cover
Contact Name
Mochamad Rofik
Contact Email
mochamadrofik81@gmail.com
Phone
+6285230152549
Journal Mail Official
mochamadrofik81@gmail.com
Editorial Address
Pusat Pengembangan Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis University Muhammadiyah Malang. Jl. Tlogomas No 246 Malang, Jawa Timur, Indonesia Phone (+62) 341464318 ex 286 Hp: 085230152549
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Inovasi Ekonomi
ISSN : 24774804     EISSN : 26863804     DOI : https://doi.org/10.22219/jiko.v4i2.9851
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Inovasi Ekonomi (JIKO) has been accredited by the National Journal Accreditation (ARJUNA) Managed by the Ministry of Research, Technology, and Higher Education, Republic of Indonesia, and is currently ranked 4th (Sinta 4). Indexed at Google Scholar and Dimensions. JIKO is an open-access short communication (letter) journal that publishes both theoretical and empirical original papers in all economics and business fields. JIKO emphasizes contributions to the academic and practical world so that JIKO is expected to have a broad impact from policymakers to economic actors ranging from companies, industries to MSMEs. JIKO uses the word "Inovasi" which is the same as Innovation as an answer to the increasingly dynamic and disruptive changes in the economic, business, and technology world. We are also delighted with the multidisciplinary approach. Therefore, we appreciate the novelty and conclusion based on the mature discussion. JIKO only receives article-length, not more than 2500 words, and treat every single manuscript with the double-blind review process.
Articles 121 Documents
EFFECT OF ENTREPRENEURIAL ORIENTATION AND KNOWLEDGE SHARING ON BUSINESS PERFORMANCE Eko Putra Sri Sentanu, I Gede; Praharjo, Ardik
Jurnal Inovasi Ekonomi Corrected Proofs
Publisher : Univesitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jiko.v5i01.9859

Abstract

This study aims to determine the effect of entrepreneurial orientation and knowledge sharing on innovation and business performance on creative industry-based SMEs in Malang City. Entrepreneurial orientation is very important because the creative industry currently has an important role in building the economy. The type of research used is explanatory research using hypothesis testing and quantitative approaches. The number of samples in this study amounted to 57 respondents who were creative industry-based SMEs in Malang City. The research uses descriptive statistics and path analysis. The results of the study show that there is a significant influence between entrepreneurial orientation and knowledge sharing on business performance with innovation capability as a mediating variable.
PERTUMBUHAN EKONOMI, UPAH MINIMUM DAN TINGKAT PENGANGGURAN DI KALIMANTAN BARAT Lestari, Novi Puji; Septianda, Rizkia; Rofik, Mochamad
Jurnal Inovasi Ekonomi Vol 3, No 02 (2018)
Publisher : Univesitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.432 KB) | DOI: 10.22219/jiko.v3i02.7167

Abstract

Tujuan artikel ini adalah untuk menganalisis karakteristik dan pengaruh pertumbuhan ekonomi dan kenaikan upah minimum terhadap pengangguran di Kalimantan Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif-kuantitatif, yakni menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan menggunakan analisis regresi data panel. Selama kurun waktu 2011-2015 pengangguran di Kalimantan Barat menunjukkan tren kenaikan, hal ini bersamaan dengan tren pertumbuhan ekonomi yang terus mengalami perlambatan dan kecenderungan upah minimum yang terus mengalami kenaikan. Mayoritas sektor ekonomi yang masih betumpu pada sektor pertanian dan pertambangan adalah salah satu penyebab minimnya lapangan pekerjaan, selain itu, laju inflasi tahunan yang cukup tinggi juga menyebabkan upah minimum di Kalimantan Barat selalu mengalami kenaikan yang cukup signifikan.
STRATEGI PENGEMBANGAN KAMPUNG SANTREN GADINGKASRI Boedirachminarni, Arfida
Jurnal Inovasi Ekonomi Vol 3, No 01 (2018)
Publisher : Univesitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.56 KB) | DOI: 10.22219/jiko.v3i01.5525

Abstract

Kampung Santren Gading Kasri ini memiliki keunikan, yaitu sebagai permukiman rakyat yang dipengaruhi secara kuat oleh karakter budaya, ekonomi, sosial dan sistem religi. Maka tujuan utama penelitian ini yaitu pengembangan sosial ekonomi masyarakat di kampung santren. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif untuk menganalisa karakteristik budaya, sosial, ekonomi dan sistem religi pada kampung Santren Gading Kasri Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kampung ini dapat diarahkan pada kearifan lokal yang dimiliki dan perlu dikembangan brand kampung santren disetiap sudut kampung.
INVESTASI DAN DAYA BELI MENURUNKAN EKSPOR? DATA DARI ASEAN 5 Pramuja, Risky Angga
Jurnal Inovasi Ekonomi Vol 4, No 02 (2019)
Publisher : Univesitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.514 KB) | DOI: 10.22219/jiko.v4i2.9818

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja investasi, daya beli, dan kurs, terhadap ekspor barang pabrik di ASEAN-5. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Investasi berpengaruh signifikan pada taraf 15%, artinya bahwa setiap peningkatan investasi lansung akan menurunkan ekspor pada negara ASEAN-5 di tahun 2010-2016. Begitu juga Paritas Daya Beli berpengaruh signifikan namun negatif, ini menggambarkan bahwa setiap terjadinya peningkatan peritas daya beli masyarakat, maka akan menurunkan ekspor barang, artinya selera masyarakat dalam mengkonsumsi barang lebih cendrung memilih barang produksi dalam negeri. Sedangkan kurs tidak berpengaruh signifikan, artinya bahwa perubahan harga yang terjadi secara gelobal tidak memberikan pengaruh terhadap ekspor barang.    
MEMAHAMI “MAKNA LAIN” INSENTIF TERHADAP KINERJA BANK YANG HOLISTIK: PERSPEKTIF INTERDISIPLINER Leniwati, Driana
Jurnal Inovasi Ekonomi Vol 4, No 01 (2019)
Publisher : Univesitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (492.68 KB) | DOI: 10.22219/jiko.v4i01.7506

Abstract

Theoretically, financial incentives motivate the employee to improve performance but also found empirical evidence that shows the financial incentives are often inversely proportional (Young and Lewis 1995; Jenkins et al 1998). Base on the phenomena is interesting to look more at the meaning of incentives for Customer Relationship Manager (CRM) in the performance improvements. This study uses an interdisciplinary perspective of management accounting, psychology, and spirituality and borrows psychological needs and spiritual theories to see the motivation of CRM in improving performance based on their needs. The method used is a case study with an interpretive approach. Qualitative data is obtained by conducting interviews with several CRM in one of a commercial bank. The results of this study found there are other meanings of incentives for CRM. These meanings are inclined about security, loyalty, and accountability for their work, the meaning of appreciation, self-actualization, and spiritual which defeats the meaning of basic needs. The meanings that arise not depending on the period of work or position but more on the awareness of each. Understanding these meanings can be taken into consideration in making the right incentive scheme for employees. So that, incentives can really motivate employees to improve their performance.
STRUKTUR KEMISKINAN INDONESIA: BERAPA BESAR PENGARUH KESEHATAN, PENDIDIKAN DAN KELAYAKAN HUNIAN? Zahra, Afifatuz; Fatin A, Aulia; Afuwu, Hanifah; Auliyah R, Rintan
Jurnal Inovasi Ekonomi Vol 4, No 02 (2019)
Publisher : Univesitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.188 KB) | DOI: 10.22219/jiko.v4i2.9856

Abstract

Kemiskinan merupakan salah satu indikator untuk melihat keberhasilan pembangunan di suatu negara. Sejak tahun 2015, jumlah penduduk miskin di Indonesia semakin menurun. Penurunan secara signifikan terjadi pada tahun 2017. Ini merupakan pertanda yang baik, sehingga pemerintah perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat menurunkan tingkat kemiskinan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan struktur kemiskinan di Indonesia dengan SEM-PLS dan mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap kemiskinan di Indonesia pada tahun 2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari publikasi Badan Pusat Statistik. Berdasarkan hasil pemodelan, terdapat pengaruh signifikan dari variabel ekonomi, kondisi hunian, kesehatan, dan pendidikan terhadap kemiskinan di Indonesia.
NILAI-NILAI ISLAMI PADA BUDAYA ORGANISASI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG Cantika Yuli, Sri Budi
Jurnal Inovasi Ekonomi Vol 3, No 02 (2018)
Publisher : Univesitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.915 KB) | DOI: 10.22219/jiko.v3i02.6959

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik budaya organisasi Islami di Universitas Muhammadiyah Malang sebagai upaya meningkatkan kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi, dengan meneliti pengalaman yang disadari oleh informan (conscious experience). Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi sehingga dapat menggali lebih dalam tentang karakteristik budaya organisasi Islami yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang. Informan penelitian ini adalah (1) Pimpinan Universitas; (2) Pimpinan Fakultas; (3) Dosen; (4) Karyawan. Teknik analisis data kualitatif dalam penelitian ini menggunakan 3 (tiga) analisis yaitu: Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa persepsi terhadap budaya organisasi Islami dilihat dari persepsi pimpinan, dosen dan karyawan terhadap kepemimpinan, norma dan praktek manajemen, cerita dan tokoh, tradisi dan ritual, serta persepsi terhadap simbol. Karakteristik budaya organisasi islami yaitu meliputi (1) Shiddiq untuk mencapai personal excellence yaitu sikap jujur, transparan dan akuntabel, (2) Amanah untuk mencapai inter-personal capital yaitu sikap adil dan komitmen,(3) Tabligh untuk mencapai visionary and communicative leadership yaitu sikap komunikatif dan terbuka, (4) Fathonah untuk mencapai professionalism and technical leadership yaitu cerdas, kompeten dan inovatif.
ANALISIS ADDED VALUE PROGRAM KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) TERHADAP EKONOMI RUMAH TANGGA (STUDI KASUS PADA KELOMPOK WANITA TANI “DEWI SRI” KOTA BATU) Saputri, Novitasari Agus; Widyastuti, Aviani; Syam, Dhaniel
Jurnal Inovasi Ekonomi Vol 3, No 02 (2018)
Publisher : Univesitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.591 KB) | DOI: 10.22219/jiko.v3i02.7041

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis adanya nilai tambah dari kegiatan kawasan rumah pangan lestari (KRPL) terhadap ekonomi keluarga. Pada dasarnya KRPL yang didukung oleh Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan Kota Batu ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan dari setiap anggotanya dengan cara menanam tanaman pangan organik sehingga kebutuhan pangan rumah tangga dapat dipenuhi dengan kegiatan tersebut. Metode yang digunaan dari penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan implementasi Kawasan Rumah Pangan Lestari pada kelompok tani wanita Dewi Sri memiliki nilai tambah ekonomi atau economics value added. Value added pada kegiatan ini dapat diukur secara kualitatif maupun kuantitatif. Secara kualitatif dapat terlihat dari adanya aktivitas menjual barang hasil panen oleh anggota kelompok, artinya pada dasarnya tujuan KRPL adalah untuk ketahanan pangan keluarga namun apabila anggota sudah memenuhi segala kebutuhanya dari barang yang ditanamnya maka anggota bebas menjual barang tersebut epada orang lain. Diukur secra kuantitatif dapat dijelaskan pada saat anggota menerima sejumlah pendapatan yan berasal dari selisih pembelian dan penjualan yang dilaksankaan oleh kelompok. Selisih tersebut diakui sebagai pendapatan anggota dan asumsinya anggota dapat meningkatkan jumlah pendapatan keluarga melalui KRPL selain sebagai kegiatan yang memiliki tujuan untuk ketahanan pangan keluarga.
BALANCED SCORECARD: LEARNING AND GROWTH PERSPECTIVE Utomo, St. Dwiarso; Machmuddah, Zaky; Setiawanta, Yulita
Jurnal Inovasi Ekonomi Vol 4, No 02 (2019)
Publisher : Univesitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.008 KB) | DOI: 10.22219/jiko.v4i2.9852

Abstract

The purpose of the research is to find an empirical evidence concerning the implementation of learning and growth perspective of Balanced Scorecard (BSC) in Assalaam Islamic Modern Boarding School Surakarta (AIMBSS) and to find factors supporting and being handicap of implementation of learning and growth perspective of BSC. The research will widen the object scope being able to be approached by BSC. It is a case study research. Qualitative research design is conducted using semi-structured interviews with 12 respondents from different stakeholders. Research findings showed that principally learning and growth perspective of BSC and attributes in strategy map of BSC have been implemented well in some levels of management in AIMBSS. Besides, the research found supporting factors of implementation of learning and growth perspective of BSC in AIMBSS, namely: strong commitment from management to adapt the change and most of employees are ready to adjust themselves with the change. Meanwhile, handicapped factor of implementation of learning and growth perspective of BSC in AIMBSS is resistant from certain employees. It causes the effectivity of system. For future research, it is suggested to add the number of research object so that the generalization of the research findings can be gained.
PETA PENGEMBANGAN EKONOMI BERBASIS MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN KETANGGUHAN MASYARAKAT DAERAH RAWAN BENCANA Dewayani, Eka Kadharpa Utama; Ramadhoan, Ruli Inayah
Jurnal Inovasi Ekonomi Vol 4, No 01 (2019)
Publisher : Univesitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.869 KB) | DOI: 10.22219/jiko.v4i01.8178

Abstract

Kota Malang merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi bencana menyebar di seluruh wilayah kecamatan meskipun dengan tipe bencana yang berbeda-beda. Hasil pengamatan Stasiun Klimatologi Kelas II Malang menyebutkan bahwa Kota Malang memiliki curah hujan yang relatif tinggi hingga 300 mm. Kelurahan Bareng merupakan salah satu wilayah rawan banjir tiap tahunnya. Bencana ini berdampak pada menurunnya perekonomian masyarakat yang sulit pulih kembali. Selama ini Pemerintah Kota Malang belum memiliki formulasi solusi yang efektif berdasarkan karakteristik kebutuhan dasar masyarakat Bareng. Penelitian ini bertujuan menemukan model pengembangan ekonomi masyarakat di wilayah rawan bencana dengan berbasis manajemen bisnis yang terstruktur dan dapat menjadi bahan evaluasi dan rekomendasi yang komperehensif bagi pemerintah daerah dalam menentukan program-program bidang ekonomi bagi masyarakat wilayah rawan bencana.  Penelitian ini menggunakan teori strategi keunggulan bersaing dan konsep strategi diferensiasi produk. Adapun metode yang digunakan yaitu Perencanaan Partisipatif dengan pendekatan Rapid  Rural Appraisal (RRA) yaitu metode pemahaman lokasi dengan cara belajar dari, untuk dan bersama masyarakat, untuk mengetahui, menganalisis dan mengevaluasi hambatan dan kesempatan sehingga peningkatan perekonomian masyarakat bisa dimaksimalkan dan disesuaikan dengan kondisi masyarakat sebenarnya. Hasil penelitian ini menemukan bahwa untuk mengembangkan ekonomi masyarakat di wilayah rawan bencana membutuhkan model pemetaan potensi ekonomi dengan cara mengikutsertakan masyarakat wilayah rawan bencana secara aktif dengan cara mengajak mereka secara bersama-sama menentukan, mengonsep, dan mengawal strategi dan jenis usaha yang akan mereka kembangkan hingga proses pelaksanaan bisnis secara mandiri.

Page 1 of 13 | Total Record : 121