cover
Contact Name
Endang Susanti
Contact Email
endang@ft.unrika.ac.id
Phone
+6281277109009
Journal Mail Official
endang@ft.unrika.ac.id
Editorial Address
Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji Fakultas Teknik Universitas Riau Kepulauan Batam 0778 392752
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
SIGMA TEKNIKA
ISSN : 26145979     EISSN : 25990616     DOI : 10.33373
Core Subject : Engineering,
SigmaTeknika adalah jurnal Fakultas Teknik yang merupakan media publikasi ilmiah internal di lingkungan Fakultas Teknik Unrika dengan fokus pada karya ilmiah berupa tulisan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh dosen atau mahasiswa yang meliputi disiplin ilmu teknik mesin, teknik industri, teknik elektro, teknik sipil dan teknik arsitektur atau ilmu yang relevan
Articles 26 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2023): SIGMATEKNIKA, VOL. 6, N0. 1, JUNI 2023" : 26 Documents clear
ANALISA RUGI-RUGI DAYA (LOSSES POWER) PADA JARINGAN TEGANGAN RENDAH PT. MUSIMAS BATAM Muhammad Irsyam; Missyamsu Algusri; Linggom Pandapotan Marpaung
SIGMA TEKNIKA Vol 6, No 1 (2023): SIGMATEKNIKA, VOL. 6, N0. 1, JUNI 2023
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/sigmateknika.v6i1.5117

Abstract

        PT. MUSIMMAS BATAM is one of the largest integrated palm oil companies in the world that requires a three-phase voltage supply of approximately 250 amperes for each phase. PT. Musimmas Batam is supplied from a 150,000 KVA transformer through the LVMDP Panel, with priority on supplying electricity needs. The 3-phase voltage values are obtained, namely: R-S = 404.4 V, R-T = 404.2 V, S-T = 404.1 V with a neutral voltage of R-N = 23.2 V, S-N = 23.1, T-N = 23.3. And the 3-phase current IR = 202.9 Amperes, IS = 213.7 Amperes, IT = 200.7 Amperes. Total Power Calculation at LVMDP based on the equation looking for Iaverage = 205.7 A, Based on the equation looking for Vaverage = 1212.7 V, Based on the equation looking for P = 241.9 Kw. Power losses for a 400 mm² wire (R = 0.047 Ω/km) is 46.6 watts/km = 0.046 kW/km, and the total length of the conductor cable from the LVMDP Panel to the Load  500 M with the calculation of power losses, namely : P = 4833 watts/km. While the total power supply is 8.0 Kw = 8000 watts, so it can be seen = 3167 watts/km (3.16 Kw). Where is the active power of the transformer (P) = 145.5 kW. Thus, the percentage of losses due to neutral currents in the neutral conductor of the transformer is 0.03%.Key word : LVMDP Panels, Cables, Loads  
EVALUASI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DENGAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS BERBASIS PRINSIP ERGONOMI DI PT. DSM Annisa Purbasari; Zaenal Arifin; Eka Sucandra Adi Putra Hutagalung
SIGMA TEKNIKA Vol 6, No 1 (2023): SIGMATEKNIKA, VOL. 6, N0. 1, JUNI 2023
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/sigmateknika.v6i1.5133

Abstract

PT. DSM Merupakan perusahaan galangan kapal menengah yang bergerak di bidang jasa perbaikan, pemeliharaan dan konstruksi kapal yang memilliki potensi bahaya yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja dan belum sesuai dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Berdasarkan data dari PT. DSM di tahun 2020 sampai tahun 2022 ditemukan potensi bahaya kecelakaan kerja di beberapa area yaitu Air Bag 2, Winch 1 dan Winch 2. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi K3 menggunakan metode Job Safety Analysis (JSA) berbasis prinsip ergonomi. Hasil dari evaluasi keselamatan dan kesehatan kerja di PT. DSM menunjukkan bahwa masih terdapat potensi bahaya tingkat risiko tinggi, menengah dan rendah di beberapa proses kerja PT. DSM. Risiko bahaya yang paling tinggi pada proses grinding, pemotongan, dan pemindahan plate yang dipotong. Tingkat risiko menengah pada proses pengelasan, persiapan proses undocking, pemotongan plate, dan pemindahan kayu. Rekomendasi upaya pengendalian risiko kecelakaan kerja dengan rekayasa teknik maupun rekayasa menajamen.
PELAYANAN TRANSFORTASI LAUT DI PULAU BELAKANG PADANG KOTA BATAM SEBAGAI PENDUKUNG PARIWISATA DAERAH DALAM KERANGKA GOOD GOVERNANCE Edi Indera; Alberth R Reinold Palit; Teguh Eko Raharjo; Hari Dewi Purwasih
SIGMA TEKNIKA Vol 6, No 1 (2023): SIGMATEKNIKA, VOL. 6, N0. 1, JUNI 2023
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/sigmateknika.v6i1.5118

Abstract

Transportasi merupakan salah satu sarana yang dapat menjadi media penghubung antar manusia dengan tempat tujuan tertentu. Transportasi memberikan kemudahan bagi manusia dalam melaksanakan aktivitasnya sehari – hari, baik dalam pemenuhan kebutuhan hidup maupun dalam melakukan interaksi antar manusia. Untuk mencapai kenyamanan, keamanan dalam beraktivitas, dibutuhkan sistem transportasi yang aman ramah dan bermartabat. Karena sistem transportasi   merupakan   aspek   yang   paling    penting    dalam    menjalankan perekonomian maka harus dikelola dengan baik. Lokasi penelitian ini dilakukan di Pulau Belakang Padang dengan tujuan  untuk mengetahui bagaimana pelayanan serta karakteristik transportasi laut di Pulau Belakang Padang Kota Batam dalam kerangka Governance, Penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan transportasi laut di Pulau Belakang Padang berjalan lancar karena adanya peran Pemerintah yaitu Dinas Perhubungan yang bekerjasama dengan pihak swasta atau koperasi masyarakat seperti Penyediaan transportasi laut dimana masyarakat Pulau Belakang Padang sebagai pengguna jasa transportasi laut tersebut. Jika dilihat dari prinsip good governance responsivitas pemerintahnya memang sudah ada pengawasan dari pihak pemerintah,  tetapi sarana transportasi yang dimiliki pihak swasta juga belum        efektif dan efisien untuk dijadikan sarana transportasi yang layak bagi masyarakat Pulau Belakang Padang.
PENENTUAN DISTRIBUSI SIFAT PADA FURNACE BOILER PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP LATI PT. INDO PUSAKA BERAU Fardin Hasibuan; Tri Jaya Widagdo
SIGMA TEKNIKA Vol 6, No 1 (2023): SIGMATEKNIKA, VOL. 6, N0. 1, JUNI 2023
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/sigmateknika.v6i1.5103

Abstract

Listrik sebagai salah satu kebutuhan rakyat yang harus tersedia oleh negara. Salah satu subsistem dalam memproduksi listrik adalah proses pembangkitan listrik. Listrik dapat dihasilkan dengan menggunakan Rencana Tenaga Uap, Hidro, Gas, Panas Bumi, dan lain-lain.  Pembangkit Listrik Tenaga Uap Lati adalah salah satu PLTU berbahan bakar batubara. PLTU Lati harus beroperasi secara konsisten dan efisien sehingga layanan listrik ke konsumen dapat disuplai setiap saat. Salah satu peralatan utama dalam pembangkit listrik adalah boiler dan salah satu komponen boiler adalah evaporator. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui distribusi properti pada boiler PLTU Lati. Penelitian ini juga dalam rangka membantu pola operasional yang paling efisien. Penentuan distribusi simulasi ini divalidasi oleh hasil pengukuran di lapangan sehingga diketahui tingkat akurasi model ini.  Penentuan distribusi ini menunjukkan penyimpangan antara hasil simulasi dengan pengukuran 3%. Pengoperasian dengan beban 75% lebih efisien daripada beban 50%.
PERANCANGAN ALAT UKUR LAJU KENDARAAN BERBSASIS INTERNET OF THING (IOT) Maulana Haikal Siddiq; Endang Susanti; Pamor Gunoto
SIGMA TEKNIKA Vol 6, No 1 (2023): SIGMATEKNIKA, VOL. 6, N0. 1, JUNI 2023
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/sigmateknika.v6i1.5124

Abstract

Menurut data dari Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indoensian (Korlantas Polri) menunjukkan bahwa pada tahun 2021, angka kecelakaan yang terjadi yaitu sebesar 103.645 jiwa manusia. Pemicu terjadinya kecelakaan lalu lintas yaitu tindakan melanggar rambu-rambu yang telah di tempatkan pada tiap jalan. Menurut aturan batas kecepatan di indonesia yang diatur oleh Undang-Undang No 22 Tahun 2009 menyatakan bahwa setiap orang yang berkendaraan wajib mematahui batas kecepatan maksimal dan minimal. Hal ini diperlukan sebuah indikator yang berfungsi untuk mengetahui kecepatan suatu kendaraan. Dengan ada nya Alat Ukur Laju Kendaraan Berbasis Internet of Thing (IoT) dapat berfungsi untuk mendeteksi laju dari sebuah kendaraan yang melintasi alat ukur tersebut, dengan sensor ultrasonik sebagai alat pendeteksi yang memberikan informasi berupa jarak dan kecepatan dan ditampilkan melalui LCD Display dan Monitoring Blynk secara Internet sehingga memudahkan dalam mengetahui kecepatan kendaraan yang melintas.
PENGURANGAN CACAT ASSEMBLY MODEL M370 DENGAN PENDEKATAN RCA (ROOT CAUSE ANALYSIS) DAN FTA (FAULT TRR ANALYSIS) (STUDI KASUS : PT.SHIMANO BATAM) Vera Methalina Afma; Abdulah Merjani; Fadila Puspita Ayu
SIGMA TEKNIKA Vol 6, No 1 (2023): SIGMATEKNIKA, VOL. 6, N0. 1, JUNI 2023
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/sigmateknika.v6i1.5151

Abstract

PT. Shimano Batam Manufacturing (SBM) adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang manufactur yang menghasilkan produk sperpart sepeda, salah satu Departeman PT. Shimano Batam Manufactur (SBM) adalah Departeman Front Derailleur (FD) merupakan sistem mekanis yang menggeser rantai pada sepeda dengan lebih dari satu chainring depan. Produk yang dihasilkan adalah M370, M310, M2000 dan TX 800. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis cacat produk terbesar yang dihasilkan oleh line produksi, faktor utama penyebab dan perbaikan yang dilakukan untuk mengurangi cacat pada line prooduksi.Penelitian ini menggunakan Metode Root Cause Analysis (RCA) dan Faul Tree Analysis (FTA). Setelah melakukan penelitian diperoleh hasil bahwa jenis reject tertinggi adalah Banding Chain Guid. Sebelum melakukan penelitian ini jumlah reject pada Banding Chain Guid sebesar 1.4% dan setelah dilakukan penelitian jumlah reject turun menjadi 0.58%. 
ISSUES RELATING TO WASTE TRANSPORT SYSTEM IN SEKUPANG BATAM CITY Zures Gustiabani; Yasyir Syah Lingga
SIGMA TEKNIKA Vol 6, No 1 (2023): SIGMATEKNIKA, VOL. 6, N0. 1, JUNI 2023
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/sigmateknika.v6i1.5146

Abstract

Untuk mencegah agar tempat sampah atau wadah sampah tidak meluap dan sampah terpantau tidak berserakan dijalan, maka diperlukan pengangkutan sampah yang disimpan di depot penampungan sampah secara berkala. Untuk menjaga kondisi higienis di kota, pembuangan sampah di tempah penyimpanan sementara (TPS) harus disediakan. Melihat latar belakang tersbut, maka penelitian dilakukan untuk mengevaluasi system pengangkutan sampah di Kecamatan Sekupang tahun 2022. Pada tahun 2022, Kecamatan Sekupang memiliki luas wilayah 68,30 km2 dengan jumlah penduduk 156.283 jiwa. Peneliatian ini bertujuan untuk menganalisis metode transportasi pengangkutan sampah, pengelolaan transportasi pengangkutan sampah, dan permasalahan terkait dengan transportasi sampah di Kecamatan Sekupang. Metode yang digunakan untuk mengevaluasi permasalahan pengangkutan sampah adalah metode Hauled Container System (HCS), Stationary Container System (SCS), pengumpulan data dengan observasi lapangan, studi literatur, dan studi dokumentasi. Pengamatan dilakukan di 4 lokasi TPS di Kecamatan Sekupang yang akan dibawa ke TPA Punggur. Hasil kajian menunjukkan bahwa proses pengangkutan sampah di Kecamatan Sekupang cocok menggunakan HCS dan SCS. Sedangkan permasalahan yang terjadi adalah kurangnya armada kendaraan pengangkut sampah untuk mengangkut 110 ton per hari. Selain itu, akses jalan kendaraan pengangkut sampah ke TPS atau sumber dari rumah ke rumah tidak memadai sehingga membutuhkan lebih banyak pekerja untuk mengumpulkannya langsung sebelum dimasukkan ke dalam truk. Sehingga dengan penambahan satu unit dump truck berkapasitas 2,5-ton dan satu unit arm roll truck berkapasistas 2-ton untuk 4-unit bak penampung di setiap TPS akan dapat memenuhi kebutuhan pengangkutan sampah yang dihasilkan. Selain itu, dengan akses jalan yang lebih baik dan penambahan kendaraan pengangkut sampah lainnya akan memudahkan proses pengangkutan sampah di Kota Batam.
ANALISIS RESIKO KECELAKAAN KERJA DI BENGKEL PT. XYZ DENGAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS Bagas Imawan; Efta Dhartikasari Priyana; Yanuar Pandu Nugroho
SIGMA TEKNIKA Vol 6, No 1 (2023): SIGMATEKNIKA, VOL. 6, N0. 1, JUNI 2023
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/sigmateknika.v6i1.5087

Abstract

PT. XYZ merupakan perusahaan dengan berfokus pada sektor jasa transportasi pengangkutan barang dengan pendirian di Surabaya. Melalui terjadinya peningkatan permintaan pelanggan pada jasa pengankutan barang. Dalam observasi awal yang dilaksanakan peneliti ada sejumlah kecelakaan kerja yang dialami pekerja saat proses kerja berlangsung dimana penyebab dari kecelakaan kerja itu dikarenakan atas lingkungan, mesin, manusia, metode, beserta material dengan tidak baik atau tidak layak digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui identifikasi risiko kecelakaan kerja yang bisa mempengaruhi pekerja di PT. XYZ. Penelitian ini juga menggabungkan dua metode yakni metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) beserta diagram Fishbone. Hasil dari penelitian ini memiliki 7 kegagalan berisiko dari 11 kejadian dalam perusahaan PT. XYZ, dengan hasil tertinggi perhitungan RPN (risk priority number) sebesar 71,94 persen dengan faktor kegagalan perbaikan piston truk dengan risiko tangan mengalami terjepit dengan penyebab tidak memakai alat pelindung ketika melakukan perbaikan piston dengan solusi Perhatikan posisi jari, tangan maupun bagian tubuh lainnyadiantara objek apa saja.
PENGARUH PUTARAN BLAST WHEEL MESIN AUTOMATIC BLASTING TERHADAP KEKASARAN PIPA BAJA KARBON CT481 Agus Umar Ryadin; Intan Bayduri
SIGMA TEKNIKA Vol 6, No 1 (2023): SIGMATEKNIKA, VOL. 6, N0. 1, JUNI 2023
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/sigmateknika.v6i1.5143

Abstract

Kekasaran permukaan merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan dalam proses pengerjaan material logam, misalnya pengecatan dan pelapisan logam. Proses wheel blasting, Proses ini dilakukan dengan abrasive material, biasanya berupa steel grit  yang mana  dilakukan dengan blast wheel yang berputar mendorong abrasif terhadap suatu objek. Pada penelitian ini dilakukan dengan memvariasikan kecepatan putaran blast wheel. Variasi kecepatan putaran blast wheel yaitu 2000 rpm , 4000 rpm dan 6000 rpm. Spesimen yang digunakan adalah pipa baja karbon CT481 atau API 5L X60Q PSL 2 dengan ukuran diameter sepanjang 0.5 Meter. Hasil uji ini menunjukan variasi kecepatan putaran blast wheel sehingga menghasilkan perubahan nilai kekasaran, kekasaran terendah terjadi pada kecepatan 2000 rpm yaitu dengan nilai kekasaran rata-rata 59.3µm dan untuk putaran blast wheel sebesar 6000 rpm menghasilkan nilai kekasaran tertinggi yaitu rata-rata 87.6µm. Kebersihan terendah diperoleh dari kecepatan 2000 Rpm yaitu Sa 2 dan Kebersihan tertinggi yang diperoleh dari kecepatan 6000 Rpm yaitu Sa 3.
PERANCANGAN PENGISIAN GLYCERINE KE DALAM DRUM BERBASIS PLC KEYENCE KV-24R (STUDY CASE DI PT. XYZ BATAM) Anton Viantika
SIGMA TEKNIKA Vol 6, No 1 (2023): SIGMATEKNIKA, VOL. 6, N0. 1, JUNI 2023
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/sigmateknika.v6i1.5145

Abstract

Kebutuhan akan kapasitas produksi yang semakin meningkat, menyebabkan  banyak industri yang menerapkan sistem otomasi untuk menggantikan sistem manual. Pengembangan sistem pengisian gliserin untuk drum dimaksudkan untuk meningkatkan hasil produksi. Sistem menggunakan sel beban sebagai transduser untuk indikator penimbangan, yang terhubung langsung ke Programmable Logic Controller (PLC) untuk mengukur berat drum dan gliserin. Setelah ditimbang, drum diangkut menggunakan konveyor ke gudang penyimpanan sebelum didistribusikan ke pelanggan. Sistem ini menggunakan Weighing Controller, reed switch, proximity switch, dan rangkaian relai sebagai outputnya. Komponen-komponen tersebut dipilih berdasarkan kemampuannya untuk terhubung langsung dengan PLC dan memenuhi kebutuhan sistem. Pengujian yang dilakukan pada rangkaian alat Weighing Controller, reed switch, proximity switch, dan driver relay, menunjukkan bahwa sistem dapat digunakan untuk meningkatkan kapasitas produksi.

Page 1 of 3 | Total Record : 26