cover
Contact Name
Pristiyono
Contact Email
paktio16@gmail.com
Phone
+6208116226448
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Labuhanbatu Jln. S.M Raja No. 126 A Km 3.5 Aek Tapa, Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Indonesia Kode Pos : 21421
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen)
ISSN : 24776092     EISSN : 26203391     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Ilmiah ECOBISMA adalah Jurnal Ilmiah Bisnis dan Manajemen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Labuhanbatu melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah antara staf pengajar, alumni, mahasiswa dan masyarakat pada umumnya yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun. Redaksi menerima naskah yang belum pernah diterbitkan oleh media lain dan berhak menyingkat dan mengubah tanpa mengurangi maksud dan isi. Pendapat yang dinyatakan dalam jurnal ini merupakan pendapat pribadi tidak mencerminkan pendapat penerbit dan dewan redaksi.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2020): ECOBISMA" : 11 Documents clear
PERAN MEDIASI CITRA MEREK DALAM MEMBENTUK HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PENGGUNA PRODUK TELKOMSEL DI KOTA BOGOR) Anugerah Dachi
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 7, No 1 (2020): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/ecobi.v7i1.1463

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis tentang pengaruh antara kualitas produk dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan pengguna produk Telkomsel di kota Bogor.. Disamping itu juga untuk mengetahui peran mediasi citra merek antara kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pengguna produk Telkomsel di Kota Bogor   Metode Penelitian dalam penelitian ini adalah  metode kuantitatif. Teknik analisis data  menggunakan Structural Equation Modeling dengan diolah menggunakan Software Amos versi 23.  Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna produk Telkomsel yang berada di Kota Bogor. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling yaitu dengan teknik purposive sampling.  Penulis berhasil mengumpulkan kuisioner sebanyak 208 responden, sehingga sampel dalam penelitian sebanyak 208 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas dari suatu produk yang diproduksi oleh Telkomsel dan citra merek memiliki keterkaitan ataupun pengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Ditemukan juga bahwa citra merek mampu memediasi pengaruh antara kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. Penulis memberikan saran untuk terus meningkakan kualitas produk dan citra merek dari produk Telkomsel. Hal ini dapat dilakukan dengan terus memperhatikan keluhan pelanggan dan mengatasi dengan baik.
PENGARUH MODEL EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH BAHASA INDONESIA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS DI UNIVERSITAS LABUHANBATU Fauziah Hanum
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 7, No 1 (2020): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/ecobi.v7i1.1535

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model  explicit instruction terhadap hasil belajar mata kuliah bahasa Indonesia mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis di UNIVERSITAS LABUHANBATU. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh model explicit instruction terhadap hasil belajar mata kuliah bahasa Indonesia  mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis di Universitas Labuhanbatu. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis di Universitas Labuhanbatu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan model one group pre test-post test desaign. Tes dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar mata kuliah bahasa Indonesia mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis di Universitas Labuhanbatu.Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa mahasiswa yang sebelumnya kurang paham dan kurang aktif dalam proses pembelajaran menjadi lebih aktif. Mahasiswa mampu mengkonstruksikan pemahamannya melalui kerja kelompok dan individu dari materi pembelajaran. Mahasiswa lebih mandiri dan kreatif  karena model explicit instruction memberikan sepenuhnya kepada mahasiswa  untuk merencanakan dan mengerjakan tugas mereka dan di apresiasi dalam bentuk presentase kelompok atau unjuk kerja. Setelah menggunakan model explicit instruction  menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dengan penerapan model pembelajaran tersebut.
THE EFFECT OF TRAINING AND WORKING FACILITIES TOWARDS CAREER DEVELOPMENT IN THE RESEARCH AND DEVELOPMENT DEPARTMENT OF LABUHAN BATU DISTRICT Bayu Eko Broto
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 7, No 1 (2020): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/ecobi.v7i1.1550

Abstract

This study aims to determine the effect of educating and training in career development at the Labuhanbatu Regency Research and Development Department, to determine the effect of work facilities in career development at the Labuhanbatu Regency Research and Development Department,. The results showed that educating and training had a positive and significant effect in career development at the Labuhanbatu Regency Research and Development Department, work facilities also had a positive and significant effect on career development in the Labuhanbatu Regency Research and Development Department. The result of multiple regression is Y = 0.143 + 0.179X1 + 0.806X2.
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. SUPRA MATRA ABADI AEK NABARA KABUPATEN LABUHANBATU Abd. Halim
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 7, No 1 (2020): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/ecobi.v7i1.1539

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecerdasan emosional, kepuasan kerjadan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Supra Matra Abadi AekNabara Kabupaten Labuhanbatu. Sampel penelitian ini berjumlah 87 orang karyawan.Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner dan pengumpulan data skundermenggunakan studi pustaka. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linierberganda. Berdasarkan hasil hipotesis parsial (uji t) menunjukkan bahwa kecerdasanemosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. SupraMatra Abadi Aek Nabara Kabupaten Labuhanbatu, dimana nilai thitung (6,235) > ttabel (1,658)dan angka signifikansi 0,000 < 0,1; kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikanterhadap kinerja karyawan pada PT. Supra Matra Abadi Aek Nabara KabupatenLabuhanbatu, dimana nilai thitung (5,593) > ttabel (1,658) dan angka signifikansi 0,000 < 0,1;dan komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawanpada PT. Supra Matra Abadi Aek Nabara Kabupaten Labuhanbatu, dimana nilai thitung(2,994) > ttabel (1,658) dan angka signifikansi 0,004 < 0,1. Berdasarkan hasil uji hipotesissimultan (uji F) menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, kepuasan kerja dan komitmenorganisasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawanpada PT. Supra Matra Abadi Aek Nabara Kabupaten Labuhanbatu. Kinerja karyawan dapatdijelaskan oleh kecerdasan emosional, kepuasan kerja, dan komitmen organisasi sebesar65,4%. Sedangkan sisanya 34,6% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti olehpenelitian ini, misalnya lingkungan kerja, iklim kerja, kepemimpinan, dan lain sebagainya.
PENGARUH PEMBERDAYAAN DAN PEMBINAAN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DI PT. BANK SUMUT TBK. CABANG MEDAN Aulia Indra
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 7, No 1 (2020): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/ecobi.v7i1.1552

Abstract

PT Bank SUMUT Tbk. Medan is one of the regional-owned enterprises that certainly requires skilled and deft labor in providing services to the community. As a banking company, the company also indirectly strives to improve its performance. This is inseparable from efforts to improve maximum service to the community as service users. This recent phenomenon is where the performance of PT Bank SUMUT Tbk. Medan experienced a decline, this was due to the existence of plans that had been arranged to attend the workshop canceled and replaced with other activities. This has an impact on employees' commitment to the company. The purpose of this study was to analyze whether empowerment and coaching effect organizational commitment at PT Bank SUMUT Tbk. Medan. The sample in this study amounted to 93 people with the analysis technique used is multiple linear regression. The results showed that coaching and empowerment had a significant and partial effect on organizational commitment. Organizational commitment variable (y) is influenced by variable variable X1 (empowerment) and X2 (coaching) together by 25.2% and the remaining 74.8% is determined by other variables outside the contribution of this study.
ANALISIS PENGARUH SEKTOR UNGGULAN MENJADI PUSAT PERTUMBUHAN KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN 2013-2017 Zulkarnain Nasution
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 7, No 1 (2020): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/ecobi.v7i1.1526

Abstract

Abstract This study aims to determine the dominant sector of the regional economy Labuhanbatu. Secondary data were obtained the form of time series from the Gross Regional Domestic Product (GRDP) of Labuhanbatu and North Sumatera province from 2013-2017 to determine the most prominent sector using Typology Klassen, LQ, shift and MRP methods. The economic sectors were divided into four groups based on their large contribution and economic growth rate namely prominent, growing, potential and underdeveloped. The result showed that the Labuhanbatu and North Sumatera province were prominent in the agriculture, mining and quarrying, Transportation and Storage, Accommodation and Food Service Activities, financial, communication, and education sector
DAMPAK SOSIAL DAN EKONOMI BADAN USAHA MILIK DESA DI KABUPATEN LABUHAN BATU Khairul Anwar; Muhammad Irwansyah Hasibuan; Edwin Agung Wibowo
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 7, No 1 (2020): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/ecobi.v7i1.1572

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dampak sosial dan dampak ekonomi keberadaan Bumdes di kabupaten Labuhanbatu. Metode penelitian ini menggunakan metode diskriftip kualitatif objek penelitian ini adalah seluruh Bumdes yang ada di kabupaten labuhanbatu. Populasi ada 75 Desa  dan yang dijadikan sampel ada 13 Desa. dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Keberadaan Bumdes di kabupaten Labuhanbatu telah memberikan dampak  yang fositif  terhadap perubahan sosial dan ekonomi terhadap masyarakat Desa yang ada di Kabupaten labuhanbatu 2) Dampak Sosial akbibat dari keberadaan Bumdes mengakibatkan suatu kondisi sosial yang lebih baik di masyarakat Desa hal itu terliahat denagan terselesaikaknya permasalahan masyarakat yang timbul akibat dari kesenjangan pembangunan,  terjalin komunikasi yang baik antara sesama warga dan juga perangkat pemerintahan Desa yang hal itu tidak hanya mengenai permasalahan perekonomian masyarakat Desa tetapi sudah berkemabang  kepada hal lain seperti keamanan. Pendidikan dan Pembangunan Desa kearah yang lebih baik lagi. 3) Dampak Ekonomi yang di rasakan dari kehadiran Bumdes terhadap masyrakat belum berjalan maksimal hal itu bisa dilihat dari kondisi penerimaan pendapatan Asli Desa (PAD) yang dihsailkan Desa masih relative kecil, Penyerapan tega keja yang kecil sehingga belum maksimal mengurangi angka pengangguran yang berjumlah di kabupaten labuhanbtau dan keberadaan Bumdes juaga belum mamapu secara maksimal dalam menambah pendapatan kepada masyarakat Desa.
PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, dan HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu) Siti Lam&#039;ah Nasution; Christine Herawati Limbong; Denny Ammari Ramadhan
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 7, No 1 (2020): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/ecobi.v7i1.1528

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menemukan bukti empiris pengaruh kualitas produk, citra merek, kepercayaan, kemudahan dan harga terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee, dengan survei yang dilakukan pada mahasiswa S1 Manajemen di Universitas Labuhan Batu. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling, dimana sampel yang terpilih adalah 100 orang mahasiswa S1 manajemen. Data diolah menggunakan metode uji statistik regresi linier berganda.  Hasil penelitian ini membuktikan bahwa bahwa variabel Kepercayaan dengan nilai Sig 0,020 < 0,05, dan variabel Kemudahan dengan nilai Sig 0,019 < 0,05, serta variabel Harga dengan nilai Sig 0,014 < 0,05, memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada e-commerce Shopee. Sedangkan untuk variabel Kualitas Produk dengan nilai Sig 0,728 > 0,05 dan variabel Citra Merek dengan nilai Sig 0,550 > 0,05 maka tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada e-commerce Shopee.  Kata Kunci :  Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, Harga Keputusan Pembelian
PENGARUH PROMOSI, KUALITAS LAYANAN DAN BRAND PREFERENCE TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PADA TOKO BINTANG TERANG MOTOR RANTAUPRAPAT Junita Junita; Ade Parlaungan Nasution; Elida Florentina Sinaga Simanjorang
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 7, No 1 (2020): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/ecobi.v7i1.1431

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi, kualitas layanan dan brand preference secara parsial dan simultan terhadap tingkat penjualan pada Toko Bintang Terang Motor. jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan populasi konsumen Toko Bintang Terang Motor dan diambil sampel yang berjumlah 97, dengan teknik Nonprobability Sampling yaitu Sampling Insidental. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Uji instrument menggunakan uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa promosi, kualitas layanan dan brand preference baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat penjualan pada Toko Bintang Terang Motor. Kata Kunci: Promosi, Kualitas Layanan, Brand Preference, Tingkat Penjualan.
ANALISIS UKURAN PERUSAHAAN, FREE CASH FLOW(FCF) DAN KEBIJAKAN HUTANG TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Bhakti Helvi Rambe
ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 7, No 1 (2020): ECOBISMA
Publisher : Published by the Faculty of Economics and Business, University of Labuhanbatu, North Sumat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/ecobi.v7i1.1530

Abstract

The purpose of this study was to analyze the Free Cash Flow (FCF) Firm Size and the Debt to Equity Ratio on Financial Performance of Manufacturing Companies on the Indonesia Stock Exchange. This research is causal. The data taken as this research are Manufacturing Companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2017-2018. The population in the study was 146 companies, with a sample of 30 companies using the purposive sampling method, so that the number of observations was 60 units of observation. The data analysis method in this research is multiple linear regression. R Square Testing Results of 0.162 means that the independent variable is X1Firm Size x2 Free Cash Flow (FCF), x3 Debt to Equty Ratio simultaneously affects Financial Performance by 16.2% and the remaining 83.8% is influenced by other factors. Research Results Partially understood that the Firm Size variable has no negative effect and is not significant on Financial Performance. According to the data in table 5. Results of the statistical equation test that the value of Sig. Firm  Size variable x1 0.872> 0.05 does not affect and is not significant to the dependent variable Y Financial Performance then the hypothesis is rejected. The results of the study are partially understood that the Free Cash Flow (FCF) variable has a positive and significant effect on financial performance. According to the data in table 5. Results of the statistical equation test that the value of Sig. variable Free Cash Flow (FCF) x2 0.043 <0.05 significant effect on the dependent variable Y Financial Performance. Then the variable Free Cash Flow (FCF) hypothesis has a positive effect on the Financial Performance of Manufacturing Companies in the Indonesia Stock Exchange. The research results are partially known that the Debt to Equity Ratio variable has a positive and significant effect on Financial Performance. Sig value. Debt to Equity Ratio Variable x3 0.018 <0.05 has a significant effect on the dependent variable Y Financial Performance of manufacturing companies on the Indonesia Stock Exchange. Then the hypothesis of Debt to Equity Ratio Variables has a positive effect on the Financial Performance of Manufacturing Companies on the Indonesia Stock Exchange. It is simultaneously significant. Where the probability value (Sig.) 0.018 <0.05, the influence of the free variable consists of the variable Company Size x1, Free Cash Flow (FCF) variable x2, Debt to Equity Ratio Variable x3 Against the Bound Variable Financial Performance variable Y in Manufacturing Companies listed on Indonesia stock exchange.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2024): In Press Vol 11, No 2 (2024): ECOBISMA Vol 11, No 1 (2024): ECOBISMA Vol 10, No 2 (2023): Volume 10, No. 2 Tahun 2023 Vol 10, No 1 (2023): Volume 10, No. 1 Tahun 2023 Vol 10, No 2 (2023): ECOBISMA Vol 10, No 1 (2023): ECOBISMA Vol 9, No 2 (2022): Volume 9, No 2 Tahun 2022 Vol 9, No 1 (2022): Volume 9, No 1 Tahun 2022 Vol 9, No 2 (2022): ECOBISMA Vol 9, No 1 (2022): ECOBISMA Vol 8, No 2 (2021): Volume 8, No 2 Tahun 2021 Vol 8, No 1 (2021): Volume 8, No 1 Tahun 2021 Vol 8, No 2 (2021): ECOBISMA Vol 8, No 1 (2021): ECOBISMA Vol 7, No 2 (2020): Volume 7 No. 2 Tahun 2020 Vol 7, No 1 (2020): Volume 7 No. 1 Tahun 2020 Vol 7, No 2 (2020): ECOBISMA Vol 7, No 1 (2020): ECOBISMA Vol 6, No 2 (2019): Volume 6 No.2 Tahun 2019 Vol 6, No 1 (2019): Volume 6 No.1 Tahun 2019 Vol 5, No 2 (2018): Volume 5 No.2 Tahun 2018 Vol 5, No 1 (2018): Volume 5 No.1 Tahun 2018 Vol 4, No 2 (2017): Volume 4 No.2 Tahun 2017 Vol 4, No 1 (2017): Volume 4 No.1 Tahun 2017 Vol 3, No 2 (2016): Volume 3 No. 2 Tahun 2016 Vol 3, No 1 (2016): Volume 3 No. 1 Tahun 2016 Vol 2, No 2 (2015): Volume 2 No. 2 Tahun 2015 Vol 2, No 1 (2015): Volume 2 No. 1 Tahun 2015 Vol 6, No 2 (2019): ECOBISMA Vol 6, No 1 (2019): ECOBISMA Vol 5, No 2 (2018): ECOBISMA Vol 5, No 1 (2018): ECOBISMA Vol 4, No 2 (2017): ECOBISMA Vol 4, No 1 (2017): ECOBISMA Vol 3, No 2 (2016): ECOBISMA Vol 3, No 1 (2016): ECOBISMA Vol 2, No 2 (2015): ECOBISMA Vol 2, No 1 (2015): ECOBISMA Vol 1, No 2 (2014): Volume 1 No. 2 Tahun 2014 Vol 1, No 1 (2014): Volume 1 No.1 Tahun 2014 Vol 1, No 2 (2014): ECOBISMA Vol 1, No 1 (2014): ECOBISMA More Issue