cover
Contact Name
Pristiyono
Contact Email
paktio16@gmail.com
Phone
+6208116226448
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Labuhanbatu Jln. S.M Raja No. 126 A Km 3.5 Aek Tapa, Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Indonesia Kode Pos : 21421
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen)
ISSN : 24776092     EISSN : 26203391     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Ilmiah ECOBISMA adalah Jurnal Ilmiah Bisnis dan Manajemen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Labuhanbatu melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah antara staf pengajar, alumni, mahasiswa dan masyarakat pada umumnya yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun. Redaksi menerima naskah yang belum pernah diterbitkan oleh media lain dan berhak menyingkat dan mengubah tanpa mengurangi maksud dan isi. Pendapat yang dinyatakan dalam jurnal ini merupakan pendapat pribadi tidak mencerminkan pendapat penerbit dan dewan redaksi.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2017): ECOBISMA" : 11 Documents clear
MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DAN PEMIKIRAN KEISLAMAN DI INDONESIA Aziddin Harahap
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 4, No 2 (2017): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.305 KB) | DOI: 10.36987/ecobi.v4i2.95

Abstract

Perkembangan pemikiran Islam sampai munculnya faham-faham keagamaan di dunia Muslim, senantiasa menarik untuk diamati. Sebab, dari perkembangan pemikiran itu dapat dilihat bagaimana corak pergerakan dan cara pandang keagamaan yang sangat memengaruhi kehidupan sosial, politik, dan budaya umat Islam. Pendidikan dan pemikiran keagamaan ikut membentuk sikap dalam berbuat dan bertindak. Masyarakat yang berafiliasi, berpendidikan dan berbudaya berupaya melakukan modernisasi kepada pemahaman baru yang lebih sesuai dengan kondisi sekarang (modern). Kebutuhan akan pemahaman baru muncul sebagai konsekwensi dari perkembangan peradaban. Kondisi pembaharuan diharapkan mampu menimbulkan kontak dengan hal-hal baru mulai dari budaya, bahasa, sikap, pemikiran, kebiasaan, perilaku, pendidikan, politik bahkan agama. Perilaku manusia identik dengan nuansa serta khasanah perkembangannya. Dalam hal ini khasanah yang dimaksud ada kalanya berimplikasi kepada Sikap pemahaman keagamaan.
DAMPAK PENGAWASAN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PT. PEGADAIAN PERSERO CABANG RANTAUPRAPAT Junita Lubis
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 4, No 2 (2017): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.263 KB) | DOI: 10.36987/ecobi.v4i2.84

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis menggunakan korelasi regresi pearson dan koefisien determinasi dan uji t menggunakan program bantuan SPSS 20.0 for windows. Survei tersebut mengambil sampel sebanyak 30 responden dengan kesalahan sebesar 5%.Hasil penelitian berdasarkan tanggapan responden menyebutkan bahwa pelaksanaan supervisi tersebut berada pada kriteria good, dan prestasi kerja karyawan menunjukkan kriteria yang baik. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa tingkat hubungan antara pelaksanaan pengawasan dan prestasi kerja karyawan menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut kuat dan searah. Dampak pelaksanaan pemantauan prestasi kerja karyawan diperoleh hasil 77,60%, sedangkan sisanya 22,40% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Sehingga pengawasan yang lebih baik dilakukan oleh perusahaan akan memberikan dampak yang baik terhadap prestasi karyawan PT.Pegadaian Cabang Rantauprapat.
LANGUAGE IMPOLITENESS IN JAKARTA LAWYERS CLUB TALK SHOW 2014 Meisa Fitri Nasution
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 4, No 2 (2017): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.955 KB) | DOI: 10.36987/ecobi.v4i2.89

Abstract

The objectives of this descriptive qualitative study were to discover: (1) the types of impoliteness strategy, (2) types of attacks, and (3) how the responses to the impolite attack in Jakarta Lawyers Club (JLC) Talk Show on TVOne. The source of data were the participants’ utterances in JLC Talk Show from the topics of Talk Show namely Badai Demokrat Menerjang Kemana–Mana, Anas Siap Digantungdi Monas, and Dibalik Bungkamnya Nazaruddin in order to find out therecurrences and the pattern of the data based on the problem of the study. The data were identified, analyzed and categorized based on Culpeper’s (1996) theory. The findings of the study shows that: 1) there were four types of impoliteness strategies appeared in JLC Talk Show, namely Bald On Record Impoliteness (37.5%), Positive Impoliteness (27.5%), Negative Impoliteness (25.0%), and Sarcasm (10%), 2) there were two types of attacks appeared in JLC Talk Show namely Attacks on Quality Face (92.5%) and Attacks on Social Identity Face (7.5%), and 3) in responding to the impolite attacks, there were three ways appeared in JLC Talk Show namely not responding (52.5%), countering defensively (32.5%), and countering offensively (15.0%). The findings shows that JLC Talk Show was a formal context of Talk Show in which its participants were educated people who mostly use a direct strategy of impoliteness (Bald On Record Impoliteness) in attacking on the other participants’ personal quality (Quality Face) but the attacks dominantly were not responded by them. Therefore, it can be concluded that in communication, everyone may convey his or her opinions, arguments, and feelings but he or she should express the good attitude to communicate. Some suggestions are directed to those who are interested in understanding impoliteness strategy as found in practice.
PENGARUH MOTIVASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT.PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE RANTAUPRAPAT Elvina Elvina
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 4, No 2 (2017): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.721 KB) | DOI: 10.36987/ecobi.v4i2.85

Abstract

Hipotesis menggunakan regresi linier berganda, dengan uji F, dan secara parsial (uji t) untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel dependen varaibel pada tingkat kepercayaan 95% atau α = 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh antara motivasi dan komunikasi terhadap kinerja karyawan PT Prudential Life Assurance Rantauprapat dengan hasil regresi Y = 9,978 + 0,093X1 + 1,364X2, yang berarti bahwa tanpa motivasi dan komunikasi, kinerja karyawan tetap dengan nilai 9.978. Sedangkan nilai R² = 67,70% dan variabel lainnya lainnya tidak terpengaruh dalam penelitian ini.
MENGAKHIRI REZIM DEFISIT PADA KEBIJAKAN FISKAL Edy Burmansyah; Ade Parlaungan Nasution
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 4, No 2 (2017): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.233 KB) | DOI: 10.36987/ecobi.v4i2.51

Abstract

Disamping nilai uang, penerapan angaran surplus juga mempertimbangkan peningkatan inflasi yang diakibatkan ekspansifnya belanja yang dilakukan pemerintah. Dalam dua tahun terakhir belanja pemerintah sangat ekspansif. Pada APBN 2017, belanja ditetapkan sebesar Rp 2.070,5 triliun, turun sedikit dibandingkan belanja tahun 2016 sebesar Rp 2.095,7. Namun lebih tinggi dibandingkan belanja tahun 2015 sebesar Rp 2.039,5. Belanja pemerintah yang begitu ekspansif tersebut, tidak sebanding dengan tingkat penerimaan yang dipatok pemerintah. Tahun 2017 penerimaan dipatok sebesar Rp Rp 1.737,6 triliun, sedangkan pada tahun 2016 dari proyeksi penerimaan sebesar Rp 1.822,5, realisasi penerimaan hanya sebesar Rp 1.551,8 triliun. Untuk tahun 2015, dari proyeksi penerimaan sebesar Rp 1.762,3 triliun, realisasi penerimaan hanya mencapai Rp 1.491,5 triliun. Besarnya belanja dibandingkan penerimaan, membuat defisit dalam APBN terus membengkak dari tahun ke tahun. Defisit tersebut selalu ditutupi dengan mengajukan utang baru, baik utang langsung kepada debitur (lembaga donor) maupun melalui penerbitan SBN (Surat Berharga Negara). Dan seperti biasa utang akan menjadi beban pada APBN tahuntahun berikutnya. Defisit dan utang yang mengerogoti APBN tersebut harus segera diakhiri. Usaha untuk mengakhiri rezim defisit tersebut pertama-tama dapat ditempuh dengan mengajukan permohonan judicial review kepada Mahkamh Konstitusi (MK) atas UU No.17 tahun 2003 tentang keuangan negara.
REKONSTRUKSI ZAKAT PERPEKSTIF ALMAWARDI DAN ABU UBAID Rizki Syahputra
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 4, No 2 (2017): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.35 KB) | DOI: 10.36987/ecobi.v4i2.90

Abstract

Zakat adalah poros dan pusat keuangan negara Islami. Dalam bidang ekonomi zakat mencegah penumpukan kekayaan yang mengerikan dalam tangan segelintir orang dan memungkinkan kekayaan untuk disebarkan sebelum sempat menjadi besar dan sangat berbahaya di tangan para pemiliknya. Ia merupakan sumbangan wajib kaum muslimin untuk perbendaharaan negara. Seandainya pengelolaan zakat ini di kelola dengan sangat baik, pastinya dana zakat lebih besar daripada pajak, apalagi kalau dana zakat di masukkan dalam penerimaan pendapatan negara, tentunya regulasinya lebih terarah dan bijaksana, akan membuahkan hasil optimal dengan kuatnya ekonomi umat, seperti yang pernah terjadi pada masa kejayaan Islam.
HUBUNGAN KUALITAS AIR BRSIH TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA PDAM TIRTA BINA RANTAUPRAPAT LABUHANBATU Bayu Eko Broto
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 4, No 2 (2017): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.94 KB) | DOI: 10.36987/ecobi.v4i2.91

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas air bersih terhadap tingkat kepuasaan konsumen pada PDAM Tirtabina Rantauprapat Labuhanbatu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup dan dokumentasi. Dalam penelitian ini jumlah populasinya seluruh pelanggan PDAM Tirta Bina Rantauprapat Labuhanbatu yang berjumlah 7060 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan rumus Slovin maka sampelnya diambil sebanyak 99 orang responden.Teknik analisa datayang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik Koefisien Korelasi Product Moment.Hasil analisis uji korelasional dari rumus koefisien korelasi produk moment yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh indek koefisien korelasi hitung (rh) sebesar 0,617 pada taraf signifikan 95%, taraf nyata 5% dan tergolong kedalam kategori korelasi kuat. Sedangkan indeks koefisien korelasi tabel (rtab) sebesar 0,202. Hal ini berarti hipotesis yang menyatakan “Terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas air bersih terhadap tingkat kepuasaan konsumen”, diterima, karena indek (harga) koefisien korelasi hitung (rh) lebih besar> dari harga koefisien korelasi tabel (rtab) yakni 0,617< 0,202. Sedangkan pengujian hipotesis digunakan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas air bersih terhadap tingkat kepuasaan konsumen pada PDAM Tirtabina Rantauprapat Labuhanbatu maka dilakukan dengan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji keberartian dengan statistik t diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 7,721 > 1,660. Oleh karena itu Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat ditarik kesimpulan “terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas air bersih terhadap tingkat kepuasaan konsumen pada PDAM Tirtabina Rantauprapat Labuhanbatu”. Persentase hubungan antara kualitas air bersih terhadap tingkat kepuasaan konsumen pada PDAM Tirtabina Rantauprapat Labuhanbatu dilakukan dengan menguji koefisien determinasi sebagai berikut: D =𝑟𝑥𝑦2𝑥 100%diperoleh hasil sebesar 38,07%, sisanya 61,93% (100-38,07) dipengaruhi oleh faktor lain.
PENGARUH DAYA TARIK IKLAN MOTIVASI KONSUMEN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MITSUBISHI PAJERO SPORT PADA PT. SUMATERA BERLIAN MOTOR RANTAUPRAPAT Nurmayanti N; Abd. Rasyid Syamsuri
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 4, No 2 (2017): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.012 KB) | DOI: 10.36987/ecobi.v4i2.87

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang paling dominan dan mengetahui seberapa besar pengaruh daya tarik iklan, motivasi konsumen dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk Mitsubishi Pajero Sport di Labuhanbatu. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 responden.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Purposive Sampling.Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda melalui perangkat lunak SPSS versi 16 dengan hasil yaitu: Y=0,618 X1 + 0,456 X2 + 0,579 X3 + e. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikatorpada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Padapengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak terjadiheteroskedastisitas, dan terdistribusi secara normal.Urutan secara individu dari masing-masing variabel yang paling berpengaruhadalah variabel daya tarik iklan dengan koefisien regresi sebesar 0,618, lalu variabel motivasi konsumen dengan koefisien regresi sebesar 0,456 dan berpengaruh paling rendah.Sedangkan variabel kualitas produk dengan koefisien regresi sebesar 0,579.Model persamaan ini memiliki nilai F hitung sebesar 47,665 dan dengantingkat signifikansi 0,000. Dimana F hitung lebih besar dari F tabel (3,20) dan dengantingkat signifikansi yang lebih kecil dari α (0,05). Hal tersebut menunjukan bahwavariabel independen dalam penelitian ini berpengaruh secara bersama-sama terhadapvariabel dependen yaitu keputusan pembelian.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN MAKANAN JAJANAN TRADISIONAL DI KELURAHAN PERDAMEAN Zuriani Ritonga
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 4, No 2 (2017): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.123 KB) | DOI: 10.36987/ecobi.v4i2.83

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh harga pembelian makanan ringan tradisional di Kelurahan Perdamean dan (2) pengaruh lokasi pembelian makanan ringan tradisional di Kelurahan Perdamean. Penelitian ini meliputi penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kelurahan Perdamean. Berdasarkan hasil perhitungan jumlah sampel yang ditentukan digunakan sebanyak 98 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) harga suatu pengaruh signifikan terhadap pembelian makanan ringan tradisional di Kelurahan Perdamean, terbukti dari nilai signifikansi 0,001 <0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,329, (2) lokasi. Pengaruh signifikan terhadap pembelian makanan ringan tradisional di Kelurahan Perdamean, terbukti signifikansi 0,000 <0,05 dan koefisien regresi 0,493.
PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PADA KANTOR CABANG DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN KUALUH HULU LABUHANBATU UTARA Prabu Dimas; Daslan Simanjuntak
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 4, No 2 (2017): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.449 KB) | DOI: 10.36987/ecobi.v4i2.88

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan terhadap produktivitas kerja pada Kantor Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara.Untuk mengetahui pengaruh pelatihan terhadap produktivitas kerja pada Kantor Cabang Dinas PendidikanKecamatan Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara.Untuk mengetahui pendidikan dan pelatihan terhadap produktivitas kerja pada Kantor Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh pegawai Kantor Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara sebanyak 45 orang. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkanbahwa secara serempak bahwa variabel pendidikan dan pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja. Secara parsial bahwa variabel pendidikan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap produktivitas kerja. Secara parsial bahwa variabel pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2024): In Press Vol 11, No 2 (2024): ECOBISMA Vol 11, No 1 (2024): ECOBISMA Vol 10, No 2 (2023): Volume 10, No. 2 Tahun 2023 Vol 10, No 1 (2023): Volume 10, No. 1 Tahun 2023 Vol 10, No 2 (2023): ECOBISMA Vol 10, No 1 (2023): ECOBISMA Vol 9, No 2 (2022): Volume 9, No 2 Tahun 2022 Vol 9, No 1 (2022): Volume 9, No 1 Tahun 2022 Vol 9, No 2 (2022): ECOBISMA Vol 9, No 1 (2022): ECOBISMA Vol 8, No 2 (2021): Volume 8, No 2 Tahun 2021 Vol 8, No 1 (2021): Volume 8, No 1 Tahun 2021 Vol 8, No 2 (2021): ECOBISMA Vol 8, No 1 (2021): ECOBISMA Vol 7, No 2 (2020): Volume 7 No. 2 Tahun 2020 Vol 7, No 1 (2020): Volume 7 No. 1 Tahun 2020 Vol 7, No 2 (2020): ECOBISMA Vol 7, No 1 (2020): ECOBISMA Vol 6, No 2 (2019): Volume 6 No.2 Tahun 2019 Vol 6, No 1 (2019): Volume 6 No.1 Tahun 2019 Vol 5, No 2 (2018): Volume 5 No.2 Tahun 2018 Vol 5, No 1 (2018): Volume 5 No.1 Tahun 2018 Vol 4, No 2 (2017): Volume 4 No.2 Tahun 2017 Vol 4, No 1 (2017): Volume 4 No.1 Tahun 2017 Vol 3, No 2 (2016): Volume 3 No. 2 Tahun 2016 Vol 3, No 1 (2016): Volume 3 No. 1 Tahun 2016 Vol 2, No 2 (2015): Volume 2 No. 2 Tahun 2015 Vol 2, No 1 (2015): Volume 2 No. 1 Tahun 2015 Vol 6, No 2 (2019): ECOBISMA Vol 6, No 1 (2019): ECOBISMA Vol 5, No 2 (2018): ECOBISMA Vol 5, No 1 (2018): ECOBISMA Vol 4, No 2 (2017): ECOBISMA Vol 4, No 1 (2017): ECOBISMA Vol 3, No 2 (2016): ECOBISMA Vol 3, No 1 (2016): ECOBISMA Vol 2, No 2 (2015): ECOBISMA Vol 2, No 1 (2015): ECOBISMA Vol 1, No 2 (2014): Volume 1 No. 2 Tahun 2014 Vol 1, No 1 (2014): Volume 1 No.1 Tahun 2014 Vol 1, No 2 (2014): ECOBISMA Vol 1, No 1 (2014): ECOBISMA More Issue