cover
Contact Name
Mirda Swetherly Nurva
Contact Email
stkipahlussunnah@yahoo.com
Phone
+6285363466235
Journal Mail Official
stkipahlussunnah@yahoo.com
Editorial Address
Jalan Diponegoro No. 8 Bukittinggi. Sumatera Barat
Location
Kota bukittinggi,
Sumatera barat
INDONESIA
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH
ISSN : 26155710     EISSN : 26208458     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah merupakan jurnal ilmiah di bidang Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Geografi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Matematika. JIPA di terbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah Bukittinggi. Redaksi memberikan peluang pada praktisi dan siapa saja yang berminat untuk menerbitkan tulisannya di bidang pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2018): JIPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah" : 5 Documents clear
PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI MIPA SMA N 1 AMPEK ANGKEK Citra Ayu
Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah Vol 1 No 2 (2018): JIPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan metode problem solving. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized posstest only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Analisis data menggunakan uji t.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI MIPA yang belajar dengan metode Problem Solving lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional di SMA N 1 Ampek Angkek.
PERSEPSI GURU BIDANG STUDI ILMU PENGETAHUAN ALAM TERHADAP PELAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 2 LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN Destaria Sudirman; Ennike Gusti Rahmi
Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah Vol 1 No 2 (2018): JIPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indonesia selalu mengalami perubahan kurikulum yang salah satunya yaitu kurikulum 2013. Perubahan kurikulum ini dilakukan pemerintah dengan tujuan perbaikan sistem pendidikan di Indonesia, dimana dalam kurikulum 2013 ini muncul berbagai pendapat atau tanggapan serta terjadi pro dan kotra dari berbagai pihak. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji Persepsi dari setiap guru bidang studi Ilmu Pengatahuan Alam di SMPN2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan terhadap pelaksanaan Pendekatan Saintifik dalam kurikulum 2013.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini semua guru bidang studi Ilmu Pengatahuan Alam di SMPN2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan dan yang menjadi sampel adalahgurubidang studi Ilmu Pengatahuan Alam yang sudah melaksanakan kurikulum 2013. Dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, dan angket.Selanjutnya, dianalisis menggunakan rumus persentase.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru bidang studi Ilmu Pengatahuan Alam di SMPN2 Lengayang tentang pelaksanaan pembelajaran pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 tergolong cukupuntuk penerapannya, namun masih terdapat kekurangan yaitu pelaksanaannya masih cukup rumit karena siswa belum memahami betul langkah-langkah pembelajaran saintifik karena terbiasanya menggunakan pembelajaran konvensional, sarana prasarana penunjang pada sekolah belum memadai seperti kurangnya buku pembelajaran yang tersedia disekolah, dan peralatan laboratorium yang kurang lengkap.
PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PENGOBATAN TRADISIONAL DAN MISTIK DI NAGARI SUAYAN TINGGI KECAMATAN SUAYAN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA Hafizah Hafizah
Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah Vol 1 No 2 (2018): JIPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan persepsi masyarakat tentang pengobatan Tradisional dan mistik, jenis pengobatan tradisional dan mistis, faktor penyebab masyarakat mempercayai pengobatan tradisional dan mistik, serta dampak negatif yang ditimbulkan ketika warga yang sakit tidak berobat ke dokter, dan upaya pemerintah setempat dalam mengubah persepsi masyarakat Nagari Suayan tentang pengobatan tradisional dan mistik. Jenis penelitian adalah jenis studi kasus. Tekhnik pemilihan informan menggunakan metode (purposive sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: masyarakat di Nagari Suayan lebih percaya berobat ke dukun dari pada ke dokter dikarenakan pandangan mereka yang sudah mendarah daging bahwa berobat ke dukun yang notabene mengobati menggunakan tumbuhan alami tidak memiliki efek samping dan tidak memakai zat kimia, serta tidak banyak mengeluarkan biaya. Dampak negatif yang ditimbulkan ketika warga tidak datang ke dokter ketika sakit adalah: sakitnya tambah parah, ada beberapa yang meninggal dunia, Upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengubah persepsi masyarakat: dengan memberikan penyuluhan dampak positif berobat ke dokter.
PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA Imratul Handayani
Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah Vol 1 No 2 (2018): JIPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematissiswa dan kemampuan komunikasi matematis siswa di SMPN Batusangkar. Hal inidisebabkan antara lain karena pembelajaran yang masih didominasi oleh guru. Siswamasih terfokus pada cara yang diajarkan oleh guru dan belum bisa menyelesaikanmasalah komunikasi dengan dengan baik. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakanpembelajaran melalui pendekatan open ended. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh pendektan open ended terhadap kemampuan berikir kreatif matematis dankemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah QuasiExsperiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN Batusangkaryang terdaftarpada semester I tahun pelajaran 2013/2014. Pemilihan sampel dilakukansecara random sampling.Kelas eksperimen adalah siswa kelas VIII1 dan sebagai kelaskontrol adalah siswa kelas VIII2 SMPN 5 Batusangkar.Instrumen penelitian adalah teskemampuan awal dan tes akhir berupa soal kemampuan berpikir kreatif matematis dankemampuan komunikasi matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji tdan ANAVA dua arah untuk interaksi. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1)Kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajardengan pendekatan open ended lebih baik daripada siswa yang diajar denganpembelajaran konvensional. (2) Kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan komunikasimatematis siswa berkemampuan awal tinggi dan rendah yang diajar dengan pendekatanopen ended lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. (3)Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran melaului pendekatan open ended dankemampuan awal dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis dankemampuan komunikasi matematis siswa.
THE INFLUENCE OF SOCIAL ENVIRONMENT AND TEEN ATTITUDESTOWARD CHANGE VALUES IN THE VILLAGE OF CUPAK KABUPATEN SOLOK Riki Wanda Putra
Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah Vol 1 No 2 (2018): JIPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to collect, process, analyze and describe and discuss about: knowing theinfluence of the social environment and teen attitudes towards changes in the value of thesystem in the Nagari Cupak in Kabupaten Solok. The type of research used in this studyis quantitative descriptive research. To achieve the research objectives the data collectiontechnique uses a questionnaire. Processing data to test reliability using the ProductMoment formula, which is then continued by Sperman Brown. The formula data analysistechnique uses a percentage of determination. The results showed that there was asignificant influence between teen attitudes toward changing values in Nagari Cupak,because the teenage social environment of Nagari Cupak had an important role as avehicle that was non-formal in creating or forming teen character or attitude in NagariCupak in socializing and socializing and communicate in Nagari Cupak Kabupaten Solok

Page 1 of 1 | Total Record : 5