cover
Contact Name
Hardika Muhammad Fatih
Contact Email
hardikamf@stiepancasetia.ac.id
Phone
+6281953705789
Journal Mail Official
ejournal@stiepancasetia.ac.id
Editorial Address
Komplek Waringin, Jl. Ahmad Yani Km. 5,5, Kuripan, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70248
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
JIEB : Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis
ISSN : 24424560     EISSN : 26152134     DOI : 10.35972
JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS (JIEB) merupakan jurnal ilmiah yang berisi kumpulan artikel ilmiah mengenai ilmu ekonomi dan bisnis dari berbagai akademisi maupun praktisi dari seluruh Indonesia. JIEB terdiri dari 150 halaman setiap terbitannya, dan terbit sebanyak 3 kali dalam 1 tahun, yaitu pada bulan Maret, Juli, dan November. Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar. JIEB publishes research articles from various topics in accounting and finance and Management, including but is not limited to the following topics: Accounting and Finance Financial Accounting Public Sector Accounting Management Accounting Islamic Accounting and Financial Management Auditing Corporate Governance Ethics and Professionalism Corporate Finance Accounting Education Taxation Capital Market Banking Information System Sustainability Reporting Management Human Resource Management Marketing Strategy Management
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2023): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS" : 11 Documents clear
ANALISIS AKUNTANSI PIUTANG TERHADAP PEMBERIAN PEMBIAYAAN ANGGOTA PADA BMT KHAIRUL AMIN KABUPATEN BANJAR M. Syiraj Taufiq Mufti
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 9 No 1 (2023): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35972/jieb.v9i1.955

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui akuntansi piutang terhadap pemberian pembiayaan anggota pada BMT Khairul Amin Kabupaten Banjar selama ini dan yang seharusnya. Analisis data menggunakan model analisis kualitatif. Data-data yang telah terkumpul mengenai pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan akuntansi Murabahah pada BMT Khairul Amin dengan PSAK No. 102. Hasil penelitian ini adalah selama ini pengakuan dan pencatatan piutang diakui sebesar nilai perolehan aset murabahah ditambah keuntungan yang disepakati, dan pencatatan dilakukan pada pembayaran angsuran oleh pihak nasabah. BMT Khairul Amin Kabupaten Banjar selama ini tidak melakukan penilaian terhadap piutang, sehingga nilai piutang yang disajikan dalam laporan keuangan adalah nilai riil piutang, baik itu piutang lancar maupun piutang macet yang ada kemungkinan menjadi piutang tidak tertagih. Akuntansi piutang terhadap pemberian kredit nasabah yang secara umum pencatatan piutang yang dilakukan oleh BMT Khairul Amin sudah mengacu pada PSAK No. 102. BMT Khairul Amin ini memberikan pinjaman kepada nasabah biasanya dibebankan dengan marjin 15% setahun atau 1,25% perbulan. Cara pengembaliannya dengan cara angsuran. BMT Khairul Amin Kabupaten Banjar seharusnya melakukan penilaian terhadap piutang, dengan penyisihan piutang tak tertagih. Hal tersebut untuk mengantisipasi apabila ada peminjam yang tidak mampu membayar angsuran piutangnya karena meninggal dunia atau masalah lainnya. Kata kunci: Akuntansi Syariah, Akuntansi Piutang, PSAK No. 102 Tahun 2019
ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMBERIAN KREDIT PENSIUN SEJAHTERA PADA PT BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL KANTOR CABANG BANJARMASIN Annisa Yunia
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 9 No 1 (2023): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35972/jieb.v9i1.956

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengendalian intern pemberian kredit pensiun sejahtera PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Kantor Cabang Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah analisis data model Miles and Huberman untuk mengetahui aktivitas dalam analisis data kualitatif yang dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern dalam PT BTPN Kantor Cabang Banjarmasin sudah sesuai dengan SOP yang ditetapkan namun harus ditingkatkan lagi pengawasan serta pemantauan dalam memberikan kredit. Fenomena selama ini terdapat adanya kesalahan input dokumen pemberian kredit pensiun sejahtera, tidak adanya jaminan kredit untuk meminimalkan kredit, belum adanya pemeriksaan di lapangan, dengan kondisi nasabah sebelum pengajuan kredit diterima, tidak adanya audit kredit bagi nasabah yang mengalami telah pembayaran. Sistem pengendalian intern pemberian kredit pensiun sejahtera yang seharusnya dijalankan pada PT BTPN Kantor Cabang Banjarmasin berdasarkan komponen sistem pengendalian intern yaitu adanya pemisahan tanggung jawab dan wewenang pada masing-masing bagian yang terkait. Setiap transaksi atas proses pemberian kredit telah ditandatangani oleh pihak yang berwenang. Untuk mencegah kredit macet yaitu dengan membuat daftar piutang lancar dan tidak lancar, melakukan pengecekan Bank Indonesia Checking, pengawasan dan pemantauan atas pemberian kredit yang diberikan kepada karyawannya secara berkala. Kata kunci: Sistem Pengendalian Intern Pemberian Kredit Pensiun Sejahtera
KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU KUNING (AK.1) PADA DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN TANAH BUMBU Taufik Akbar
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 9 No 1 (2023): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35972/jieb.v9i1.957

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan pembuatan kartu kuning (AK.1) pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi meliputi lima indikator yaitu Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy. Metode Penelitian yang digunakan oleh penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka, teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pembuatan kartu kuning (AK.1) agar meningkatkan kualitas pegawai yang memberikan pelayanan ketika melayani. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kartu Kuning (AK.1)
ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PENERIMAAN PERIZINAN TERTENTU PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN BANJAR Yudi Rahman; Gt. Rafika; Fauziannor
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 9 No 1 (2023): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35972/jieb.v9i1.1000

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem dan prosedur penerimaan perizinan tertentu yang selama ini dan yang seharusnya pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Banjar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem penerimaan perizinan tertentu yang selama dijalankan selama ini terdapat aplikasi sistem pelayanan perizinan terpadu, tetapi terkadang tidak dapat diakses oleh pegawai sehingga menggunakan manual dalam proses perizinan. Sering terjadi kesulitan bagi pegawai dalam mengelola berkas permohonan izin karena berkas tersebut tidak disimpan dengan baik. Sistem penerimaan perizinan tertentu yang seharusnya adalah instansi selalu menggunakan sistem web. Adapun kendala yang selalu website sering terjadi error seharusnya instansi melakukan pemeliharaan sistem secara berkala untuk menghindari adanya gangguan pada saat penginputan perizinan tertentu pada website sehingga mempermudah dalam penginputan perijinan. Kata kunci: sistem, prosedur perizinan
ANALISIS TINGKAT KOMPETENSI SISWA PADA SMK ISLAMI AL-FATTAH ASTAMBUL KABUPATEN BANJAR Fakhri; Yudi Rahman
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 9 No 1 (2023): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35972/jieb.v9i1.1001

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang tingkat kompetensi siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 orang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Data primer diperoleh melalui kuesioner responden siswa dan guru, sedangkan data sekunder bersumber dari data SMK Islami Al-Fattah Astambul, dokumen-dokumen, dan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti. Kompetensi siswa di SMK Islami Al-Fattah Astambul diukur dengan menganalisis tiga dimensi kompetensi yaitu kompetensi kognitif, kompetensi afektif, dan kompetensi psikomotorik. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kompetensi siswa memiliki rata-rata berbeda. Kompetensi kognitif pada tingkat kemampuan evaluasi menunjukan hasil yang sangat baik, sedangkan pada tingkat pengetahuan, pemahaman, aplikasi dan analisis sudah pada kategori baik. Pada tingkat kompetensi kemampuan sintesis masih perlu ditingkatkan. Pada tingkat kompetensi afektif dan kompetensi psikomotorik pada tingkat kemampuan menerima, penilaian dan organisasi menunjukan hasil yang sangat baik dan tingkat kompetensi siswa pada tingkat kemampuan meresponding/jawaban, karakteristik nilai dan psikomotorik masih perlu usaha untuk meningkatkan. Kata kunci: kompetensi siswa, kompetensi kognitif, kompetensi afektif, kompetensi psikomotorik
ANALISIS FAKTOR PENINGKATAN PENDAPATAN KARGO DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA PT ANGKASA PURA I (PERSERO) BANDAR UDARA INTERNASIONAL SYAMSUDIN NOOR – BANJARMASIN Nur Aslamiati Chairunnisa
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 9 No 1 (2023): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35972/jieb.v9i1.1119

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui yang menjadi faktor peningkatan pendapatan kargo di masa pandemi Covid-19 dan mengetahui pendapatan kargo di masa pandemi Covid-19 pada Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor – Banjarmasin telah sesuai dengan PSAK 72 (2017) tentang Pendapatan dari Kontrak Pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menyajikan gambaran suatu fenomena dengan cara mendeskripsikan serta menjelaskan hasil dari observasi dan wawancara yang dilakukan dengan narasumber pada objek penelitian. Wawancara dilakukan dengan narasumber yang berjumlah dua orang dan observasi dilakukan selama dua bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menjadi penyebab peningkatan pendapatan kargo di masa pandemi Covid-19 pada PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor – Banjarmasin antara lain yaitu adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan sosial, adanya penawaran menarik oleh E-Commerce, adanya pengadaan dan pengiriman logistik kesehatan, serta pengalih fungsian pesawat komersil atau pesawat penumpang. Dalam menentukan pengakuan pendapatan, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor – Banjarmasin telah mengikuti model tahapan atau langkah-langkah transaksi analisis transaksi pencatatan pendapatan yang tercantum dalam PSAK 72 (2017) tentang Pendapatan dari Kontrak Pelanggan. Kata kunci: faktor peningkatan pendapatan, kargo, pandemi covid-19
ANALISIS MOTIVASI KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. PRIMA BANAC KOTA BANJARBARU Rika Ayu Saraswati; Isra Ul Huda
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 9 No 1 (2023): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35972/jieb.v9i1.1120

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja karyawan pada PT. Prima Banac Kota Banjarbaru. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah diketahui PT. Prima Banac Kota Banjarbaru memiliki permasalahan dalam motivasi kerja karyawan, namun setelah adanya penelitian ini diharapkan dapat memperbaiki motivasi kinerja karyawan di PT. Prima Banac Kota Banjarbaru Kata kunci: manajemen sumber daya manusia, motivasi kerja, kinerja
ANALISIS DAMPAK PELANGSIR BBM SOLAR SUBSIDI TERHADAP PENJUALAN PADA PT. RAJA ENERGI KALIMANTAN DI KABUPATEN BANJAR Eka Mayang Damaiyanti
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 9 No 1 (2023): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35972/jieb.v9i1.1121

Abstract

Abstrak: Bahan Bakar Minyak (BBM) adalah salah satu kebutuhan pokok yang menguasai hajat hidup orang banyak sehingga perlu diadakan BBM bersubsidi. Namun, di balik subsidi ini ada persaingan antara minyak subsidi dan minyak non subsidi yang dilakukan oleh pelangsir. Hal ini menjadi permasalahan yaitu dampak yang akan ditimbulkan pelangsir BBM solar subsidi terhadap penjualan PT Raja Energi Kalimantan. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan fenomena sosial secara detail serta menyajikan gambar yang lengkap mengenai dampak pelangsir bbm solar subsidi terhadap penjualan. Hasil penelitian adalah bahwa selama ini dampak yang ditimbulkan dari pelangsir BBM Subsidi sangat berpengaruh kepada penjualan minyak industri yang dijual PT Raja Energi Kalimantan. Kata kunci: pelangsir, BBM solar subsidi, penjualan
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP LENOVO PADA MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI PANCASETIA BANJARMASIN Abdul Hadi
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 9 No 1 (2023): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35972/jieb.v9i1.1122

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian laptop Lenovo pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pancasetia Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 38 0rang mahasiswa di STIE Pancasetia Banjarmasin, data diambil melalui kuesioner yang dibagikan kepada responden.. Data dianalisis dengan menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, dan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kualitas produk dan harga berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian; dan (2) kualitas produk dan harga secara simultan berpengaruh terhadap keputusan laptop Lenovo pada STIE Pancasetia Banjarmasin. Kata kunci: kualitas produk, harga, keputusan pembelian
STRATEGI PEMASARAN UMKM DALAM PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING UMKM DALAM BIDANG PERABOT RUMAH TANGGA DI DESA KAMPUNG BARU KABUPATEN TANAH BUMBU Gusti Novita Anggriani
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 9 No 1 (2023): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35972/jieb.v9i1.1123

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran UMKM dalam pemanfaatan digital marketing UMKM dalam bidang perabot rumah tangga di desa Kampung Baru kabupaten Tanah Bumbu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara. Sampel penelitian sebanyak 8 orang karyawan dan pembeli di UMKM. Hasil penelitian ini adalah strategi pemasaran belum sesuai yang seharusnya. Diharapkan dengan adanya penelitian ini, UMKM dapat menerapkan strategi pemasaran yang seharusnya. Kata kunci: UMKM, strategi pemasaran, digital marketing

Page 1 of 2 | Total Record : 11