cover
Contact Name
Nirfayanti
Contact Email
nirfa@umma.ac.id
Phone
+6282393232829
Journal Mail Official
equals@umma.ac.id
Editorial Address
Jl. Dr. Ratulangi No. 62 Maros, 90511, Sulawesi Selatan, Indonesia
Location
Kab. maros,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Equals : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN : 26222329     EISSN : 26222442     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Equals: Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, memuat artikel berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu pendidikan matematika dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2020): EQUALS" : 12 Documents clear
Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode CPDL (Ceramah Plus Demonstrasi dan Latihan) pada Siswa Kelas VIII G SMPN 5 Mandai Yahya Muhaimin
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 (2020): EQUALS
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/eq.v3i1.551

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada konsep kubus dan balok melalui metode CPDL (Ceramah plus demonstrasi dan latihan pada siswa kelas VIII G SMPN 5 MANDAI. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang mengacu pada model spiral yang diawali dengan perencanaan (planning), pelaksanaan (acually), Observasi dan evaluasi (observation and evaluation), dan refleksi (reflective). penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. setiap siklus diadakan tes akhir siklus. penekanan utama dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar. data dikumpulkan dengan melalui observasi dan tes setiap akhir siklus. penelitian ini dianalis melalui analisis kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada konsep kubus dan balok setelah penerapan Metode CPDL (Ceramah plus demonstrasi dan latihan). Hasil analisis hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan 17 orang (47,22%) siswa yang mencapai nilai 75 keatas, dan 19 orang (52,78%) siswa siswa yang mencapai nilai kurang dari 7. akhir siklus II dari 36 siswa, 35 orang (97,22%) siswa telah mencapai nilai 75 keatas, dan hanya 1 orang (2,78%) yang mencapai nilai kurang dari 75. kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa pada konsep kubus dan balok dapat ditingkatkan dengan Metode CPDL (Ceramah plus demonstrasi dan latihan), sehingga Metode ini layak dikembangkan dan diaplikasikan pada siswa kelas VIII SMP khususnya di Kabupaten Maros. Kata Kunci: metode CPDL, hasil belajar, matematika.
Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode CPDL (Ceramah Plus Demonstrasi dan Latihan) pada Siswa Kelas VIII G SMPN 5 Mandai Muhaimin, Yahya
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 (2020): EQUALS
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/eq.v3i1.551

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada konsep kubus dan balok melalui metode CPDL (Ceramah plus demonstrasi dan latihan pada siswa kelas VIII G SMPN 5 MANDAI. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang mengacu pada model spiral yang diawali dengan perencanaan (planning), pelaksanaan (acually), Observasi dan evaluasi (observation and evaluation), dan refleksi (reflective). penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. setiap siklus diadakan tes akhir siklus. penekanan utama dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar. data dikumpulkan dengan melalui observasi dan tes setiap akhir siklus. penelitian ini dianalis melalui analisis kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada konsep kubus dan balok setelah penerapan Metode CPDL (Ceramah plus demonstrasi dan latihan). Hasil analisis hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan 17 orang (47,22%) siswa yang mencapai nilai 75 keatas, dan 19 orang (52,78%) siswa siswa yang mencapai nilai kurang dari 7. akhir siklus II dari 36 siswa, 35 orang (97,22%) siswa telah mencapai nilai 75 keatas, dan hanya 1 orang (2,78%) yang mencapai nilai kurang dari 75. kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa pada konsep kubus dan balok dapat ditingkatkan dengan Metode CPDL (Ceramah plus demonstrasi dan latihan), sehingga Metode ini layak dikembangkan dan diaplikasikan pada siswa kelas VIII SMP khususnya di Kabupaten Maros. Kata Kunci: metode CPDL, hasil belajar, matematika.
Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Marini Mansyur; Khaerani Khaerani
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 (2020): EQUALS
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/eq.v3i1.560

Abstract

This research is an experimental research that aims to determine and measure the effect of applying the Missouri Mathematic Project (MMP) learning model to students' mathematical problem solving abilities. This type of research is quantitative research with one group pretest-posttest design. The population in this study were VII grade students of SMP Negeri 4 Bantimurung with 33 random samples taken in one experimental class. Data collection uses tests of students' mathematical problem solving abilities that have been validated by experts. The data of this study were analyzed descriptively and inferentially by the normality test as a test of the prerequisite for analysis. The results of data analysis showed that the average pre-test was 42.09 while the post-test average was 83.73. The average gain normalized score is 0.72 in the high category and is normally distributed for mathematical problem solving ability data. Based on the t-test it can be concluded that there is a significant increase that affects students' mathematical problem solving abilities by applying the Missouri Mathematic project (MMP) learning model.
Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Mansyur, Marini; Khaerani, Khaerani
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 (2020): EQUALS
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/eq.v3i1.560

Abstract

This research is an experimental research that aims to determine and measure the effect of applying the Missouri Mathematic Project (MMP) learning model to students' mathematical problem solving abilities. This type of research is quantitative research with one group pretest-posttest design. The population in this study were VII grade students of SMP Negeri 4 Bantimurung with 33 random samples taken in one experimental class. Data collection uses tests of students' mathematical problem solving abilities that have been validated by experts. The data of this study were analyzed descriptively and inferentially by the normality test as a test of the prerequisite for analysis. The results of data analysis showed that the average pre-test was 42.09 while the post-test average was 83.73. The average gain normalized score is 0.72 in the high category and is normally distributed for mathematical problem solving ability data. Based on the t-test it can be concluded that there is a significant increase that affects students' mathematical problem solving abilities by applying the Missouri Mathematic project (MMP) learning model.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CO-OP CO-OP terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Minasate’ne Kab. Pangkep Nurmahwati Nurmahwati; Rahmawati Rahmawati
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 (2020): EQUALS
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/eq.v3i1.575

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op terhadap kemampuan pemecahan masalah statistika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Minasate’ne Kab. Pangkep. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan nonequivalent control grup design, dimana terdapat dua kelompok belajar. Kelompok eksperimen diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op, dan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran Konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Minasate’ne dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian ini dianalsis secara deskriptif dan inferensial dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat analisis dan uji t sebagai uji hipotesa. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata posttest pada kelas kontrol adalah 73,59 dengan standar deviasi 7,243 sedangkan rata-rata posttest pada kelas eksperimen adalah 82,69 dengan standar deviasi 8,177. Berdasarkan uji t, diperoleh nilai sig (2-tailed) < ½ α (0,000 < 0,025) yang menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op terhadap kemampuan pemecahan masalah statistika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Minasate’ne, melalui perhitungan effect size cohen’s d diketahui bahwa besar pengaruhnya adalah 1,199 yang berada pada kategori tinggi dengan persentase 86% sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah statistika peserta didik SMP Negeri 1 Minasate’ne Kab. Pangkep.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CO-OP CO-OP terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Minasate’ne Kab. Pangkep Nurmahwati, Nurmahwati; Rahmawati, Rahmawati
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 (2020): EQUALS
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/eq.v3i1.575

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op terhadap kemampuan pemecahan masalah statistika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Minasate’ne Kab. Pangkep. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan nonequivalent control grup design, dimana terdapat dua kelompok belajar. Kelompok eksperimen diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op, dan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran Konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Minasate’ne dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian ini dianalsis secara deskriptif dan inferensial dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat analisis dan uji t sebagai uji hipotesa. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata posttest pada kelas kontrol adalah 73,59 dengan standar deviasi 7,243 sedangkan rata-rata posttest pada kelas eksperimen adalah 82,69 dengan standar deviasi 8,177. Berdasarkan uji t, diperoleh nilai sig (2-tailed) < ½ α (0,000 < 0,025) yang menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op terhadap kemampuan pemecahan masalah statistika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Minasate’ne, melalui perhitungan effect size cohen’s d diketahui bahwa besar pengaruhnya adalah 1,199 yang berada pada kategori tinggi dengan persentase 86% sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah statistika peserta didik SMP Negeri 1 Minasate’ne Kab. Pangkep.
Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Maros Nur Rahmaeda; Dedy Setyawan
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 (2020): EQUALS
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/eq.v3i1.580

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Maros. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan The Nonequivalent Control Grup Design, dimana terdapat dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar menggunakan model Problem Based Learning, dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 3 maros dengan pengambilan sampel dilakukan secara acak masing-masing sebanyak 30 peserta didik dalam satu kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik pada kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematika berupa pretest dan posttest yang telah divalidasi oleh ahli. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat analisis dan uji t sebagai uji hipotesa. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata posttest pada kelas kontrol adalah 61,50 dengan standar deviasi 11,956 sedangkan rata-rata posttest pada kelas eksperimen adalah 77,60 dengan standar deviasi 7,219. Berdasarkan uji t, diperoleh nilai p 0,000 < ½ α = 0,025 yang menunjukkan adanya perbedaan dari kemampuan komunikasi matematika kelas kontrol dan kelas eksperimen, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Maros.
Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Maros Rahmaeda, Nur; Setyawan, Dedy
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 (2020): EQUALS
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/eq.v3i1.580

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Maros. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan The Nonequivalent Control Grup Design, dimana terdapat dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar menggunakan model Problem Based Learning, dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 3 maros dengan pengambilan sampel dilakukan secara acak masing-masing sebanyak 30 peserta didik dalam satu kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik pada kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematika berupa pretest dan posttest yang telah divalidasi oleh ahli. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat analisis dan uji t sebagai uji hipotesa. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata posttest pada kelas kontrol adalah 61,50 dengan standar deviasi 11,956 sedangkan rata-rata posttest pada kelas eksperimen adalah 77,60 dengan standar deviasi 7,219. Berdasarkan uji t, diperoleh nilai p 0,000 < ½ α = 0,025 yang menunjukkan adanya perbedaan dari kemampuan komunikasi matematika kelas kontrol dan kelas eksperimen, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Maros.
Peningkatan Pengetahuan Mengoptimalkan Pembelajaran dengan Alat Peraga Teorema Pythagoras Khadijah Khadijah
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 (2020): EQUALS
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/eq.v3i1.581

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggali ketertarikan guru dalam menggunakan alat peraga untuk mengoptimalkan pembelajaran dan bagaimana peningkatan pengetahuan guru-guru SMP Kabupaten Maros dalam penggunaan alat peraga Teorema Pythagoras. Penelitian ini dilakukan pada guru-guru SMP di Kabupaten Maros. Subjek penelitian sebanyak 10 orang guru. Teknik pengumpulan data yaitu dengan pengamatan langsung, angket respon guru dan dokumentasi. Hasil pengamatan langsung, respon guru dan dokumentasi dianalisis dengan menghitung persentase respon guru dan interpretasi hasil analisis. Hasil penelitian diperoleh peningkatan pengetahuan mengoptimalkan pembelajaran dengan alat peraga dengan skor rata-rata respon sebesar 4,3 dari rentang skor 1 sampai 5 atau dalam persentase sebesar 86 % yang menunjukkan guru-guru setuju dengan tingginya peningkatan pengetahuan dalam mengoptimalkan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga. Respon guru-guru tersebut menunjukkan besarnya ketertarikan mereka dalam menggunakan alat peraga. Terdapat 8 dari 10 orang guru atau 80 % guru-guru SMP yang mampu menggunakan alat peraga Teorema Pythagoras. Hal ini menunjukkan adanya ketertarikan dan peningkatan pengetahuan guru-guru SMP Kabupaten Maros dalam penggunaan alat peraga Teorema Pythagoras untuk mengoptimalkan pembelajaran.
Peningkatan Pengetahuan Mengoptimalkan Pembelajaran dengan Alat Peraga Teorema Pythagoras Khadijah, Khadijah
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 (2020): EQUALS
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/eq.v3i1.581

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggali ketertarikan guru dalam menggunakan alat peraga untuk mengoptimalkan pembelajaran dan bagaimana peningkatan pengetahuan guru-guru SMP Kabupaten Maros dalam penggunaan alat peraga Teorema Pythagoras. Penelitian ini dilakukan pada guru-guru SMP di Kabupaten Maros. Subjek penelitian sebanyak 10 orang guru. Teknik pengumpulan data yaitu dengan pengamatan langsung, angket respon guru dan dokumentasi. Hasil pengamatan langsung, respon guru dan dokumentasi dianalisis dengan menghitung persentase respon guru dan interpretasi hasil analisis. Hasil penelitian diperoleh peningkatan pengetahuan mengoptimalkan pembelajaran dengan alat peraga dengan skor rata-rata respon sebesar 4,3 dari rentang skor 1 sampai 5 atau dalam persentase sebesar 86 % yang menunjukkan guru-guru setuju dengan tingginya peningkatan pengetahuan dalam mengoptimalkan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga. Respon guru-guru tersebut menunjukkan besarnya ketertarikan mereka dalam menggunakan alat peraga. Terdapat 8 dari 10 orang guru atau 80 % guru-guru SMP yang mampu menggunakan alat peraga Teorema Pythagoras. Hal ini menunjukkan adanya ketertarikan dan peningkatan pengetahuan guru-guru SMP Kabupaten Maros dalam penggunaan alat peraga Teorema Pythagoras untuk mengoptimalkan pembelajaran.

Page 1 of 2 | Total Record : 12