cover
Contact Name
Yolanda Pahrul
Contact Email
yolandapahrul@gmail.com
Phone
+6285263913430
Journal Mail Official
journalteacher59@gmail.com
Editorial Address
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/about/editorialTeam
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Journal On Teacher Education (Jote)
ISSN : 26861895     EISSN : 26861798     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, mathematics education, physics education, chemical education, management education, educational guidance and counseling and other practical studies. Journal On Teacher Education publish publications twice a year, in September and March. This journal is registered with E-ISSN: 2686-1798 and P-ISSN: 2686-1895.
Articles 621 Documents
Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak melalui Permainan Busa Geometri di Taman Kanak-kanak Sejati Ketaping Batang Anai Kab. Padang Pariaman Rosnida Rosnida
Journal on Teacher Education Vol. 1 No. 1 (2019): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.384 KB) | DOI: 10.31004/jote.v1i1.505

Abstract

Peningkatan kemampuan motorik kasar anak di TK Sejati Ketaping Batang Anai masih rendah, anak kurang mampu menjaga keseimbangan badan dan kekuatan kakinya, hal ini terlihat pada saat anak berjalan berjinjit dan berjalan dengan tumit, anak cepat mengatakan letih. Hal ini disebabkan kurangnya sarana permainan yang menarik bagi anak. Guru hanya memanfaatkan media yang ada, tanpa berusaha menciptakan permainan yang baru. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan busa geometri. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas Subjek penelitian TK Sejati Ketaping, pada kelompok B.1 dengan jumlah anak 15 orang. Teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi, selanjutnya diolah dengan teknik persentase. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, satu lagi siklus 3 dengan satu kali pertemuan. Hasil kondisi awal pada umumnya peningkatan kemampuan motorik kasar anak masih rendah. Pada siklus I pencapaian nilai rata-rata peningkatan kemampuan motorik kasar anak meningkat tapi belum maksimal. Sedangkan pada siklus II peningkatan kemampuan motorik kasar anak sudah meningkat, tetapi belum optimal. Pada Siklus III keberhasilan pada setiap aspek rata-rata tingkat keberhasilan melebihi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan permainan dan media yang menarik sangat tepat untuk peningkatan kemampuan motorik kasar anak di TK Sejati Ketaping Batang Anai.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE STRUKTUR ANALISIS SINTESIS (SAS) DI SEKOLAH DASAR Nelpita Sari; Musnar Indra Daulay; Nurhaswinda Nurhaswinda
Journal on Teacher Education Vol. 2 No. 1 (2020): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (694.098 KB) | DOI: 10.31004/jote.v2i1.1209

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca permulaan. Metode ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. dan waktu penelitian dilaksanakan mulai bulan September hingga Oktober 2020. Subjek penelitian ini siswa kelas II yang berjumlah 14 orang siswa. Teknik pengumpuan data berupa wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa materi membaca permulaan kelas II SDN 016 Kemang Indah pada siklus I dan siklus II menunjukkan diantaranya sebelum dilakukan tindakan rata-rata siswa 59,0. Pada siklus I rata-rata siswa meningkat menjadi 66,8. Pada siklus II rata-rata siswa semakin meningkat menjadi 7,14. Dari hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode struktur analisis sintesis (SAS) dikatakan meningkat.
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA Sofiarti Andriani
Journal on Teacher Education Vol. 1 No. 2 (2020): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.024 KB) | DOI: 10.31004/jote.v1i2.515

Abstract

Komunikasi merupakan hal penting dalam kehidupan. Hal ini dikarenakan manusia pada hakikatnya merupakan makhluk sosial. Matematika merupakan salah satu pelajaran yang sangat diperlukan juga dalam kehidupan. Sebagian besar aspek kehidupan, matematika selalu berkontribusi di dalamnya. Komunikasi matematis merupakan kemampuan seseorang dalam menyapaikan sebuah ide matematika secara lisan maupun tulisan. Secara lisan dapat berupa dalam bentuk diskusi ataupun menjelaskan. Secara tulisan dapat berupa menyapaikan sebuah ide matematika dalam bentuk gambar/grafik, tabel, persamaan, atau dengan bahasa siswa sendiri.
MENANAMKAN MORAL SEJAK DINI MELALUI BUKU BERGAMBAR PILAR KARAKTER SOPAN SANTUN PADA ANAK USIA DINI DI DESA GERBANG SARI, KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR Minarni Purba; Syahrial Syahrial; Moh Fauziddin
Journal on Teacher Education Vol. 2 No. 1 (2020): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (663.959 KB) | DOI: 10.31004/jote.v2i1.1140

Abstract

Tujuan penelitian secara umum adalah mendeskripsikan penanaman moral anak usia dini di KB Kartini Beringin Lestari. Metode penelitian adalah menggunakan PTK yang dilakukan dua siklus. Subjek penelitian adalah anak KB Kartini Beringin Lestari berjumlah 20 anak didik. Alat pengumpulan data yaitu dengan menggunakan lembar observasi kegiatan anak dan guru. Tekhnik analisa data yaitu tekhnik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: nilai karaktek sopan santun dapat meningkatkan melalui metode bercerita dengan media buku bergambar pilar karakter sopan santun. Hasil penelitian tindakan kelas yang semula pada pra siklus persentase anak dengan kriteria sangat baik 31,87% meningkat menjadi 58,43% setelah di adakan penelitian tindakan kelas pada siklus 1. Lalu penelitian melakukan penelitian kembali pada pertemuan I sampai III untuk siklus II, kemampuan moral untuk karaktek sopan santun anak meningkat signifikan menjadi 88,75%. Kesimpulannya adalah dengan buku bergambar pilar karakter sopan santun, kemampuan moral anak KB Kartini meningkat dengan baik.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Melalui Model Kooperatif Debat Kimia Berbasis ICT di Kelas Xii Ia 2 SMA Negeri 2 Maumere hendrikus hadir
Journal on Teacher Education Vol. 1 No. 2 (2020): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (799.679 KB) | DOI: 10.31004/jote.v1i2.906

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya ketuntasan hasil belajar siswa pada materi reaksi oksidasi dan reduksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikan model pembelajaran kooperatif debat kimia berbasis TIK. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XII IA SMA Negeri 2 Maumere. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengukuran dengan instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar dan observasi langsung menggunakan lembar pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I meningkat 3,78 menjadi 7,14 pada siklus II
Pengaruh Iringan Gitar Terhadap Kecerdasan Emosional Anak di PAUD Terpadu Bhakti Bunda Padang Muthia Arya Putri; Indra Yeni; Rakimahwati Rakimahwati
Journal on Teacher Education Vol. 1 No. 1 (2019): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.075 KB) | DOI: 10.31004/jote.v1i1.500

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh iringan gitar terhadap kecerdasan emosional. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasy experiment. Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelas eksperimen adalah 88,2 sedangkan pada kelas kontrol 77,8. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh thitung lebih besar dari ttabel menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara iringan gitar terhadap kecerdasan emosional anak di PAUD Terpadu Bhakti Bunda Padang
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA KELUARGA MUDA DI DESA SUMBER MAKMUR KECAMATAN TAPUNG Shella Sakana Zain; Nurmalina Nurmalina; Moh Fauziddin
Journal on Teacher Education Vol. 2 No. 1 (2020): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (756.814 KB) | DOI: 10.31004/jote.v2i1.1244

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan anak usia dini pada keluarga muda di Desa Sumber Makmur Kecamatan Tapung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Keluarga muda yang memiliki anak usia dini. Data dikumpulkan melalui pengamatan dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada konsep Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pola asuh yang ada pada keluarga muda di Desa Sumber Makmur terdiri dari 2 jenis pola asuh, yaitu pola asuh permisif dan otoriter; 2) Fasilitas yang diberikan sudah memberikan fasilitas bagi pendidikan dan pengembangan diri anak usia dini mereka; 3) Pemantauan terhadap perkembangan (fisik-motorik, kognitif, dan afektif) anak melalui hasil-hasil dari pembelajaran anak, baik pembelajaran yang anak peroleh di sekolah ataupun hasil dari pembelajaran yang anak peroleh saat belajar bersama orangtua di rumah.
Penerapan Model Example Non Example untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Yelira Novita; Putri Hana Pebriana; Astuti Astuti
Journal on Teacher Education Vol. 1 No. 1 (2019): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.456 KB) | DOI: 10.31004/jote.v1i1.510

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan proses sains pada mata pelajaran IPA di SDN 016 Balung dengan jumlah siswa 11 orang, di buktikan dengan hasil tes tertulis keterampilan proses sains siswa yang rendah. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan gambaran tentang perencanaan pembelajaran IPA untuk meningkatkan keterampilan proses sains, pelaksanaan pembelajaran IPA untuk meningkatkan keterampilan proses sains, peningkatan keterampilan proses sains dengan menggunakan model pembelajaran Example non Example. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri empat tahapan dalam setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan lembar kerja siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I dengan persentase 63,6% (kategori kurang), siklus II meningkat menjadi 90,9% (kategori amat baik). Dengan demikian, pembelajaran IPA dengan menerapkan model Example non Example dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Imelda Rahmi; Nurmalina Nurmalina; Moh Fauziddin
Journal on Teacher Education Vol. 2 No. 1 (2020): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (933.796 KB) | DOI: 10.31004/jote.v2i1.1164

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran tema organ gerak hewan dan manusia dengan menerapkan model Role Playing di SDN 007 Pulau Lawas. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan, ketuntasan hasil minat belajar siswa hanya mencapai 35,26 % dalam kategori sedang. Dalam melaksanakan siklus 1 Pertemuan 1 ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 38,27 % kategori sedang. Siklus 1 Pertemuan 2 ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 45,55 % kategori sedang. Pada siklus 2 Pertemuan 1 ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 58,92 % kategori tinggi. Sedangkan dalam melaksanakan siklus 2 Pertemuan 2 ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 77,36 % kategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Role Playing dapat meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar.
EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI BAGI SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 MAUMERE Silvester Gudu
Journal on Teacher Education Vol. 2 No. 1 (2020): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.054 KB) | DOI: 10.31004/jote.v2i1.991

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas metode problem based learning dalam keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMK Negeri 2 Maumere. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain dalam penelitian ini menggunakan non-equivalent control group design. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik analisi data diolah dengan perhitungan statistik SPSS 16 untuk uji normalitas, homogenitas dan uji-t. Data dalam penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Pada teknik pengumpulan data, diperoleh dengan observasi guru dan melakukan tes. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 63 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode problem based learning efektif diterapkan pada pembelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis. Efektivitas penerapannya dibuktikan dengan hasil t hitung sebesar 7.413 dengan df 29. Uji-t menunjukkan, bahwa t hitung 7.413 > 0,05. t hitung kemudian dikonsultasikan dengan nilai t tabel dengan taraf signifikasi 0,05 dan df 29 (n-1). Hasil yang didapat berdasarkan t tabel adalah sebesar 3.009, hal tersebut menunjukkan bahwa t hitung >t tabel (7.413 > 3.009) yang berarti hipotesis diterima. Kesimpulan ada perbedaan kemampuan awal dan akhir menulis karangan argumentasi antara metode guru dan metode problem based learning pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dapat dibuktikan juga dengan melihat hasil persentase nilai pascates keterampilan menulis karangan argumentasi dengan menerapkan metode guru yaitu 75%, sedangkan persentase nilai pascates keterampilan menulis karangan argumentasi siswa dengan mengimplementasikan metode PBL adalah 80%.

Page 1 of 63 | Total Record : 621