cover
Contact Name
Juster Donal Sinaga
Contact Email
donalsinaga@usd.ac.id
Phone
+6285228753500
Journal Mail Official
solutionJCPD@usd.ac.id
Editorial Address
Program Studi Bimbingan dan Konseling,Universitas Sanata Dharma Kampus III, Paingan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta, 55282
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
SOLUTION, Journal of Counseling and Personal Development
ISSN : -     EISSN : 26847655     DOI : -
Core Subject : Education,
SOLUTION, Journal of Counseling and Personal Development adalah jurnal ilmiah akses-terbuka peer-review yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma. Jurnal ini terbit pertama kalai pada Juni 2019. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan berbagai hasil penelitian dan tinjauan literatur di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi dan pengembangan diri. Artikel-artikel dalam jurnal ini diharapkan mampu menjadi gagasan-gagasan baru yang berdayaguna bagi guru, dosen, peneliti, dan praktisi bimbingan dan konseling, serta praktisi pengembangan diri.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2023)" : 9 Documents clear
Perilaku Bullying Verbal Pada Siswa Kelas Persiapan Peralihan (Kpp) SMAS Seminari San Dominggo Mario Ehak Asan; Maria Sri Hastuti
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 5, No 1 (2023)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan perilaku bulllying verbal siswa KPP SMAS Seminari San Dominggo. (2) mengidentifikasi butir atau item pengukuran perilaku bullying verbal pada siswa KPP SMAS Seminari San Dominggo mana yang capaian skornya teridentifikasi tinggi. (3) mengusulkan topik-topik bimbingan pribadi sosial kepada pihak sekolah (guru Bimbingan dan Konseling) dalam mengurangi perilaku bullying verbal pada siswa KPP SMAS Seminari San Dominggo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 72 orang siswa KPP SMAS Seminari San Dominggo. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Perilaku Bullying Verbal (45 item) yang disebarkan secara langsung. Kuesioner ini dinyatakan valid dan reliabel (koefisien Alpha Cronbach sebesar 0,843). Data dikelompokkan menggunakan model pengelompokan lima jenjang yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat 19 (26,4%) siswa KPP memiliki perilaku bullying verbal dengan kategori tinggi, 51 (70,8%) siswa KPP dengan kategori sedang, 2 (2,8%) siswa dengan kategori rendah, dan tidak terdapat siswa KPP yang memiliki perilaku bullying verbal pada kategori sangat tinggi dan sangat rendah, 2) berdasarkan hasil analisis perolehan skor item perilaku bullying verbal terdapat 20 item dengan kategori tinggi dan dijadikan dasar penyusunan topik-topik bimbingan pribadi sosial.
Learning Motivation In Students Social Media Users At The Beginning Of The Offline Period Monica Novi Anggara; Yohanes Heri Widodo
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 5, No 1 (2023)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to: (1) Measure the learning motivation level of students who use social media at the beginning of the offline periods. (2) knowing the items on the learning motivation measurement scale that are identified as low can be proposed as guidance topics. This type of research is descriptive quantitative. The subjects of this study were 112 students who use social media in the guidance and counseling study program. Data collection uses a Likert scale with 49 valid items and has a Cronbach Alpha reliability index of 0.936. the scare is arranged based on aspects of learning motivation, namely: (1) Attention; (2) Relevance; (3) Confidence; (4) Satisfaction. The data analysis technique used in this study is descriptive statistics which refers to the categorization norms with very high, high, medium, low, and very low levels. The results of this study: (1) the learning motivation level of student’s social media users at the beginning of the offline period is high, in more detail 19.64% is in the very high category, 57.14% is in the high category, 22.32% is in the medium category, 0.90% with low category, and 0% with the very low category; (2) the results of item analysis show that 1 item has a low score. The proposed classical guidance topic is: 1) Tips to overcome learning boredom "Overcome your learning boredom" 2) Interesting learning styles and strategies "Let's get to know interesting learning styles and strategies" 3) Self-version of effective learning methods "Let's get to know effective ways of learning self-venge alone".
Korelasi Penggunaan Media Sosial Instagram Dan Relasi Sosial Siswa SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo Kuirinus Edwin Juru; Maria Sri Hastuti
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 5, No 1 (2023)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggambarkan tingkat penggunaan media sosial Instagram pada siswa siswi SMAK St. Ignatius Loyola, (2) menggambarkan relasi sosial pada siswa siswi SMAK St. Ignatius Loyola, dan (3) mengetahui hubungan antara penggunaan media sosial Instagram dan relasi sosial siswa siswi SMAK St. Ignatius Loyola. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik korelasi. Subjek penelitian ini adalah 60 orang siswa siswi kelas X, XI, dan XII SMAK St, Ignatius Loyola, tahun ajaran 2022/2023 yang menggunakan Instagram. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Penggunaan Media Sosial Instagram yang memuat 41 item (index reliabilitas 0.938) dan kuesioner Relasi Sosial yang memuat 43 item (index reliabilitas 0.944). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kategorisasi dan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian, pertama, terkait penggunaan media sosial Instagram menunjukkan bahwa 19 orang (31,67%) pada kategori sangat tinggi, 34 orang (56.67) kategori tinggi, 6 orang (10%) kategori sedang), dan 1 orang (1,66%) kategori rendah. Kedua, terkait relasi sosial menunjukkan bahwa 24 orang (40%) pada kategori sangat baik, 27 orang (45%) pada kategori baik, 9 orang (15%) kategori cukup baik. Ketiga, terdapat hubungan positif dan signifikan antara penggunaan media sosial instragram dan relasi social (r=0,379; taraf signifikansi 0.0030.05)
Peran Konsep Diri Dalam Membentuk Kepercayaan Diri Mahasiswa Alifa Inggit Widyana; Robertus Budi Sarwono
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 5, No 1 (2023)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui ada tidaknya hubungan antara konsep diri dengan kepercayaan diri mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2020 Universitas Sanata Dharma, (2) Mengetahui seberapa baik konsep diri pada mahasiswa, (3) Mengetahui seberapa tinggi kepercayaan diri mahasiswa, (4) Mengetahui butir item skala konsep diri mana saja yang teridentifikasi rendah, (5) Mengetahui butir item skala kepercayaan diri mana saja yang teridentifikasi rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Penelitian ini dilakukan di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Bimbingan Konseling angkatan 2020 yang berjumlah 102 orang. Skala pertama yang digunakan adalah skala konsep diri dengan 32 item valid dan memiliki indek reliabilitas Alpa Cronbach sebesar 0,926. Skala konsep diri disusun berdasarkan aspek konsep diri yaitu : (1) Aspek Citra Diri, (2) Aspek Bahasa, (3) Aspek Umpan Balik dari Lingkungan, (4) Aspek pola asuh atau Praktet-Prakter Membesarkan Anak. Skala kedua yang digunakan adalah skala kepercayaan diri dengan 27 item valid dan memiliki indek reliabilitas 0,931. Skala kepercayaan diri disusun berdasarkan aspek kepercayaan diri yaitu: (1) Keyakinan Kemampuan Diri, (2) Optimis, (3) Bertanggung Jawab, (4) Rasional dan Realistis, (5) Objektif. Uji korelasi penelitian ini menggunakan Spearman Correlation yang dibantu menggunakan program JASP 0.17.0.0. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Tingkat konsep diri yang menjadi sampel penelitian ini cenderung pada kategori tinggi (50%), (2) Tingkat kepercayaan diri yang menjadi sampel penelitian ini cenderung pada kategori tinggi (64,7%) (3) Terdapat hubungan yang signifikan positif antara konsep diri dengan kepercayaan diri dengan nilai Spearman rho 0,606 dan nilai ρ-value ˂.001 yang artinya masuk dalam kategori sangat kuat
Tingkat Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMP Dheanita Kuswidyawati; Anastasia Setyandari
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 5, No 1 (2023)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research is a descriptive quantitative research which aims to: 1) Describe the level of academic procrastination in students of SMP Negeri 3 Yogyakarta for the 2021/2022 academic year. 2) Knowing the items in the academic procrastination questionnaire that are identified as high to be proposed as tutoring topics. The subjects in this study were 123 class VII students of SMP Negeri 3 Yogyakarta for the academic year 2021/2022. The data collection in this study used a survey method by filling out a questionnaire of 39 valid items out of 50 items that had been made previously and had a Cronbach Alpha reliability index of 0.877. The scale is arranged based on aspects of academic procrastination, namely: (1) there are delays in starting or completing work on the task at hand. , (2) slowness in carrying out tasks, (3) time gap between plans and actual performance, (4) doing other activities that are more enjoyable than doing the tasks that must be done. The results of the study show that (1) the level of academic procrastination carried out by students of SMP Negeri 3 Yogyakarta for the 2021/2022 academic year tends to be at a moderate level, in more detail, including 4.87% in the high category, 60.97% in the medium category, 29.26 % in the low category, and 4.87% in the very low category. (2) the results of item analysis showed 4 items (10%) identified as high, in the medium category there were 17 items (44%), 18 items (46%) in the low category. Based on the items in the high and medium categories, it can be proposed as personal study guidance topics. The proposed guidance topic concerns all aspects of procrastination.
Kaitan antara Kemandirian Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Elsania Handayani; Dendy Setyadi
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 5, No 1 (2023)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari seberapa baik tingkat peran orang tua dalam mendukung prestasi belajar siswa, mengidentifikasi capaian skor item pengukuran orang tua yang teridentifikasi belum optimal untuk dasar pengusulan topik diaolog orang, dan mencari hubungan peran orang tua dengan prestasi belajar. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini melibatkan 87 siswa kelas 10. Dengan menggunakan skala Likert dengan teknik analsis data menggunakan uji korelasional. Dari skala pengukuran peran orang tua terdapat 42 item yang valid dan 8 item dinyatakan gugur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat peran orang tua yang berada dalam kategori sangat tinggi yaitu dengan frekuensi 44 orang atau 51%, kategori tinggi dengan frekuensi 33 orang atau 38%, kategori sedang dengan frekuensi 9 atau 10%, dan kategori rendah dengan frekuensi 1 atau 1%. (2) Hasil capaian skor item peran orang tua yang teridentifikasi belum optimal sebesar 2% atau 1 item terkait peran orang tua sebagai motivator. Maka dari itu usulan topik dialog orang tua dibuat dalam rangka pencegahan, pengembangan, penanganan. (3) Hasil uji hipotesis diperoleh 0,002 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan peran orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas X. Hasil penelitian kiranya dapat memberikan sumbangan ilmu yang bermanfaat bagi para orang tua agar dapat mempertahankan dan meningkatkan peran yang positif serta bijak dalam mendukung anaknya meraih prestasi belajar yang baik
Tingkat Stres Kerja Karyawan CV. Sanjaya di Pangkalpinang Rosa Irtika Kristi; Bernardinus Agus Arswimba
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 5, No 1 (2023)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui seberapa tinggi tingkat stres kerja karyawan-karyawati CV. Sanjaya di Pangkalpinang; (2) Mengetahui butir item skala stres kerja karyawan yang teridentifikasi tinggi yang dapat diusulkan sebagai topic program manajemen stres. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah karyawankaryawati CV.Sanjaya yang berjumlah 45 orang.Pengumpulan data menggunakan skala stres kerja karyawan dengan 33 item yang valid dan memiliki indeks realibilitas Alpha Cronbach sebesar 0,964.Skala disusun berdasarkan aspek stres kerja, yaitu: (1) Aspek biologis, berupa gejala fisik; (2) Aspek psikologis, berupa gejala psikis. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif yang mengacu pada norma kategorisasi dengan kriteria sangat setuju, setuju, tidak setuju dan sangat tidak setuju.Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Tingkat stres kerja karyawan CV.Sanjaya diperoleh hasil 27% dengan kategori sangat tinggi, 29% dengan kategori tinggi, 31% dengan kategori sedang, 13% dengan kategori rendah, dan 0% dengan kategori sangat rendah.(2) Hasil analisis item menunjukkan 24 item yang terindikasi capaian tinggi dan hanya 2 item yang akan diusulkan menjadi topik bimbingan klasikal manajemen stres.Adapun usulan topic-topik bimbingan klasikal, yaitu: (1) Strategi Menghadapi Tuntutan Kerja yang Tingg; (2) Teknik Relaksasi Mengurangi Stres
Fenomena Toxic Relationship dalam Berpacaran Driyadha Adhe Putra; Prias Hayu Purbaning
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 5, No 1 (2023)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aims of this study were to: 1) Find out how high the phenomenon of toxic relationships is in dating among students of the 2020-2021 batch of the Guidance and Counseling Study Program, Sanata Dharma University. 2) Knowing the dominant forms of toxic relationships experienced by Guidance and Counseling students at Sanata Dharma University. 3) Knowing the efforts made to escape from a toxic relationship. This research uses quantitative descriptive analysis. The subjects in the research were 105 students of the Guidance and Counseling Study Program at Sanata Dharma University, class of 2020-2021. This study uses a toxic relationship scale instrument with a total of 32 items. There are 28 valid items and have a Cronbach Alpha reliability index 0,934. The results of this study indicate that 1) 7.55% or 8 students experience a toxic relationship in the very high category. 2) 10.36% or 11 students experience toxic relationships in the high category. 3) 16.04% or 17 students are in the medium category. 4) 12.26% or 13 students show the level of toxic relationship is in the low category. 5) 53.77% or 56 students show a very low toxic relationship phenomenon. The highest forms of toxic relationships experienced by students were in the psychological aspect with a total of 40 students (38.1%) and 13 students (12.4%). Most students acquire the ability to consider solutions with a total of 91 students (86.7%) and 80 students (76.2%).
Menakar Level Self-esteem pada Mahasiswa Pengguna Tinder Elisabet Mega Yollanda; Gendon Barus
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 5, No 1 (2023)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masihkah mahasiswa pengguna aplikasi Tinder (mencari jodoh via online) punya muruah/martabat/harga diri? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menakar level self-esteem pada mahasiswa pengguna Tinder; (2) Mengidentifikasi hal-hal terkait self-esteem pengguna tinder yang teridentifikasi buruk. Subjek penelitian ini 45 orang mahasiswa Universitas Sanata Dharma Yogyakarta yang menggunakan tinder sebagai aplikasi pencarian jodoh. Kolekting data menggunakan skala Self-esteem Mahasiswa Pengguna Tinder. Skala disusun berdasarkan kombinasi aspek-aspek self-esteem yang dikonsep Coopersmith dan Heatheron Polivy, yaitu power, significance, virtue, competence, performance, social dan physical. Skala memuat 30 item valid dengan nilai reliabilitas Cronbach’s Alpha 0,925. Data dianalisis menggunakan teknik kuantitatif deskriptif kategori. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mahasiswa pengguna tinder memiliki self-esteem pada level kategori tinggi. Teridentifikasi 2 item pengukuran selfesteem yang capaian skornya buruk.

Page 1 of 1 | Total Record : 9