cover
Contact Name
Swasti Maharani
Contact Email
adminpub@mykreatif.com
Phone
-
Journal Mail Official
educatife@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Griya Salaam, Sawit, Boyolali
Location
Kab. boyolali,
Jawa tengah
INDONESIA
Educatif: Journal of Education Research
ISSN : 26863669     EISSN : 26862077     DOI : -
Core Subject : Education,
Educatif is a scientific journal that publishes research articles, case studies, and reviews in education. Educatif is concerned with innovation, creativity, and novelty. Educatif published by PT. Kreasi Teknologi Informatif (KREATIF). Educative published every 3 months ( January, April, July, & October).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2021): January" : 21 Documents clear
Peningkatan Keaktifan Siswa Tema Wirausaha Melalui Pendekatan TPACK (Technology Pedagogy Content Knowledge) Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Keputon 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang Nur Laili Fitriani
Educatif Journal of Education Research Vol 3 No 1 (2021): January
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v3i1.28

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan siswa dan hasil belajar peserta didik kelas VI SD Negeri Keputon 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang dalam pembelajaran Tema Wirausaha dengan pendekatan TPACK ( Technology Pedagogy Content Knowledge ). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data berasal dari proses pembelajaran, peserta didik, peneliti, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Data hasil penelitian pada siklus I, menunjukkan bahwa keaktifan siswa masih rendah. Rata-rata kekatifan siswa yang diperoleh adalah 63% dengan kategori cukup dan ketuntasan belajar siswa baru mencapai 45%. Pada siklus 2, keaktifan siswa meningkat menjadi 77% dengan kategori baik dan ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 64%. Namun, prosentase tersebut belum memenuhi indikator keberhasilan penelitian ini yaitu keaktifan siswa minimal 80% dengan kategori baik, serta ketuntasan belajar mencapai 75%. Data hasil penelitian pada siklus 3 menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Siswa diaktifkan dengan kegiatan percobaan, sehingga pembelajaran lebih berpusat pada siswa. Keaktifan siswa mencapai 82% dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 91%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan TPACK mampu meningkatkan keaktifan siswa kelas VI SD negeri Keputon 01 pada pembelajaran tema wirausaha.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Tema 4 SDN kalimulyo 01 tahun 2020/2021 Agustina
Educatif Journal of Education Research Vol 3 No 1 (2021): January
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v3i1.34

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa bagi kelas I Sekolah Dasar semester gasal tahun pelajaran 2020/2021 SD Negeri Kalimulyo 01 Kabupaten Pati. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, di mana masing-masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari satu pertemuan (satu kali tatap muka), siklus II terdiri dari satu pertemuan (satu kali tatap mu). Data keaktifan diperoleh dari observasi oleh guru pengajar dan teman sejawat, sedangkan hasil belajar diperoleh dari tes hasil evalusi tiap-tiap siklus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi hasil belajar sudah menunjukkan peningkatan menjadi kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase capaian keaktifan dari siklus II sebesar 100 % (kategori tinggi). Hasil belajar peserta didik dari siklus 1 menuju ke siklus 2 mengalami peningkatan. Hasil belajar peserta didik didapatkan bahwa hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah 71 % dan hasil belajar pada siklus 2 mengalami kenaikan 100 %. Persentase peserta didik yang belum memenuhi KKM mengalami penurunan sangat baik. Persentase yang sudah memenuhi KKM mengalami kenaikan pada pertamuan awal 41 % kemuadian naik dari siklus 1 sebesar 71 % dan mengalami kenaikan lagi pada siklus II menjadi 100 % p. Kesimpulannya bahwa Hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas I SDN Kalimulyo 01 pada tahun pelajaran 2020/2021.
Penggunaan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Gangguan Peredaran Darah Di Kelas V SD Negeri Dalangan 02 Tahun Pelajaran 2020/2021 Yuliningsih
Educatif Journal of Education Research Vol 3 No 1 (2021): January
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v3i1.35

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Dalangan 02 Kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo. Pemanfaatan media audio visual materi sistem peredaran darah untuk peningkatan hasil belajar. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar penilaian terhadap perencanaan, pembelajaran oleh guru, dan lembar observasi. Tindakan siklus I pembelajaran dengan menayangkan video penyebab gangguan peredaran darah, siklus II video penyakit yang mengganggu organ peredaran darah. Hasil penelitian menunjukan peningktan yang signifikan. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus I adalah 62,5 dengan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 8 siswa, (73,33%), kemudian rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 85 dengan semua siswa memperoleh nilai mencapai KKM (100%). Simpulan dari penelitian: (1) desain rencana pelaksanaan pembelajaran dikembangkan untuk pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual, (2) hasil belajar siswa meningkat dengan pembelajaran yang menyenangkan, (3) sistem evaluasi disusun mulai dari pembuatan kisi-kisi, instrumen hingga kunci jawaban, (4) hasil belajar siswa meningkat setiap siklusnya.
Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Semester 1 SDN 1 Jati Tahun Pelajaran 2020/2021 Ventika Fitrianingrum
Educatif Journal of Education Research Vol 3 No 1 (2021): January
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v3i1.36

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Jati Kecamatan Jati Kabupaten BLora. Berdasarkan observasi awal peneliti, pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dilakukan dengan ceramah, penugasan, tanya jawab, dan diskusi klasikal. Proses pembelajaran tersebut memberikan hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Subjek penelitian tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Jati Kecamatan Jati Kabupaten Blora semester 1 tahun pelajaran 2020 / 2021. Subyek penelitian berjumlah 17 siswa meliputi 7 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada tanggal 16 November 2020 dan 23 November 2020. Instrumen penelitian berupa lembar observasi kegiatan guru, lembar kerja siswa, lembar penilaian tes formatif siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian yang diperoleh dari penerapan model pembelajaran Project Based Learning adalah adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Jati Kecamatan Jati Kabupaten Blora. Hasil tindakan siklus I adalah 35,3 % siswa belum mendapatkan hasi melampaui Kriteria Belajar Minimal ( KBM ) yaitu hanya 64,7 % siswa yang dapat melampaui KBM. Sedangkan pada siklus II 88,2 % dari siswa sudah dapat melampaui KBM . Simpulan dalam penelitian tindakan ini adalah penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Cara belajar dan pemahaman materi berpengaruh pada hasil belajar. Saran dalam penelitian tindakan ini adalah: 1.) Dalam kegiatan belajar mengajar guru perlu memperhatikan kebutuhan siswa, kondisi fisik siswa dan psikis siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. 2.) Gunakan metode dan model pembelajaran yang bervariasi. 3.) Suasana pembelajaran yang menyenangkan sangat membantu siswa untuk dapat menyerap materi pelajaran dengan baik. 4.)Rencana pembelajaran hendaknya dipersiapkan dengan teliti termasuk evaluasi sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat tercapai. 5.) Berikan kesempatan siswa untuk mengekspresikan kemampuan dalam papan pajangan.
Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Tema 4 Sehat Itu Penting Sub Tema 1 Peredaran Darahku Sehat Pada Peserta Didik Kelas V SDN Banyurip Kecamatan Andong Boyolali Tahun Ajaran 2020/2021 Primtin Narindra
Educatif Journal of Education Research Vol 3 No 1 (2021): January
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v3i1.37

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran tematik tema 4 sehat itu penting subtema 1 peredaran darahku sehat pada siswa kelas V SD Negeri Banyurip, Andong, Boyolali dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan posttest, lembar observasi,dan angket. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menerapkan model Problem Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD N Banyurip Andong meningkat. Peningkatan ini terbukti pada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dari skor rerata pratindakan sebesar 64 % pada siklus I dan meningkat menjadi 85% pada siklus II. Siswa yang mencapai kriteria keberhasilan mengalami peningkatan dari 60 pada pratindakan menjadi 68 pada siklus I dan meningkat menjadi 80 pada siklus II. Hasil observasi juga menunjukkan peningkatan aktifitas siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu sebanyak 25% siswa kegiatannya meningkat antara lain: siswa aktif dalam pembelajaran, siswa lebih berani mengemukakan pendapat, dan siswa Saya lebih mudah memahami materi pembelajaran yang disampaikan dengan cara belajar memecahkan masalah pada proses pembelajaran.
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar melalui Strategi Pembelajaran Cooperative LearningTipe Number Head Together pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Hubungan Antar Satuan Siswa Kelas III SDN Wonobodro Muyaroh
Educatif Journal of Education Research Vol 3 No 1 (2021): January
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v3i1.38

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi hasil belajar siswa kelas III SDN Wonobodro 03 dalam materi hubungan antar satuan. Berdasarkan identifikasi peneliti bahwa hal ini disebabkan faktor pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran matematika. Peneliti meyakini bahwa dengan menggunakan pendekatan pemebelajaran kooperatif tipe NHT ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah ”Bagaimana penerapan pembelajaran kooeperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hubungan antar satuan pada kelas III SD Negeri Wonobodro 03?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika, khususnya pada materi pokok hubungan antar satuan; (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok hubungan antar satuan melalui pendekatan pembelajaran kooperatif tipe NHT di III SD Negeri Wonobodro 03. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Kepala Bernomor (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Wonobodro 03 pada materi hubungan antar satuan. Hal ini terlihat bahwa hasil evaluasi pada pra siklus hanya 7 orang (53,85%) murid yang mencapai target KKM mata pelajaran Matematika dari 13 orang murid kelas III SD Negeri Wonobodro 03 Tahun Pelajaran 2020/2021. Kemudian, setelah pelaksanaan tindakan sikklus I terdapat 8 murid (61,54%) yang telah mencapai target KKM, dan pada hasil evaluasi siklus II terdapat 11 (84,62%) murid yang telah mencapai nilai KKM. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika murid kelas III SDN Wonobodro 03 dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe NHT.
Optimalisasi Keaktifan dan Kemampuan Berhitung dengan Media Benda Konkret pada Siswa Kelas I SDN Kaliwareng Tahun 2020/2021 Galuh Ayu Oktavia Ningrum
Educatif Journal of Education Research Vol 3 No 1 (2021): January
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v3i1.39

Abstract

Tujuan dari perbaikan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan media benda konkret dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan berhitung siswa dalam membandingkan banyaknya benda pada SD N Kaliwareng, Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Pembelajaran daring melalui zoom meet menjadikan peserta didik kurang bersemangat dan kurang aktif. Guru belum menggunakan media atau alat peraga, kemampuan berhitung pada matematika membandingkan banyaknya benda juga masih kurang. Dari 25 anak untuk muatan pelajaran matematika hanya 6 anak atau 24,0% yang tuntas, dan 19 anak atau 76,0% di bawah nilai ketuntasan. Oleh karena itu media benda konkret sangat tepat digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan berhitung siswa kelas I SDN Kaliwareng tahun 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas I sebagai subjek penerima tindakan dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada tanggal 16 November 2020 dan 23 November 2020. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi keaktifan siswa dan hasil kemampuan berhitung siswa. Hasil penelitian yang diperoleh dari penggunaan media benda konkret adalah adanya peningkatan keaktifan dan kemampuan berhitung siswa kelas I SDN Kaliwareng Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Hasil tindakan siklus 1 25 siswa yang mencapai ketuntasan belajar hanya 40,0% dan 60% belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 88% mencapai KKM . Simpulan dalam penelitian tindakan ini adalah penggunaan media benda konkret dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan berhitung siswa. Cara belajar dan pemahaman materi berpengaruh pada hasil belajar. Saran dalam penelitian tindakan ini adalah: 1) Dalam merancang perangkat pembelajaran, guru harus menyiapkannya dengan teliti. 2) Dalam proses pembelajaran guru tidak monoton. 3)Dalam proses pembelajaran hendaknya guru menggunakan media yang tepat,. 4) Dalam proses pembelajaran guru sebaiknya menggunakan media yang konkret. 5) Penggunaan benda konkret menjadikan anak mudah memahami materi
Implementasi Problem Based Learning berbantuan Media Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar tentang Hak dan Kewajiban terhadap Tumbuhan pada Siswa Kelas IV Semester I SDN Sutopati 5 Tahun Ajaran 2020/2021 Muhammad Sa’dulloh
Educatif Journal of Education Research Vol 3 No 1 (2021): January
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v3i1.40

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sutopati 5 Kecamatan kajoran Kabupaten Magelang. Berdasarkan observasi awal peneliti, pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dilakukan dengan ceramah, penugasan, tanya jawab, dan diskusi klasikal. Proses pembelajaran tersebut memberikan hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Subjek penelitian tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Sutopati 5 Kecamatan kajoran Kabupaten Magelang semester 1 tahun pelajaran 2020 / 2021. Subyek penelitian berjumlah 26 siswa meliputi 11 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada tanggal 16 November 2020 dan 23 November 2020. Instrumen penelitian berupa lembar observasi kegiatan guru, lembar kerja siswa, lembar penilaian tes formatif siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian yang diperoleh dari penerapan model Implentasi problem based learnig berbantu media power point untuk meningkatkan hasil belajar tentang hak dan kewajiban terhadap tumbuhan pada kelas IV SD Negeri Sutopati 5 Kecamatan kajoran Kabupaten Magelang. Hasil tindakan siklus I adalah 30,7 % siswa belum mendapatkan hasi melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) yaitu hanya 69,3 % siswa yang dapat melampaui KKM. Sedangkan pada siklus II 96,2 % dari siswa sudah dapat melampaui KKM . Simpulan dalam penelitian tindakan ini adalah penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Cara belajar dan pemahaman materi berpengaruh pada hasil belajar. Saran dalam penelitian tindakan ini adalah: 1.) Dalam kegiatan belajar mengajar guru perlu memperhatikan kebutuhan siswa, kondisi fisik siswa dan psikis siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. 2.) Gunakan metode dan model pembelajaran yang bervariasi. 3.) Suasana pembelajaran yang menyenangkan sangat membantu siswa untuk dapat menyerap materi pelajaran dengan baik. 4.)Rencana pembelajaran hendaknya dipersiapkan dengan teliti termasuk evaluasi sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat tercapai. 5.) Berikan kesempatan siswa untuk mengekspresikan kemampuan dalam papan pajangan.
Penerapan Model Problem Based Learning dengan Aplikasi Zoom untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Peserta Didik Kelas V SDIT Izzatul Islam Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021 Lilis Setyowati
Educatif Journal of Education Research Vol 3 No 1 (2021): January
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v3i1.41

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDIT Izzatul Islam Getasan Kabupaten Semarang. Berdasarkan observasi awal peneliti, pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dilakukan dengan ceramah, penugasan, tanya jawab, dan diskusi klasikal. Proses pembelajaran tersebut memberikan hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Subjek penelitian tindakan adalah siswa kelas V SDIT Izzatul Islam Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang semester 1 tahun pelajaran 2020 / 2021. Subyek penelitian berjumlah 30 siswa meliputi 19 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada tanggal 16 November 2020 dan 23 November 2020. Instrumen penelitian berupa lembar observasi kegiatan guru, lembar kerja siswa, lembar penilaian tes formatif siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian yang diperoleh dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDIt Izzatul Islam Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Hasil tindakan siklus I adalah 33,33 % siswa belum mendapatkan hasi melampaui Kriteria Belajar Minimal ( KBM ) yaitu hanya 66,67 % siswa yang dapat melampaui KBM. Sedangkan pada siklus II 86,67 % dari siswa sudah dapat melampaui KBM . Simpulan dalam penelitian tindakan ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Cara belajar dan pemahaman materi berpengaruh pada hasil belajar.
Peningkatan Hasil Belajar IPA Sumber Energi melalui Model Inquiry pada Siswa Kelas IV SDN Datar Semester 1 Tahun 2020/2021 Arwanda Yugo Irmawan
Educatif Journal of Education Research Vol 3 No 1 (2021): January
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v3i1.42

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Datar Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Berdasarkan observasi awal peneliti, pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dilakukan dengan ceramah, penugasan, tanya jawab, dan diskusi. Proses pembelajaran tersebut memberikan hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran Inquiry. Subjek penelitian tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Datar Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. semester 1 tahun pelajaran 2020 / 2021. Subyek penelitian berjumlah 27 siswa meliputi 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada tanggal 16 November 2020 dan 23 November 2020. Instrumen penelitian berupa lembar observasi kegiatan guru, lembar kerja siswa, lembar penilaian tes formatif siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian yang diperoleh dari penerapan model pembelajaran Inquiry adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas kelas IV SD Negeri Datar Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Hasil tindakan siklus I adalah 37,03% siswa belum mendapatkan hasil melampaui Kriteria Belajar Minimal ( KBM ) yaitu hanya 62,96% siswa yang dapat melampaui KBM. Sedangkan pada siklus II 100 % dari siswa sudah dapat melampaui KBM. Simpulan dalam penelitian tindakan ini adalah penerapan model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Cara belajar dan pemahaman materi berpengaruh pada hasil belajar. Saran dalam penelitian tindakan ini adalah: 1.) Dalam kegiatan belajar mengajar guru perlu memperhatikan kebutuhan siswa, kondisi fisik siswa dan psikis siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. 2.) Gunakan metode dan model pembelajaran yang bervariasi. 3.) Suasana pembelajaran yang menyenangkan sangat membantu siswa untuk dapat menyerap materi pelajaran dengan baik. 4.) Rencana pembelajaran hendaknya dipersiapkan dengan teliti termasuk evaluasi sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat tercapai. 5.) Berikan kesempatan siswa untuk mengekspresikan kemampuan dalam papan pajangan.

Page 1 of 3 | Total Record : 21