cover
Contact Name
Dwi Kurnia Hayati
Contact Email
dwikurniahayati@metrouniv.ac.id
Phone
+6281271662771
Journal Mail Official
dedikasi_iainmetro@metrouniv.ac.id
Editorial Address
https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/JPM/about/editorialTeam
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : 26863839     EISSN : 26864347     DOI : -
DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal yang memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini dikelola oleh Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat terbit dalam rangka mendiseminasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat atau pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 101 Documents
PELATIHAN PENGENALAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA DINI MELALUI IGRA Pipit Muliyah; Frendi Fernando
JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2019): Januari-Juni 2019
Publisher : Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.987 KB)

Abstract

Abstract This study used a descriptive method with a qualitative approach aimed to describe learning English for early childhood. Data collection used observation, interview, documentation techniques. The research subjects were 26 teachers in IGRA (Ikatan Guru Raudhotul athfal). The results of the study showed: (1) in English language learning planning there were themes, indicators, main activities, media adapted to the needs of students (2) in the implementation, the teacher carried out English language learning in accordance with RPPH, (3) supporting learning English process is the availability of English language learning media provided by institutions and teachers. (4) the inhibiting factor in learning to introduce English is that English is not the main language used by children so that teachers must be creative in teaching; class teachers do not have sufficient English knowledge; child development becomes a consideration so that children are not depressed. Keywords: Learning English, introduction to English, early childhood Abstrak Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitif. Yang bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran pengenalan bahasa Inggris. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dengan alat pengumpul data yaitu panduan wawancara, pedoman observasi, catatam lapangan, dan dokumen. Subjek penelitian yaitu 26 guru yang terhimpun dalam IGRA (Ikatan Guru Raudhotul Athfal). Hasil penelitian menunjukkan: (1) dalam perencanaan pembelajaran pengenalan bahasa Inggris terdapat tema, indikator, aktivitas utama, media yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa (2) dalam pelaksanaan, guru melaksanakan pembelajaran pengenalan bahasa Inggris sesuai dengan RPPH, (3) faktor pendukung pembelajaran pengenalan bahasa Inggris yaitu ketersediaan media pembelajaran pengenalan bahasa Inggris yang disediakan oleh lembaga dan guru. (4) faktor penghambat dalam pembelajaran pengenalan bahasa Inggris yaitu bahasa Inggris bukan bahasa utama yang digunakan anak-anak sehingga guru harus kreatif dalam mengajar; guru kelas tidak memiliki pengetahuan Bahasa Inggris yang cukup; perkembangan anak menjadi pertimbangan agar anak tidak tertekan. Kata Kunci: Pembelajaran bahasa Inggris, pengenalan bahasa Inggris, anak usia dini
Pelatihan Pembuatan Kompos Organik Metode Keranjang Takakura sebagai Solusi Penanganan Sampah di Lingkungan Kost Mahasiswa Harlis Harlis; Upik Yelianti; Retni S Budiarti; Nasrul Hakim
JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2019): Januari-Juni 2019
Publisher : Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.501 KB)

Abstract

Sampah merupakan permasalahan yang sejak dulu hingga kini sulit diatasi di lingkungan masyarakat. Salah satu cara mengatasi dampak negatif sampah adalah mengolah sampah berbasis masyarakat. Mahasiswa merupakan komponen masyarakat yang menetap di lingkungan kampus. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberi pemahaman bagi mahasiswa tentang prinsip dan cara pembuatan serta mempraktekkan cara pembuatan kompos organik dengan metode Keranjang Takakura. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan secara teoritik dan praktek pembuatan kompos organik metode keranjang Takakura. Peserta kegiatan ini adalah mahasiswa yang berdomisili di rumah kost sekitar Kampus. Pelatihan ini dilaksanakan di Kebun Botani Universitas Jambi. Hasil pengabdian ini 1) meningkatnya pemahaman mahasiswa mengenai tata cara pembuatan kompos metode Keranjang Takakura. 2) Meningkatnya kepedulian mahasiswa dalam pengelolaan sampah. Dan 3) Tersedia Komposter Keranjang Takakura di lingkungan kost mahasiswa. Kata Kunci: Penanganan Sampah, Kompos Organik, Keranjang Takakura.
Upaya Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship melalui Kegiatan Market Day bagi Anak Usia Dini Uswatun Hasanah
JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2019): Januari-Juni 2019
Publisher : Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.855 KB)

Abstract

Anak Usia dini merupakan kesempatan emas bagi anak untuk belajar, sehingga disebut usia emas (golden age). Pada usia ini, anak memiliki kemampuan untuk belajar yang luar biasa. Kegiatan market day merupakan salah satu upaya untuk membangun dan menumbuhkan jiwa entrepreneurship atau kewirausahaan pada diri anak-anak sejak dini. Di dalam kegiatan market day, anak memperoleh proses pembelajaran secara langsung. Anak-anak melaksanakan "Learning by Doing" atau belajar dengan cara melakukan langsung. Dengan demikian mereka akan langsung bisa merasakan atau mengalami seluruh proses yang dibutuhkan dalam kegiatan entrepreneurship. Kata Kunci: Pendidikan Keirausahaan, Market Day, Anak Usia Dini
Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru di Abad 21 Melalui Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris Winda Widyaningrum; Endang Sondari; Mulyati Mulyati
JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2019): Januari-Juni 2019
Publisher : Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.296 KB)

Abstract

Di era milenial sekarang ini, banyak harapan dan tuntutan kepada guru. Hal ini dapat dimaklumi karena guru memiliki peran tidak hanya sebagai penyampai ilmu melainkan juga berperan sebagai motor penggerak dan fasilitator (learning facilitator) dalam kegiatan belajar-mengajar. Guru sebagai pengembang dan penerus peradaban harus menanamkan nilai (value) dan membangun karakter (character building) peserta didik secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Sebagai motor penggerak jalannya pembelajaran di sekolah dengan tetap berpedoman dengan UU dan sistem pendidikan yang berlaku. Guru harus memiliki kemampuan literasi mengenai penggunaan IT yang memadai sekaligus memiliki kemampuan mengendalikan penggunaannya secara bijak dan kolegial kepada peserta didik. Dalam kaitan dengan hal tersebut, guru diharapkan memiliki ilmu pengetahuan yang banyak dan luas sebagai upaya untuk memudahkan penyampaian dalam proses belajar mengajar di dalam kelas maupun di luar kelas. Di samping itu, guru diharapkan bukan hanya memiliki ilmu pengetahuan yang banyak akan tetapi mengetahui pula kebutuhan, masalah dan kemampuan yang dimiliki peserta didik. Kata kunci: peran guru, kompetensi, profesionalisme
Upaya Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Pekon Negeri Ratu 2 Pesisir Barat Melalui Lukisan Teknik Kolase Sri Handayana; Zuhairi Zuhairi; Nasrul Hakim
JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2019): Januari-Juni 2019
Publisher : Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.316 KB)

Abstract

Abstrak Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak anak usia dini di Pekon Negri Ratu 2 Kabupaten Pesisir Barat. Pengabdian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) yang dilaksanakan secara partisipatif anak-anak usia dini dalam kegiatan membuat karya lukisan dengan teknik kolase dan memanfaatkan sumberdaya yang ada di lingkungan tempat tinggal mereka. Peserta pengabdian ini adalah anak-anak usia dini yang berasal dari Pekon Negri Ratu 2 berjumlah 20 anak. Anak-anak dilatih untuk menggunting, mewarnai, menggambar, menempel, dan menyusun objek menjadi lukisan yang indah. Hasil pengabdian ini menunjukkan motivasi yang baik dari peserta dan meningkatnya keterampilan motorik halus yang ditunjukkan dengan hasil karya lukisan teknik kolase yang baik dan indah. Kata Kunci : Motorik Halus, Teknik Kolase.
Pembinaan Keterampilan Berbahasa Inggris Melalui Media Lagu Bagi Anak -Anak Usia Dini di TPA Al-Iman Linda Septiyana
JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2019): Januari-Juni 2019
Publisher : Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (517.411 KB)

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk melatih keterampilan berbahasa Inggris anak-anak di TPA Al-Iman. Media yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah media lagu yang berhubungan dengan materi kosakata Bahasa Inggris. Peserta pengabdian masyarakat ini yaitu anak-anak yang ada di TPA AL-Iman Totokaton Punggur. Hasil pengabdian masyarakat ini adalah meningkatnya keterampilan berbahasa Inggris dan pembelajaran yang lebih mudah dipahami dan menyenangkan bagi anak-anak di TPA Al-Iman. Kata Kunci: Keterampilan Bahasa Inggris, Lagu, Media, Anak Usia Dini,
PENINGKATAN KAPASITAS GURU MATEMATIKA KABUPATEN PEKALONGAN MELALUI PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH Santika Lya Diah Pramesti; Juwita Rini
JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 2 (2019): Juli-Desember 2019
Publisher : Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.937 KB)

Abstract

Pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat bertema peningkatan kapasitas guru di Kabupaten Pekalongan melalui penulisan karya tulis ilmiah mencakup dua kegiatan, yaitu: Program Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Program Pelatihan Teknik Analisis Data Menggunakan SPSS. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah: ceramah, demonstrasi, praktik langsung, tanya jawab, dan penugasan. Program berlangsung selama lima kali tatap muka secara bertahap dan berkelanjutan. Peserta yang mengikuti program sebanyak 20 guru matematika SMP/MTs/SMA/SMK di Kabupaten Pekalongan. Program pemberdayaan peningkatan kapasitas guru ini berdampak positif kepada guru matematika SMP/MTs/SMA/SMK di Kabupaten Pekalongan. Sebelum diadakan kegiatan workshop, mereka tidak tertarik dan tidak bersemangat untuk menulis karya tulis ilmiah. Guru tidak menguasai teknik analisis data menggunakan program SPSS. Setelah diadakan kegiatan dan diadakan evaluasi, guru menjadi lebih berminat dan bersemangat menulis karya tulis ilmiah dalam bentuk PTK. Guru memiliki kemampuan uji analisis data penelitian menggunakan SPSS.
Peningkatan Pembelajaran Biologi Melalui Contoh-Contoh Kontekstual Bagi Guru-Guru MGMP di Kabupaten Tanjung Jabung Barat-Jambi-Indonesia Ali Sadikin; Asni Johari; Tedjo Sukmono; Muhammad Erick Sanjaya; Desfaur Natalia
JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2019): Januari-Juni 2019
Publisher : Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (610.266 KB)

Abstract

Berdasarkan survey di MGMP Biologi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat diperoleh data bahwa guru-guru biologi disana mengalami kesulitan dalam membuat perangkat pembelajaran biologi yang berbasis contoh-contoh kontekstual. Maka dari itu tim pengabdian FKIP Universitas Jambi merasa terpanggil untuk membantu guru-guru biologi tersebut. Metode pelatihan yang akan dilaksanakan di MGMP Tanjung jabung Barat adalah mengindentifikasi materi-materi biologi yang memerlukan contoh-contoh kontekstual. Kemudian mendesain pembelajaran biologi dengan memasukkan contoh-contoh kontekstual. Memberikan ketrampilan mengindentifikasi contoh-contoh kontekstual yang dapat dijadikan media yang ada dilingkungan sekitar. Mengevaluasi ketercapaian peningkatan pembelajaran biologi melalui contoh-contoh kontekstual. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 31 juli 2019 bertempat di SMA N 1 Tanjung jabung barat. Diikuti oleh 20 orang guru biologi yang tergabung dalam MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Biologi. Kegiatan PPM ini dibuka oleh Ketua MGMP Tanjung Jabung barat dan dihadiri oleh Kepala SMA N 1 Tanjung Jabung Barat. Dalam kegiatan ini diikuti secara antusias oleh guru-guru biologi. Materi disampaikan oleh bapak Ali sadikin, M.Pd tentang peningkatan pembelajaran biologi melalui contoh-contoh kontekstual. Diawali dengan materi pendekatan pembelajaran kontekstual secara umum kemudian lebih ditekankan pada learning comunity yang merupakan bagian penting dalam pembelajaran kontekstual. Disini guru sangat antusias karena guru diajarkan bagaimana mencari literasi dengan sci-hub, dan pdf drive. Guru sangat mengikuti dan bertanya tentang bagaimana menggunakan sci-hub untuk mencari jurnal internasional dan nasional. Ditambah penggunaan pdf drive untuk mencari buku-buku elektronik secara gratis tanpa perlu membeli. Guru-guru mengikuti kegiatan pengabdian ini sampai selesai dan berharap tahun depan diadakan lagi. Kata kunci: Pendakatan Kontekstual, Guru, MGMP
Workshop Model Pembelajaran Biologi Bagi Guru-Guru MGMP di Kabupaten Tanjung Jabung Barat-Jambi-Indonesia Afreni Hamidah; Ali Sadikin; Muhammad Erick Sanjaya; Mia Aina; Desfaur Natalia
JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 2 (2019): Juli-Desember 2019
Publisher : Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.087 KB)

Abstract

Berdasarkan wawancara MGMP Biologi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat diketahui bahwa guru-guru biologi disana masih menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered) dan minat belajar siswa terhadap pelajaran biologi masih belum memuaskan. Rendahnya minat dan hasil belajar biologi dapat disebabkan oleh banyak faktor, kurangnya buku pelajaran biologi yang menarik minat siswa, tidak ada buku referensi lain yang mendukung pemahaman siswa di perpustakaan, ketiadaan pelatihan dan pendidikan bagi guru, sarana prasarana yang tidak memadai dan cara guru menyajikan pembelajaran biologi yang tidak menarik dan membosankan. Maka dari itu tim Tim Pengabdian Pada Masyarakat dari Program studi Pendidikan Biologi tergerak untuk ikut berperan serta mewujudkan upaya memenuhi kebutuhan tersebut dengan melakukan workshop model pembelajaran biologi untuk meningkatkan keterampilan guru-guru biologi dalam mengembangkan model pembelajaran dan berkomunikasi. Prosedur kegiatan yang akan dilaksanakan di MGMP Tanjung jabung Barat adalah melakukan workshop model pembelajaran biologi yang berkonsep student centered. Kemudian mendesain model pembelajaran biologi yang sesuai. Mengevaluasi ketercapaian peningkatan pembelajaran biologi dengan proses mengajar menggunakan model pembelajaran student centered. Kegiatan PPM dilakukan pada tanggal 31 Juli 2019 di SMA N 1 Tanjung Jabung Barat. Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang guru biologi yang tergabung dalam MGMP Tanjung Jabung Barat. Kegiatan ini berlangsung lancar dan diikuti dengan antusias oleh peserta pelatihan. Guru biologi mendapatkan pengetahuan tentang model pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Meliputi model Discovery Learning, Project-based Learning, Group Investigation, Problem-based Learning, dan Inquiry learning. Model-model pembelajaran tersebut diseusaikan dengan pendekatan saintifik yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan.
PELATIHAN IMPLEMENTASI PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PENYUSUNAN PELAPORANNYA PADA GURU BK DI SMA N 10 KOTA JAMBI Affan Yusra; Rasimin Rasimin
JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2019): Januari-Juni 2019
Publisher : Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.417 KB)

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan peningkatan skill untuk guru bimbingan dan konseling sehingga kemampuan dapat ditingkatkan. Adapun sasaran dalam pengabdian masyarakat ini guru bimbingan dan konseling SMAN 10 Kota Jambi pelatihan ini terdiri dai dua sesi dengan jabaran sebagai berikut: 1) Didalam pengabdian ini dibentuk sesuai rancangan untuk meningkatkan pengetahuan guru bimbingan dan konseling kami mengadakan workshop sederhana diruagan bimbinan dan konseling, 2) Metode FGD yang digunakan dalam pembinaan dalam workshop ini merupakan focus untuk meningkatkan skill yang dimiliki oleh guru bimbingan dan konseling yang berada di SMAN 10 Kota Jambi. Dalam hal ini FGD yang dilakukan untuk memberikan keleluasaan bagi guru bimbingan dan konseling untuk bertanya dan mempraktek. Hasil dari pelatihan ini guru bimbigan dan konseling memperoleh pengetahuan yang baru mengenai perluasan ilmu lam bimbingan kelompok hal ini ditunjukan dengan antusias dalam mengikuti pelaksaana. Hasil dari kegiatan PPM ini juga terlihat dalam praktek dan FGDnya guru sangat tertarik dengan metode ini karena dalam metode ini tidak hanya menekankan pada pembentukan dinamika kelompoknamun juga menekankan pada pemikiran kritis anggota kelompok sehingga dalam pelaksanaanya peserta layanannya memperoleh kemampuan berfikir kritis.

Page 1 of 11 | Total Record : 101