cover
Contact Name
Bandiyah
Contact Email
jurnaldikbud1@gmail.com
Phone
+6281288370671
Journal Mail Official
jurnaldikbud@kemdikbud.go.id
Editorial Address
Sekretariat BSKAP Kemendikbud Gedung E, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan Jakarta 10270 Telepon: (021) 57900405, Faksimile: (021) 57900405 Email: jurnaldikbud@kemdikbud.go.id; jurnaldikbud@yahoo.com
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
ISSN : 24608300     EISSN : 25284339     DOI : https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i1.1509
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a peer-reviewed journal published by Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Agency for Research and Development, Ministry of Education and Culture of Republic of Indonesia), publish twice a year in June and December. This journal publishes research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, and archeology.
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 52 (2005)" : 2 Documents clear
ADAPTASI BAHASA ANAK USIA BALITA PADA LINGKUNGAN BAHASA BARU DI JAKARTA TIMUR Hanna Hanna
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. 11 No. 52 (2005)
Publisher : Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24832/jpnk.v11i52.399

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi teirang: (1) bagaimana seorang anak usia balita mampu beradaptasi bahasa dengan dialek tertentu walaupun sudah ada dialek yang dikuasai sebelumnya, (2) bagaimana anak usia balita mengerti dan memahami bahasa dengan dialek tertentu sesuai dengan perkembangan jiwanya dan pengaruh neurologi, (3) bagaimana anak berusia balita mampu memelihara dua dialek dalam satu komunikasi, dan ( 4) bagaimana anak berusia balita mampu membedakan dua dialek dalam satu komunikasi. Hasil pengamatan ini menunjukkan bahwa ternyata anak usia balita sangat cepat dan lancar dalam mengadaptasi bahasa dan dialek. Mereka juga lebih cepat memahami dan mengerti bahasa dan dialek yang didengarnya tanpa menghilangkan bahasa dan dialek awal. Proses penerimaan itu terjadi tanpa paksaan melainkan diperoleh dengan cara alamiah. Hal ini terlihat pada beberapa dia­ log yang dikemukakan dalam penelitian ini. Kemampuan memelihara dan memahami bahasa dan dialek yang berbeda merupakan suatu hal yang perlu ditingkatkan.
Evaluasi Proses Belajar Mengajar Senam melalui Masukan dan Proses Model Context, Input, Process and Product (CIPP) di SLTP Kota Manado 2001 J.J Terry
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. 11 No. 52 (2005)
Publisher : Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24832/jpnk.v11i52.677

Abstract

Kenyataan lapangan membuktikan bahwa terjadinya kesenjangan antara tujuan khusus pengajaran dengan apa yang dikerjakan guru Pendidikan jasmani di lapangan menyebabkan prestasi akademik tidak dinyatakan secara jelas. Penekanan evaluasi proses belajar mengajar di sekolah adalah pada evaluasi formatif dan sumatif, tanpa disadari bahwa berbagai penyimpangan dan kekurangan sering dialami guru pendidikan jasmani dalam merencanakan program pengajaran senam dan mentransformasikan ke dalam proses belakar mengajar. Pembuatan satuan pengajaran hanya menitikberatkan pada input, proses, dan produk untuk memperbaiki hasil belajar mengajar melalui pengajaran remedial dan belajar tuntas, tai kenyataannya prestasi akademik tidak dapat dinyatakan secara jelas (intangibel). Di samping itu, satuan pengajaran di sekolah seolah-olah dianggap baku, walaupun tiap sekolah berbeda dan dilaksanakan hanya sebagai pertanggungjawaban administrasi tanpa dievaluasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 2