cover
Contact Name
Abdul Rahmat
Contact Email
jurnalaksara@ung.ac.id
Phone
+62811435378
Journal Mail Official
jurnalaksara@ung.ac.id
Editorial Address
Lt. 1 Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Jl. Jend. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
ISSN : 24078018     EISSN : 27217310     DOI : 10.37905
Core Subject : Education, Social,
AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on current issues and trends in nonformal education including: Education Life Skills, Educational Management, Early Childhood Education, community education, empowerment and counseling, Literacy and educational equality including package A, package B and package C, Educational Institutions Courses and training, skills and job training Education, Social Sciences, Humanities, Arts, Tourism, Culture, Health, and other intended education. Published with open access while Abstracts and full text that have been obtained on the website can be read and downloaded. Scientific publications reviewed by experts in the field of expertise with abstracts in English and Indonesian. Peer Review Process, all manuscripts sent to this journal must follow the focus and scope, and the guidelines of the authors of this journal. Manuscripts sent must discuss scientific achievements or novelty in accordance with the focus and scope. All texts must be free of plagiarism content. All authors are advised to use plagiarism detection software to check the similarity. The script was published by the Masters in Nonformal Education Postgraduate at Gorontalo State University. Decree from the Indonesian Institute of Sciences no. 0005.020 / JI.3.2 / SK.ISSN / 2015.01 - January 16 2015.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2019): January 2019" : 10 Documents clear
Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Make A Match Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Taluditi Tahun Ajaran 2017/2018 Farid R. Paneo
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 1 (2019): January 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.1.25-30.2019

Abstract

Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah dengan penerapan model pembelajaran Make a Match untuk meningkatkan aktivitas dalam pembelajaran IPS. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Taluditi Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 34 siswa dan subyek pelaksana adalah peneliti. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, catatan dilapangan/pada waktu melaksanakan tidakan, lembar pedoman wawancara, lembar penilaian individu setelah mengikuti pembelajaran, dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dimana tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan aktivitas dalam pembelajaran IPS siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan diperoleh rata-rata tingkat aktivitas siswa sebesar 15%. Pada siklus I tingkat rata-rata aktivitas siswa meningkat menjadi 51,17%. Pada siklus II tingkat rata-rata aktivitas meningkat menjadi 84,72%. Hal ini berasrti peningkatan aktivitas siswa mencapai indikator yakni 85%. Berdasarkan data hasil Penelitian Tindakan Kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan aktivitas dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Taluditi Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini karena model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (mencari pasangan) mengandung unsur permainan sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa baik secara kognitif maupun fisik.
Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama Berdasarkan Cerpen Yang Dibaca Melalui Strategi Strata Salman Suratinoyo
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 1 (2019): January 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.1.71-80.2019

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang dibaca dengan menggunakan strategi Strata. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 13 Gorontalo dengan mengambil subjek penelitian pada peserta didik di kelas IX-1 yang berjumlah 31 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan kegiatan peserta didik, dan tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Strata dapat meningkatkan kemampuan menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang dibaca. Jika pada hasil tes awal kemampuan peserta didik rata-rata hanya 37,61% dari 31 orang peserta didik. Setelah diterapkan strategi Strata pada siklus I kemampuan rata-rata peserta didik mengalami peningkatan menjadi 53,74%. Beberapa kekurangan pada siklus I diperbaiki pada siklus II sehingga kemampuan rata-rata peserta didik mengalami peningkatan menjadi 95, 67%.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Produktif Melalui Supervisi Akademik di SMK Negeri 1 Popayato Rustam Puluhulawa
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 1 (2019): January 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.1.31-38.2019

Abstract

Pada dasarnya mengajar bukanlah pekerjaan yang ringan bagi seorang guru berhadapan dengan sekelompok siswa yang memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga memerlukan bimbingan atau petunjuk agar mereka menjalani proses belajar secara maksimal dalam suasana yang kondusif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Maksudnya setiap data dideskripsikan, kemudian dianalisis terlebih dahuli, bahkan juga dibandingkan sesuai dengan tujuan penelitian. Teknik penelitian ini ditempuh melalui dua cara yakni : (1) teknik pengumpulan data dan (2) teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Supervisi akademik dengan pendekatan kelompok dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran pada guru SMK Negeri 1 Popayato Kabupten Pohuwato tahun pelajaran 2016/2017. Temuan tersebut memberikan implikasi baik secara paraktis maupun teoritis. Secara praktis, implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa semakin tepat teknik supervisi dilakukan, maka hasil yang diperoleh akan semakin optimal. Implikasi praktis lain dari hasil penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan supervisi yang dilakukan secara berkelanjutan akan mempunyai hasil guna yang lebih optimal.
Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Triono Djonomiarjo
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 1 (2019): January 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.1.39-46.2019

Abstract

Hasil belajar siswa merupakan output dari proses belajar mengajar. Salah satu masalah dalam pembelajaran di sekolah adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari data awal nilai ulangan harian siswa yang masih berada di bawah KKM. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya adalah model pembelajaran. Model Pembelajaran Problem Based Learning merupakan model pembelajaran kooperatif yang menuntut siswa untuk aktif dan memotivasi siswa supaya dapat saling mendukung dan membantu satu sama lain dalam menguasi materi pelajaran yang dipelajari. Setelah penelitian dilakukan ternyata hasil belajar pada kelas yang menggunakan model pembelajaran PBL 81,14 lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Konvensional 76,98. Berdasarkan uji statistik diperoleh thitung 2,4046 dan ttabel 1,9893. Karena nilai thitung > ttabel (2,4046 > 1,9893) berarti maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dari analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS Ekonomi yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Patilanggio.
An Analysis of Teachers’ Strategy in Teaching Listening Nazla Ainun Kasim; Sri Rumiyatiningsih Luwiti
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 1 (2019): January 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.1.1-8.2019

Abstract

Listening is the ways of picking up the information delivered by others in daily life, and also is the most important elements in studying foreign language. Several people have, however, problem in listening because they think that listening is the hardest skill to be mastered. To solve this barrier, teachers carry a big responsibility in their classroom. Teachers need to encourage students’ participation through preparing an interesting strategy during listening instruction in order to attract students’ attention to take part actively in listening. This study attempted to investigate the strategy used by teacher in teaching listening. Richard’s theory of listening strategy to include bottom-up and top-down was applied. Through utilizing qualitative descriptive analysis, this study involved three listening lecturers of English Department of Universitas Negeri Gorontalo where they were observed and interviewed. The analysis of data revealed that teachers used mostly top-down process activities in listening class.
Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Rakyat Melalui Model Pamper Abdulrahman, Rusniyati; Mirnawati, Mira
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 1 (2019): January 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.1.53-62.2019

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini apakah Keterampilan Menulis Puisi Rakyat Melalui Model PAMPER (Picture And Picture Media Gambar) di kelas VIIA SMP Negeri 3 Gorontalo dapat ditingkatkan? Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi rakyat melalui model PAMPER (Picture And Picture Media Gambar). Hasil analisis data menunjukan ada peningkatan keterampilan siswa menulis puisi rakyat dari siklus ke siklus. Hal tersebut ditunjukan oleh hasil tindakan pada setiap siklus. Pada siklus I Dari jumlah 27 orang siswa yang dikenakan tindakan pada siklus I terlihat bahwa pada aspek penentuan tema dari 27 orang siswa hanya terdapat 16 orang siswa atau 59,26% yang terampil. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 25 orang siswa atau 92,59% yang terampil. pada siklus I terlihat bahwa pada aspek pengumpulan kosakata terdapat 15 orang siswa atau 55,56 % yang terampil. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 26 orang siswa atau 96.30% yang terampil. Pada aspek penilaian teknik penulisan terdapat 18 orang atau 66,67% yang terampil. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 24 orang atau 88.89% yang terampil.
Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share Rahman, Rusni
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 1 (2019): January 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.1.19-24.2019

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKJ SMK Negeri I Bolango Selatan pada mata pelajaran IPA Biologi? Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri I Bolango Selatan pada siswa kelas XI TKJ yang berjumlah 25 siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran model Think-Pair-Share dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data difokuskan melalui observasi guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 14 orang (56%) sedangkan hasil pada siklus II 21 orang yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (88%). Ini membuktikan bahwa pembelajaran kooperatif model think–pair–share dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Pengaruh Layanan Perpustakaan Sekolah Terhadap Intensitas Kunjungan Siswa Membaca Huradju, Siskawati; Saleh, Sri Endang; Bahsoan, Agil
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 1 (2019): January 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.1.63-70.2019

Abstract

Sarana dan fasilitas perpustakaan, Koleksi perpustakaan, Sistem dan prosedur pelayanan dan Sikap dan perilaku petugas) terhadap intensitas kunjungan di SMA Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode penelitian kuantitatif untuk sampel, 47 orang teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara dan angket, serta analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Sarana dan fasilitas perpustakaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Intensitas kunjungan siswa, Koleksi perpustakaan berpengaruh signifikan terhadap Intensitas kunjungan siswa, Sistem dan prosedur pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap Intensitas kunjungan siswa dan Sikap dan perilaku petugas berpengaruh signifikan terhadap Intensitas kunjungan siswa. Kemudian secara simultan Sarana dan fasilitas perpustakaan, Koleksi perpustakaan, Sistem dan prosedur pelayanan dan Sikap dan perilaku petugas) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Intensitas kunjungan siswa pada SMA Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo.
Konstruksi Akuntansi Sosial dan Lingkungan Melalui Metafora Sidiq, Amanah, Tabligh dan Fatonah Ronald S. Badu
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 1 (2019): January 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.1.47-52.2019

Abstract

Setiap entitas bisnis adalah Amanah Tuhan kepada hambanya, dikarenakan manusia adalah Khalifatullah fil ardh atau ‘Abd Allah (hamba Allah) yang seharusnya memahami akan pentingnya sebuah Pertanggungjawaban Sosial dan Lingkungan bukan hanya untuk kelangsungan hidup para pelaku bisnis melainkan juga untuk kelangsungan hidup mahkluk disekitarnya. Oleh karena itu, perlunya memahami aspek manusia yang memiliki andil penting dalam keputusan akuntansi, hingga menyebabkan dalam beberapa dekade terakhir manajemen dan akuntan professional mengidentifikasi kebutuhan tambahan informasi ekonomi yang tidak dapat disampaikan oleh sistem akuntansi atau tidak dilaporkan dalam pelaporan keuangan. Informasi yang dimaksud adalah informasi ekonomi yang tidak selalu bersifat keuangan. Menurut mereka bahwa informasi sesungguhnya akan memberikan makna informasi yang lebih banyak untuk pengambilan keputusan.
Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Disposisi Matematis Siswa Pada Materi Limit Fungsi Dengan Menggunakan Strategi Think-Talk-Write Fatma Abdurahman
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 1 (2019): January 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.1.9-18.2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (a) mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan strategi Think-Talk-Write (TTW) dalam meningkatkan kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa pada materi limit fungsi aljabar dan (b) mengetahui kemampuan penalaran dan disposisi matematis melalui strategi TTW. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Gorontalo berjumlah 30 orang. Desain penelitian menggunakan prosedur tindakan Model Kemmis dan McTaggart, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakan tes untuk menilai kemampuan penalaran dan lembar pengamatan menilai disposisi matematis siswa. Temuan penelitian membuktikan bahwa kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa pada materi limit fungsi aljabar dapat meningkat melalui strategi TTW. Pada Siklus I sebanyak 16 (53,33%) orang mencapai nilai 60 dan kemudian meningkat menjadi 20 (66,67%) orang pada Siklus II, dan meningkat lagi menjadi 27 (90%) orang pada Siklus III. Sedangkan disposisi matematis siswa pada Siklus I sebesar 76,12%, meningkat menjadi 80,27% pada Siklus II, serta menjadi 90,03% pada Siklus III.

Page 1 of 1 | Total Record : 10