cover
Contact Name
Yolanda Pahrul
Contact Email
yolandapahrul@gmail.com
Phone
+6285263913430
Journal Mail Official
journalteacher59@gmail.com
Editorial Address
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/about/editorialTeam
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Journal On Teacher Education (Jote)
ISSN : 26861895     EISSN : 26861798     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, mathematics education, physics education, chemical education, management education, educational guidance and counseling and other practical studies. Journal On Teacher Education publish publications twice a year, in September and March. This journal is registered with E-ISSN: 2686-1798 and P-ISSN: 2686-1895.
Articles 82 Documents
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN MODEL STAD DI SMK NEGERI 2 MAUMERE TAHUN AJARAN 2019/2020 Goba, Hadijah
Journal on Teacher Education Vol 2, No 1 (2020): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar Biologi siswa dengan menggunakan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang di variasikan dengan LKS Word Square pada siswa kelas XI API SMK Negeri 2 Maumere. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus untuk materi kompetensi dasar Keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam proses penurunan/pewarisan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI API SMK Negeri 2 Maumere sebanyak 17 siswa. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan analisis persentase rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh. Kesimpulan bahwa penerapan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang divariasikan dengan LKS Word Square meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI API SMK Negeri 2 Maumere pada materi kompetensi dasar Keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam proses penurunan atau pewarisan mata pelajaran Biologi.
STRATEGI PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS Rahmayani, Vani; Amalia, Rizki
Journal on Teacher Education Vol 2, No 1 (2020): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelajaran Matematika merupakan pelajaran yang bersifat abstrak. Bila dalam pelajaran Matematika terjadi permasalahan seperti tidak semangatnya siswa dalam belajar akan berdampak pada berkurangnya keaktifan siswa di kelas. Salah satu permasalahan yang dialami siswa yaitu rendahnya motivasi siswa dalam belajar Matematika. Untuk itu sebagai guru mata pelajaran Matematika perlu adanya ide-ide atau strategi-strategi untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Matematika.
Persepsi Orangtua Terhadap Penggunaan Smartphone pada Anak Usia Dini di Desa Indrasakti Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Paridawati, Ita; Daulay, Musnar Indra; Amalia, Rizki
Journal on Teacher Education Vol 2, No 2 (2021): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk persepsi orangtua terhadap penggunaan Smartphone pada anak usia dini, bentuk penggunaan Smartphone dan dampak yang ditimbulkan terhadap penggunaan smartphone di Desa Indra Sakti Kecamatan Tapung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Persepsi orangtua terhadap penggunaan Smartphone bagi anak dari aspek pemahaman adalah kurangnya pemahaman orangtua penggunaan Smartphone adalah penggunaan smartphone tidak terlalu penting dan hanya sebagai hiburan, orangtua kurang suka terhadap penggunaan Smartphone; anak lebih sering menggunakan smartphone untuk bermain game daripada untuk belajar ataupun bemain di luar rumah dengan teman seusianya, dan intensitas penggunaan smartphone dikategorikan dengan intensitas tinggi. Dampak positif penggunaan Smartphone bagi anak yaitu; memudahkan komunikasi, memudahkan anak untuk belajar, dapat dijadikan media hiburan anak, dampak negatif penggunaan Smartphone bagi Anak yaitu, anak jadi malas-malasan, sering tidak menghiraukan panggilan maupun perintah orangtua, lupa waktu, teledor, merusak kesehatan dan kurang melakukan sosial lingkungan sekitar.
MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG BERINTEGRASI KEISLAMAN Ariningsih, Indun; Amalia, Rizki
Journal on Teacher Education Vol 1, No 2 (2020): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan pendidikan Indonesia tercantum dalam undang-undang no. 20 Tahun 2003. Menyebutkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki kecerdasarn intelektual dan kecerdasan spiritual seperti beriman, bertakwa, berakhlak mulia, sehingga dapat menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, diperlukan peran seorang guru dalam membagun karakter siswa agar memilki karakter atau akhlak yang mulia. Namun, dalam hal ini bukan saja tugas seorang guru bimbingan dan konseling tetapi tugas semua guru yang ada di sekolah tersebut, termasuk guru mata pelajaran. Salah satu saran yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah bahan ajar. Peran seorang pendidik harus memperhatikan kelayakn bahan ajar yang berintegrasi keislaman sehingga nantinya peseta didik tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual tetapi juga memiliki kecerdasan spiritual. Membangun karakter siswa juga dapat dilakukan oleh guru mata pelajaran matematika dengan cara melakukan pembelajaran matematika dengan mengaitkanya dengan nilai-nilai keislaman.
Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Warna Melalui Bermain Media Penjepit Baju pada Anak Kb Adzkyah Bangkinang Kota secara BDR Nurhalimah, Nurhalimah; Nurmalina, Nurmalina; Amalia, Rizki
Journal on Teacher Education Vol 2, No 1 (2020): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal warna melalui bermain media penjepit baju pada anak KB Adzkyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 13 anak KB Adzkyah yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan kognitif dalam mengenal warna. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal warna. Hasil observasi pada pratindakan menunjukkan bahwa anak yang berkriteria berkembang sesuai harapan ada 2 orang atau 15,38%. Pada siklus I meningkat menjadi 3 orang anak atau 23,07%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 8 orang anak atau 61,53%.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Story Telling untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis karangan Narasi Peserta Didik Sekolah Dasar Mardhotillah, Siska; Surya, Yenni Fitra; Zulfah, Zulfah
Journal on Teacher Education Vol 2, No 1 (2020): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan model Paired Story Telling pada peserta didik kelas V SD Negeri 002 Pasir Sialang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap. Subjek penelitian ini peserta didik kelas V yang berjumlah 16 orang, dengan jumlah peserta didik laki-laki 6 orang dan peserta didik perempuan berjumlah 10 orang. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis karangan narasi peserta didik kelas V SDN 002 Pasir Sialang pada siklus I tergolong rendah dengan rata-rata 69,2. Selanjutnya dari 16 orang peserta didik hanya 8 orang yang tuntas, sedangkan ketuntasan belajar klasikal 50%. Pada siklus II sudah baik, dengan rata-rata 78, dan dari 16 orang peserta didik terdapat 12 orang peserta didik yang tuntas, sedangkan ketuntasan belajar klasikal 75%.
Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar Watipah, Yosneni
Journal on Teacher Education Vol 1, No 1 (2019): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Discovery Learning dengan tema kayanya negeriku di kelas IV SD Negeri 07 Teladan Kec. Guguk Panjang Kota Bukittinggi. Pendekatan yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan 36 orang siswa kelas IV SDN 07 Teladan Kec. Guguk Panjang Kota Bukittinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I penilaian RPP rata-rata 77,75% (baik) ,Aspek guru rata-ratanya 79,65% (baik), Aspek siswa rata-ratanya 81,15% (baik), Penilaian terhadap siswa dari aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan rata-rata 74,80 dengan konversi nilai 3,24 (B+). Pada siklus II penilaian RPP rata-ratanya 94,4% (sangat baik), Aspek guru rata-ratanya 93,75% (sangat baik), Aspek siswa rata-ratanya 93,75% (sangat baik), Penilaian terhadap siswa dari aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan rata-ratanya 82,18 dengan konversi nilai 3,46 (B+). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 07 Teladan Kec. Guguk Panjang.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE WEBBED BERBANTUAN MEDIA TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS TEMA MAKANAN SEHAT MURID SEKOLAH DASAR GUGUS 29 CAMPAGA LOE KABUPATEN BANTAENG Efendi, Firmansah Koesyono
Journal on Teacher Education Vol 2, No 2 (2021): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Efektivitas Model Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed Berbantuan Media Teknologi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Tema Makanan Sehat Murid Sekolah Dasar. Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui kualitas pembelajaran IPS siswa kelas V SD Inpres Campaga loe 1 dengan menerapkan model pembelajaran terpadu tipe webbed berbantuan media teknologi serta dapat mengetahui yang diajar dengan model pembelajaran terpadu tipe webbed tanpa berbantuan media teknologi. Penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan desain quasi eksperimental dengan pretest-posttest control group design. Metode penelitian menggunakan, tes tertulis (essay), observasi, dokumentasi. Adapun subyek penelitian berada di sekolah gugus 29 campagaloe murid kelas V, sebagai sampel Sekolah Dasar Inpres Campagaloe 1 dan Sekolah Dasar 29 Campagaloe dengan jumlah 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Dasar Gugus 29 Campagaloe Kecamatan Bissappu, Kabupaten Bantaeng. Efektivitas Model Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed Berbantuan Media Teknologi dengan penerapan SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003 pasal 3 tentang pendidikan nasional berfungsi untuk membentuk watak agar dapat mengembangkan potensi peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa secara kreatif, mandiri dan bertanggungjawab. Model pembelajaran terpadu efektif dan dapat meningkatkan kualitas murid berdasarkan numerik tabel dengan signifikan 5% = 2,000
Peran Orang tua dalam Melatih Disiplin pada Anak Tunagrahita Khorini'mah, Shinta Melia; Kamala, Izzatin
Journal on Teacher Education Vol 2, No 1 (2020): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Anak merupakan anugrah terbesar bagi orang tua karena anak melambangkan cinta kasih kedua orang tua. Apabila anak yang dilahirkan terdapat kekurangan atau cacat salah satunya tunagrahita, maka orang tua harus sudah siap dalam membesarkan anak tersebut. Orang tua tetap harus memberikan pengasuhan yang baik kepada anak tunagrahita karena mereka yang terlahir dalam kondisi berbeda maka dalam perlakuannya juga akan berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi bagaimana pentingnya peran orang tua dalam melatih disiplin pada anak tunagrahita, upaya apa saja yang diterapkan dalam melatih disiplin anak tunagrahita dan dampak yang ditimbulkan setelah melakukan upaya tersebut. Target utama pada penelitian ini adalah orang tua dari anak tunagrahita. Lokasi penelitian orang tua anak tunagrahita ini di Durian Depun, Merigi Kepahiang Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kajian literatur. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua memiliki peranan penting dalam mendidik anak, apalagi pada anak tunagrahita yang membutuhkan perlakukan lebih khusus. Upaya yang dilakukan orang tua dalam menerapkan sikap disiplin anak tunagrahita ialah dengan memperkenalkan dnegan lingkungan, menanamkan pembiasaan, memgajarkan dengan mempraktikkan langsung, berkonsultasi dengan ahli dan bersyukur.
UPAYA MENINGKATKAN HAFALAN BACAAN DAN GERAKAN SHALAT DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) PADA ANAK USIA DINI DI DESA GERBANG SARI, KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR Sahara, Siti; Hardi, Vitri Angraini; Fauziddin, Moh
Journal on Teacher Education Vol 2, No 1 (2020): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dengan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan bacaan dan gerakan sholat pada anak kelompok B TK Asmaul Husna. Hal ini dilakukan karena masih lemahnya kemampuan anak dalam pembelajaran sholat. Metode dan media yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah metode demonstrasi dengan media audio visual. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) penerapan metode demonstrasi dengan media audio visual dilaksanakan dalam dua siklus. 2) hasil dari penerapan metode demonstrasi dengan media audio visual pada dalam pembelajaran sholat mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan kemampuan praktek sholat terlihat dari kemampuan awal pra tindakan 42%, meningkat menjadi 57% pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 74% pada siklus II. Dengan demikian metode demonstrasi dengan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan bacaan dan gerakan sholat untuk anak kelompok B TK Asmaul Husna.