cover
Contact Name
Andryansyah
Contact Email
staibanisalehbekasi@gmail.com
Phone
+6285779065952
Journal Mail Official
staibanisalehbekasi@gmail.com
Editorial Address
Jl. M. Hasibuan No. 68 Margahayu Bekasi 17113
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
ISSN : 26547198     EISSN : 26545349     DOI : -
Core Subject : Education,
El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian STAI Bani Saleh Kota Bekasi, terbit dua kali dalam setahun, Oktober dan April. Jurnal El Banar merupakan media diskusi ilmiah dalam bidang pendidikan dan interdisipliner.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2022): El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran" : 5 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN MEDIA WAYANG GAMBAR UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK LABSCHOOL STAI BANI SALEH Tine Mulyaningsih; Anggita Indah Prabawati
El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 5 No 1 (2022): El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54125/elbanar.v5i1.86

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan bercerita dalam pembelajaran jarak jauh dengan media wayang gambar. Penelitian ini dilaksanakan pada anak usia 5-6 tahun atau kelompok B dengan sampel penelitian berjumlah 10 anak. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakalan kelas (Classroom Action Research). Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dengan statistic deskripsiyaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari pra penelitian, siklus I sampai dengan siklus II. Analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil catatan lapangan. Pada kegiatan bercerita dalam pembelajaran jarak jauh, Pra Penelitian diperoleh nilai rata-rata sebesar 32,75%. Dari hasil kegiatan bercerita dalam pembelajaran jarak jauh pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 54,75%. Dan dari hasil kegiatan bercerita dalam pembelajaran jarak jauh pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,75%. Hasil penelitian tersebut menunjukan adanya peningkatan kemampuan bercerita dalam pembelajaran jarak jauh pada anak usia 5-6 tahun dengan media wayang gambar.
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK Misran Nuryanto; Elsan Rachmania Martya
El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 5 No 1 (2022): El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54125/elbanar.v5i1.93

Abstract

Media pembelajaran audio visual merupakan media yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran dengan cara mengembangkan imajinasi siswa melalui pengamatan. Metode ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan perencanaan, peoses pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak, menganalisis dan mendeskripsikan hasil evaluasi, kendala yang di hadapi guru, dan solusi yang dilakukan oleh guru saat dihadapkan dengan kendala ketika menggunakan media audio visual pada pembelajaran Akidah Akhlak di MI Plus Roudhotul Muhibbin Bekasi yang beralamat di Jalan Bosih Raya no 48 Kampung Selang Nangka, Wanasari, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru – guru Akidah Akhlak kelas I, II, III, IV, dan V di MI Roudhotul Muhibbin Bekasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh data mengenai penggunaan media auido visual pada mata pelajaran Akidah Akhlak.Dari hasil wawancara dan dokumentasi dapat diketahui bahwa guru telah menerapkan penggunaan media audio visual pada mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap siswa kelas I, II, III, IV, dan V. Dengan penerapan media audio visual ini dapat membantu guru dalam penyampaian materi-materi mata pelajaran Akidah Akhlak, dapat mengembangkan imajinasi siswa. Hambatan dalah penggunaan media audio visual ini adalah pembuatan video yang memerlukan waktu yang cukup lama. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan khususnya untuk guru – guru Akidah Akhlak dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak. Sebaiknya guru menambah pengetahuan mengenai penggunaan media audio visual dan kreatifitas dalam mengajar dapat ditingkatkan lagi. Jika guru sudah menciptakan pembelajaran yang menarik maka siswa akan merasa senang mengikuti pembelajaran.
PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDIT ATSSURAYYA BEKASI Nurhasanah Nurhasanah; Eni Safitri
El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 5 No 1 (2022): El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54125/elbanar.v5i1.94

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif. Data yang diperoleh oleh peneliti melalui angket, dan tes. Data tersebut diambil dari penelitian yang dilakukan di kelas IV SDIT Atssurayya Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar IPA pada siswa sekolah dasar di SDIT Atssurayya Bekasi. Penelitian kuantitatif dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Atssurayya Bekasi dengan jumlah peserta didik sebanyak 750 siswa dan 51 tenaga pendidik serta beberapa staf dan karyawan. Penelitian di sekolah ini dilakukan dengan metode eksperimen yang dimana peneliti melakukan penelitian didua kelas yaitu, kelas eskperimen dan kelas kontrol dan kegiatan penelitian dimulai dari bulan Agustus sampai September 2021 dengan mendapatkan hasil penelitian, data-data yang dibutuhkan dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dibuktikan dengan hasil analisis menggunakan uji-t diperoleh skor rata-rata postest kelas eksperimen 25, lebih tinggi dari skor rata-rata postest kelas control. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa α = 0,05 diperoleh nilai thitung > ttabel (2,400 > 2,093), hal ini menunjukkan maka ???????? ditolak dan ????1diterima. Dapat disumpulkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDIT Atssurayya Bekasi sebesar 8,5% dan 91,5% dipengaruhi oleh faktor lain.
POLA AJARAN SALAFI PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI SEKOLAH DASAR ISLAM SALMAN AL-FARISI KOTA BEKASI Samsul Khaeri; Ajeng Yulistia Dewi
El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 5 No 1 (2022): El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54125/elbanar.v5i1.95

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dari penerapan Pola Ajaran Salafi Pada Pembelajaran Fiqih Di Sekolah Dasar Islam Salman Al-Farisi Kota Bekasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2021 di SDI Salman Al-Farisi Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat fenomenologi. Penelitian ini menggunakan teori Miles dan Hubberman yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data dan menarikan kesimpulan. Pengumpulan data didapatkan dari hasil observasi, observasi studi pustaka, wawancara, dokumentasi dan triangulasi sekolah tersebut. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini bahwa penerapan pola ajaran salafi pada pembelajaran fiqih di sekolah dasar islam bagi peserta didik dan pengajarnya untuk menjaga dan menjadikan ajaran islam sebagai ajaran yang kaffah dan menjaga generasi umat islam sesuai dengan ajaran Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Salam.
STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA SD DI ERA SOCIETY 5.0 Yuli Diah Saptorini; Tengku Amanda Putri
El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 5 No 1 (2022): El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54125/elbanar.v5i1.96

Abstract

Strategi Pendidikan Karakter Anak Usia SD di Era Society 5.0. Manusia merupakan makhluk yang paling menakjubkan dan unik yang diciptakan Allah dengan kemampuan multidimensi. Pendidikan karakter di Indonesia saat ini menjadi isu hangat untuk diperbincangkan dengan banyaknya fenomena karakter seseorang yang tidak lagi sesuai dengan tuntutan agama. Society 5.0 menjadi tempat dimana masyarakat dapat menikmati hidupnya dengan bantuan teknologi yang menjadikan manusia sebagai pusat pengendali teknologi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan karakter dan karakter yang harus di kembangkan di Era Society 5.0, keterampilan apa yang harus dimiliki siswa dan guru di Era Society 5.0 dan strategi pendidikan karakter yang dapat dilakukan di Era Society 5.0 untuk anak usia SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Library Research (Studi Pustaka). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Era Society 5.0 menjadi sebuah peradaban baru dalam dunia pendidikan dengan memanfaatkan peran teknologi, sebagai salah satu strategi dalam pendidikan berbasis teknologi. Strategi pendidikan karakter yang tepat dibutuhkan untuk untuk dapat mempertahankan karakter siswa dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin cepat berkembang.

Page 1 of 1 | Total Record : 5