cover
Contact Name
Zulkarnain
Contact Email
alhikmah@iainlangsa.com
Phone
+6285260801133
Journal Mail Official
alhikmah@iainlangsa.ac.id
Editorial Address
Department of Communication and Islamic Broadcasting Studies The Faculty of Ushuluddin, Adab, and Da'wah State Institute for Islamic Studies Langsa Jalan Meurandeh - Kota Langsa
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Kebudayaan
ISSN : 20869762     EISSN : 26550539     DOI : https://doi.org/10.32505/hikmah
Core Subject : Education,
It is a journal published by the Department of Communication and Islamic Broadcasting Studies of the Faculty of Ushuluddin, Adab, and Dakwah of IAIN Langsa.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 1 (2020): Volume 11 Nomor 1, Januari-Juni 2020" : 6 Documents clear
Pemberitaan Media Massa Cetak dan Agenda Khalayak Terhadap Pemilukada Aceh Tahun 2017 Zulkarnain
Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Kebudayaan Vol 11 No 1 (2020): Volume 11 Nomor 1, Januari-Juni 2020
Publisher : DEPARTEMENT OF COMMUNICATION AND ISLAMIC BROADCASTING STUDIES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/hikmah.v11i1.1825

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pemberitaan pada media cetak Serambi Indonesia dan Harian Rakyat Aceh mengenai pemilukada Aceh tahun 2017 terhadap pemilihan gubernur dan wakil gubernur provinsi Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis wacana kritis terhadap pemberitaan pemilukada gubernur/wakil gubernur provinsi Aceh tahun 2017. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui analisis teks, wawancara terstruktur dengan beberapa narasumber dan informan serta dokumentasi. Pada pemilukada gubernur/wakil gubernur provinsi Aceh, ada beberapa pasangan calon yang memanfaatkan keberadaan media massa untuk menarik suara masyarakat melalui visi, misi dan program kerja (komunikasi organisasi). Pemanfaatan media massa dilakukan sebagai bagian dari strategi membangun branded image terhadap pasangang calon tersebut. Selama pelaksanaan pemilukada, agenda media digantikan dengan agenda khalayak dikarenakan beberapa hal: masyarakat telah menentukan pilihannya tanpa adanya pengaruh pemberitaan dari media massa, masyarakat telah mempraktekan kedewasaan dalam berpolitik, adanya tawaran program-program unggulan yang diusung oleh masing-masing pasangan calon. Selain sosok calon peserta pemilukada, masyarakat juga mencermati rekam jejak (track record) dari masing-masing pasangan calon dan Pasangan calon peserta pemilukada tidak memiliki dosa sejarah masa lalu seperti tidak terlibat dalam kasus korupsi, penyalahgunaan kewenangan dan lain-lain. Agenda khalayak memiliki bargaining position dengan agenda media sehingga pemberitaan pemilukada pada media massa harus berimbang (check and recheck). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Media massa memiliki agenda media yang bertujuan mengiring pembaca untuk melihat dan mengomentari pemberitaan yang dipublikasikan pada media massa terutama tentang Pemilukada.
Memahami Psikologi Audiens Dalam Dakwah Junaidi
Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Kebudayaan Vol 11 No 1 (2020): Volume 11 Nomor 1, Januari-Juni 2020
Publisher : DEPARTEMENT OF COMMUNICATION AND ISLAMIC BROADCASTING STUDIES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/hikmah.v11i1.1827

Abstract

Saat ini bangsa Indonesia sedang mengalami keterpurukan karena diterpa krisis multi dimensional, mulai dari krisis kepercayaan (amanah), krisis moral, ekonomi, sampai krisis sosial politik dan budaya. Semua itu terjadi diawali dari krisis nilai-nilai insani, keringnya nilai-nilai spiritual, terjadinya perubahan dalam kehidupan sosial keagamaan dan juga dalam kehidupan tradisional pada kehidupan modern. Untuk itu sangat dibutuhkan perubahan gerakan dakwah yang tidak boleh ditunda-tunda dalam rangka untuk menghadapi tantangan dan krisis multi dimensional. Dakwah harus dilakukan secara terencana, memiliki konsep yang jelas, terukur, terorganisir, dapat dievaluasi, harus tampil secara aktual, faktual dan kontekstual, haruslah disampaikan dengan cara yang baik, bijak, penuh dengan hikmah, penuh perhatian, keseriusan, niat yang ikhlas karena Allah, dan yang tidak kalah pentingnya adalah dengan tetap memperhatikan psikologi Auidens agar pesan dan nilai-nilai luhur ajaran agama yang disampaikan dalam dakwah dapat diterima dengan efektif.
Berbagi Surga: Poligami di Indonesia Dalam Bingkai Media Asing Fakhrur Rozi; Firda Adinda Syukri
Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Kebudayaan Vol 11 No 1 (2020): Volume 11 Nomor 1, Januari-Juni 2020
Publisher : DEPARTEMENT OF COMMUNICATION AND ISLAMIC BROADCASTING STUDIES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/hikmah.v11i1.1828

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana isu poligami dikemas dalam video Polemik Poligami di Indonesia: Berbagi Surga pada Channel Youtube Vice Indonesia dengan model analisis Zhongdang dan M. Kosicki melalui perangkat sintaksis, perangkat skrip, perangkat tematik, dan perangkat retoris yang disorot dalam bingkai kisah video. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui dokumentasi pada video, lalu data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui struktur framing model Zhongdang dan M. Kosicki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Vice Indonesia membingkai poligami sebagai nafsu semata. Vice Indonesia lewat tayangannya ingin menggiring perempuan-perempuan lain untuk tetap mempertahankan hak-hak asasi manusia dan perlindungan wanita dengan mengenalkan paham feminisme.
Komunikasi Pemerintah Kota Medan Dalam Menanggulangi Penyakit Masyarakat M. Agha Novrians; Mailin
Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Kebudayaan Vol 11 No 1 (2020): Volume 11 Nomor 1, Januari-Juni 2020
Publisher : DEPARTEMENT OF COMMUNICATION AND ISLAMIC BROADCASTING STUDIES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/hikmah.v11i1.1829

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan meneliti masalah kebijakan pemerintah melalui komunikasi Pemerintah Kota Medan dalam memberantas penyakit masyarakat dalam hal ini prostitusi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi, dan menggunakan teori komunikasi. Penelitian ini bertujuan menganalisa masalah penyakit masyarakat prostitusi di Kota Medan, dan bagaimana cara penanggulangannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyakit masyarakat prostitusi sulit di berantas kerna beberapa factor yaitu faktor ekonomi, faktor pendidikan/skill (tidak punya keahlian), faktor agama (kurangnya pendidikan agama).
Globalisasi Komunikasi dan Dampak Sosial di Masyarakat Perkebunan (Studi Kasus Masyarakat Perkebunan di Sumatera Utara) Selamat Riadi
Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Kebudayaan Vol 11 No 1 (2020): Volume 11 Nomor 1, Januari-Juni 2020
Publisher : DEPARTEMENT OF COMMUNICATION AND ISLAMIC BROADCASTING STUDIES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/hikmah.v11i1.1830

Abstract

Efektivitas komunikasi Masyarakat di Perkebunan dapat kita satukan dalam bentuk masalah internal maupun eksternal. Efektivitas merupakan tujuan dari kemampuan untuk mendayagunakan sesuatu secara tepat, standar yang jelas dan dapat diterima secara universal, Konflik perusahaan masyarakat dan perkebunan adalah konflik sumber daya alam yang didasarkan pada perjuangan untuk sumber daya alam. Permasalahan ini bisa berdampak pada aspek sosial budaya hingga merujuk kepada permasalahan komunikasi. Kemampuan pendekatan permasalahan harus mampu penguasaan negoisasi, baik kemampuan dialog, kerendahan hati, kepercayaan, harapan dan pemikiran kritis, agar permasalah dalam kebun tidak meluas dan akan tidak menguntungan semua pihak.
Proses Interaksi Sosial Di Tengah Pandemi Virus Covid 19 Siti Rahma Harahap
Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Kebudayaan Vol 11 No 1 (2020): Volume 11 Nomor 1, Januari-Juni 2020
Publisher : DEPARTEMENT OF COMMUNICATION AND ISLAMIC BROADCASTING STUDIES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/hikmah.v11i1.1837

Abstract

Pengetahuan tentang Interaksi Sosial dan Proses Sosial merupakan hal yang dapat membuat seseorang memperoleh pandangan yang dinamis tentang kehidupan masyarakat baik secara pribadi dan kelompok. Tidak dapat disangkal kedua hal tersebut memiliki aspek structural dan prosesual. Dimana ada kelompok-kelompok sosial, kebudayaan, lembaga sosial, stratafikasi, kekuasaan yang mempunyai suatu derajat dinamika tertentu yang melahirkan pola-pola perilaku dan kehidupan berbeda, terlebih pada situasi dan keadaan yang semakin lama memberikan dampak dan pengaruh yang besar kehidupan nyata masyarakat. Dewasa ini masyarakat dihadapkan pada situasi dimana secara strukural dan prosesual mengalami perubahan yang berdampak pada pola kehidupan. Pandemi Virus Covid 19 secara nyata mampu menggeser peradaban kehidupan masyarakat yang berpengaruh kepada interaksi sosial dan proses sosialnya. Baik itu segi kebudayaan, roda organisasi lembaga sosial, pola kepeminpinan dalam mengendalikan kekuasaan semua berpengaruh akibat pandemic wabah virus covid 19 ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 6