cover
Contact Name
Pristiyono
Contact Email
paktio16@gmail.com
Phone
+6208116226448
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Labuhanbatu Jln. S.M Raja No. 126 A Km 3.5 Aek Tapa, Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Indonesia Kode Pos : 21421
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen)
ISSN : 24776092     EISSN : 26203391     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Ilmiah ECOBISMA adalah Jurnal Ilmiah Bisnis dan Manajemen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Labuhanbatu melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah antara staf pengajar, alumni, mahasiswa dan masyarakat pada umumnya yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun. Redaksi menerima naskah yang belum pernah diterbitkan oleh media lain dan berhak menyingkat dan mengubah tanpa mengurangi maksud dan isi. Pendapat yang dinyatakan dalam jurnal ini merupakan pendapat pribadi tidak mencerminkan pendapat penerbit dan dewan redaksi.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2017): ECOBISMA" : 10 Documents clear
PENGARUH PRODUK, HARGA, DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI MINIMARKET RADJA PAS RANTAUPRAPAT KABUPATEN LABUHANBATU Lestari Lestari; Daslan Simanjuntak
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 4, No 1 (2017): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.911 KB) | DOI: 10.36987/ecobi.v4i1.700

Abstract

Saat ini keberadaan tempat perbelanjaan yang lengkap, aman, nyaman, bersih tidak hanya di kota-kota besar saja tetapi sudah menyebar ke semua daerah. Minimarket Radja Pas Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu merupakan salah satu bentuk bertahannya Minimarket ditengah-tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Semakin bertambah banyaknya toko yang menyediakan kebutuhan sehari-hari masyarakat, membuat Minimarket Radja Pas Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu harus mampu bersaing secara ketat dan profesional. Keberadaan Minimarket Radja Pas Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu merupakan suatu bentuk dari keinginan konsumen yang ingin berbelanja berbagai kebutuhan sehari-hari secara efisien di satu tempat karena dapat menghemat waktu dan biaya. Dari Hasi penelitian yang berjudul “Pengaruh Produk, Harga, Distribusi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Minimarket Radja Pas Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu” dengan jumlah kurang lebih 150 populasi dan 60 sampel. Hasil uji t (parsial) yang di dapat yaitu Variabel Produk (X1) berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dimana 1,922 > 1,67 dengan probabilitas 0,060 > 0,05. Variabel Harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dimana 3,799 > 1,6 dengan probabilitas 0,000 < 0,05 . Variabel Distribusi (X3) berpengaruh positif tetapi signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dimana 1,752 > 1,67 dengan probabilitas 0,085 > 0,05. Variabel Promosi (X4) berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dimana 0,290 < 1,67 dengan probabilitas 0,773 > 0,05. Hasi uji f (simultan) variabel produk (X1), harga (X2), distribusi (X3), promosi (X4), secara bersama-sama berpengaruh terhadappeningkatan keputusan pembelian konsumen (Y). Hal ini dapat dilihat dari fhitung> ftabel = 23,495 > 4,02 dengan probabilitas 0,000 < 0,05. Dan variabel produk (X1), harga (X2),distribusi (X3), promosi (X4) mampu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen (Y) sebesar 63,1%.
MENINGKATKAN KINERJA MELALUI KOMITMEN DAN BUDAYA ORGANISASI Zufrie, Zufrie
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 4, No 1 (2017): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.097 KB) | DOI: 10.36987/ecobi.v4i1.705

Abstract

Dalam dunia usaha dibutuhkan personal yang mempunyai kinerja yang baik. Dengan kinerja yang baik maka tujuan persahaan akan dapat dicapai secara optimal.Untuk meningkatkan kinerja dibutuhkan sebuah komitmen dari karyawan. Organisasi adalah alat untuk mencapai tujuan yang harus bisa untuk memberikan kejelasan kepada salah seorang, status dalam organisasi baik dari segi ikatan, posisi dan peran. Salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja adalah perhatian terhadap komitmen, dan budaya orgnisasi untuk karyawan sebuah perusahaan. Kesediaan untuk bekerja keras dan keinginan untuk mempertahankan keanggotaan, meningkatkan kemampuan organisasi memerlukan budaya organisasi dengan hubungan interpersonal. Dalam situasi ini sebuah organisasi membutuhkan budaya organisasi, norma dan praktik yang berlaku setiap hari. Komitmen dan budaya organisasi merupakan dua hal yang di perlukan terhadap efektivitas dan efisiensi kerja.
PENGARUH KETERLIBATAN KARYAWAN TERHADAP KOMITMEN KARYAWAN (STUDI KASUS PT. EVANS INDONESIA KAB. LABUHANBATU Hayanuddin Safri
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 4, No 1 (2017): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.988 KB) | DOI: 10.36987/ecobi.v4i1.96

Abstract

Penelitian bertujuan guna mengetahui pengaruh keterlibatan karyawan terhadap komitmen karyawan (studi kasus PT. Evans Indonesia Kab. Labuhanbatu). Populasi adalah seluruh karyawan yang bekerja pada PT. Evans Indonesia Kab. Labuhanbatu yang berjumlah 62 karyawan.Prosedur penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Sampling Jenuh. Jenis sumber data menggunakan data primer dan pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung variabel keterlibatan karyawan (X) adalah 2,691. Nilai ttabel pada α = 5% untuk uji satu arah, dengan derajat kebebasan (df) = (n – k) yaitu (62–2) = 62 yaitu 1,671. Maka variabel keterlibatan karyawan dinyatakan berpengaruh signifikan terhadap komitmen karyawan dengan kriteria thitung> ttabel atau 2,691 >1,671. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan kriteria uji hipotesis, maka disimpulkan : ”Variabel keterlibatan karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen karyawan
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA HOTEL PERMATA LAND RANTAUPRAPAT Ali Sahputra Dalimunthe
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 4, No 1 (2017): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.156 KB) | DOI: 10.36987/ecobi.v4i1.701

Abstract

Loyalitas Pelanggan adalah komitmen pelanggan terhadap layanan, layanan atau pemasok terdaftar (Perusahaan), berdasarkan sikap yang sangat positif dan tercermin dalam pembelian ulang yang konsisten. Loyalitas Pelanggan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk kualitas layanan dan harga. Objek penelitian ini adalah Permata Land Rantauprapat Hotel.. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menginap di Hotel Permata Land Rantauprapat. Sampel dalam penelitian ini adalah 98 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil analisis regresi antara kualitas layanan til loyalitas pelanggan mendapatkan hasil positif dari 0035 hkd dan dari hasil pengujian hipotesis Menggunakan uji - t menunjukkan hasil sejumlah besar 10.532 dan up. 0,003 <a = 0,05. Hasil analisis regresi berganda antara harga kepuasan konsumen mendapatkan hasil positif dari 0734 dan dari hasil pengujian hipotesis Menggunakan uji t menunjukkan hasil sejumlah besar 11.583 dan up. 0.000 <a = 0,05. Dette kan kualitas konkluderede att layanan dan harga memiliki dampak positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
HUBUNGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DENGAN KINERJA KARYAWAN BRI CABANG RANTAUPRAPAT Zulkifli Musannip Efendi Siregar
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 4, No 1 (2017): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.324 KB) | DOI: 10.36987/ecobi.v4i1.698

Abstract

Sistem informasi manajemen merupakan kumpulan-kumpulan dari sistem-sistem yang menyediakan informasi untuk mendukung manajemen. Sedangkan kinerja merupakan hasil kerja maupun secara kualitas maupun kuantitas yang dicapai oleh karyawan. Penelitiani ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sistem informasi manajemen dengan kinerja pegawai. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada hubungan yang kuat antara sistem informasi manajemen dengan kinerja karyawan BRI Cabang Rantauprapat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode analisis korelasi sederhana dengan dibantu program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara system informasi manajemen dengan kinerja karyawan pada BRI Cabang Rantauprapat.
PENGARUH KESEMPATAN PROMOSI, PELATIHAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. RUBBER HOCK LIE RANTAUPRAPAT Siti Lam’ah Nasution
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 4, No 1 (2017): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.354 KB) | DOI: 10.36987/ecobi.v4i1.703

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kesempatan Promosi, Pelatihan, dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT. Rubber Hock Lie Rantauprapat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pelaksana PT. Rubber Hock Lie Rantauprapat. Teknik penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode proporsionate random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui studi dokumentasi dan kuesioner yang pengukurannya menggunakan skala likert dan diolah secara statistik dengan program SPSS 20.00 for windows.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kesempatan promosi (X1), pelatihan (X2) dan lingkungan kerja (X3) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Rubber Hock Lie Rantauprapat yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Secara parsial dapat dilihat bahwa variabel kesempatan promosi (X1) dan lingkungan kerja (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Rubber Hock Lie Rantauprapat, sedangkan variabel pelatihan (X2) memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Rubber Hock Lie Rantauprapat. Nilai Adjusted R Square = 0,614, yang berarti 61,4% variabel terikat dijelaskan oleh variabel bebas sedangkan sisanya 38,6% dijelaskan oleh variabel lain yang diluar penelitian ini.
PENGARUH SALES PROMOTION TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI KENDERAAN BERMOTOR RODA DUA (Studi Kasus CV. Indah Sakti Rantauprapat) Desmawaty Hasibuan
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 4, No 1 (2017): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.981 KB) | DOI: 10.36987/ecobi.v4i1.699

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sales promotion terhadap perilaku konsumen pada CV. Indah Sakti Rantauprapat tentang perilaku konsumen membeli sepeda motor Honda. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen CV. Indah SaktiRantauprapat untuk periode semester I tahun 2014 yang berjumlah 123 orang. Selanjutnya dengan menggunakan rumus slovin tertentu ditetapkanlah jumlah sampel sehingga diperoleh sampel sebanyak 55 responden. Sumber data menggunakan data primer yakni kuesioner. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS for Windows versi 18.00 yakni analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sales promotion berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen pada CV. Indah Sakti Rantauprapat.
PENGARUH PROGRAM PENGEMBANGAN KARIR DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. PANGKATAN INDONESIA Bayu Eko Broto
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 4, No 1 (2017): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.535 KB) | DOI: 10.36987/ecobi.v4i1.704

Abstract

Kebutuhan pada perubahan-perubahan yang harus dilaksanakan dilingkungan karyawan, reorganisasi dan lambatnya kemajuan dalam pengalaman yang sangat dirasakan oleh karyawan akan membentuk persepsi atas program pengembangan karir dan motivasi kerja karyawan di perusahaan. Bila karyawan tidak memperoleh harapannya tentang program pengembangan karir dan motivasi kerja maka akan merubah harapan dan prilakunya.Setelah terjadinya perubahan pengelolaan di PT. Pangkatan Indonesia dari SIPEP Group menjadi PT. EVANS Indonesia, banyak memberikan peluang dan kesempatan terhadap peningkatan pengembangan karir dan motivasi kerja karyawan, namun belum diketahui sampai sejau mana pengaruhnya terhadap peningkatan kinerja karyawan. Oleh karena itu dalam penelitian ini diamati bagaimana pengaruh program pengembangan karir dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT. Pangkatan Indonesia tersebut.Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus yang berbentuk desain kausal simetris yang bersifat deskriptif eksploratif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Pangkatan Indonesia yang berjumlah 370 orang dan sampel penelitian ini diambil sebanyak 79 orang karyawan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, dan interview dengan menggunakan pengukuran skala Likert.Data dianalisis dengan menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda yang diolah dengan menggunakan program statistic SPSS Versi 20.0 yang meliputi pengujian hipotesis dan uji parsial dengan tingkat kepercayaan 95%.Berdasarkan hasil pengujian hipotesis baik uji F dan uji t diperoleh bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel program pengembangan karir (X1) terhadap kinerja karyawan PT. Pangkatan Indonesia, dan sebaliknya terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja (X2) terhadap kinerja karyawan PT. Pangkatan Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa kebijakan pengembangan motivasi kerja yang diterapkan manajemen PT. Pangkatan Indonesia mempengaruhi tingkat kinerja karyawan yang terlihat melalui dedikasi, loyalitas dan prestasi kerja karyawan.
PENGARUH MASA KERJA, KEPUASAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PADA PT. LINGGA TIGA SAWIT SIGAMBAL Raja Saul Marto Hendry; Daslan Simanjuntak
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 4, No 1 (2017): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/ecobi.v4i1.1581

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh masa kerja terhadap komitmen organisasi pada PT. Lingga Tiga Sawit Sigambal, 2) untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi pada PT. Lingga Tiga Sawit Sigambal dan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap komitmen organisasi pada PT. Lingga Tiga Sawit Sigambal. Hipotesis penelitian adalah variabel masa kerja berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi pada PT. Lingga Tiga Sawit Sigambal, variabel kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi pada PT. Lingga Tiga Sawit Sigambal dan variabel lingkungan kerja berpengaruh terhadap komitmen organisasi pada PT. Lingga Tiga Sawit Sigambal. Populasi dari penelitian ini adalah karyawan pada PT. Lingga Tiga Sawit Sigambal. Jumlah populasinya adalah sebanyak 39 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) masa kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi pada PT. Lingga Tiga Sawit Sigambal, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi pada PT. Lingga Tiga Sawit Sigambal dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi pada PT. Lingga Tiga Sawit Sigambal. Kata kunci: Masa kerja, Kepuasan kerja, Lingkungan kerja, Komitmen organisasi
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP MOTIVASI KERJA PADA KINERJA PEGAWAI YAYASAN UNIVERSITAS LABUHANBATU Fauziah Hanum Rambe
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 4, No 1 (2017): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/ecobi.v4i1.1425

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan kepuasan kerja terhadap motivasi kerja dan dampaknya pada kinerna pegawai Yayasan Universitas Labuhanbatu. Sampel yang diambil dalam penelitian ini, mencakup 62 orang. Pertanyaan yang diberikan kepada sampel dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui teknik simple random sampling dan metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, asumsi klasik, dan regresi berganda. Hasil menunjukkan bahwa secara serempak variabel kepemimpinan dan kepuasan kerja secara serempak berpengaruh signifikan terhadap motivasi. Dan hasil menunjukkan bahwa secara serempak variabel kepemimpinan dan kepuasan kerja secara serempak tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Kata Kunci : kepemimpinan, kepuasan kerja, motivasi dan kinerja.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2024): In Press Vol 11, No 2 (2024): ECOBISMA Vol 11, No 1 (2024): ECOBISMA Vol 10, No 2 (2023): Volume 10, No. 2 Tahun 2023 Vol 10, No 1 (2023): Volume 10, No. 1 Tahun 2023 Vol 10, No 2 (2023): ECOBISMA Vol 10, No 1 (2023): ECOBISMA Vol 9, No 2 (2022): Volume 9, No 2 Tahun 2022 Vol 9, No 1 (2022): Volume 9, No 1 Tahun 2022 Vol 9, No 2 (2022): ECOBISMA Vol 9, No 1 (2022): ECOBISMA Vol 8, No 2 (2021): Volume 8, No 2 Tahun 2021 Vol 8, No 1 (2021): Volume 8, No 1 Tahun 2021 Vol 8, No 2 (2021): ECOBISMA Vol 8, No 1 (2021): ECOBISMA Vol 7, No 2 (2020): Volume 7 No. 2 Tahun 2020 Vol 7, No 1 (2020): Volume 7 No. 1 Tahun 2020 Vol 7, No 2 (2020): ECOBISMA Vol 7, No 1 (2020): ECOBISMA Vol 6, No 2 (2019): Volume 6 No.2 Tahun 2019 Vol 6, No 1 (2019): Volume 6 No.1 Tahun 2019 Vol 5, No 2 (2018): Volume 5 No.2 Tahun 2018 Vol 5, No 1 (2018): Volume 5 No.1 Tahun 2018 Vol 4, No 2 (2017): Volume 4 No.2 Tahun 2017 Vol 4, No 1 (2017): Volume 4 No.1 Tahun 2017 Vol 3, No 2 (2016): Volume 3 No. 2 Tahun 2016 Vol 3, No 1 (2016): Volume 3 No. 1 Tahun 2016 Vol 2, No 2 (2015): Volume 2 No. 2 Tahun 2015 Vol 2, No 1 (2015): Volume 2 No. 1 Tahun 2015 Vol 6, No 2 (2019): ECOBISMA Vol 6, No 1 (2019): ECOBISMA Vol 5, No 2 (2018): ECOBISMA Vol 5, No 1 (2018): ECOBISMA Vol 4, No 2 (2017): ECOBISMA Vol 4, No 1 (2017): ECOBISMA Vol 3, No 2 (2016): ECOBISMA Vol 3, No 1 (2016): ECOBISMA Vol 2, No 2 (2015): ECOBISMA Vol 2, No 1 (2015): ECOBISMA Vol 1, No 2 (2014): Volume 1 No. 2 Tahun 2014 Vol 1, No 1 (2014): Volume 1 No.1 Tahun 2014 Vol 1, No 2 (2014): ECOBISMA Vol 1, No 1 (2014): ECOBISMA More Issue