cover
Contact Name
Rita Sari
Contact Email
j_tarbawi@iainlangsa.ac.id
Phone
+6285296150610
Journal Mail Official
ritasari17@iainlangsa.ac.id
Editorial Address
Jl. Meurandeh Kampus Zawiyah Cot Kala Langsa
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
At-Tarbawi : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan
ISSN : 20869754     EISSN : 26566370     DOI : 10.32505
Core Subject : Education, Social,
Jurnal At-Tarbawi adalah jurnal hasil penelitian tentang pendidikan,sosial dan kebudayaan. Yang diterbitkan dua kali dalam setahun, pada bulan Juni dan Desember.
Articles 127 Documents
PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN CONTROL TO FREE SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS REPORT Halim, Fauziatul
At- Tarbawi Vol 10 No 2 (2018): Vol. 10 No. 2 Tahun 2018
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.338 KB)

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi dirasa mampu untukmeningkatkan semangat peserta didik dalam mengikuti proses belajar mengajar,karena dengan pembelajaran secara kooperatif semaksimal mungkin partisipasi siswadalam memperoleh pengetahuan sangat diperlukan. Oleh karena itu, metodepembelajaran yang menjadi alternatif pilihan adalah metode control to free. Metodepembelajaran yang akan diterapkan harus memperhatikan sasaran atau subyek pelakutindakan. Subyek penellitian ini adalah siswa MTsN Langsa kelas IX-1 dengan jumlah34 siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatankualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2siklus. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif denganmembandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus dananalisis deskriptif kualitatif hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II.Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi awal nilai rata-rata hanya sebesar 53,67.Sedangkan pada Siklus I nilai rata-rata mencapai 61,21 dan pada Siklus II rata-ratamencapai 85,23. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu penggunaanmetode pembelajaran control to free dapat meningkatkan kemampuan menulis siswakelas IX-1 pada materi teks report di MTsN Langsa.Keywords : Metode Control To Free, Kemampuan Menulis, Tek
PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BIOTIK DAN ABIOTIK DI KELAS VII-1 MTS NEGERI LANGSA ., Zaimah
At- Tarbawi Vol 10 No 2 (2018): Vol. 10 No. 2 Tahun 2018
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (603.743 KB)

Abstract

Performance siswa yang produktif, berprestasi dan mandiri sebagai salah satu indikasipenting dalam mutu pembelajaran dapat dilihat dari hasil kegiatan belajarnya. Halini terkait pula dengan tingkat pemahaman siswa karena tinggi rendahnya prestasibelajar siswa juga hasil dari upaya belajarnya. Rendahnya perolehan prestasi belajarIPA di MTs Negeri Langsa menunjukkan adanya indikasi terhadap rendahnyakinerja belajar siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yangberkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahamansiswa pada materi biotik dan abiotik dengan metode diskusi kelompok di kelas VII-1. Di samping itu melalui penelitian ini siswa terlatih untuk dapat memecahkanmasalah. Bagi guru penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuanprofesional dan pembelajaran dengan metode diskusi kelompok menjadi alternatifpembelajaran untuk meningkatkan prestasi siswa. Pendekatan yang digunakanadalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini mengkaji lebih mendalampenggunaan metode diskusi kelompok. Dalam pembelajaran IPA yang membantusiswa mengetahui, memahami, mengamalkan dalam kehidupan dunia nyata daningin mengetahui hasil belajar siswa setelah penggunaan metode diskusi kelompoktersebut. Berdasarkan analisis dan refleksi hasil tes prasyarat siklus I dan II dapatdisimpulkan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MTs NegeriLangsa pada kondisi awal mencapai nilai 2,9 % termasuk kualifikasi rendah danpada siklus I dengan menggunakan metode diskusi mencapai nilai 29,41 % makaangka tersebut kualifikasi sedang. Pada siklus II mencapai nilai 97,1 % maka angkatersebut kualifikasi tinggi. Berarti setelah siklus II semua subjek mengalamipeningkatan prestasi belajar dengan menggunakan metode diskusi kelompok.
URGENSITAS ILMU MENURUT KONSEP ISLAM ., Junaidi
At- Tarbawi Vol 10 No 2 (2018): Vol. 10 No. 2 Tahun 2018
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.535 KB)

Abstract

Pentingnya mempunyai ilmu adalah untuk membuktikan kekuasaan Allah SWT.Matlamat ini adalah untuk menguatkan kepercayaan dan keimanan manusia terhadapAllah SWT. Dengan adanya ilmu, manusia dapart membaca Al-Qur?an yang manaterkandung segala persoalan yang wujud di muka bumi ini. Ilmu juga membolehkanmanusia mengkaji alam semesta ciptaan Allah ini.Ilmu merupakan perkataan yang memiliki makna lebih dari satu arti. Oleh karenanyadiperlukan pemahaman dalam memaknai apa yang dimaksud. Menurut cakupannyapertama-tama ilmu adalah istilah umum untuk menyebut segenap pengetahuan ilmiahdalam satu kesatuan. Dalam arti kedua ilmu menunjuk pada masing-masing bidangpengetahuan ilmiah yang mempelajari pokok tertentu. Maksud dari pengertian iniadalah bahwa ilmu berarti suatu cabang ilmu khusus
PENGGUNAAN METODE LATIHAN TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK PADA TUMBUHAN DI KELAS VIII-1 SEMESTER GENAP DI MTS NEGERI LANGSA ., Lismawati
At- Tarbawi Vol 10 No 2 (2018): Vol. 10 No. 2 Tahun 2018
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.723 KB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah belum tuntasnya belajar siswa pada pokokbahasan gerak pada tumbuhan pada siswa kelas VIII.1 MTS Negeri Langsa.Berdasarkan teori belajar, untuk memecahkan masalah tersebut maka penelitimencoba menerapkan metode latihan terbimbing dalam proses pembelajaran.Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas metode latihanterbimbing dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII.1 MTS NegeriLangsa pada materi Gerak pada tumbunhan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitianini dilaksanakan di MTS Negeri Langsa pada siswa kelas VIII.1 Tahun Ajaran2014/2015 yang terdiri dari 36 orang Siswa. Penelitian ini adalah PenelitianTindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Dari masing-masing siklus diperolehdata berupa hasil observasi dan hasil evaluasi yang dianalisis secara kualitatif dankuantitatif. Data-data tersebut dikumpulkan dan dikelola dengan indikator yangdigunakan, apabila ? 85 % dari seluruh siswa telah memperoleh ? 75, makahipotesis diterima. Dari hasil pengolahan data tersebut, diperoleh persentaseketuntasan belajar pada Siklus I sebesar 61,1 %, pada Siklus II sebesar 97,2 %,.Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan pada tiap-tiap siklus. Sehingga dapatdisimpulkan bahwa dengan penggunaan metode latihan terbimbing dapatmeningkatkan Hasil belajar siswa kelas VIII.1 MTs Negeri Langsa pada materiGerak pada tumbuhan Tahun Ajaran 2014/2015.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK MATERI AKHLAK TERPUJI KELAS II-B MIN PAYA BUJOK ., Rahmawati
At- Tarbawi Vol 10 No 2 (2018): Vol. 10 No. 2 Tahun 2018
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (619.955 KB)

Abstract

Didalam proses belajar mengajar kadang kala guru masih kurang menggunakanmetode yang sangat tepat. Pelajaran yang diberikan oleh guru secara langsung,seharusnya dapat diamati, diteliti, di hayati dan dikerjakan sendiri oleh anak didik,sehingga dapat menimbulkan kesan yang lebih lama dan tidak mudah terlupakan.Oleh karena itu media pendidikan memegang peranan penting dalam menunjangkeberhasilan proses belajar mengajar. Metode diskusi kelompok adalah merupakansalah satu metode pembelajaran yang bisa membuat siswa lebih aktif danberpartisipasi dalam proses belajar mengajar. Dalam pembelajaran ini gurumemberikan pengarahan dan bimbingan sesuai dengan materi yang akan di ajarkankepada sisiwa, yang mana siswa disuruh berdiskusi langsung kepada teman dankelompoknya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatankualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2siklus dan setiap satu siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswakelas II-b pada MIN Paya Bujok yang berjumlah 36 siswa. Analisis datamenggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisiawal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus dan analisis deskriptifkualitatif hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasilpenelitian diperoleh peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam siklus I yaitu 8siswa atau 23,53. Selanjutnya pada siklus II diperoleh hasil yang memuaskan karena29 siswa atau 85.29% berhasil mendapatkan nilai diatas KKM 70, selebihnya masihada 5 siswa atau 14.17% yang tidak tuntas. Maka dapat disimpulkan adanyapeningkatan hasil belajar siswa pada materi Akhlak Terpuji menggunakan metodediskusi pada siswa
KONTRIBUSI PERILAKU KEPEMIMPINAN DAN KOMITMEN LEMBAGA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA DOSEN IAIN LANGSA M. Nur, Yusaini
At- Tarbawi Vol 11 No 1 (2019): Vol. 11 No. 1 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.888 KB) | DOI: 10.32505/tarbawi.v11i1.893

Abstract

Untuk memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan Kinerja dosen IAIN Langsa, salah satu perlu dilakukan pengkajian terhadap berbagai faktor, terutama faktor perilaku kepemimpinan dan komitmmen lembaga. Untuk mengetahui secara empiris, maka perlu dilakukan suatu penelitian tentang: Kontribusi Perilaku Kepemimpinan Dalam Memperkuat Komitmen Lembaga dan Kinerja Dosen di IAIN Langsa. Penelitian bertujuan untuk melihat adakah pengaruh perilaku kepemimpinan terhadap upaya peningkatan kinerja dosen, adakah pengaruh perilaku kepemimpinan terhadap komitmen lembaga, dan adakah pengaruh komitmen lembaga mampu terhadap kinerja dosen di IAIN Langsa. Untuk menjaring informasi tersebut dirancang tiga perangkat instrumen, yaitu dengan mengunakan angket. Angket variabel kepemimpinan terdiri dari 17 butir pertanyaan, angket komitmen lembaga 12 pertanyaan, dan angket kinerja dosen 16 butir pertanyaan. Anket ini dibagikan kepada seluruh dosen yang ditetapkan sebagai sampel berjumlah 100 orang dosen, dari jumlah populasi 384 orang. Analisis data yang gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji statistik Reggression Matrix Y on X (Standardized). Hasil analisis memberikan kesimpulan bahwa: 1) Perilaku kepemimpinan berpengaruh positif terhadap komitmen lembaga;  2) Perilaku kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kinerja dosen dan; 3) Komitmen lembaga  berpengaruh positif terhadap kinerja dosen.  
IMPLEMENTASI METODE SAINTIFIK OLEH GURU PAI DI SMA SE-ACEH Abidin, Zainal
At- Tarbawi Vol 11 No 1 (2019): Vol. 11 No. 1 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (55.017 KB) | DOI: 10.32505/v11i1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru Pendidikan Agama Islam (PAI) tentang metode saintifik dalam implementasi kurikulum 2013 dalam merancang dan melaksanakan  pembelajaran PAI pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Provinsi Aceh. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mixed method concurrent nested/concurrent embedded strategy) yang dilaksanakan pada 102 sekolah dengan menggunakan instrumen kuesioner dan 12 sekolah menggunakan instrumen wawancara. Penelitian ini melibatkan 211 guru PAI yang dipilih melalui persampelan porposive sampling, simple random sampling dan cluster sampling persampelan untuk kuantitatif dan 12 responden untuk kualitatif. Analisis data penelitian kuantitatif menggunakan statistik inferensi melalui analisis uji-t serta menggunakan analisis data wawancara untuk kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan guru PAI dalam memahami metode saintifik berdasarkan pada substansi kurikulum 2013. Ini menunjukkan bahwa guru PAI wilayah dalam Kota lebih memahami metode pembelajaran saintifik dibandingkan dengan guru PAI luar Kota.
ANALISA KOMPETENSI ALUMNI PENDIDIKAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN DISCRAPANCY EVALUATION MODEL Sari, Rita; Srimuliati
At- Tarbawi Vol 11 No 1 (2019): Vol. 11 No. 1 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (31.374 KB) | DOI: 10.32505/tarbawi.v11i1.1026

Abstract

Kurikulum merupakan unsur penting dalam pendidikan dan kerangka dasar juga sebagai indikator dari kemajuan pendidikan. Begitu pentingnya kurikulum sehingga Pemerintah secara kontinu terus melakukan perubahan kurikulum sejak tahun 1975 sampai dengan sekarang. Oleh sebab itu setiap institusi pendidikan wajib memiliki kurikulum termasuk IAIN Langsa sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang menghasilkan calon pendidik khususnya guru matematika pada tingkat satuan pendidikan SMP dan SMA di kota Langsa. Namun pada kenyataannya banyak sekali alumni Prodi PMA yang bekerja tidak sesuai dengan bidang keilmuannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rancangan kurikulum Prodi PMA dalam memenuhi kebutuhan pasar kerja untuk alumninya. Penelitian ini menggunakan discrapancy evaluation models (DEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa stakeholder menilai bahwa sebahagian alumni Prodi PMA kurang kompeten dalam bekerja. Sehingga perlu dilakukan sebuah perubahan kurikulum terutama pada sebaran mata kuliah dengan memperhatikan kebutuhan kurikulum tingkat sekolah dan pasar kerja.
PEMAHAMAN WARGA MATEMATIKA TERHADAP KONTEKS VISI, MISI, TUJUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA Mazlan
At- Tarbawi Vol 11 No 1 (2019): Vol. 11 No. 1 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.312 KB) | DOI: 10.32505/tarbawi.v11i1.1028

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan tingkat pemahaman mahasiswa terhadap konteks visi, misi, dan tujuan Program Studi Pendidikan Matematika (Prodi PMA).Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif.Kuesioner yang digunakan adalah kuesioner terbuka dan tertutup, artinya kuesioner berisi pertanyaan dengan empat (4) pilihan jawaban dan disertai penjelasan atas pemilihan jawaban tersebut.Sampel penelitian ditetapkan sebesar 20% yaitu sebanyak 61 orang mahasiswa dari tiap semester. Hasil penelitian menunjukkan; (1) hampir seluruhnya mahasiswa yaitu 60 orang (98,36%)sangat paham konteks visi tentang kata unggul, 13 orang termasuk sangat paham (21,31%) dan mampu mengartikan kata profesional, dan 60 orang sangat paham (98,36%) serta mampu mengartikan kata rahmatan lil?alamin, (2) Mahasiswa hampir seluruhnya sangat paham akan misi Prodi PMA yang pertama (98,36%), dan seterusnya dengan persentase yang sama untuk misi kedua, ketiga, dan keempat, (3) Tingkat pemahaman warga matematika terhadap konteks tujuan ProdiPMA yaitu sangat paham hanya pada tujuan yang pertama dengan jumlah mahasisswa 55 orang (90,16%), sedangkan pada tujuan yang kedua, ketiga, keempat, kelima, dan keenam, berada pada kategori sangat paham sebanyak 9 orang (14,75%). Jadi secara umum dapat dikatakan bahwa mahasiswa Prodi PMA hampir seluruhnya paham akan konteks visi, misi, dan tujuan Prodi PMA yang baru.
INTEGRASI AL-QURAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA Anggreni, Fenny
At- Tarbawi Vol 11 No 1 (2019): Vol. 11 No. 1 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (63.951 KB) | DOI: 10.32505/tarbawi.v11i1.1029

Abstract

Tujuan Pendidikan di Indonesia adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam berbagai aspek, baik dalam bidang kemampuan kognitif maupun kemampuan keagamaan. Salah satu upaya untuk dapat memenuhi tujuan tersebut adalah dengan cara mengintegrasikan ilmu pengetahuan umum dengan ilmu pengetahuan agama. Contoh Integrasi ini adalah dengan mengaitkan mata pelajaran matematika dengan Al-Quran. Alasan dibalik integrasi ini dikarenakan kandungan Al-Quran banyak mencakup tentang simbol-simbol angka dan makna yang juga merupakan bagian dari matematika. Integrasi ini juga diterapkan di Institusi pendidikan di Indonesia. Hanya saja masih sedikit penelitian yang dilakukan untuk mengintegrasi pendidikan matematika dengan Al-Quran untuk meningkatkan kemampuan siswa di Indonesia demikian juga di Aceh terutama Aceh Tamiang yang belum pernah melakukan penelitian tersebut. Terkait dengan kesenjangan literatur yang ada sehingga penelitian ini dilakukan untuk menganalisa bagaimana integrasi Al-Quran pada mata pelajaran matematika terhadap kemampuan siswa di MTs Aceh Tamiang.  Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, desain penelitiannya menggunakan One shot case study design, instrumennya menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Al-Quran pada mata pelajaran matematika di MTs Aceh Tamiang dikatakan baik karena siswa berada di atas rata-rata. Maka disarankan untuk sekolah-sekolah lain untuk menerapkan Al-Quran pada mata pelajaran matematika.

Page 1 of 13 | Total Record : 127