cover
Contact Name
Wiwit Kurniawan, S.Pd., M.A
Contact Email
dosen01157@unpam.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang, Tangerang Selatan, Banten
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 25025406     EISSN : 26862344     DOI : -
Core Subject :
Jurnal Eduka (Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis) is focused in field education, law and business.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2020): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis" : 9 Documents clear
PENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH KUSWORO KUSWORO
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 5, No 1 (2020): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v5i1.4953

Abstract

Tujuan diadakan penelitian yaitu dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah psikologi pendidikan dengan model problem based learning mahasiswa prodi pendidikan ekonomi, unpam. Penelitian ini menggunakan mix method melalui metodologi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini yaitu dosen dan mahasiswa 05PIEM003 Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang. Instrumen yang dibunakan berupa lembar pengamatan kegiatan belajar mahasiswa, lembar pengamatan Keterampilan Dasar mengajar (KDM), dan soal tes. Analisis data yang digunakan penelitian ini berupa statistik deskriptif. Data hasil yang diperoleh setelah dilaksanakan penelitian yaitu skor keterampilan dasar mengajar pada tahap (sklus) yang pertama yaitu 22 (baik), untuk tahapan yang kedua mendapatkan 25 (sangat baik), dan tahapan yang ketiga mendapatkan skor 28 (sangat baik). Selanjutnya untuk kegiatan mahasiswa dalam pembelajaran melalui tahap (sklus) yang pertama mendapatkan  18,0 (cukup), untuk tahapan yang kedua mendapatkan skor 22 (baik), dan tahapan yang terakhir mendapatkan skor 27 (sangat baik). Untuk melihat ketuntasan belajar mahasiswa dapat dilihat pada tahap (siklus) yang pertama adalah mendapatkan 48% (tuntas), pada tahapan yang kedua mendapatkan ketuntasan 71% (tuntas), dan pada tahap yang ketiga mendapatkan 86% (tuntas). Ini menjelaskan bahwa pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) pada mata kuliah psikologi pendidikan dapat meningkatkan ketuntasan belajar mahasiswa. Hal ini dapat diartikan bahwa dilaksanakannya model pembelajaran PBL dapat memberikan keaktifan ke mahasiswa, keterampilan mengajar dosen, dan hasil belajar mahasiswa. Maka dari itu pembelajaran dengan model PBL dapat meningkatkan kulitas kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang.Kata Kunci: Berbasis Masalah, Kualitas Pembelajaran.
NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL HAFALAN SHALAT DELISA KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (KAJIAN STRUKTURAL GENETIK DAN ANALISIS ISI) HERI INDRA GUNAWAN
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 5, No 1 (2020): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v5i1.4988

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan nilai-nilai religius yang terdapat dalam novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye dan Implikasinya terhadap pembelajaran apresiasi sastra di SMA yang terkait dengan aspek strukturalisme genetik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif, pendekatannya menggunakan kajian struktural genetik dan analisis isi, sumber data yang digunakan ialah nilai-nilai religius pada novel Hafalan Shalat Delisa, teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, model data (Data Display), dan penarikan atau verifikasi kesimpulan. Intumen penelitian ialah peneliti. Hasil analisis menunjukan bahwa dalam novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye banyak mengandung nilai-nilai religius berupa akidah, syariah dan akhlaq. Hal ini dikuatkan dengan hasil analisis yang menunjukan nilai akidah sebesar 21,88%, nilai syariah 28,13% dan nilai akhlaq sebsar 50%. Jadi, dalam novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye kandungan nilai akhlaq paling dominan dalam keseluruhan jalannya cerita. Implikasinya novel Hafalan Shalat Delisa dapat dijadikan materi pembelajaran dan diterapkan dalam proses pembelajaran yang dituangkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan membantu pembentukan pendidikan karakter pada peserta didik.Kata kunci: Nilai religius, novel Hafalan Shalat Delisa 
UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MANAJEMEN BISNIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) PURWATI YUNI RAHAYU
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 5, No 1 (2020): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v5i1.6147

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Pamulang, kelas 03PIEP001 pada mata kuliah Manajemen Bisnis melalui model pembelajaran Group Investigation (GI). Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method melalui metodologi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dosen dan mahasiswa 03PIEP001 Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang merupakan subjek dari penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: lembar obseravasi kegiatan belajar mahasiswa, lembar observasi keterampilan dasar mengajar untuk dosen, serta soal tes guna mengetahui hasil belajar mahasiswa khususnya di mata kuliah manajemen bisnis. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa teknik statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa skor keterampilan dasar mengajar pada tahap (siklus) yang pertama yaitu 21 (baik), untuk tahapan yang kedua mendapatkan 24 (sangat baik), dan tahapan yang ketiga mendapatkan skor 27 (sangat baik). Selanjutnya untuk kegiatan mahasiswa dalam pembelajaran melalui tahap (siklus) yang pertama mendapatkan  19 (cukup), untuk tahapan yang kedua mendapatkan skor 23 (baik), dan tahapan yang terakhir mendapatkan skor 28 (sangat baik). Untuk melihat ketuntasan hasil belajar mahasiswa dapat dilihat pada tahap (siklus) yang pertama adalah mendapatkan 44% (tidak tuntas), pada tahapan yang kedua mendapatkan ketuntasan 72% (tidak tuntas), dan pada tahap yang ketiga mendapatkan 89% (tuntas). Kesimpulan pada penelitian ini yaitu model Group Investigation (GI) mampu meningkatkan kualitas pembelajaran Manajemen Bisnis dilihat dari peningkatan keterampilan mengajar dosen, kegiatan belajar mahasiswa, serta hasil belajar mahasiswa mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Pamulang, kelas 03PIEP001 pada mata kuliah Manajemen BisnisKata Kunci: model GI;kualitas pembelajaran;manajemen bisnis
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT WIRAUSAHA SISWA KELAS XI JURUSAN JASA BOGA SMK NEGERI 3 PURWOKERTO SOFIATUL KHOTIMAH
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 5, No 1 (2020): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v5i1.6145

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk menganalisa adanya faktor-faktor yang memengaruhi minat wirausaha siswa kelas XI Jurusan Jasa Boga di SMK Negeri 3 Purwokerto. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif. Metode penggumpulan data dilakukan melalui distribusi kuesioner yang kemudian diisi oleh siswa. Data yang didapatkan kemudian di uji normalitas, dengan hasil berdistribusi normal menghasilkan nilai signifikansi 0.852 > 0.05. Data tidak mengalami masalah multikolinieritas. Uji selanjutnya adalah inferensial dengan regresi ganda. Hasil uji menunjukan: (1) variabel fisik, motif, perhatian, perasaan, keluarga, sekolah dan masyarakat berpengaruh positif terhadap minat wirausaha; (2) variabel kondisi fidik pengaruh negatif terhadap minat wirausaha; (3) motif berpengaruh negatif terhadap minat wirausaha; (4) perasaan berpengaruh negatif terhadap minat wirausaha; (5) perhatian berpengaruh negatif terhadap minat wirausaha; (6) keluarga berpengaruh negatif terhadap minat wirausaha; (7) sekolah berpengaruh positif terhadap minat wirausaha; (8) dan masyarakat berpengaruh positif terhadap minat wirausaha siswa kelas XI Jurusan Jasa Boga SMK Negeri 3 Purwokerto.Kata Kunci: faktor personal;faktor eksternal;minat wirausaha
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT WIRAUSAHA SISWA KELAS XI JURUSAN JASA BOGA SMK NEGERI 3 PURWOKERTO KHOTIMAH, SOFIATUL
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 5, No 1 (2020): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v5i1.6145

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk menganalisa adanya faktor-faktor yang memengaruhi minat wirausaha siswa kelas XI Jurusan Jasa Boga di SMK Negeri 3 Purwokerto. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif. Metode penggumpulan data dilakukan melalui distribusi kuesioner yang kemudian diisi oleh siswa. Data yang didapatkan kemudian di uji normalitas, dengan hasil berdistribusi normal menghasilkan nilai signifikansi 0.852 > 0.05. Data tidak mengalami masalah multikolinieritas. Uji selanjutnya adalah inferensial dengan regresi ganda. Hasil uji menunjukan: (1) variabel fisik, motif, perhatian, perasaan, keluarga, sekolah dan masyarakat berpengaruh positif terhadap minat wirausaha; (2) variabel kondisi fidik pengaruh negatif terhadap minat wirausaha; (3) motif berpengaruh negatif terhadap minat wirausaha; (4) perasaan berpengaruh negatif terhadap minat wirausaha; (5) perhatian berpengaruh negatif terhadap minat wirausaha; (6) keluarga berpengaruh negatif terhadap minat wirausaha; (7) sekolah berpengaruh positif terhadap minat wirausaha; (8) dan masyarakat berpengaruh positif terhadap minat wirausaha siswa kelas XI Jurusan Jasa Boga SMK Negeri 3 Purwokerto.Kata Kunci: faktor personal;faktor eksternal;minat wirausaha
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE BANKING (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri di Kota Semarang) AMATUN NUR MAKMURIYAH; KARTIKA MARELLA VANNI
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 5, No 1 (2020): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v5i1.6362

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah dalam mengaplikasikan layanan mobile banking pada nasabah Bank Syariah Mandiri di Kota Semarang, seperti : kemudahan penggunaan, risiko dan fitur layanan. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan metode pengambilan sampelnya memakai teknik sampling purposive. Pengukuran yang diterapkan dalam penelitian ini munggunakan skala likert yang diolah melalui aplikasi SPSS (Statistical Package for Social Science). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa setiap variabel independen yang terdiri dari kemudahan penggunaan, risiko, dan fitur layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan layanan mobile banking dan dinyatakan hipotesis yang diajukan diterima.Kata Kunci : kemudahan penggunaan;risiko;fitur layanan;mobile banking
PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI, DISIPLIN KERJA DAN KINERJA GURU DINDIN DINDIN
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 5, No 1 (2020): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v5i1.7103

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi, disiplin kerja, dan kinerja guru di SMK Sasmita Jaya 1 Pamulang Kota Tangerang Selatan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunkan tiga cara yakni dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menitik beratkan sumber data informan yaitu: Kepala SMK Sasmita Jaya, dan guru, untuk mengokohkan keabsahan data yang diperoleh. Sementara fokus penelitian ini adalah peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi guru, peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru, dan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningingkatkan kinerja guru. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa kepala sekolah SMK 1 Sasmita Jaya 1 Pamulang Kota Tangerang Selatan melaksanakan perannya untuk meningkatkan motivasi, disiplin kerja, dan kinerja guru melalui kerjasama dan memberikan motivasi kepada seluruh guru di lingkungan sekolah.Kata Kunci : kepemimpinan; guru; motivasi; disiplin kerja
PENGARUH BEBAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN TETAP FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PAMULANG TAHUN 2017 FIQOH AFRILIANI
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 5, No 1 (2020): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v5i1.7458

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban dan lingkungan kerja secara parsial dan secara simultan terhadap kinerja dosen tetap. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik angket. Instrumen data yang digunakan adalah kuesioner dengan skala Likert. Populasi penelitian adalah dosen tetap di FKIP Universitas Pamulang berdasarkan rumus slovin didapat 81 orang responden dosen tetap. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasional regresi dan regresi ganda. Adapun hasil dari studi yang di lakukan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang negative dan tidak signifikan antara beban kerja (X1) terhadap kinerja dosen tetap (Y) dengan koefisien korelasi determinasi (R2) sebesar 0,599, 2) pengaruh positif lingkungan kerja (X2) terhadap kinerja dosen tetap (Y) dengan koefisien korelasi determinasi (R2) sebesar 0,599, 3) pengaruh  positif beban kerja (X1) dan lingkungan kerja (X2) secara bersama–sama terhadap kinerja dosen tetap (Y) dengan koefisien korelasi determinasi (R2) sebesar 0,358. Penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial beban kerja dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen tetap, begitu pula secara simultan atau bersama – sama. Peneliti menyarankan agar terjalin komunikasi dan kerjasama yang baik antara manajemen Universitas dan pihak yayasan dengan dosen-dosen, sehingga kinerja dosen tetap akan semakin baik dimasa mendatang.Kata kunci : beban kerja; lingkungan kerja; kinerja dosen 
ANALISIS PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 FIKA RAHMANITA
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 5, No 1 (2020): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v5i1.8167

Abstract

Pada masa pandemic covid-19, terjadi pergeseran proses pembelajaran online. Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media software elearning. Pada masa pandemic, siswa menjalankan proses pembelajaran dengan menentukan waktu dan sumber belajarnya sendiri. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi menjadi aspek yang penting dalam kemandirian belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh teknologi informasi dan komunikasi terhadap kemandirian belajar siswa pada masa pandemic covid-19. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SEM-PLS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa pada masa pandemic covid-19 dipengaruhi secara positif oleh teknologi informasi dan komunikasi sebesar 83,12% dan 16,88% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada pada penelitian.Teknologi informasi dan komunikasi dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar. Teknologi informasi dan komunikasi memberikan kemudahan siswa untuk mencari informasi dan penyelesaian masalah pada pembelajaran melalui sumber internet.Kata kunci: teknologi informasi; komunikasi; kemandirian belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 9