cover
Contact Name
Artono Raharjo
Contact Email
artonor@unisma.ac.id
Phone
+6281333205616
Journal Mail Official
jtm@unisma.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang Jl. MT. Haryono 193 Malang 65144 Jawa Timur
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
JTM
ISSN : -     EISSN : 23376546     DOI : -
Jurnal ini untuk mewadahi dan menjembatani civitas akademi, profesional dan pemerhati dalam bidang mechanical engineering, khususnya bidang tekhnologi manufaktur dan konversi energi dalam menuangkan hasil penelitian yang belum pernah dipublikasikan.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 3 (2021)" : 4 Documents clear
Perancangan Mesin Bending Begel (RING) Dengan Sistem Pnematik Hasan, Miftahul
Jurnal Teknik Mesin Vol 16, No 3 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPerancangan mesin bending begel dengan sistem pneumatic merupakan perangkat mesin untuk memudahkan dalam pembuatan bending begel dengan mengandalkan system pneumatic. Dengan adanya mesin bending begel maka pekerjaan dalam pembuatan begel ini akan lebih cepat dan presisi dalam pembuatan behel. Tujuan dari perencanaan pneumatic adalah mengembangkan dan menguji rancangan mesin dengan sistem semi otomatis menggunakan Arduino untuk meningkatkan produksi. Batasan masalah pada perencanaan ini meliputi hanya membahas perancangan mesin bending begel, menggunakan kontrol semi otomatis mikrokontroler arduino dengan aktuator pembengkok menggunakan air pneumatic valve, pengujian mesin bending dilakukan pada besi polos diameter 8 mm, Perhitungan dan analisis perancangan meliputi Segi cara kerja alat dalam pembuatan bending begel besi polos 8 mm. Hasil Perancancangan mesin bending begel dapat membuat bentuk persegi dengan sudut 900. Serta waktu produksinya yang cepat.
PERENCANAAN ALAT PENGUPAS SABUT KELAPA SISTEM MEKANIS Riyadi, Ahmad
Jurnal Teknik Mesin Vol 16, No 3 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 ABSTRAKBuah kelapa merupakan tanaman yang berjenis ukuran besar, tanaman kelapa banyak terdapat di daerah beriklim tropis. Daerah- daerah tropis tersebut tanaman kelapa banyak tumbuh dan di bududayakan oleh sebagian besar para petani di daerah pantai maupun daeah pegunungan. Pengupas sabut kelapa secara manual kurang efektif karena masih menggunakan tenaga manusia sebagai sumber tenaga utama dan kapasitas kerja yang kecil. Mesin pengupas sabut kelapa memiliki pisau yang berrfungsi untuk merobek sabut kelapa, pisau yang berputar secara berlawanan. Dari hasil analisa di peroleh daya tekan kelapa sebesar 175 N dan di berikan beban kelapa menghasilkan sebesar 15,298 Watt,  penggerak motor listrik dengan daya sebesar 5pk dengan putaran 2400 rpm, untuk torsi sebesar 12,68 Nm.Kata kunci: Daya, Diameter, Gaya putaran dan waktu pengupasanABSTRACTCoconut fruit is a type of plant that is large in size, coconut plants are widely available in tropical climates. Most of the farmers from the coastal areas and in the mountains are grown and cultivated in tropical areas. Coconut plant is also a versatile plant. Manual coconut husk peeler is less effective because it still uses human labor as the main source of energy and has a small working capacity. Coir peeling machine that has a knife that functions to tear coconut husk, a knife that rotates in a variety of ways. From the analysis, the compressive force of the coconut is 175 N and a coconut load of 17.5 kg is given so that the coconut husk can be peeled for the power of the coconut husk peeler to produce 15,298 Watt, electric motor drive with a power of 5pk (3728.5 Watt). With 2400 rpm rotation, for a torque of 12,68Nm. Keywords: Power, Diameter, Force, Turn and Time of stripping
PENGARUH PENAMBAHAN GAS HHO TERHADAP UNJUK KERJA MOTOR YAMAHA R15 BAHAN BAKAR PERTALITE dan PERTAMAX Sarjono Sarjono
Jurnal Teknik Mesin Vol 16, No 3 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The demand for fuel oil (BBM) continues to increase, considering that until now oil is the main source of national energy. Especially in the automotive world, which still depends on its energy consumption on fuel. The most energy demand in the transportation sector is fuel (96%) in 2018 and the rest is supplied by biodiesel and natural gas. The conversion of oil-fueled vehicles to electricity and gas has not been able to shift the dominance of fuel-based transportation technology, but currently there is a lot of research on water fuel (blue energy) which is used as an additional fuel for motor fuel. Brown's Gas is a gas produced by the process of breaking pure water (H2O) by electrolysis. The gas produced from the water electrolysis process is Hydrogen and Oxygen gas, with a composition of 2 Hydrogen and 1 Oxygen (HHO). (Lowrie, P.E.W., 2005). The addition of HHO gas to a vehicle is one way to mix hydrogen gas (H2) and oxygen gas (O2) into fuel. The HHO (Brown gas) supply system works on the principle of the water electrolysis cell. This cell consists of a pair of electrodes immersed in an electrolyte solution (water) and supplied with electrical power from the vehicle battery. As a result, hydrogen gas (H2) and oxygen gas (O2) electrodes are formed. This gas is then used to increase the air content in the engine (combustion chamber) of the vehicle. There are many studies that discuss the effect of HHO gas on the performance of the combustion motor, for this reason, this study will examine the effect of adding hydrogen gas (HHO) on the performance of Pertamax and pertalite fuels. Testing on HHO gas production with a 10% catalyst from 500 ml of distilled water with a power source from a 12 V 5A battery Consumption of 60 watts of electric power used, can produce HHO gas of 16.7 ml / s, with a generator efficiency of 68, 83% . The results of the comparison of the four types of fuel obtained the optimal torque value of 16.7 Nm at 8000 rpm using pertalite fuel. The results of the comparison of the four types of fuel obtained the optimal power value of 9.79 HP at 8000 rpm. Using Pertamax fuel with HHO gas.
Pemanfaatan Oli Bekas SAE 15w-40 Dengan Ekstrak Belimbing Wuluh Muhammad Suhadak Jazuli
Jurnal Teknik Mesin Vol 16, No 3 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK  Kemajuan teknologi di berbagai bidang telah mempermudah kegiatan manusia dalam melakukan aktifitasnya, terutama di dalam bidang teknologi mesin. Hampir semua manusia menggunakan teknologi mesin disetiap harinya, seperti berkendara dengan mobil atau sepeda motor, mesin – mesin kendaraan bermotor dan pabrik-pabrik memerlukan minyak pelumas atau yang sering disebut dengan oli. Minyak pelumas adalah suatu zat yang disisipkan diantara dua permukaan yang bergerak secara relative agar dapat mengurangi gesekan antara kedua permukaan dan dapat memperpanjang umur mesin. sejalan dengan banyaknya mesin – mesin yang menggunakan minyak pelumas membuat jumlah limbah pelumas bekas meningkat. Banyak minyak bekas atau oli bekas yang dihasilkan dari kendaraan bermotor dan mobil sering kali menimbulkan permasalahan baru. Penanganan minyak pelumas atau oli yang sudah tidak terpakai sering kali dilakukan dengan cara asal – asalan ( dengan cara disimpan atau dengan cara dibuang sembarangan), dengan cenderung terabaikan. Meski minyak pelumas bekas masih dapat dimanfaatkan, tapi bila tidak dikelolah dengan baik maka akan membahayakan lingkungan Kata kunci :destilasi, viskositas,  flash point, nilai kalor

Page 1 of 1 | Total Record : 4