cover
Contact Name
Artono Raharjo
Contact Email
artonor@unisma.ac.id
Phone
+6281333205616
Journal Mail Official
jtm@unisma.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang Jl. MT. Haryono 193 Malang 65144 Jawa Timur
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
JTM
ISSN : -     EISSN : 23376546     DOI : -
Jurnal ini untuk mewadahi dan menjembatani civitas akademi, profesional dan pemerhati dalam bidang mechanical engineering, khususnya bidang tekhnologi manufaktur dan konversi energi dalam menuangkan hasil penelitian yang belum pernah dipublikasikan.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 01 (2020)" : 12 Documents clear
PENGARUH PENAMBAHAN KARBON NANO terhadap KARAKTERISTIK PEMBAKARAN DROPLET MINYAK KELAPA sebagai BAHAN BAKAR BIODESEL Febri Hariyadi
Jurnal Teknik Mesin Vol 15, No 01 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Minyak kelapa (crude coconut oil) salah satu minyak nabati yang memiliki potensi sebagai bahan bakar alternatif, karena memiliki titik nyala yang  rendah dibandingkan solar sehingga pada saat pembakaran biodesel dari minyak kelapa ini akan cepat terbakar. Penelitian ini mencampurkan karbon nano kedalam minyak kelapa dan diuji dengan metode pembakaran droplet, variasi campuran yang diuji antara lain CCO murni, CCO 1 PPM, dan CCO 5 PPM. Penelitian ini mengetahui bahwa karbon nano yang dicampurkan pada minyak kelapa meningkatan temperatur, meningkatkan nilai burning rate, dan memperbesar bentuk api karena sifat semi konduktor dari karbon nano dapat memperbaiki atau menambah nilai setana dari minyak kelapa sehingga saat pembakaran akan memicu minyak bahan bakar lebih cepat habis terbakar dan menghasilkan daya ledak yang besar. Kata kunci: biodesel, CCO, pembakaran droplet, karbon nano, karakteristik pembakaran.
ANALISIS STRUKTUR MIKRO PERCAMPURAN MAGNESIUM DENGAN ALUMINIUM TERHADAP VARIASI PENDINGINAN Muhammad Nanda Fikrul Arif
Jurnal Teknik Mesin Vol 15, No 01 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1553.037 KB)

Abstract

ABSTRAK            Kebutuhan material dibidang industri diharuskan memiliki kekuatan yang tinggi dan ringan mendorong untuk melakukan terobosan dalam hal memadukan materal untuk meningkatkan sifat suatu material. Analisis struktur mikro percampuran aluminium dengan magnesium terhadap variasi pendinginan dengan mencampurkan aluminium dan magnesium yang dilebur dengan suhu 700˚C dengan kadar magnesium sebesar 2%, 4% dan 6% yang di dinginkan dengan air sebanyak 1 liter suhu bervariasi 0˚C, 25˚C dan 100˚C dicetak dalam ukuran 2,5 cm x 2,5 cm x 2 cm. Pengujian hasil coran aluminium – magnesium dilihat struktur mikro menggunakan mikroskop dengan dyno eye pembesaran 200x dan diteliti perbedaan persentase warna putih, hitam dan kelabu yang menjelaskan adanya fasa ferrite, cementite dan pearlite mendapatkan hasil warna putih tertinggi pada paduan Al-Mg 2% pendinginan suhu 0˚C sebesar 62,4% dan terendah pada paduan Al-Mg 6% pendinginan suhu 0˚C sebesar 49,8%, untuk warna hitam tertinggi pada paduan Al-Mg 6% pendinginan suhu 25˚C sebesar 26,3% dan terendah pada paduan Al-Mg 4% pendinginan suhu 0˚C sebesar 13,3%, sedangkan untuk warna kelabu tertinggi pada paduan Al-Mg 2% pendinginan suhu 25˚C sebesar 27,6% dan terendah pada paduan Al-Mg 2% pendinginan suhu 100˚C sebesar 20,2%. Hasil penelitian dengan uji T menghasilkan persentase signifikansi tertinggi suhu 0˚C pada paduan AL-Mg 2% vs 6% adalah 382% pada warna hitam, persentase signifikansi tertinggi suhu 25˚C pada paduan AL-Mg 2% vs 6% adalah 375% pada warna hitam, persentase signifikansi tertinggi suhu 100˚C pada paduan AL-Mg 2% vs 4% adalah 159% pada warna putih. Hasil penelitian dengan uji F menunjukkan bahwa persentase warna putih, hitam dan kelabu dengan persentase Mg 2%, 4% dan 6% pada variasi pendinginan 0˚C, 25˚C dan 100˚C terdapat perbedaan.Kata Kunci : aluminium, magnesium, struktur mikro.
PERANCANGAN KONTRUKSI SISTEM PENGEREMAN MOBIL HEMAT ENERGI “HAIZUM” Rospandi, Risfan
Jurnal Teknik Mesin Vol 15, No 01 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.056 KB)

Abstract

ABSTRAK            Mobil KMHE (Kontes Mobil Hemat Energi) ? HAIZUM? merupakan kendaraan yang di rancang bangun untuk meminimalis penggunaan bahan bakar. Bahan bakar yang merupakan sumber energi alamami juga semakin menipis di sisi lain kebutuhan energi semakin meningkat yang menyebabkan energy menjadi masalah utama hamper di seluruh Negara di dunia ini tidak terkecualikan di Indonesia.            Perancangan mobil KMHE ?HAIZUM? ini menggunakan mesin astrea grand  4 langkah 95CC. untuk system kemudi menggunakan system rek mobil, Perancangan gambar dan analisanya menggunakan aplikasi solid work, serta bahan bakar yang di teliti adalah pertamax, premium, pertalite. Serta sistem pengereman menggunakan satu master mobil dan menggunakan dua kaliper standar motor 110CC yaitu menggunakan caliper satu piston sedangkan piringan menggunakan piringan standar dengan ukuran 200mm dan ketebalan 2,5mm. Dan salah satu hasilnya Berdasarkan hasil yang pertema rem yang di uji mampu menghasilkan jarak berhenti 6 meter dengan kecepatan 20km/jam dengan jarak tempuh 50meter berhenti di waktu 3,05 sekon.            Di ciptakannya mobil KMHE ?HAIZUM? yaitu sebagai prasyarat kelulusan tugas akhir, Dan juga diharapkan agar bisa mengikuti lomba kontes KMHE.
PENGARUH PENCAMPURAN KARBON NANO TERHADAP KARAKTERISTIK PEMBAKARAN DROPLET MINYAK JARAK (CRUDE JATROPHA OIL ) Ramadhan, Gugus Ilham
Jurnal Teknik Mesin Vol 15, No 01 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pertumbuhan penduduk dunia yang semakin pesat berdampak pada kebutuhan transportasi yang semakin meningkat. Hal ini berdampak pada bahan bakar fosil yang semakin menipis. Biodiesel menjadi solusi alternatif untuk bahan bakar terbarukan. Minyak jarak adalah minyak nabati yang paling tepat digunakan untuk biodisel karena tidak termasuk dalam minyak makan (edible oil). Minyak jarak tidak bisa langsung digunakan sebagai bahan bakar karena mempunyai viskositas 10 kali lebih tinggi dibanding minyak solar. Pembuatan biodiesel dengan cara pencampuran minyak nabati dengan  bio aditif lebih murah dari proses transesterifikasi dan emulsifikasi. Penelitian yang dilakukan mencampurkan bio aditif karbon nano dengan minyak jarak untuk mengetahui karakteristik pembakarannya. Variasasi campuran yang digunakan 1 ppm dan 5 ppm. Metode penelitian menggunakan metode droplet yang panaskan heater. Hasil penelitian menunjukkan penambahan karbon nano pada minyak jarak berpengaruh pada karakteristik pembakaran yang meliputi temperatur dan nyala api. Minyak jarak yang ditambahkan karbon nano memiliki laju pembakaran yang lebih cepat. Nyala api meliputi diameter, lebar, tinggi api mengalami perubahan bentuk dibandingkan minyak jarak murni.Kata kunci : Biodiesel , Minyak jarak , karakteristik pembakaran
PENGARUH KETEBALAN GASKET CYLINDER HEAD 0,3 MM DAN 0,5 MM TERHADAP PERFORMA MESIN ASTREA GRAND Ghozali, Imam imam
Jurnal Teknik Mesin Vol 15, No 01 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (61.132 KB)

Abstract

Motor bensin merupakan salah satu jenis mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) yang proses pembakaran bahan bakarnya dilakukan didalam ruang bakar silinder itu sendiri dengan bantuan percikan bunga api dari busi. Dari hasil pembakaran itulah didapatkan daya untuk melakukan langkah usaha. Salah satu jenis mesin dari pembakaran dalam adalah mesin empat langkah. Motor bakar merupakan salah satu jenis mesin penggerak yang banyak dimanfaatkan dengan menggunakan energi kalor dari proses pembakaran menjadi energi mekanik. Motor yang menggunakan pembakaran dalam memerlukan tekanan kompresi yang cukup diruang bakar untuk dapat bekerja dengan sempurna. Percobaan ini bertujuan untuk memadatkan kompresi dengan cara mengurangi ketebalan gasket silinder head. Hasil percobaan ini dilakukan untuk mendapatkan kecepatan maksimal, RPM maksimal, Durasi waktu tempuh, dan konsumsi bahan bakar semaksimal mungkin. Dalam pengujian ini  menggunakan jarak 200m dengan menghitung waktu tercepat dalam jarak tersebut. Ketebalan gasket 0,3 mm lebih baik dari 0,5 mm, karena volume pada ruang bakar menjadi sempit sehingga tenaga pada piston akan menjadi besar.Kata  kunci : mesin, silinder head, gasket, bahan bakar.
RE-DESIGN MESIN ROLL SANDAL LAPIS MENGGUNAKAN MOTOR LISTRIK DENGAN SISTEM PENGGERAK RODA GIGI SKALA HOME INDUSTRY Sisminoro, muhammad fathir
Jurnal Teknik Mesin Vol 15, No 01 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Industri rumahan salah satu penunjang ekonomi di negara indonesia, negara termasuk dengan populasi terbesar dan bertambahnya penduduk setiap tahun kebutuhan hidup semakin berat dan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat adalah dengan menciptakan alat untuk membuka lowongan bagi masyarakat. Selain itu untuk mengurangi jumlah pengangguran harus terus menerus dikembangkan dan ditingkatkan lagi dalam perkembangan dalam usaha, contohnya pada alat pengeroll sandal. Sebab dari  usaha sebagian besar dari alat ini untuk meningkatkan negara kita agar menjadi lebih baik dan menunjang perekonomian sebagaian besar dari negara. Karena itu kegiatan industri rumahan harus dikembangkan secara baik. Dengan memvariasi perbandingan jumlah roda gigi Z1 dan Z2 adalah 11 mata gigi dan 38 mata gigi, Z3 dan Z4 adalah 13 mata gigi dan 38 mata gigi dan diteruskan jumlah gigi sprocket 21 : 31 sehingga dari putaran motor 1400 rpm menjadi 93 rpm. Variasi roda gigi ditujukan untuk pengurangan kecepatan rpm yang berfungsi untuk pengerollan lebih baik. Hasil setelah variasi rpm di dapat perekatan lem pada lapis sandal menjadi lebih rata dan lem bisa merekat dengan baik.Kata kunci: roda gigi, Motor listrik, Roda gigi sprocket
ANALISIS TEGANGAN SISA PADA PROSES QUENCHING BAJA PEGAS DAUN Ibrahim, Ibrahim
Jurnal Teknik Mesin Vol 15, No 01 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.14 KB)

Abstract

AbstrakAnalisis tegangan sisa pada proses quenching baja pegas daun. Telah dilakukan penelitian baja pegas daun yang diheat treatment pada suhu awal 500?  ditahan selama 20 menit, lalu dihardening hingga mencapai fasa austenit pada suhu 950? ditahan selama 40 menit. Kemudian salah satu sampel lansung di uji x ray difraction sebagai parameter kisi awal  dan sampel selanjutnya diquenching menggunakan media pendingin air dengan suhu 25? dan di normalizing dengan suhu ruang 27?. Identifikasi tegangan sisa dilakukan dengan sinar-X. Pengukuran struktur kisi dan pembuatan difaktogram menggunakan alat XPERT-PRO menggunakan Sumber copper Cu dengan panjang gelombang 1.54060µm,  tegangan 40 mA, Arus 35 Kv. Analisiss difaktogram menunjukkan beberapa puncak difraksi. Pada baja pegas daun tanpa perlakuan 2? = 44.5711°, 64.8230°, 82.1580°. Analisis difaktogram dari hasil quenching air memperlihatkan 2? = 41.8201°, 44.4943°, 82.2747° dan difaktogram proses normalizing udara 2? = 33.0817°, 39.1981°, 71.8683°. Dari  difaktogram memperlihatkan bahwa pendinginan menggunakan air dan udara menyebabkan tegagan tarik karena pergesearan puncak difraksi ke arah 2?. Tegangan sisa tarik pada media pendingin air sebesar 0,13353 kN/mm2 dan udara 0.0121 kN/mm2. Hasil analisis tegangan sisa menunjukkan regangan kisi pada baja pegas daun dengan pergeseran bidang kisi kristal karena metoda proses pemanasan dan pendinginan, dimana pada baja pegas daun hasil heat treatment meningkatkan kekuatan bahan akan tetapi memiliki kecenderungan  terjadi deformasi yang menyebabkan terjadi tegangan sisa.Kata kunci: Baja Pegas Daun, Difraksi Sinar-X, Tegangan Sisa. 
PENGARUH BAHAN BAKAR PREMIUM DENGAN SHELL TERHADAP KINERJA MESIN MOTOR KMHE “HAIZUM” Ubaidillah, Achmad Wildan
Jurnal Teknik Mesin Vol 15, No 01 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.147 KB)

Abstract

The need for transportation will have an impact on the number of motorized vehicles and on fuel consumption. The consumption of high fuel oil will automatically increase the budget for transportation, so that the mixing of fuel oil aims to get better combustion, one of which is mixing with a premium shell. At this time the researchers conducted a study relating to the comparison of the performance produced and the extent of the mileage produced by Premium and Shell fuels, from this study is expected to provide accurate information about the use of appropriate fuels, researchers also use motors KMHE Haizum as a test material for performance and maximum mileage produced from both types of fuel. With the hope it can be applied to various types of motorcycles. The method used in this study uses quantitative descriptive methods and direct field studies so that the data obtained is truly accurate and can be trusted. For the hypothesis in this study is which fuel has better performance, and which distance is farthest by using Premium fuel, Shell, and a mixture of the two fuels. The test results and the calculation of the use of specific fuels in energy-efficient car vehicles "HAIZUM" with a volume of 25 ml produces RPM = 5225 for premium with SFC (specific fuel usage = 0.00000091 kg / kWsec. energy saving "HAIZUM" with a volume of 25 ml produces RPM = 6975 for premium with SFC (specific fuel usage = 0.00000041 kg / kWsecond..
PENGARUH PENGGUNAAN MATERIAL KOMPOSIT DENGAN STAINLEES PADA SUDU TERHADAP KINERJA PROTOTIPE TURBIN PELTON Huda, Fiqih Nurul
Jurnal Teknik Mesin Vol 15, No 01 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (817.505 KB)

Abstract

Pengaruh penggunaan material komposit dengan stainlees pada sudu terhadap kinerja prototipe turbin pelton. Telah dilakukan di kampus Universitas Islam Malang pada penelitian ini dibatasi Material sudu yang digunakan dari komposit serat fiber dan stainlees, turbin yang digunakan adalah jenis turbin pelton dengan daya 12 watt, nozel yang di pakai berjumlah 3 buah dengan jarak 50mm, transmisi yang digunakan menggunakan v-belt, sudu runner turbin menggunakan material komposit serat resin dengan jumlah sudu 20 buah. Dengan memvariasi material sudu dengan menggunakan komposit dan stainlees akan mendapatkan nilai pengaruh terhadap torsi dan daya pada protoype turbin pelton. Hasil torsi dan daya listrik tertinggi terjadi pada penggunaan maeterial komposit menghasilkan nilai torsi 0,219 Nm dan daya listrik 5,51 watt. Dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin ringan material pada pada turbin dapat meningkatkan torsi dan meningkatkan daya listrik pada prototipe turbin pelton
Analisis Perbandingan Surface Roughness Dan Geometry Chip Pada Proses Turning Menggunakan Mesin CNC Ilham Julio Mariansyah
Jurnal Teknik Mesin Vol 15, No 01 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.084 KB)

Abstract

AbstrakSurface roughness dan geometry chip menjadi pertimbangan utama didalam proses pemesinan, terutama pada proses pembubutan. Parameter yang berpengaruh terhadap surface roughness dan geometry chip dalam proses bubut adalah kedalaman pemakanan dan kecepatan  spindel. Dengan tujuan mengetahui surface roughness dan geometry chip pada proses bubut, dilakukan pengujian dengan material ST. 60 sebagai upaya mendapatkan surface roughness dan geometry chip sesuai harapan. Dilakukan pengujian untuk menganalisis variasi putaran spindel, dengan pemesinan dan parameter konstan. Untuk mengetahui perbedaan kecepatan putaran spindel secara teoritis dan empiris dilakukan uji berulangkali. Dengan menggunakan Mitutoyo SJ-210 dan Micrometer untuk mendapatkan data surface roughness dan geometry chip setelah di turning. Dari hasil analisis didapatkan nilai surface roughness yang rendah adalah 0.214 µm pada variasi kecepatan spindel 4000 rpm dan geometry chip kontinyu. Ditinjau dari analisis uji F two way dengan interaksi maka didapatkan hasil  = 4.30520 <  = 4.75 maka dapat disimpulkan bahwa variasi kecepatan putaran spindel dengan kedalaman yang sama tidak bereaksi terhadap hubungan nilai rasio pemampatan tebal chip dan surface roughness.Kata kunci: surface roughness, geometry chip, kecepatan putaran spindel.

Page 1 of 2 | Total Record : 12