarkan Teori Al-Ghazali Nova Kusumawati
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : IAIN BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/equation.v3i2.3385

Abstract

 ABSTRAKPenelitian ini bertujuan melihat efektifitas perangkat pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan karakter Al-Ghazali dengan strategi pembelajaran Think Pair Share dalam pembelajaran matematika. Integrasi ini diwujudkan dalam perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Adapun pendidikan karakter Al-Ghazali yang dikolaborasikan dibatasi pada karakter mandiri, tanggung jawab, kerja keras dan komunikatif. Alur pengembangan perangkat mengacu pada teori Plomp dengan tahapan yang terdiri dari tahap investigasi awal, tahap pembuatan dan tahap penilaian. Uji coba perangkat dilakukan pada 34 siswa kelas VII setelah perangkat dinyatakan valid dan praktis oleh validator. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan siswa dengan persentase 97.19% dan 98.44%. Sedangkan keterlaksanaan sintaks menunjukkan hasil yang sangat baik dengan rata-rata 3.85 dan 3.875. Selanjutnya respon siswa pada pembelajaran masuk kategori positif dengan rata-rata 73.03%. Dengan kata lain, perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan efektif.Kata kunci: Pendidikan Karakter, Teori Al-Ghazali, Think Pair Share (TPS) ABSTRACTThis research aims to understand the effectiveness of learning media that integrates character building education of Al-Ghazali with the Think Pair Share learning strategy in mathematic learning activity. This integration created in form of Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) and Lembar Kerja Siswa (LKS). The character building education collaboration is limited only on some characters, they are stand-alone, responsible, hard-working, and communicative. The flow of this research development refers to the Plomp’s theory for beginning investigation step, processing step, and evaluating step. The learning media is tested to 34 students at first year junior high school since the evaluator of learning media states valid and practicability. The result of this research shows the students’ being active in the learning activity with the percentage 97.19% and 98.44%. Meanwhile, the syntax implementation shows a very good result with average 3.85 and 3.875. After that, the students’ responds to this learning activity is categorized as positive as the average 73.03%. On the other words, this learning media developedt is stated as effective.Key words: Character Education, Theory of Al-Ghazali, Think Pair Share (TPS)
Pengembangan Bahan Ajar Matematika (Komik) Yang Terintegrasi Ajaran Islam Wahyuni Puji Lestari; Fatrima Santri Syafri
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : IAIN BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/equation.v3i2.3657

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pengembangan Bahan Ajar Matematika (Komik)  Terintegrasi Ajaran Islam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari 3 tahap yaitu: Investigasi awal, Pembuatan Prototipe dan penilaian produk. Uji pengembangan dilakukan kepada kelompok kecil yang terdiri dari 5 orang peserta didik dan 1 orang guru Mata Pelajaran Matematika. Hasil dari penelitian ini diperoleh data hasil validasi ahli bahasa diperoleh skor 84,61% dengan kategori sangat valid, validasi ahli agama diperoleh skor 85,71% dengan kriteria sangat valid, validasi ahli media diperoleh skor 93,18% dengan kriteria sangat valid dan validasi ahli materi diperoleh skor 81,66% dengan kriteria sangat valid selanjutnya bahan ajar diperbaiki sesuai dengan saran dari validator. Uji coba produk dengan melakukan uji praktikalitas oleh guru diperoleh skor 84,61% dengan kategori sangat praktis dan uji praktikalitas kepada kelompok kecil diperoleh hasil 85,38% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa bahan ajar yang sudah dikembangkan layak praktis untuk digunakan pada proses pembelajaran.Kata Kunci: Bahan Ajar Komik, Integrasi Islam

Page 1 of 1 | Total Record : 10