cover
Contact Name
WAWAN ROFIQI
Contact Email
lppm.unhasy@gmail.com
Phone
+6282338675195
Journal Mail Official
lppm.unhasy@gmail.com
Editorial Address
Jl. irian Jaya No. 55 Tebuireng Jombang jawa Timur 61471
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Discovery : Jurnal Ilmu Pengetahuan
ISSN : 25276859     EISSN : 27236145     DOI : -
Jurnal Discovery memuat artikel hasil penelitian dalam bidang umum, baik agama, pendidikan, ekonomi dan sebagainnya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2017)" : 4 Documents clear
MENELUSUI PERADABAN ISLAM DALAM NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA Widada, Dwi Masdi
Discovery Vol 2 No 2 (2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Eropa dikenal sebagai perlambang kemewahan dan simbol kemajuan jaman terutamapada abad 21. Menelusuri tempat-tempat wisata di Eropa merupakan hasrat semua wisatawan.Beberapa wisata Eropa termasuk Menara Eiffel, Menara Pisa, Colosseum Roma, MuseumLouvre, dan lain-lain merupakan rangkaian yang tak terlupa. Semua itu terinspirasi dengankemegahan peradaban Islam di benua Eropa Abad Pertengahan. Eropa menyimpan gairah spiritrenaisance sebuah peradaban. Itu semua tentu berhubungan dengan sejarah peristiwa masalampau terkait dengan peradaban Islam di Andalusia atau dikenal dengan negara Spanyol.Catatan sejarah singkat di Eropa tertulis dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa.Novel berlatar belakang sejarah bercerita tentang peradaban Islam masa lalu. Islam pernahberjaya. Islam pernah menguasai daratan Eropa. Peradaban Islam masa lalu merupakan cikalbakal peradaban di Eropa. Hanum sebagai tokoh dalam cerita mengitari dan menjelajahi Eropa.Hanum menziarahi kepingan-kepingan sejarah yang terkubur dan terselip di atas kedigdayaanperadaban Eropa mulai dari Austria sampai Spanyol. Cordoba dan Granada adalah pusatperadaban Islam masa lalu di Eropa. Peradaban Islam Abad Pertengahan menjadi episentrumkemajuan pesat yang melahirkan banyak ilmuwan-ilmuan Islam. Lukisan Bunda Maria dan bayiYesus yang masyhur masih tersimpan di Museum Louvre Paris. Jika diamati secara detail adatulisan di kerudung Bunda Maria. Tulisan itu berbunyi Laa ilaaha illallah.Dari novel ini, kita pun menjadi tahu bahwa antara peradaban Islam dan Eropapernah saling bertegur sapa. Meskipun kini ada semacam kerenggangan antarkeduanya. Namun,novel ini seperti menjembatani untuk kembali membuka bentangan sejarah yang manis, mesra,kelam, dan pahit untuk sama-sama menjadi pembelajar agar tidak terperosok pada lubangkehancuran yang sama.Kata Kunci : Peradaban Islam, Toleransi Umat Beragama, dan Benua Eropa
PERAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KELUARGA SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK Choiri, Moh. Miftahul
Discovery Vol 2 No 2 (2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This article aims to identify the role of moral education in the family as aneffort to form the spiritual intelligence of children. Lately the spotlight on morals is quiteserious in other words the quality of morality is still far from expectations. The quality ofmorality should always be strived to be better again. The family as the first and maineducational environment is a solid foundation in the process of moral formation. Moralformation requires early habituation because morals can not be formed in a short time.The existence of the role of education, especially family education will be very helpful inthe formation of the main person. The family is one of the institutions that are responsiblefor the implementation of education that will determine the success or failure of children'seducation. Therefore, parents in Islam have an obligation to provide education andguidance to their children as one of the mandate of Allah SWT. Children are in need ofeducation from their parents, so that he grows and develops into a child who has goodcharacter, and has a good spiritual intelligence.Keywords: Pendidikan karakter, keluarga, kecerdasan spiritual.
BENEFITS AND SUGGESTIONS OF IMPLICIT VOCABULARY TEACHING Herwiana, Sakhi; Agustina, Sheila
Discovery Vol 2 No 2 (2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Salah satu elemen bahasa yang harus dikuasai oleh siswa adalah kosa kata. Kosa kataadalah elemen bahasa yang paling penting selain grammar dan pelafalan. Para siswa perlumenguasai kosa kata untuk meningkatkan keahliannya dalam belajar bahasa Inggris. Tetapi,mengajar kosa kata kepada para siswa tidaklah mudah. Para pengajar perlu teknik dan metodeyang sesuai untuk membantu muridnya menguasai kosa kata secara alami. Bagaimana kosa kataseharusnya diajarkan menimbulkan masalah bagi para guru dan peneliti. Dalam kasus ini, kamimenyarankan untuk menggunakan pengajaran kosa kata secara implisit. Pengajaran kosa katasecara implisit membawa banyak manfaat daripada secara eksplisit. Oleh karena itu, kamimemberikan saran-saran untuk mengajar kosa kata secara implisit yang akan memfasilitasi paraguru untuk membantu siswa-siswanya dalam menguasai kosa kata. Instruksi dalam strategibelajar kosa kata dapat efektif dalam proses belajar mengajar.Abstract: One of the language elements that the learners have to master is vocabulary.Vocabulary is one of the important element beside grammar and pronunciation. The learnersneed to acquire the vocabulary to improve their skills in learning English.However, teachingvocabulary for language learners is not easy. Teachers need appropriate methods and techniquesto help their students to acquire vocabulary naturally. How vocabulary should be taught raisesproblematic issue for many teachers or researchers.In this case, we suggest to use implicitteaching vocabulary. Implicit teaching brings more benefits than explicit teachingvocabulary.Therefore, we provide the suggesstions to teach the vocabulary implicitly, whichwill facilitates the teachers to help their students in acquiring the vocabulary. Instruction invocabulary learning strategies can be effective in teaching-learning process.Key words: vocabulary, implicit teaching, strategies
MODEL PEMBELAJARAN TERPADU BERBASIS PERMAINAN KOTAK JARING LABA-LABA UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN BELAJAR CALISTUNG ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK BERMAIN PARAMADINA SIDOKERTO MOJOWARNO KABUPATEN JOMBANG Hosna, Rofiatul
Discovery Vol 2 No 2 (2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 4