cover
Contact Name
Wufron
Contact Email
-
Phone
+6282240045491
Journal Mail Official
jwe@fekon.uniga.ac.id
Editorial Address
Jln Raya Samarang No. 52.A Tarogong Kaler - Garut
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Wacana Ekonomi
Published by Universitas Garut
ISSN : 14125897     EISSN : 2715517X     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Wacana Ekonomi mengupas dan mendesiminasikan informasi ilmiah/ pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu ekonomi sebagai ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Jurnal Wacana Ekonomi merupakan media komunikasi ilmiah dalam pengembangan dan penyebarluasan ilmu yang merupakan hasil-hasil penelitian, kajian, analisis, dan gagasan ilmiah dalam bidang ilmu ekonomi, akuntansi, manajemen, dan bisnis.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 21, No 2 (2022): Jurnal Wacana Ekonomi" : 6 Documents clear
Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada Rumah Tenun Amin Abdul Fatah Hassanudin; Cecep Hamzah Pansuri; Wufron Wufron; Ayu Hilda Inaya
Jurnal Wacana Ekonomi Vol 21, No 2 (2022): Jurnal Wacana Ekonomi
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jwe.v21i1.1478

Abstract

Tinjauan ini diharapkan dapat memutuskan apakah kerangka data pembukuan untuk penerimaan dan pembayaran kas sudah memadai dalam suatu organisasi. Pemeriksaan ini penting untuk memberikan ide dan usulan tentang kerangka kerja yang digunakan. Selain itu, juga memberikan saran untuk menyelesaikan dan berbagai informasi yang tepat. Saran akan dipertimbangkan dalam mengembangkan lebih lanjut ukuran kerangka data pembukuan nanti. Informasi yang digunakan diperoleh melalui persepsi, pertemuan, dan dokumentasi. Untuk mencapai tujuan eksplorasi, ilmuwan melakukan pengujian antara hipotesis dan praktik yang diselesaikan di Rumah Tenun Amin. Kerangka data pembukuan memuaskan dalam kerangka penerimaan uang dan pembayaran uang sehingga dapat menciptakan data yang berharga untuk mendukung organisasi. Otoritas internal atas kerangka data pembukuan akan mengurangi kemungkinan kesalahan dan kesalahan penyajian, tetapi tidak menghilangkan kemungkinan bahwa hal itu mungkin terjadi. Dilihat dari hasil eksplorasi di Rumah Tenun Amin, terlihat bahwa bagian kerangka data pembukuan penerimaan kas dan pembayaran uang masih kurang. Tidak semua bagian memadai untuk membantu pencapaian target kerangka data pembukuan.
Tourism Facilities dan Tourist Satisfaction pada Objek Wisata Situ Bagendit II Kabupaten Garut Wati Susilawati; Hani Siti Hanifah; Silfani Nur Meilindani
Jurnal Wacana Ekonomi Vol 21, No 2 (2022): Jurnal Wacana Ekonomi
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jwe.v21i2.1821

Abstract

Pengkajian ini bermaksud untuk mengetahui Tourism Facilities dan Tourist Satisfaction pada Objek Wisata Situ Bagendit II Kabupaten Garut. Metode penelitian yang dipakai ialah metode analisis deskriptif dan kausal. Teknik pengumpulan data yang dikerjakan melalui observasi, wawancara, serta penyebaran kuesioner. Sampel yang ditarik sebanyak 100 orang responden. Teknik pengolahan data yang dipakai ialah dengan memakai uji validitas, uji reliabilitas, serta uji normalitas, yang kemudian diolah memakai metode analisis deskriptif serta uji regresi linear sederhana dengan bantuan IBM SPSS Statistics 25. Hasil pengkajian ini membuktikan bahwa tourism facilities berpengaruh positif terhadap tourist satisfaction pada Objek Wisata Situ Bagendit II.
Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Perusahaan Distro di Kabupaten Garut Kurnaeli Kurnaeli; Deri Alan Kurniawan; Ihsan Fathoni
Jurnal Wacana Ekonomi Vol 21, No 2 (2022): Jurnal Wacana Ekonomi
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jwe.v21i2.1837

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dan  kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada perusahaan distro di Kabupaten Garut. Metode yang diaplikasikan adalah metode deskriptif untuk mengetahui kualitas pelayanan, kualitas produk dan kepuasan pelanggan pada perusahaan distro di Kabupaten Garut dan metode kausal untuk mengetahui pengaruh antar variabel. Responden yang terlibat adalah pelanggan perusahaan distro. Data yang dinyatakan handal digunakan untuk menguji hipotesis dan dianalisis dengan regression multiplier. Hasil penelitian menjelaskan kualitas pelayanan pada perusahaan distro di Kabupaten Garut masih kurang baik, berarti pelayanan belum sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Kualitas produk tergolong kriteria baik, artinya kualitas produk telah memenuhi harapan pelanggan. Kepuasan pelanggan menunjukan Kurang baik artinya perasaan yang dimiliki oleh pelanggan distro kurang berkesan atau puas terhadap pelayanan yang diberikan. Terdapat pengaruh kualitas pelayanan  terhadap kepauasan dengan dengan tingkat hubungan kategori tinggi. Terdapat pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan dengan tingkat hubungan kategori tinggi
Analisis Efektivitas Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) dan Kontribusinya terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Garut Ela Sulistiana; Muslim Alkautsar; Dida Farida Latipatul Hamdah
Jurnal Wacana Ekonomi Vol 21, No 2 (2022): Jurnal Wacana Ekonomi
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jwe.v21i2.1920

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penerimaan pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB P2) dan kontribusinya terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Garut. Penelitian ini memanfaatkan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif, data penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan teknik penelitian kepustakaan, penelitian lapangan dan studi internet. Teknik analisis data dalam Penelitian ini yaitu model Miles dan Huberman dengan data reduction, display, conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian ini menampilkan efektivitas penerimaan PBB-P2 di Kabupaten Garut periode 2016-2020 berada dalam kategori sangat efektif yaitu sebesar 104,17%. Kontribusi penerimaan pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Garut periode 2016-2020 berada dalam kategori sangat kurang yaitu sebesar 7,83%. Dan penerimaan pendapatan asli daerah di Kabupaten Garut dari tahun ke tahun berfluktuasi dan tidak terealisasi dengan baik.
Faktor-Faktor yang Mendorong Keputusan Pembelian pada Masa Pandemi Covid-19 Tatang Mulyana; Hedi Cupiadi; Alya Fattima Azzahra
Jurnal Wacana Ekonomi Vol 21, No 2 (2022): Jurnal Wacana Ekonomi
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jwe.v21i2.1925

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendorong keputusam pembelian pada masa pandemi Covid-19 (Studi Kasus Klinik Kecantikan HK Beauty Center). Metode yang digunakan adalah metode penelitian explanasi dengan pendekatan exploratori. Tanggapan responden terhadap faktor-faktor yang mendorong keputusan pembelian pada masa pandemi Covid-19 (Studi Kasus Klinik Kecantikan HK Beauty Center) dikategorikan sesuai. Hasil pengolahan data terdapat tiga faktor yang terbentuk yaitu faktor kebutuhan akan produk yang terdiri dari keberagaman varian produk, kualitas produk, kepercayaan produk, popularitas produk, harga yang murah, sebulan sekali, tiga bulan sekali, enam bulan sekali, dan kebutuhan akan produk. Kemudian Faktor Ketersediaan Produk dengan indikator diantaranya, kebutuhan suatu produk, kemudahan mendapatkan produk, dan ketersediaan produk, dan faktor lokasi yang dekat diantaranya, lokasi yang dekat, dan setahun sekali. Setahun sekali dan kebutuhan akan produk menjadi faktor loading tertinggi.
Pengaruh Pengendalian Internal dalam Meningkatan Efektifitas Kinerja Operasional Pengelolaan Sampah Derri Benarli Nugraha; Winda Ningsih
Jurnal Wacana Ekonomi Vol 21, No 2 (2022): Jurnal Wacana Ekonomi
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jwe.v21i2.1867

Abstract

Efektivitas merupakan kemampuan untuk menentukan tujuan yang memadai melakukan  hal yang tepat seperti: sasaran perusahaan, pihak pelaksana, fasilitas pendukung, pelaksanaan kegiatan, dan hasil. Sedangkan efisiensi merupakan output tertentu yang merupakan hasil proses produksi atau hasil kerja yang dicapai dengan penggunaan sumber daya dan dana yang serendah- rendahnya. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan pengendalian internal atas operasional yang diterapkan dan dijalankan, efektivitas operasional yang dijalankan, dan peranan pengendalian internal dalam meningkatkan efektivitas kinerja operasional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan sistem pengendalian internal sudah efektif dan berperan terhadap kinerja operasional pengelolaan sampah. Hal ini berdasarkan persentase yang diperoleh dan dihubungkan dengan kriteria yang telah penulis tentukan, dapat disimpulkan bahwa sistem pengendalian internal pada Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelolaan Sampah TPA/TPST Regional Jawa Barat berperan  dalam meningkatkan efektivitas kinerja operasional

Page 1 of 1 | Total Record : 6