cover
Contact Name
Muhammad Ikrar Yamin
Contact Email
ikrar@istn.ac.id
Phone
+6221-7866 6955
Journal Mail Official
sinusoida@istn.ac.id
Editorial Address
Jl. Moh. Kahfi II, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan 12630
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Sinusoida: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Elektro
ISSN : 14114593     EISSN : 27220222     DOI : -
Sinusoida adalah jurnal ilmiah bidang teknik elektro diterbitkan oleh kampus Institut Sains dan Teknologi Nasional Jakarta yang dikelola oleh program studi Teknik Elektro Sinusoida menerbitkan artikel penelitian dari berbagai topik di bidang elektronika, teknik tenaga listrik, telekomunikasi dan sistem kontrol, termasuk tetapi tidak terbatas pada topik-topik berikut: • Analisis Sistem Tenaga Listrik • Analisa Pembebanan dan Distribusi Tenaga Listrik • Analsisa Keandalan Tenaga Listrik • Sistem Kontrol Konvensional • Sistem Kontrol Modern • Sistem Distribusi Tenaga listrik • Analisa Jaringan listrik • Perancangan jaringan distribusi tenaga listrik • Pembangkit Tenaga Listrik Mikro • Energi Listrik Alternatif Terbarukan • Sistem Informasi dan Komunikasi Data Tenaga Listrik • Sistem Monitoring dan Kontrol Daya Listrik • Penerapan Artificial Intellegence dalam Sistem Kontrol • Robotika • Perancangan atau pembuatan kontrol sistem
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 25 No 1 (2023): Jurnal Penelitian dan Pengkajian Elektro" : 10 Documents clear
OPTIMALISASI TRANSMISI DATA MOBILE ADVERTISING (M-ADS) CONTENT BERDASARKAN IMEI FILTERING Irmayani Irmayani; Ariman Ariman; Ayuni Saskia Achmad
SINUSOIDA Vol 25 No 1 (2023): Jurnal Penelitian dan Pengkajian Elektro
Publisher : INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI NASIONAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37277/s.v25i1.1664

Abstract

Fenomena pergeseran perilaku konsumen terhadap layanan inti dari voice service dan value added service seperti SMS dan MMS menuju data service membuat operator telekomunikasi harus bertransformasi yang sebelumnya hanya sekedar penyedia jalan (dump pipe) menjadi penyedia layanan digital seperti Mobile Advertising (M-Ads). Namun terdapat permasalahan yang terjadi di dalam penerapan Mobile Advertising (M-Ads). Permasalahan itu terjadi karena adanya pengiriman MAds content yang tidak sesuai dengan lokasi dan IMEI handset subscriber yang dituju sehingga sering di anggap spamming oleh subscriber. Oleh karena itu, diperlukan suatu optimalisasi yang dapat memperbaiki permasalahan pada saat pengiriman M-Ads. Pada makalah ini telah dilakukan optimalisasi pengiriman konten untuk M-Ads dengan melakukan filtering pada lokasi & IMEI handset subscriber. Optimalisasi yang dilakukan menggunakan sistem Location Based Advertising (LBA) berdasarkan IMEI filtering. Berdasarkan hasil percobaan, pengirim/advertiser berhasil mengirimkan mobile advertising menggunakan layanan SMS & MMS kepada pelanggan/subscriber sesuai dengan lokasi & IMEI handset subscriber yang dituju.
APLIKASI SOLID STATE COCKPIT VOICE RECORDER Edy Supriyadi; Mohamad Ade Rahayu Sofyan; Ariman Ariman
SINUSOIDA Vol 25 No 1 (2023): Jurnal Penelitian dan Pengkajian Elektro
Publisher : INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI NASIONAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37277/s.v25i1.1665

Abstract

Seringnya kecelakaan transportasi public khususnya pesawat terbang, membuat badan dunia dalam hal ini ICAO mensyaratkan pemasangan Black Boxes pada pesawat komersial., Dengan adanya peralatan ini dapat membantu merekonstruksi terjadinya kecelakaan pada pesawat yang dipasang. Salah satu alat tersebut adalah Solid State Cockpit Voice Recorder yang berfungsi sebagai perekam kejadian sebelum terjadinya kecelakaan (30 menit). Dalam penelitian ini dilakukan pengujian Solid State Cockpit Voice Recorder di Workshop sebelum dinyatakan laik pakai di pesawat, pengetesan menggunakan alat PATS. Alat pengetesan ini merupakan simulasi yaitu menerangkan proses perekaman selama penerbangan berlangsung. Pengujian meliputi Distorsi pada Channel 1,2,3 dan 4, Frekuensi FSK, Frekuensi Kecepatan Rotor Helicopter, amplitude audio serta harga Label pada ARINC 429. Setelah dilakukan pengujian dengan menggunakan PATS (Playback And Test Station), pengujian hal-hala tersebut diatas dilakukan secara otomatis dengan hasil sesuai dengan yang disyaratkan
ANALISA KONTINGENSI KINERJA SISTEM KELISTRIKAN JARINGAN DISTRIBUSI 20KV DI PT. PLN ULP CIBITUNG Nizar Rosyidi A.S; Iriandi Ilyas
SINUSOIDA Vol 25 No 1 (2023): Jurnal Penelitian dan Pengkajian Elektro
Publisher : INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI NASIONAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37277/s.v25i1.1666

Abstract

Sistem tenaga listrik harus dapat menyalurkan energi listrik secara andal dan aman baik dalam kondisi normal maupun kondisi gangguan yang berupa adanya elemen sistem yang terlepas atau keluar dari sistem. Dengan demikian untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka harus mampu mengatasi segala kemungkinan gangguan yang dapat terjadi. Gangguan dapat menyebabkan penurunan keandalan serta kinerja dalam sistem tenaga listrik. Analisa yang digunakan pada penelitian ini adalah analisa kontingensi yang merupakan suatu cara pengujian sistem atau pemodelan sistem pada setiap gangguan yang terjadi. Analisa kontingensi yang dilakukan bertujuan untuk menentukan nilai daya aktif dan tegangan pada kondisi normal ataupun saat terjadi kontingensi, serta untuk menentukan representasi urutan performance index (PI). PI merupakan suatu besaran yang mewakilkan seberapa besar dampak apabila terjadinya peristiwa gangguan di dalam sistem. Analisa kontingensi dengan metode performance index dilakukan dengan membuat urutan prioritas PI berdasarkan perhitungan daya aktif dan tegangan setelah terjadinya kontingensi. Sehingga, setiap kontingensi dapat diurutkan berdasarkan nilai PI yang terbesar hingga yang terkecil. Semakin besar nilai PI yang didapatkan, maka dampak yang ditimbulkan dari gangguan akan semakin besar.
IMPLEMENTASI CSFALLBACK INTERNATIONAL ROAMING PADA JARINGAN LTE Irmayani Irmayani
SINUSOIDA Vol 25 No 1 (2023): Jurnal Penelitian dan Pengkajian Elektro
Publisher : INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI NASIONAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37277/s.v25i1.1667

Abstract

Roaming internasional adalah fitur jaringan seluler, yang memungkinkan pelanggan satu operator negara asal menggunakan jaringan operator negara lain yang dikunjungi. Location Update dan layanan call roaming adalah salah satu hal yang paling penting pada layanan roaming internasional. Ketika operator seluler memigrasi jaringannya dari sistem Generasi ke 2 (2G) ke Long Term Evolution (LTE), 2G dan LTE akan bekerja berdampingan untuk jangka waktu tertentu. Karena hasil dan mekanisme suara pada 2G Circuit-Switched (CS) lebih bersih dan tersedia dari pada LTE Voice over Internet Protocol (VoIP), operator dapat mempertimbangkan CSfallback sebagai solusi untuk menyediakan panggilan suara yang handal. Berdasarkan prosedur fallback Generasi Ketiga (3GPP), ketika pengguna ponsel di jaringan LTE memiliki panggilan masuk atau keluar, User Equipment (UE) turun dari jaringan LTE ke jaringan 2G. Saat panggilan selesai dan dilepaskan, UE segera kembali ke jaringan LTE. Hasil pengukuran LUSR (Location Update Success Ratio) sebesar 48% dan CCR (Call Completion Rate) sebesar 66% berada di bawah nilai standar KPI operator Indonesia yaitu 80%. Nilai LUSR dan CCR yang didapat berpredikat Poor atau Buruk. Namun hal ini masih diizinkan dikarenakan pengukuran dilakukan hanya dengan mengambil data satu hari dari nomor operator negara asal diimplementasi di jaringan LTE operator Indonesia. Serta walaupun LUSR dan CCR di bawah standar, operator ini bukanlah operator prioritas di negara asalnya yang bekerja sama dengan operator Indonesia.
GENERATOR FLUKS AKSIAL MAGNET PERMANEN DOUBLE SIDED SINGLE STATOR Poedji Oetomo
SINUSOIDA Vol 25 No 1 (2023): Jurnal Penelitian dan Pengkajian Elektro
Publisher : INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI NASIONAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37277/s.v25i1.1668

Abstract

Generator merupakan bagian dari peralatan pembangkit listrik yang berfungsi mengkonversi energi mekanik menjadi energi listrik. Pada pembahasan ini menyajikan hasil rancangan dan pengujian dari model generator fluks axial magnet permanen type disc. Flux medan magnet berasal dari magnet permanen yang ditempatkan pada disc sebagai rotor dan arahnya sejajar dengan poros. Kontruksi generator dirancang dengan sisi ganda atau double sided dan ditengahnya terdapat stator yang dibuat dari bahan resin . Pada stator terdapat kumparan-kumparan tembaga tanpa inti besi dengan bentuk persegi sama dengan bentuk magnet yang digunakan. Bila rotor berputar maka kumparan pada stator akan dikenai flux medan magnet yang berubah terhadap waktu sehingga akan timbul tegangan induksi pada kumparan. Bagaimana output dari generator maka perlu dilakukan pengujian dengan tanpa beban dan berbeban sehingga diketahui daya listrik yang dihasilkan.
SISTEM PENGENDALIAN KESTABILAN PESAWAT TANPA AWAK BERBASIS KONTROL PID Agus Sofwan; Muhammad Ikrar Yamin; Budi Santoso
SINUSOIDA Vol 25 No 1 (2023): Jurnal Penelitian dan Pengkajian Elektro
Publisher : INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI NASIONAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37277/s.v25i1.1669

Abstract

Pesawat tanpa awak yang dikenal dengan drone atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV), dengan penggunaan multirotor sudah banyak digunakan., tetapi UAV mempunyai kendala di sistem kontrol . Hal itu karena pengaruh altitude yang menjadi kendala terhadap stabilitas UAV. Untuk menjagga stabilitasnya pada saat terbang perlu ditambahkan sistem kendali terhadap pengaruh altitude tersebut. Kontrol PID merupakan salah satu metode yang banyak digunakan untuk menjaga kestabilan suatu sistem. Dengan memanfaatkan inputan umpan balik yang berasal dari sensor-sensor yang terpasang di UAV seperti accelerometer dan gyroscope serta dikendalikan oleh kendali PID, maka diharapkan UAV menjadi stabil dengan menjaga kecepatan masing-masing rotor sesuai dengan perintah yang dikirimkan melalui kendali jarak jauh (remote control). Dengan menggunakan kontrol PID dan umpan balik dari sensor accelerometer dan gyroscope, maka UAV dapat menjaga stabilitas altitude sesuai dengan yang diinginkan.
RANCANG BANGUN PROTOTYPE REBSERVASI PARKING GEDUNG PERKANTORAN BERBASIS IoT Fivit Marwita
SINUSOIDA Vol 25 No 1 (2023): Jurnal Penelitian dan Pengkajian Elektro
Publisher : INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI NASIONAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37277/s.v25i1.1670

Abstract

Meningkatnya penggunaan mobil di kota besar khususnya di Jakarta tidak diseimbangkan dengan penyediaan lahan parkir yang memadai, gedung perkantoran seharusnya menyediakan lahan parkir untuk karyawan yang bekerja dan pengunjung yang ingin ke gedung tersebut. Walaupun gedung perkantoran sudah menyediakan slot lahan parkir, tetap saja masih terjadi kekurangan slot lahan parkir. Untuk mengatasi hal tersebut dirancang sistem parkir dengan menggunakan sistem IoT yang memudahkan pengguna kendaraan mengetahui jumlah dan kapasitas parkir yang kosong didalam gedung. Dengan memanfaatkan modul ESPCAM-32 dan penggunaan QR Code dengan aplikasi berbasis web, pengguna kendaraan dapat melakukan rebservasi lahan parkir tanpa perlu mencari lahan parkir kosong dalam gedung-gedung perkantoran. Jika seseorang telah melakukan rebservasi melalui website, user akan mendapatkan sebuah QR Code yang akan di scanning pada modul ESPCAM-32. Palang pintu parkir akan membuka, jika masih ada lahan parkir yang kosong.
STUDI TENTANG KELISTRIKAN PADA SISTEM KERETA REL LISTRIK Sugianto Sugianto; Hafidz Ahnap Alfiansyah; Poedji Oetomo
SINUSOIDA Vol 25 No 1 (2023): Jurnal Penelitian dan Pengkajian Elektro
Publisher : INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI NASIONAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37277/s.v25i1.1671

Abstract

Kereta rel listrik (KRL) merupakan bentuk pengaplikasian dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang transportasi sehingga KRL dapat menggantikan moda transportasi yang menggunakan batu bara maupun menggunakan diesel. Saat ini kereta rel listrik di Indonesia merupakan salah satu moda transportasi yang paling banyak digunakan setiap harinya untuk beraktifitas mulai dari transportasi untuk sekolah dan kuliah sampai transportasi yang digunakan untuk berangkat kerja dan aktifitas penting lainnya. Penumpang kereta rel listrik setiap tahunnya di Indonesia semakin meningkat, dimulai dari angka 100 ribu penumpang perhari hingga diprediksi dapat menjadi 1 juta penumpang perharinya. Kapasitas maksimal dari 5 Gardu traksi (GT) yaitu GT Cawang, Duren Kalibata, Pasar Minggu, Tanjung Barat, Lenteng Agung masih dapat dikategorikan dapat digunakan sesuai dengan kapasitasnya, dengan selisih antara kapasitas daya output antara kapasitas tersedia dengan kapasitas hasil perhitungan hanya terpaut selisih 3.75 – 4.85 % yang menunjukan angka ≤ 5% dari aturan yang ada. Gardu traksi (GT) Cawang, Duren Kalibata, Pasar Minggu, Tanjung Barat, Lenteng Agung masih bekerja sesuai dengan kapasitas daya output yang tersedia Ketika digunakan headway tercepat selama 6 menit (± 20 kereta/jam) dengan interval penggunaan daya gardu 51.81 – 81.3% dari kapasitasnya. Dengan kondisi kapasitas daya output tersedia saat ini, penyempitan waktu headway masih belum dapat dilakukan karena terdapat beberapa gardu yang menanggung beban daya melebihi kapasitasnya pada waktu tercepat 4 menit, GT Pasar Minggu beban daya perjam melebihi kapasitas dan dengan waktu 3 menit, GT Pasar Minggu dan GT Lenteng Agung beban data per jam melebihi kapsitas.
SISTEM KONTROL MESIN AUTOMATIC COOKER CANDY MENGGUNAKAN PLC OMRON CJ1M DAN HMI WEINVIEW MT6070iH Muhammad Febriansyah
SINUSOIDA Vol 25 No 1 (2023): Jurnal Penelitian dan Pengkajian Elektro
Publisher : INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI NASIONAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37277/s.v25i1.1672

Abstract

Perancangan sistem mesin cooker candy menggunakan PLC modular OMRON CJ1M dan HMI Wintek WEINVIEW MT6070iH sangatlah tepat guna, karena memudahkan dalam improvement program saat terjadi penambahan pada kontrol proses produksi dikarenakan input/output PLC yang bisa ditambah, selain itu HMI Wintek WEINVIEW kompatibel dengan berbagai merek PLC. Input proximity sensor kapasitif digunakan sebagai sensor safety cover motor mixer pada weighing tank, dan menggunakan output pilot lamp sebagai indikator pengganti actuator valve pada prototipe serta motor 12VDC yang berfungsi sebagai motor mixer, motor pompa transfer, dan motor pompa vacuum. Pengguna dapat mengendalikan sistem kontrol ini menggunakan HMI. Hasil dari pengujian dapat disimpulkan bahwa alat berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan dan konsep kerja mesin cooker candy. Perancangan alat dikatakan belum sempurna dikarenakan sistem kontrol mesin cooker candy ini masih sebatas prototipe simulasi pada modul PLC CJ1M.
PEMANFAATAN PANAS GAS BUANG MENJADI ENERGI LISTRIK Iriandi Ilyas; Nizar Rosyidi A.S
SINUSOIDA Vol 25 No 1 (2023): Jurnal Penelitian dan Pengkajian Elektro
Publisher : INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI NASIONAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37277/s.v25i1.1673

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana memanfaatkan panas yang terbuang dari mesin Suspension Preheater dan mesin pendinginan klinker (clinker cooler). Mesin Waste Heat Power Generation (WHPG) merupakan pembangkit listrik tenaga uap yang memanfaatkan panas yang terbuang dari mesin Suspension Preheater dan mesin pendinginan klinker (clinker cooler) untuk memanaskan fluida pada tungku uap (boiler). Hasil uap dengan tekanan dan temperatur tertentu yang konstan digunakan untuk memutar turbin pembangkit listrik. PT.X berencana menambahkan fasilitas WHPG pada lokasi pabrik dan diharapkan akan menghasilkan energi ± 7 MW. Pembangunan fasilitas ini merupakan salah satu langkah penggunaan kembali energi yang terbuang menjadi energi terbarukan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10