cover
Contact Name
Zulkarnain
Contact Email
alhikmah@iainlangsa.com
Phone
+6285260801133
Journal Mail Official
alhikmah@iainlangsa.ac.id
Editorial Address
Department of Communication and Islamic Broadcasting Studies The Faculty of Ushuluddin, Adab, and Da'wah State Institute for Islamic Studies Langsa Jalan Meurandeh - Kota Langsa
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Kebudayaan
ISSN : 20869762     EISSN : 26550539     DOI : https://doi.org/10.32505/hikmah
Core Subject : Education,
It is a journal published by the Department of Communication and Islamic Broadcasting Studies of the Faculty of Ushuluddin, Adab, and Dakwah of IAIN Langsa.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2018): Volume 9 Nomor 1, Januari-Juni 2018" : 8 Documents clear
Teknologi Komunikasi dan Informasi Bahtiar
Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Kebudayaan Vol 9 No 1 (2018): Volume 9 Nomor 1, Januari-Juni 2018
Publisher : DEPARTEMENT OF COMMUNICATION AND ISLAMIC BROADCASTING STUDIES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/hikmah.v9i1.1722

Abstract

Teknologi merupakan segala sesuatu sarana yang digunakan untuk memudahkah kehidupan manusia dalam menjaga kelangsungan hidup. Perkembangan teknologi juga sebagai indicator kemajuan suatu peradaban manusia pada setiap masanya dan itu menjadi dasar untuk perubahan dan perkembangan teknologi kedepannya. Kemajuan sebuah teknologi sangat berimplikasi pada perubahan kehidupan manusia baik secara positif maupun negative. Besarnya pengaruh dari teknologi membuat manusia terus melakukan berbagai pengembangannya untuk menciptakan teknologi-teknologi baru demi memudahkan kehidupan manusia dalam berbagai hal. Sebagaimana plot dalam film (science fiction) dengan judul “Jumper”, dalam film ini menggambarkan bagaimana pengaruh sains dan teknologi yang diimajinasikan terhadap masyarakat mampu membuka hubungan jarak jauh secara fisik seperti pesan suara atau gambar melalui teknologi frekuensi atau jaringan dengan kemampuan “teleportasi” (perpindahan fisik atau tubuh manusia dari suatu tempat ke tempat yang lain dalam waktu yang sangat cepat). Selanjutnya komunikasi merupakan interaksi dua orang atau lebih yang memiliki kesamaan makna mengenai hal yang diperbincangkan dan mengistilahkannya dengan komunikatif. selain membangun interaksi social, komunikasi juga sebuah proses penyampaian informasi kepada khalayak untuk diketahui dan dipahami. Sehingga penyebaran informasi tersebut melahirkan sebuah tatanan kehidupan social atau budaya yang baru ditengah masyarakat (peradaban), sesuai dengan tuntutan dan tuntunan perubahan jaman (masa)
Hegemoni Media Massa dan Pentingnya Membangun Kompetensi Khalayak Samsuar
Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Kebudayaan Vol 9 No 1 (2018): Volume 9 Nomor 1, Januari-Juni 2018
Publisher : DEPARTEMENT OF COMMUNICATION AND ISLAMIC BROADCASTING STUDIES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/hikmah.v9i1.1723

Abstract

Kepemilikan media massa menjadi alat yang paling efektif dalam mengejar globalisasi dan hegemoni penguasa elit Atas khayak. Akibatnya media massa tidak memberikan ruang bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses produksi, yang menyebabkan kesenjangan antara media massa dan khalayak. Kemampuan literasi media bagi masyarakat yang hidup ditengah-tengah dunia sesak media (media satuarated world) dan pengaruh Hegemoni dipandang sebagai kebutuhan yang sangat mendesak untuk membangun kompetensi khalayak dalam mengendalikan isi media untuk kehidupan yang lebih baik.
Ancaman Hoax Terhadap Media Massa Al Mutia Gandhi
Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Kebudayaan Vol 9 No 1 (2018): Volume 9 Nomor 1, Januari-Juni 2018
Publisher : DEPARTEMENT OF COMMUNICATION AND ISLAMIC BROADCASTING STUDIES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/hikmah.v9i1.1724

Abstract

Kemajuan teknologi dan informasi dewasa ini turut memberikan berbagai dampak positif dan negatif terhadap penyampaian sebuah pesan melalui media. Dimana pesan atau informasi yang ingin disampaikan melalui media sangat cepat untuk di ketahui khalayak. Terlebih pada media massa, informasi tersebut menyebar diberbagai media massa seperti facebook, instagram, twitter, whatsapp, berita online tanpa proses filterisasi sebuah pesan. Padahal kebenaran dari sebuah pesan akan mempengaruhi fikiran, emosi dan kepercayaan seseorang atau sekelompok orang dalam bertindak. Apabila pesan atau informasi tersebut berisi nilai kebohongan (hoax) maka akan mempengaruhi kredibilitas sebuah media sebagai alat untuk menyampaikan sebuah pesan atau informasi. Sehingga media yang dalam hal ini bertindak sebagai perantara akan terancam reputasinya dan kepercayaan dari komunikan atau publik sebagai sebuah alat.
Hadis Tematik Komunikasi Persuasif, Partisipatif, Instruktif dan Koersif Aswan Jaya
Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Kebudayaan Vol 9 No 1 (2018): Volume 9 Nomor 1, Januari-Juni 2018
Publisher : DEPARTEMENT OF COMMUNICATION AND ISLAMIC BROADCASTING STUDIES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/hikmah.v9i1.1725

Abstract

Sumber utama hukum Islam adalah Al Quran dan Hadis. Khusus dalam kajian ini berkonsentrasi pada satu sumber hukum Islam saja yaitu hadis, sementara dalil Al Quran ditempatkan sebagai salah satu penguji kebenaran hadis tersebut. Menemukan hadis-hadis yang cocok untuk dijadikan dalil terhadap beberapa tema umum menjadi tujuan dari penulisan ini, melalui pendekatan metode tematik. Tentunya hal ini bukanlah urusan yang mudah karena memiliki konsekuensi yang berdampak kepada penyimpangan dari makna sesungguhnya hadis. Untuk menghindari, setidaknya meminimalisir kekeliruan, maka perlu terlebih dahulu mengkaji secara tepat tema-tema yang dimaksud.Terdapat beberapa variabel utama yang perlu penjelasan secara tepat dengan batasan-batasannya, sehingga dalam pembahasan berikutnya tidak bias yang berakibat menghilangkan maksud dan makna yang ingin dicapai. Variabel-variabel tersebut adalah hadis, komunikasi, komunikasi persuasif, komunikasi partisipatif, komunikasi instruktif dan komunikasi Koersif. Sesungguhnya variabel-variabel komunukasi, kecuali komunikasi partisipatif tergolong dalam sub ilmu komunikasi yaitu teknik komunikasi atau fungsi komunikasi dan atau metode komunikasi. Istilah teknik yang berasal dari bahasa Yunani “technikos” dengan arti keterampilan atau keperigelan, berdasarkan pada keterampilan berkomunikasi yang dilakukan komunikator, teknik komunikasi diklasifikasi menjadi Komunikasi Informasi, Komunikasi Persuasif, Komunikasi Koersif, Komunikasi Instruktif, Hubungan Manusiawi.
Analisis Komunikasi Organisasi Partai Politik Islam Dedi Sahputra
Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Kebudayaan Vol 9 No 1 (2018): Volume 9 Nomor 1, Januari-Juni 2018
Publisher : DEPARTEMENT OF COMMUNICATION AND ISLAMIC BROADCASTING STUDIES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/hikmah.v9i1.1726

Abstract

Kinerja sebuah organisasi dilihat dari efisiensi para anggotanya dalam kinerjanya masing-masing. Sedangkan kinerja para anggota organisasi dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Sedangkan faktor utama dari efektivitas kinerja organisasi dilihat dari pelayanannya dalam interaksinya dengan lingkungan sekitarnya. Karena organisasi yang semakin dapat memberikan pelayanan yang terbaik maka ia akan semakin mendapat penerimaan lingkungannya. Analisis komunikasi organisasi R. Wayne Pace digunakan dalam menganalisis partai politik Islam. Di mana ajaran Islam sebagai landasan utama partai politik Islam telah meliputi berbagai aplikasi dari sistem nilai yang dianut dalam organisasi modern yang berasal dari dunia Barat.
Efektivitas Komunikasi Antarbudaya Dalam Menyelesaikan Konflik Rumah Tangga Di Wilayah KUA Lhoksukon Al Azhar
Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Kebudayaan Vol 9 No 1 (2018): Volume 9 Nomor 1, Januari-Juni 2018
Publisher : DEPARTEMENT OF COMMUNICATION AND ISLAMIC BROADCASTING STUDIES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/hikmah.v9i1.1727

Abstract

Efektivitas komunikasi antarbudaya dalam menyelesaikan konflik di dalam rumah tangga di Kantor Urusan Agama (KUA) Lhoksukon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komunikasi antarbudaya masyarakat dalam menyelesaikan konflik tersebut di KUA Lhoksukon Aceh Utara dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peran komunikasi budaya masyarakat dalam menyelesaikan konflik rumah tangga di KUA Lhoksukon. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konflik dimotivasi oleh perbedaan karakteristik yang dibawa oleh individu dalam suatu budaya dan kebiasaan yang tidak dipahami oleh pasangan karena kebiasaan satu keluarga dengan keluarga lain selalu berbeda sehingga sikap pasangan akan menyebabkan kesalahpahaman, disebabkan karena perbedaan budaya. Budaya dan norma yang berbeda perlu diperhatikan dan dihargai dengan menghargai norma budaya yang berbeda dapat menghindari kesalahpahaman di antara mayarakat yang ada di wilayah KUA Lhoksukon. Adat Istiadat adalah salah satu penyebab perbedaan budaya. Mencegah konflik perbedaan adat istiadat diharapkan kepada masyarakat untuk saling menghormati. Perbedaan kebiasaan, budaya, adat istiadat terlihat pada kegiatan pesta, seperti pernikahan, khitanan, ucapan syukur, tahlilan acara atau samadiah dan lain-lain. Faktor kebiasaan adalah faktor yang dipengaruhi oleh apakah orang tersebut melakukan suatu kebiasaan atau tidak. Faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi antarbudaya masyarakat dalam menyelesaikan konflik dengan saling menghormati perbedaan, kelompok, antar individu, budaya, minat, sosial, fungsi hukum dan kesadaran publik.
Komunikasi Antara Ulama Dayah dan Kepolisian Dalam Menanggulangi Kemungkaran Di Kabupaten Aceh Timur Baihaki
Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Kebudayaan Vol 9 No 1 (2018): Volume 9 Nomor 1, Januari-Juni 2018
Publisher : DEPARTEMENT OF COMMUNICATION AND ISLAMIC BROADCASTING STUDIES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/hikmah.v9i1.1728

Abstract

Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan dari komunikator ke kekomunikan sehingga terjadinya komunikasi yang efektif, baik secara bahasa maupun bukan bahasa. Namun fenomena komunikasi yang terjadi antara ulama dayah dengan kepolisian Kabupaten Aceh Timur selama ini terkesan masih kurang efektif. Karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendiskripsikan bentuk komunikasi yang terjadi antara ulama dayah dengan kepolisian dalam menaggulagi kemungkaran di Aceh Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data merujuk pada pola yang dikembangkan oleh Lexy J Moleong dengan tahapan-tahapan analisis yang dimulai dari mengumpul data, reduktif data, display data dan verifikasi data. Untuk memudahkan proses pengumpulan data dan analisis data maka disusun beberapa pertanyaan penelitian sebagai berikut : 1) Apa saja jenis kemungkaran yang sering terjadi di wilayah Kabupaten Aceh Timur, 2) Bagaimana bentuk komunikasi antara ulama dayah dengan lembaga kepolisian dalam menanggulangi kemungkaran di Kabupaten Aceh Timur, 3) Bagaimana peluang dan tantangan berkomunikasi antara ulama dengan kepolisian dalam menanggulangi kemungkaran di Kabupaten Aceh Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerja sama antara ulama dayah dengan kepolisian dalam menaggulangi kemungkaran seperti pencurian, narkoba dan aliran sesat dilakukan dalam bentuk sosialisasi dan mediasi, adapun peluang yang dihadapi oleh ulama dayah dengan kepolisian adalah saling koordinasi dan saling mempercayai, sedangkan tatangannya adalah sedikit waktu untuk saling bertatap muka serta kurangnya dukungan dari masyarakat.
Komunikasi Antarbudaya Pengungsi Etnis Rohingya Dengan Masyarakat Aceh Di Camp Bayeun Aceh Timur Safrizal
Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Kebudayaan Vol 9 No 1 (2018): Volume 9 Nomor 1, Januari-Juni 2018
Publisher : DEPARTEMENT OF COMMUNICATION AND ISLAMIC BROADCASTING STUDIES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/hikmah.v9i1.1729

Abstract

Penelitian ini berjudul komunikasi antarbudaya etnis Rohingya dengan masyarakat Aceh di camp Bayeun Aceh Timur. Penelitian ini akan membahas Proses komunikasi antarbudaya antara etnis Rohingya dengan masyarakat Aceh di camp Bayeun Aceh Timur dan hambatan yang mempengaruhi terjadinya komunikasi antarbudaya antar etnis pengungsi Rohingya dengan masyarakat Aceh di camp Bayeun Aceh Timur serta dampak dari interaksi budaya antar etnis Rohingya dengan masyarakat Aceh. Penelitian ini ditempuh bertujuan untuk mengetahui tentang komunikasi antarbudaya antar etnis pengungsi Rohingya dengan masyarakat Aceh dalam kehidupan sosial di camp Bayeun Aceh Timur dan hambatan-ambatan yang mempengaruhi proses komunikasi antarabudaya yang terjalin antara kedua belah pihak. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa melalui komunikasi antarbudaya yang terjalin antara etnis Rohingya dengan masyarakat Aceh di camp Bayeun Aceh Timur secara sosial memberikan kemampuan bagi etnis Rohingya untuk bisa berkomunikasi dengan bahasa Indonesia. Hambatan-hambatan yang mempengaruhi proses komunikasi antarbudaya pengungsi etnis Rohingya dengan masyarakat Aceh di camp Bayeun Aceh timur ialah meliputi hanya bisa secara lisan dan tidak bisa tulisan, perbedaan gaya hidup antar etnis Rohingya dan masyarakat Aceh, Penarikan diri dari komunikasi (kepribadian yang terlalu menutup diri dari lingkungan), Etnis Rohingya malas untuk berbicara.

Page 1 of 1 | Total Record : 8