cover
Contact Name
Swasti Maharani
Contact Email
adminpub@mykreatif.com
Phone
-
Journal Mail Official
educatife@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Griya Salaam, Sawit, Boyolali
Location
Kab. boyolali,
Jawa tengah
INDONESIA
Educatif: Journal of Education Research
ISSN : 26863669     EISSN : 26862077     DOI : -
Core Subject : Education,
Educatif is a scientific journal that publishes research articles, case studies, and reviews in education. Educatif is concerned with innovation, creativity, and novelty. Educatif published by PT. Kreasi Teknologi Informatif (KREATIF). Educative published every 3 months ( January, April, July, & October).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 3 (2021): July" : 16 Documents clear
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Mengenal Lambang Bilangan 1 Sampai Dengan 10 Melalui Metode Pembelajaran Inquiry pada Peserta Didik Kelas I Semester I SDN Datar Tahun 2020/2021 Indah Purnamasari
Educatif Journal of Education Research Vol 3 No 3 (2021): July
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v3i3.49

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengenal lambing bilangan 1 sampai dengan 10 melalui metode pembelajaran inkuiri. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Datar yang berjumlah 32 peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas ini merupakan penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 1 kali pertemuan dan setiap pertemuan waktunya 2 x 35 menit. Setiap siklus meliputi perencanaan,pelaksanaan,observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Untuk mengukur kemampuan peserta didik pada setiap akhir siklus diadakan evaluasi dengan menggunakan tes hasil belajar. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui kegiatan atau keaktifan peserta didik pada pembelajaran matematika dan mengamati aktifitas peniliti dalam pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran meningkat tiap siklusnya, siklus I 65,63%, siklus II 90,63%. Sedangkan nilai rata-rata tes hasil belajar matematika peserta didik pada siklus I diperoleh 71,25, pada siklus II diperoleh rata-rata 82,19. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar peserta.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Pada Pembelajaran Tematik Kelas IIIB Sekolah Dasar Negeri Bulakelor 03 2020/2021 Emi Handayani
Educatif Journal of Education Research Vol 3 No 3 (2021): July
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v3i3.50

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik kelas III disekolah dasar negeri Bulakelor 03 Kecamatan Ketanggungan Brebes dengan penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas(Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIIB sekolah dasar negeri Bulakelor 03. Penelitian ini menggunakan desain Model Kemmis dan Tanggart, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatkan hasil belajar siswa dapat diukur dari evaluasi siklus I, dan siklus II. Dengan nilai aktivitas belajar siswa padas siklus I sebesar 71,42% dan siklus II 81,53%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dapat diukur dari setiap siklusnya, hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 52.63% dengan kategori “Rendah” Dan hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 83,78% dengan kategori “Tinggi” Dengan demikian hasil penelitian disekolah dasar negeri Bulakelor 03 telah tercapai dengan baik.
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Melalui Aplikasi Zoom Meeting Pada Siswa Kelas III Semester I SD Negeri Babakan 02 Tahun Pelajaran 2020/2021 Fitriani Fitriani
Educatif Journal of Education Research Vol 3 No 3 (2021): July
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v3i3.51

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Babakan 02 tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) memaparkan penerapan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar; (2) meningkatkan dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada materi operasi hitung; dan (3) meningkatkan dan mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada materi operasi hitung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Babakan 02 yang berjumlah 17 siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner dan soal evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Langkah-langkah pendekatan pembelajaran kontekstual sebagai berikut: (1) relating, (2) applying,(3) exsperiencing,(4) cooperting, dan (5) transfering. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan pada, kondisi awal rata-rata hasil belajar, yaitu 58,82 dengan persentase ketuntasan 41,18%, meningkat pada siklus I rata- rata hasil belajar menjadi 68,24 dengan persentase ketuntasan 64,71%, pada siklus II rata-rata hasil belajar menjadi 78,24 dengan presentase ketuntasan 88,23. Keaktifan siswa menunjukkan, kondisi awal keaktifan siswa diperoleh nilai 62,90 pada kriteria “tidak kritis”, setelah dilakukan tindakan nilai kemampuan keaktifan siswa meningkat menjadi 76,10 pada kriteria “cukup kritis”, presentase jumlah siswa yang minimal cukup kritis pada kondisi awal 47,10% di kondisi akhir meningkat menjadi 64,71%.
Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kalimat Saran Melalui Problem Based Learning Pada Peserta Didik Kelas III Semester 1 SDN Lebo 01 Warungasem Batang Tahun 2020/2021 Mutmainah Mutmainah
Educatif Journal of Education Research Vol 3 No 3 (2021): July
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v3i3.52

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kalimat saran peserta didik kelas III SDN Lebo 01 Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Berdasarkan observasi awal peneliti, pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dilakukan dengan ceramah, penugasan, tanyajawab, dan diskusi klasikal. Proses pembelajaran tersebut memberikan hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Subjek penelitian tindakan adalah peserta didik kelas III SDN Lebo 01 Kecamatan Warungasem KabupatenBatang semester 1 tahun pelajaran 2020 / 2021. Subyek penelitian berjumlah 39 peserta didik meliputi 22 peserta didik laki-laki dan 17 peserta didik perempuan. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada tanggal 16 November 2020 dan 23 November 2020. Instrumen penelitian berupa lembar observasi kegiatan guru, lembar kerja peserta didik, lembar penilaian tes formatif siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian yang diperoleh dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning adalah adanya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III SDN Lebo 01 Kecamtan Warungasem Kabupaten Batang. Hasil tindakan siklus I adalah 20,52 % peserta didik yang mendapatkan hasil melampaui KKM yaitu hanya 79,48 % peserta didik yang belum dapat melampaui KKM. Sedangkan pada siklus II 89,74 % dari peserta didik sudah dapat melampaui KKM .Simpulan dalam penelitian tindakan ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Cara belajar dan pemahaman materi berpengaruh pada hasil belajar. Saran dalam penelitian tindakan ini adalah: 1.) Dalam kegiatan belajar mengajar guru perlu memperhatikan kebutuhan peserta didik, kondisi fisik peserta didik dan psikis peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. 2.)Rencana pembelajaran hendaknya dipersiapkan dengan teliti dan tepat termasuk evaluasi sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat berhasil dengan baik.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tema 5 Pahlawanku Sub-tema 3 Sikap-sikap Kepahlawanan dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Siberuk Tahun Pelajaran 2020/2021 Siti Muslichah
Educatif Journal of Education Research Vol 3 No 3 (2021): July
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v3i3.53

Abstract

Tujuan Penelitian Kelas (PTK) ini untuk peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode Doscovery Learning) pada siswa kelas IV tema 5 sub tema 2 tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan siklus berdaur ulang yang terdiri dari empat tahap yaitu (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) observasi dan (d) refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, studi dokumentasi, dan tes pada setiap siklus. Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa melalui model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas 4 SD Siberuk tema 5 sub tema 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil tes yang dilakukan. Peningkatan hasil belajar siswa pada keadaan awal ketuntasan belajar siswa adalah 43,75% dengan rata-rata klasikal adalah 58,71 meningkat menjadi 46,87% dengan rata-rata klasikal 61,43 pada siklus I, meningkat menjadi 75,00% dengan rata-rata klasikal 70,71 pada siklis II dan meningkat Kembali menjadi 85,71 % dengan rata-rata klasikal 84,17 pada siklus III. Demikian pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 5 sub tema 3 kelas 4 SD Negeri Siberuk Tahun Pelajaran 2020/2021.
Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia di Era Revolusi Industri 4.0 bagi Siswa dalam Meningkatkan Hasil Belajar di SD Negeri Duren Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Eny Astuti
Educatif Journal of Education Research Vol 3 No 3 (2021): July
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v3i3.54

Abstract

Kegiatan pembelajaran pada siswa kelas 1 SD Duren kecamatan Sumowono kabupaten Semarang aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa belum maksimal. Tindakan yang dilakukan untuk memecahkan permasalahan agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis multimedia di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model Siklus PTK Penelitian dilakukan dalam tiga siklus meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta tahap refleksi. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh berupa hasil tes dan non tes. Data hasil tes merupakan data hasil perolehan tes formatif pada tiap pertemuan,. Sedangkan data hasil non tes merupakan data hasil lembar pengamatan. Nilai rata-rata kelas pada hasil tes formatif siklus I rata-rata mencapai 71 meningkat pada siklus II menjadi 80,5 dan di silkus 3 meningkat Kembali menjadi 92,83 dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal dari 50% menjadi 83% dan pada siklus III menjadi 100% Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran pada siklus I mencapai 66,5% meningkat pada siklus II menjadi 74% dan pada siklus III menjadi 85 % mencapai kriteria aktivitas belajar sangat tinggi. Perolehan nilai performansi guru melalui siklus I mencapai rata-rata 95 meningkat pada siklus II mendapat rata-rata 96, dan meningkat Kembali pada siklus 3 menjadi 97 Disimpulkan dan pada tahap memanfaatkan media pembelajaran berbasis multimedia di era revolusi industri 4.0 dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD negeri Duren Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang.
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Pantun melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom pada Peserta Didik Kelas V Semester 1 SDN Prapagan 02 Tahun 2020/ 2021 Sumarni Sumarni
Educatif Journal of Education Research Vol 3 No 3 (2021): July
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v3i3.55

Abstract

Pembelajaran menulis merupakan salah satu keterampilan bahasa yang harus dimiliki oleh Peserta didik sekolah dasar. Salah satunya adalah menulis pantun. Pembelajaran menulis pantun menuntut kreatvitas dari Peserta didik. Selain itu, dalam kehidupan sehari-hari pantun sebagai alat pemeliharaan bahasa, menjaga fungsi kata, dan kemampuan dalam menjaga alur pikir. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi antara penulis dan guru kelas V menunjukkan bahwa hasil belajar Peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Prapagan 02 Jeruklegi belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Mengajar, karena mereka masih kesulitan dalam menulis pantun sesuai dengan ciri-ciri pantun. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, peneliti melakukan perbaikan dengan menerapkan model pembelajaran Flipped Classroom untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun Peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Flipped Classroom untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun Peserta didik, hasil belajar Peserta didik menulis pantun, serta kendala-kendala dan cara mengatasinya. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukandua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan Peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Prapagan 02 Jeruklegi dan lokasi penelitian adalah Sekolah Dasar Negeri Prapagan 02Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi terhadap Aktvitas guru dalam proses pembelajaran, teknik tes terhadap hasil pekerjaan Peserta didik dalam menulis pantun, dan teknik catatan lapangan, sedangkan teknik analisis datanya dengan menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan pada, kondisi awal rata-rata hasil belajar, yaitu 73,07% dengan persentase ketuntasan 38,46%, meningkat pada siklus I rata- rata hasil belajar menjadi 79,23 dengan persentase ketuntasan 69,23 %, pada siklus II rata-rata hasil belajar menjadi 96dengan presentase ketuntasan 100 %.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kutamaneuh II Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2020/2021 Serli Mandasari
Educatif Journal of Education Research Vol 3 No 3 (2021): July
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v3i3.56

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dilaksnakan secara kolaboratif anatara peneliti, observer, dan objek yangakan diteliti dilakukan dengan tiga siklus.tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V melalui penerapan model pembelajaran kooperatif thik pair share. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negri Kutamaneuh II Yang terdiri 10 siswa, dengan komposisi 7 perempuan dan 3 laki-laki. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Proses penelitian tindakan kelas ini dilakukan tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Akhir dari setiap siklus dilaksanakan tes menggunakan intsrumen soal melalui googleform. Hasil penelitian menujukan bahwa pada siklus III terjadi peningkatan nilai rata-rata pada pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh nilai sebesar 85,5 pada siklus II meningkat mejadi 93 dan pada siklus III meningkat menjadi 97. Dan hasil observasi aktivitas siswa adanya peningktan pada sikap, keaktifandan tangung jawab pada siklus I dengan nilai 6,4 dan pada siklus II meningkat dengan nilai 7,3 dan pada siklus III meningkat menjadi nilai 7,8. Sedangkan pada ketuntasan hasil belajar siswa kelas V pada siklus I memperoleh nilai 59,5 dengan persentase ketuntasan 40% dan nilai rata-rata pada siklus II memperoleh nilai 72 dengan persentase 70%. Pada siklus III meningkat menjadi 80 dengan persentase 90%, sehingga KKM sudah tercapai. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelasV Sekolah Dasar Negeri Kutamaneuh II Kecamatan tegalwaru kabupeten karawang . selain itu, model pembelajaran ini juga dapat memperbaiki pelaksanaan pembelajaran dan meingkatkan perubahan aktifitas siswa pada sikap, keaktifan dan tanggung jawab.
Penggunaan Media Power Point dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas II SDN Mondoretno Tahun Pelajaran 2020/2021 Sarwendah Sarwendah
Educatif Journal of Education Research Vol 3 No 3 (2021): July
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v3i3.57

Abstract

Sebagai pengatur dan sekaligus pelaku dalam proses belajar mengajar, gurulah yang mengarahkan bagaimana proses belajar mengajar itu dilaksanakan. Oleh karena itu guru harus kreatif dalam pemilihan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yang disampaikan terutama pada saat sekarang ini yaitu pembelajaran melalui daring. Penggunaan media pembelajaran berupa perangkat lunak yaitu Microsoft Power Point,memberikan warna berbeda dalam pembelajaran daring,Sedangkan aplikasi yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran menggunakan Zoom.Aplikasi Zoom yang digunakan ditambahkan dengan penampilan Microsoft Power Point yang menarik membuat kemasan pembelajaran jarak jauh lebih menyenangkan. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model Siklus PTK Penelitian dilakukan dalam tiga siklus meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta tahap refleksi. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif Pada observasi awal sebelum penggunaan media Power Point hasil belajar siswa masih rendah yaitu dengan rata-rata kelas 60 dengan 2 siswa tuntas atau 25% dari seluruh siswa Setelah PTK siklus I hasil belajar meningkat dengan nilai rata-rata 65 atau 50% siswa tuntas,Pada siklus II rata-rata nilai 75 atau 75% siwa tuntas.dan meningkat Kembali pada siklus III dengan nilai rata-rata 90 atau 100% siswa tuntas.Disimpulkan bahwa penggunaan media power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Mondoretno Kec.Bulu Kab.Temanggung.
Pemanfaatan Media Youtube Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VB SD Negeri Mentasan 02 Tahun Pelajaran 2020/2021 Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap Retno Siwi
Educatif Journal of Education Research Vol 3 No 3 (2021): July
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v3i3.58

Abstract

Keberhasilan siswa dalam belajar menurut Kurikulum yang di berlakukan ditetapkan dengan mengukur ketuntasan ketercapaian indikator. Siswa dinyatakan tuntas apabila mencapai tingkat ketuntasan 75%, artinya siswa dinyatakan tuntas jika sejumlah minimal 75% indikator kompetensi yang telah dirumuskan dapat dicapai. Kelas dikatakan tuntas jika minimal 75% siswa dinyatakan tuntas. Hasil ujian semester berjalan (pra siklus ) yang bertujuan mengukur capaian pembelajaran pada kelas VB, diperoleh informasi bahwa baru 30% . Fakta lain menunjukkan bahwa siswa kurang termotivasi dalam belajar “Apakah Pemanfaatan media youtube dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB pada SD Negeri Mentasan 02 Tahun Pelajaran 2020/2021 Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap’. Dilaksanakan siklus I tuntas 40% kemudian dilaksanakan perbaikan pada siklus II hasil nya 70%, ternyata belum berhasil juga dan akhirnya di laksanakan siklus III yang hasil nya tuntas 90%. Disimpulkan bahwa penggunaan media youtube dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB SD Negeri Mentasan 02 Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap.

Page 1 of 2 | Total Record : 16