cover
Contact Name
Hardika Muhammad Fatih
Contact Email
hardikamf@stiepancasetia.ac.id
Phone
+6281953705789
Journal Mail Official
ejournal@stiepancasetia.ac.id
Editorial Address
Komplek Waringin, Jl. Ahmad Yani Km. 5,5, Kuripan, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70248
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
JIEB : Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis
ISSN : 24424560     EISSN : 26152134     DOI : 10.35972
JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS (JIEB) merupakan jurnal ilmiah yang berisi kumpulan artikel ilmiah mengenai ilmu ekonomi dan bisnis dari berbagai akademisi maupun praktisi dari seluruh Indonesia. JIEB terdiri dari 150 halaman setiap terbitannya, dan terbit sebanyak 3 kali dalam 1 tahun, yaitu pada bulan Maret, Juli, dan November. Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar. JIEB publishes research articles from various topics in accounting and finance and Management, including but is not limited to the following topics: Accounting and Finance Financial Accounting Public Sector Accounting Management Accounting Islamic Accounting and Financial Management Auditing Corporate Governance Ethics and Professionalism Corporate Finance Accounting Education Taxation Capital Market Banking Information System Sustainability Reporting Management Human Resource Management Marketing Strategy Management
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 3 (2017): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS" : 14 Documents clear
Dewan Redaksi dan Daftar Isi Dewan Redaksi Daftar Isi
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 3 No 3 (2017): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (49.42 KB) | DOI: 10.35972/jieb.v3i3.129

Abstract

Bagian ini berisi daftar dewan redaksi dari JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS dan Daftar Isi dari JIEB Jilid 3 Nomor 3 November 2017
PENGARUH FAKTOR PENDIDIKAN, UMUR DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) PADA DINAS PEKERJAAN UMUM PENATA RUANG, PERUMAHAN DAN KAWASAN PERMUKIMAN KABUPATEN KAPUAS KALIMANTAN TENGAH Hasudungan, Leonshen
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 3 No 3 (2017): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.191 KB) | DOI: 10.35972/jieb.v3i3.130

Abstract

Abstract: This study aims to identify and analyze the influence of education, ageand work experience simultaneously and partially on the performance of thecivilian state apparatus. The research design used in this study is Eksplanatorywhich intends to explain the causality relationship between the dependent variable with independent variables which the model analysis approach used is multiple linear regression analysis. The results showed that education, age, and working experience simultaneously influence apparatus performance, while partially only working experience had a significant influence to performance.Keywords: education, age, work experience, performance.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruhfaktor pendidikan, umur dan pengalaman kerja secara simultan dan parsialterhadap kinerja aparatur sipil negara. Rancangan penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah Eksplanatory yang bermaksud untuk menjelaskanhubungan kasualitas antara variabel terikat dengan variabel-variabel bebasnyadimana model pendekatan analisis yang digunakan adalah analisis regresi linierberganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor pendidikan, umur danpengalaman kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja aparatur negara, tetapi hanya pengalaman kerja yang berpengaruh signifikan terhadap kinerja.Kata Kunci: pendidikan, umur, pengalaman kerja dan kinerja.
ANALISIS PENGARUH HARGA DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BISNIS WILAYAH BANJARBARU PADA PT. INDOMARCO ADI PRIMA CABANG BANJARMASIN Jumiati Jumiati; Toto Sugiarto
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 3 No 3 (2017): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.101 KB) | DOI: 10.35972/jieb.v3i3.132

Abstract

Abstract: This study aims to determine and prove the effect of price anddistribution channels to the Banjarbaru area’s consumer’s purchasing decision onPT Indomarco Adi Prima Banjarmasin branch. The population in this study arebusiness customers from Banjarbaru area who purchase the product at PT.Indomarco Adi Prima Banjarmasin branch, total at 104 business customers.Sampling was conducted using purposive sampling, and sampling techniquesusing Slovin formula with a total sample of 83 respondents. The analysis resultsobtained in this study are that price and distribution channels both influenceconsumer’s purchasing decision simultaneously and partially. The variable withthe strongest influence to consumer’s purchasing decision at PT. Indomarco AdiPrima Banjarmasin Branch is variable price.Keywords: price, distribution channels, consumer’s purchasing decisionAbstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan pengaruhharga dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian konsumen bisniswilayah Banjarbaru pada PT. Indomarco Adi Prima cabang Banjarmasin. Populasidalam penelitian ini adalah konsumen bisnis wilayah Banjarbaru yang membeliproduk pada PT. Indomarco Adi Prima cabang Banjarmasin yang berjumlah 104konsumen bisnis. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan samplingpurposive, dan teknik pengambilan sampel menggunakan Rumus Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 83 responden. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga dan variabel saluran distribusi sama-sama mempengaruhi keputusan pembelian konsumen baik secara simultan maupun secara parsial. Variabel yang pengaruhnya dominan terhadap keputusan pembelian konsumen di PT. Indomarco Adi Prima cabang Banjarmasin adalah variabel harga.Kata kunci : harga, saluran distribusi, keputusan pembelian konsumen
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. KERTA GAYA PUSAKA CABANG KANDANGAN Imansyah Imansyah; Haris Irawan
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 3 No 3 (2017): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.921 KB) | DOI: 10.35972/jieb.v3i3.133

Abstract

Abstract: The purposes of this research is to find the influence of service qualitywhich including: tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy oncustomer satisfaction at PT. Kerta Gaya Pusaka Kandangan. The population in this research are the PT. Kerta Gaya Pusaka Kandangan guests which approximately about 326 persons. The sample in this research are 77 persons of PT. Kerta Gaya Pusaka Kandangan customers with accidental sampling method and Slovin formula to analyze the simple data. Data collected using a questionnaire technique with likert’ss scale, documentation, and interview. The data analysis technique in this research are using a validity and reliability test, classical assumption test and linear regression processed with Statistical Package for Social Sciences (SPSS) for windows version 18.00 computer application program. The result of this research shows that there are positive and significant influence on service quality to customer satisfaction at PT. Kerta Gaya Pusaka Kandangan.Keywords: service quality, customer satisfactionAbstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh dari kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, kesigapan, jaminan, dan empati terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Kerta Gaya Pustaka Kandangan. Populasi dari penelitian ini adalah tamu-tamu dari PT. Kerta Gaya Pusaka Kandangan sejumlah sekitar 326 orang. Sampel pada penelitian ini adalah 77 orang yang diambil dengan metode accidental sampling dan formula slovin untuk menganalisis data sederhana. Data dikumpulkan dengan kuesioner menggunakan skala likert, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik dan regresi linear yang diproses dengan program komputer SPSS for Windows versi 18. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Kerta Gaya Pusaka Kandangan.Kata Kunci: kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan
PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL KEUANGAN TERHADAP BETA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA Jhony Fahrin Sapar
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 3 No 3 (2017): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.043 KB) | DOI: 10.35972/jieb.v3i3.134

Abstract

Abstract: This research is intended to find out the influence of financial fundamental factors that consisted by debt to equity leverage, liquidity, asset size, and asset growth, toward stocks beta value. This research is done to 30 manufacturing company listed on Jakarta’s stock exchange between 2004 until 2011 periods. This research used secondary data in form of companies’ financial report, individual stock price index, and manufacture company stock index. Method for analysis used is linear multiple regression. The finding of this research showed that debt to equity, leverage, liquidity, asset size, and asset growth did not have a significant influence to stock price. It means all of five variables did not have any impact toward the movement of stock beta value.Keywords: debt to common equity, leverage, liquidity, asset size, asset growth,beta stock valueAbstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh faktor fundamentalkeuangan yang terdiri dari debt to common equity, leverage, likuiditas, asset size, dan asset growth terhadap nilai beta saham. Penelitian dilakukan pada 30perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Jakarta dengan periodepenelitian dari tahun 2004 sampai dengan tahun 2011. Penelitian ini menggunakan data sekunder laporan keuangan perusahaan, harga indeks saham individual dan harga indeks saham manufaktur. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regeresi Linear berganda. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa debt to common equity, leverage, likuiditas, asset size, dan asset growth secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai beta saham. Ini artinya kelima variabel tersebut tidak memberikan dampak terhadap pergerakan nilai beta saham.Kata Kunci: debt to common equity, leverage, likuiditas, asset size, asset growth, nilai beta saham
PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PROSES MANAJEMEN MADRASAH PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) KARANG INTAN KABUPATEN BANJAR Lathifah Lathifah
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 3 No 3 (2017): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.21 KB) | DOI: 10.35972/jieb.v3i3.135

Abstract

Abstract: This research is executed as a mean to describe the role of schoolCommittee toward madrasah’s management process in Public MadrasahTsanawiyah (MTsN) Karang Intan Banjar Regency, specifically on their role asadvisory agency, supporting agency, controlling agency, and as a mediator. Thisresearch uses descriptive qualitative approach. Data collected with observationtechnique, documentation and interview toward school committee and teachers.This research’s findings show that school committee have a important role inMadrasah’s management process, especially in the management of facilities and infrastructure, finance, student affairs, curriculum, personnel, and public relations.Keywords: school committee, madrasah’s management process, PublicMadrasah Tsanawiyah (MTsN)Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan sebagai cara untuk menggambarkan perandari komite sekolah terhadap proses pengelolaan madrasah pada MadrasahTsanawiyah Negeri (MTs) Karang Intan Kabupaten Banjar, terutama tentangperan mereka sebagai pemberi pertimbangan, memberikan dukungan, melakukan pengendalian, dan sebagai mediator. Penelitian in imenggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan komite sekolah dan para guru. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa komite sekolah memiliki peran yang penting dalam proses pengelolaan madrasah, terutama dalam mengelola fasilitas dan infrastruktur, keuangan, kemahasiswaan, kurikulum, personalia, dan hubungan kemasyarakatan.Kata Kunci: komite sekolah, proses pengelolaan madrasah, MadrasahTsanawiyah Negeri (MTs)
PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PANCA KONSTRUKSI DI KABUPATEN BANJAR Syarkani Syarkani
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 3 No 3 (2017): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.756 KB) | DOI: 10.35972/jieb.v3i3.136

Abstract

Abstract: The goal to be achieved in this research is to analyze the influence ofwork discipline on employee performance at PT. Panca Konstruksi in KabupatenBanjar. This research was designed with a research explanatory analysis with 57respondents as samples. The instrument used in this study is a questionnairecontaining the items of question by using a 5 level Likert scale. While the dataanalysis using the program SPSS for Windows version 18. From the test resultsnote that work discipline variables significantly affect the performance ofemployees at PT. Panca Konstruksi in Kabupaten Banjar. Coefficient ofdetermination equal to 0,565 which mean that equal to 56,5% while the rest 43,5% influenced by other variable not examined in this research.Keywords: work discipline, performanceAbstrak: Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Panca Konstruksi di Kabupaten Banjar. Penelitian ini dirancang dengan analisis research explanatory dengan sampel 57 orang responden. Instrumen yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang berisi butir-butir pertanyaan dengan menggunakan skala Likert 5 tingkatan. Sedangkan analisis data menggunakan program SPSS for Windows versi 18. Dari hasil uji diketahui bahwa variabel disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Panca Konstruksi di Kabupaten Banjar. Koefisien determinasi sebesar 0,565 yang berarti bahwa sebesar 56,5% sedangkan sisanya 43,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata kunci: disiplin kerja, kinerja
KINERJA STAF DAN EFEKTIVITAS KERJA APARAT PEMERINTAH DESA KRAMAT JEGU KECAMATAN TAMAN KABUPATEN SIDOARJO TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT Diah Ayu Sanggarwati; Rifda Fitrianty; Suryaningtyas Suryaningtyas
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 3 No 3 (2017): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.686 KB) | DOI: 10.35972/jieb.v3i3.137

Abstract

Abstract: This study aims to analyze the influence of staff performance, andeffectiveness to the satisfaction of rural communities in Kramat Jegu villageTaman District, Sidoarjo Regency. This study is a non-experimental studyconducted using questionnaires in Kramat Jegu village Taman District, SidoarjoRegency, with the 390 respondents as research’s samples. The analysis used inthis study is the regression analysis. Based on the results of the analysis, it can be seen that staff performance, and effectiveness simultaneously and partially have positive effect on people's satisfaction in Kramat Jegu Sidoarjo. Findings of this research shows that Kramat Jegu village Taman District, Sidoarjo Regencyofficials must always keep up their good performance and effectiveness to create a satisfactory service to the villagers.Keywords: performance, work effectiveness, community satisfactionAbstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja staf danefektivitas kerja terhadap kepuasan masyarakat Desa Kramat Jegu KecamatanTaman Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen yang dilakukan dengan menggunakan kuisioner di Desa Kramat Jegu Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo, dengan 390 responden sebagai sampel penelitian. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa kinerja staf dan efektivitas kerja secara simultan maupun parsial berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat di Desa Kramat Jegu Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pemerintah Desa Kramat Jegu Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo harus terus mempertahankan kinerja dan efektivitas dari aparatnya untuk menciptakan pelayanan terhadap masyarakat desa yang memuaskan.Kata kunci: kinerja, efektivitas kerja, kepuasan masyarakat
PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DAN KUALITAS LAYANAN PADA RUMAH MAKAN AYAM BAKAR WONG SOLO Siti Mardiah
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 3 No 3 (2017): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.717 KB) | DOI: 10.35972/jieb.v3i3.141

Abstract

Abstract: This study discusses how human resources play a vital role in theactivities of any organization including business activities in the face ofglobalization era, including the management of restaurant Ayam Bakar WongSolo. This research using the method “Cross Sectional”. Sampling is done bystratified random sampling with the number of samples studies are 100respondent. The research results are motivation and competence affects theservice quality of Ayam Bakar Wong Solo Restaurant employees directly andindirectly through performance variable.Keywords: motivation, competence, performance, service qualityAbstrak: Penelitian ini membahas bagaimana sumber daya manusia sangatberperan dalam kegiatan organisasi apapun termasuk kegiatan bisnis dalammenghadapi era globalisasi, termasuk dalam pengelolaan rumah makan AyamBakar Wong Solo. Penelitian ini menggunakan metode “Cross Sectional”. Metode pengambilan sampel yang digunakan dilakukan secara stratifikasi proporsional random sampling dengan jumlah sampel yang diteliti sebanyak 100 responden. Hasil Penelitian menemukan bahwa motivasi dan kompetensi mempengaruhi kualitas pelayanan rumah makan Ayam Bakar Wong Solo, baik secara langsung ataupun secara tidak langsung melalui variabel kinerja.Kata Kunci : motivasi, kompetensi, kinerja, kualitas layanan
EFEKTIVITAS ORGANISASI KELURAHAN KEMUNING KOTA BANJARBARU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 96 TAHUN 2012 MENUJU PEMERINTAHAN GOOD GOVERNANCE Muhammad Noorhani
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 3 No 3 (2017): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.447 KB) | DOI: 10.35972/jieb.v3i3.143

Abstract

Abstract: The goal to be achieved in this research is to know the effectiveness ofKemuning Banjarbaru Urban Village Organization in implementing GovernmentRegulation No. 96 Year 2012. This research uses descriptive method, primary data digging tool in the form of interview, while secondary data obtained through direct observation and documentary. Data analysis using qualitative descriptivetechnique. The results of this study conclude that the effectiveness of KelurahanKemuning Kota Banjarbaru is still not optimal. The obstacles that occur so that the effectiveness is less than optimal is on the indicators of mutual trust andcommunication between employees and leaders there has been a deviation, causing unbalance between plans and budgets that have been set.Keywords : organizational effectiveness Government Regulation implementation,Kelurahan KemuningAbstrak: Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas organisasi Kelurahan Kemuning Kota Banjarbaru dalammengimplementasikan Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, alat penggali data primer berupa wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh melalui obervasi langsung dan dokumenter. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa efektivitas Kantor Kelurahan Kemuning Kota Banjarbaru masih belum optimal, Hambatan yang terjadi sehingga efektivitas kurang optimal adalah penyalahgunaan kepercayaan oleh lurah oleh pegawai sehingga berdampak pada ketidaksesuaian antara rencana dan anggaran yang telah ditetapkan.Kata kunci: efektivitas organisasi, implementasi Peraturah Pemerintah,Kelurahan Kemuning

Page 1 of 2 | Total Record : 14