cover
Contact Name
Juliana Kadang
Contact Email
julikadang@gmail.com
Phone
+6281341060166
Journal Mail Official
jimutfeb@gmail.com
Editorial Address
https://jimutuntad.com/index.php/jimut/about/editorialTeam
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT)
Published by Universitas Tadulako
ISSN : 24431850     EISSN : 24433578     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) terbentuk di tahun 2015 ( SK no. 0005.24433578/JI.3.1/SK.ISSN/2015.4 - 23 April 2015 ) bertujuan untuk mempublikasikan karya tulis ilmiah mahasiswa program studi S1 Manajemen. JIMUT merupakan Open Journal System (OJS) dengan e-ISSN : 2443-3578 dan p-ISSN : 2443-1850. JIMUT mengundang para author dan pakar berpartisipasi mempublikasikan dan membagi ide-ide melalui penelitian ilmiah dan empiris tentang ekonomi bisnis, manajemen dan kewirausahaan. Tujuan publikasi adalah untuk meningkatkan pengetahuan teori, konsep, dan praktik di bidang ekonomi bisnis, manajemen dan kewirausahaan. Partisipasi para pakar nasional di dewan redaksi adalah jaminan keberlanjutan dan kualitas publikasi sebagai kontribusi terhadap pengembangan manajemen dan riset bisnis pada skala nasional. JIMUT akan menerbitkan artikel secara on line tiga kali dalam setahun (Januari, Mei dan September) berisi sepuluh penelitian empiris dalam Bahasa Indonesia. Jurnal ini tidak hanya bagi kalangan sendiri, terbuka bagi para peneliti, dosen atau mahasiswa di luar Universitas Tadulako
Articles 279 Documents
PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI PRODUK MOTOR MEREK YAMAHA NMAX DI KOTA PALU Eka Desyani; Wahyuningsih Wahyuningsih; Ponirin Ponirin
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.317 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v2i3.60

Abstract

This study aims to determine the influence of price perceptions and brand image on the interest in purchasing Yamaha NMAX in Palu City. Type of stduy is explanatory. Population consist of people in Palu City who have known and interested, but do not yet have Yamaha NMAX products. Sampling technique is purposive sampling, with total samples of 90 people. Data collection using questionnaire which then processed by using regression analysis tool with SPSS for Windows Release 16.0. Method of analysis is multiple regression analysis. The result shows that price perceptions have positive and significant influence on the interest of poeople purchasing Yamaha NMAX in Palu City, with significance level t-sig. of (0,05 ≥ 0.041) with regression coefficient equals to 0.154. Brand image has positive and significant influence on the interest of buying Yamaha NMAX in Palu City, with significance level t sig. of (0,05 ≥ 0.000) with regression coefficient value equals to 0.464. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga dan citra merek terhadap minat beli produk motor merek Yamaha NMAX Di kota Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatory research (penelitian penjelasan). Populasi dalam penelitian ini dikhususkan pada masyarakat kota Palu yang mengetahui dan berminat, tetapi belum memiliki produk Yamaha NMAX. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang kemudian diolah dengan menggunakan alat analisis regresi dengan program SPSS For Windows Release 16.0. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis regresi berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk motor merek Yamaha NMAX di kota Palu, dengan tingkat signifikansi t sig. (0,05 ≥ 0,041) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,154. Variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap  minat beli produk motor merek Yamaha NMAX di kota Palu, dengan tingkat signifikansi t sig. (0,05 ≥ 0,000) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,464.
PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP MINAT BELI ULANG SEPATU MEREK CONVERSE ALL STAR Wahyuddin, Riswandi; Tanamal, Johnny; Nainggolan, Engki P
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.321 KB)

Abstract

The purpose of this research is to find out and analyze the influence of unison and partial variable brand equity, made up of brand awareness, brand association, the perception of quality and brand loyalty can affect your interest in purchasing a re brand shoes Converse All Star Student at the Faculty of Economics of the University of Tadulako. The research of using primary data, obtained directly from the questionnaire filled in by the respondents. The sample in this study was 60 respondents and is determined using a purposive sampling. Results of the study, the value of R2 = 0.530 (53.0%), which means that buying interest in re-53.0% are influenced by variables brand equity. From the results of the partial test (t) obtained the value of brand awareness for the significance of 0.036, brand associations of 0.026, perception of quality and brand loyalty of 0.021 0.003, it means that the variable is positive and influential brand equity significantly to the buying interest. (F) simultaneous test with significance F 0.000 ≤ level of significance of 5% (α = 0.05) then it can be concluded that all four of these variables simultaneously have a positive influence and interest significantly to buy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisi pengaruh serempak dan persial variabel ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek dapat mempengaruhi minat beli ulang sepatu merek Converse All Star pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako. Penelitian menggunakan data primer, diperoleh langsung dari kuesioner yang diisi oleh responden. Sampel dalam studi ini adalah 60 responden dan ditentukan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian, nilai R2 = 0,530 (53%), yang berarti bahwa 53% minat beli ulang dipengaruhi oleh variabel ekuitas merek. Dari hasil uji parsial (t) diperoleh nilai kesadaran merek0,036, asosiasi merek sebesar 0,026, persepsi kualitas dan loyalitas merek 0,021 dan 0,003, itu berarti bahwa variabel ekuita merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Sedangkan hasil uji simultan (F) diperoleh  nilia Fhitung sebesar 0,000 ≤ level of significance 5% (α=0,05) maka dapat disimpulkan bahwa keempat variabel tersebut secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang.
PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MENGGUNAKAN PRODUK KOSMETIK (STUDI PADA SWALAYAN GRAND HERO DI KOTA PALU) Rabiatul Adawiah; Syamsul Bachri Daeng Parani; Farid Farid
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 1, No 3 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.425 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v1i3.28

Abstract

The  purpose  of  this  study  is  to  determine  the  influence  of  price  and  brand  image  both simultaneously and partially to customer loyalty at grand hero Supermarkets in the city of Palu. The independent variables used in this study are price and brand image. While the dependent variable is Customer Loyalty  (Y).  The  research  method  used  in  this  research  is  descriptive causal  method.  The sample used in this study were as many as 93 respondents with the form of sampling using accidental sampling and Purposive Sampling techniques. Data analysis method used in this research is multiple linear regression analysis method. The results of this study indicate that simultaneously the price and brand  image  have  a  significant  effect on  customer  loyalty  at  grand  hero  supermarket  in  the  city  of hammer. Partially  significant  effect  on  customer  loyalty  using  viva  cosmetic product  at  grand  hero supermarket in Palu City. Tujuan  dari  penelitian  ini  yaitu  untuk  mengetahui  pengaruh  harga  dan  citra  merek   baik  secara serempak  maupun  parsial  terhadap  loyalitas  pelanggan  pada  Swalayan  grand  hero  di  Kota  Palu. Variabel independen  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  harga  dan citra  merek.  Sedangkan variable  dependen  adalah  Loyalitas pelanggan  (Y).  Metode  penelitian  yang  digunakan  dalam penelitian ini  adalah  metode  deskriptif  kausal.  Sampel  yang  digunakan  pada penelitian  ini  yaitu sebanyak 93 responden dengan bentuk pengambilan sampel menggunakan teknik accidental Sampling dan  Purposive Sampling.  Metode  analisis  data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini adalah  metode analisis  regresi  linear  berganda.  Hasil  penelitian  ini menunjukkan   bahwa  secara  simultan harga  dan citra  merek berpengaruh  signifikan   terhadap  loyalitas  pelanggan  pada  swalayan grand  hero  di  kota palu.  Secara  parsial  berpengaruh signifikan terhadap  loyalitas  pelanggan  menggunakan  produk kosmetik viva pada swalayan grand hero di Kota Palu.
ANALISIS PERPUTARAN MODAL KERJA DAN PENGARUHNYA TERHADAP SISA HASIL USAHA (SHU) PADA KOPERASI PEGAWAI NEGERI REPUBLIK INDONESIA (KPNRI) DI KOTA PALU Yani Lestari; Muhammad Yunus Kasim; Husnah Husnah
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.149 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v2i2.51

Abstract

This study proves the influence of working capital turnover (turnover of cash, accounts receivable turnover, inventory turnover) on net income (SHU) at the Civil Servants Cooperative of Republic of Indonesia (KPNRI) in Palu in 2011-2014. The data in this study is time series data in the form of financial statements, which consist of data on the balance sheet and profit/loss or SHU in four consecutive years of 2011-2014 of KPNRI in Palu City. Research sample is 12 cooperatives selected with purposive sampling technique. Model of analysis is multiple linear regressions analysis. The research proves that rotation of working capital includes cash turnover, accounts receivable turnover, inventory turnover simultaneously have significant influence on the SHU with f-value of 5.951 and significance level of 0.002 <α 0.05. Partially, cash turnover positively has significant influence on SHU with t-value of 2.184 with a significant value of 0.034 <α 0.05, receivable turnover has non- significant influence on the SHU with t-value of 2.595 with significance value of 0.180> α of 0.05, inventory turnover significantly has negative influence on SHU with t-value of -2.650 and significance value of 0.004 <α 0.05. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh perputaran modal kerja (perputaran kas, perputaran piutang,perputaran persediaan) terhadap sisa hasil usaha (SHU) pada Koperasi Pegawai Negeri Republik Indonesia (KPNRI) di Kota Palu dengan periode penelitian 2011-2014. Data pada penelitian ini adalah data time series berupa laporan keuangan yang terdiri dari data-data pada neraca dan laporan laba/rugi atau SHU selama empat tahun berturut-turut (2011-2014) dari KPNRI Di Kota Palu. Sampel penelitian sebanyak 12 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Model analisis yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah alat analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara simultan perputaran modal kerja yaitu perputaran kas, perputaran piutang,perputaran persediaan berpengaruh signifikan terhadap SHU dengan nilai Fhitung sebesar 5.951, dengan tingkat signifikan sebesar 0,002 < α 0,05. Secara parsial perputaran kas berpengaruh signifikan positif terhadap SHU dengan nilai t hitung sebesar 2.184 dengan nilai signifikansi sebesar 0,034 < α 0,05, perputaran piutang tidak berpengaruh signifikan terhadap SHU dengan nilai t hitung sebesar 2.595 dengan nilai signifikansi sebesar 0,180 > α 0,05, perputaran persediaan berpengaruh signifikan negatif terhadap SHU dengan nilai t hitung sebesar - 2,650 dengan nilai signifikansi sebesar 0,004 < α 0,05.
PERAN EKONOMI KREATIF DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA ANGKATAN KERJA Kaimuddin, Andi
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.632 KB)

Abstract

Ekonomi kreatif merupakan kemampuan kreatif dan inovatif untuk berkreasi pada setiap karya kreatif yang diciptakan oleh angkatan kerja dalam menjawab problematika. Diperlukan ide kreatif sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan yang dapat meringankan beban pemerintah untuk mengurangi tingginya angka pengangguran di angkatan kerja produktif. Terdapat sejumlah kelompok usaha ekonomi kreatif yang saat dikembangkan di Indonesia. Semakin banyaknya angkatan kerja yang terlibat di aktifitas ekonomi kreatif, semakin tinggi produktivitas yang dihasilkan sehingga akan berpengaruh pada pertimbuhan ekonomi nasional. Diperlukan keterlibatan pemerintah melalui regulasi dan stake holder dalam kegiatan pengembangan ekonomi kreatif.  
PENGARUH KINERJA LOGISTIK TERHADAP KINERJA OPERASIONAL PADA UKM ROTAN DI KOTA PALU Ardiansyah Ardiansyah; Husein Hi Moh Saleh; Suryadi Hadi
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (797.226 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v1i2.19

Abstract

The  aim  of  this  research  is  to  describe  the  influence  of  logistic  performance  on  operational performance  in  the  rattan  small-medium  business  in  Palu. Population  of  this  research  is  24  Rattan small-medium  business,  which  consists  of  24  business  owners  as respondents,  and  24  active employees. In total, the sample of this research is 48 people who selected with census method. Method of analysis  is  multiple linear  regressions  by  using  software  of  SPSS  for  Windows  Release  16.0. Hypothesis  test  shows  significance  level  of  α  =  0.05  and  reliability  test  using  the  coefficient  values shows cronbach  alpha  with  coefficient  of  α  =  0,60.  The  result  indicates that  logistic  performance simultaneously  have  significant influence  on  operational  performance,  with  adjusted  R-square  value of 46.4%. Partially, with the standard of α = 0.05, X1, X2 and X3 have significant influence on Y with sig. value of 0.033, 0.037 and 0.000 respectively. The correlation test shows a correlation coefficient by   0.706,  which  means that  the  variable  of  logistic  performance  has  a  strong  relationship with  the operational performance of 70.6%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh kinerja logistik terhadap kinerja  operasional  pada  UKM  industri  rotan  di  Kota  Palu.  Populasi  dalam  penelitian  ini adalah 24 Usaha Kecil Menengah Rotan yang terdiri dari 24 pemilik usaha sebagai responden, dan  24 karyawan  aktif  sehingga  sampel  penelitian  ini  adalah  48  responden dengan teknik sampel yang  digunakan  adalah  Sensus.  Metode analisis  yang  digunakan  adalah  analisis regresi  linier  berganda  dengan menggunakan  perhitungan  dari  software  SPSS  for  Windows Release 16,0. Uji hipotesis yang digunakan memiliki tingkat signifikansi α = 0,05 dan untuk uji  reliabilitas  menggunakan  nilai  koefisien  alan  croanbach  dengan  koefisien  nilai  batas  α  = 0,60.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  kinerja  logistik  secara  simultan  menghasilkan pengaruh  yang signifikan terhadap kinerja operasional, dengan nilai Adjust R-square sebesar 46,4%.  Secara  parsial  dengan  standar  α  =  0,05  hasil penelitian  X1,  X2  dan  X3  berpengaruh signifikan terhadap Y dengan sig masing-masing yaitu 0,033, 0,037 dan 0,000. Hasil korelasi tersebut  menunjukkan  koefisien  korelasi  sebesar  0,706  yang berarti  bahwa  variabel  kinerja logistik memiliki hubungan yang kuat dengan kinerja operasional sebesar 70,6%.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG (KPKNL) PALU Suriani, Ni Nyoman; Azis, Idris; Murad, Mohammad Ali
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.274 KB)

Abstract

The purposes of this research are: (1) to determine the influence of physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, and empathy on customers’ satisfaction in the Office of State Property and Auction (KPKNL) Palu, (2) to determine the influence of physical evidence on customers’ satisfaction in the KPKNL of Palu (3) to determine the influence of reliability on customers’ satisfaction in the KPKNL of Palu, (4) to determine the influence of responsiveness on customers’ satisfaction in the KPKNL of Palu (5) to determine the influence of assurance on customers’ satisfaction in the KPKNL Palu, (6) to determine the influence of empathy on customer satisfaction in the KPKNL Palu. By using associative research approach, this study examines a sample of 39 customers. Data analysis technique used is multiple linear regressions. The results of hypothesis testing can be concluded that: (1) physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, and empathy simultaneously have significant influence on customer satisfaction; (2) partially, physical evidence variable, reliability and responsiveness have non- significant influence on customer satisfaction; (3) assurance and empathy partially have significant influence on customer satisfaction.   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh simultan terhadap kepuasan pelanggan pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palu; (2) Untuk mengetahui bukti fisik berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palu; (3) Untuk mengetahui kehandalan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palu, (4) Untuk mengetahui daya tanggap berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palu, (5) Untuk mengetahui jaminan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palu, (6) Untuk mengetahui empati berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palu. Penelitian ini menggunakan dasar penelitian asosiatif. Pada penelitian asosiatif ini minimal terdapat dua variabel yang dihubungkan. Jadi penelitian asosiatif ini merupakan penelitian yang meneliti tentang hubungan antara dua variabel atau lebih dengan sampel 39 pelanggan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil analisis dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa: (1) berdasarkan hasil uji regresi diperoleh sig. F sebesar 0,001 < 0,05, yang dapat diartikan bahwa variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan; (2) berdasarkan uji regresi diperoleh variabel bukti fisik, kehandalan dan daya tanggap secara parsial ada pengaruh tapi tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan; (3) berdasarkan uji regresi diperoleh variabel jaminan dan empati secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
PENGARUH KOMPETENSI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR DINAS PERHUBUNGAN KOTA PALU Rahmat Ghazali; Lina Mahardiana; Risnawati Risnawati
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.405 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v2i1.42

Abstract

The purposes of this study are: 1) to determine and analyze the influence of competence and work discipline on the performance of employees at the Department of Transportation in Palu City; 2) to determine and analyze the influence of competence on the performance of employees at the Department of Transportation, Palu City; 3) to determine and analyze the influence of work discipline on the performance of employees at the Department of Transportation, Palu City. The sample of study consists of 56 people. Method of data analysis is multiple linear regressions with regression equation model as follows: Y = 1.070 + 0.635X1 + 0.152X2. The result of the simultaneous test shows that the competence and work discipline have positive and significant influence on the employees’ performance. Partial test shows the competence variable has a positive and significant influence on employees’ performance, while work discipline has positive and non-significant influence on employees’ performance. The coefficient of determination shows the value of R-Square of 0.649, which shows that 64.9% employees’ performance influenced by the competence and work discipline variables, and 35.1% influenced by other variables that are not examined in this study. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada kantor Dinas Perhubungan Kota Palu; 2) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi terhadap kinerja pegawai pada kantor Dinas Perhubungan Kota Palu, dan 2) ntuk mengetahui dan menganalisis pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada kantor Dinas Perhubungan Kota Palu. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 56 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis data, maka persamaan regresi yang di dapat adalah sebagai berikut: Y = 1,070 + 0,635X1 + 0,152X2. Hasil uji serempak menunjukkan bahwa variabel kompetensi dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Kemudian pada uji parsial menunjukkan variabel kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai dan variabel disiplin kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja pegawai. Koefisien determinasi memperlihatkan nilai R-Square sebesar 0,649 yang menunjukkan bahwa 64,9% variabel kinerja pegawai dipengaruhi oleh variabel kompetensi dan disiplin kerja, sedangkan 35,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PENGARUH PENGALAMAN MEREK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN SHAMPO L’ORÉAL DI KOTA PALU Permatasari, Intan; Bachri, Syamsul; Ponirin, Ponirin
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 4, No 3 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.797 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v4i3.124

Abstract

This research aims to know and analyze: (1) To analyze the influence of brand experience and brand image simultaneously have a significant influence on consumer satisfaction using L'Oréal Shampoo in Palu City (2) To analyze the influence of brand experience partially have a significant influence on customer satisfaction L'Oréal Shampoo in Palu City and (3) To analyze the influence of brand image partially have a significant effect on consumer satisfaction using L'Oréal Shampoo in Palu City. The type of research used is quantitative (showing the relationship between variables). The population in the study were those who used L'Oréal Shampoo in Palu city twice in the last 3 months. Sampling technique in this study using purposive sampling, with the number of samples of 75 people. Data collection using questionnaires. The analytical method used multiple linear regression analysis using SPSS release 16. The results showed that (1) The influence of brand experience and brand image simultaneously influenced the consumer's satisfaction by using L'Oréal Shampoo in Palu City (2) brand partially influential to customer satisfaction using L'Oréal Shampoo in Palu City (3) There is influence of brand image by partially influential toward consumer's satisfaction using L'Oréal Shampoo in Palu City. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa: (1) Untuk menganalisis pengaruh pengalaman merek dan citra merek secara simultan berpengaruh signitifkan terhadap kepuasan konsumen menggunakan Shampo L’Oréal di Kota Palu (2) Untuk menganalisis pengaruh pengalaman merek secara parsial berpengaruh signitifkan terhadap kepuasan konsumen menggunakan Shampo L’Oréal di Kota Palu dan (3) Untuk menganalisis pengaruh citra merek secara parsial berpengaruh signitifkan terhadap kepuasan konsumen menggunakan Shampo L’Oréal di Kota Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif (menunjukan hubungan antar variabel). Populasi dalam penelitian adalah yang menggunakan Shampo L’Oréal di kota Palu sebanyak 2 kali dalam 3 bulan terakhir. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS release 16. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat pengaruh pengalaman merek dan citra merek secara simultan berpengaruh signitifkan terhadap kepuasan konsumen menggunakan Shampo L’Oréal di  Kota Palu (2) Terdapat pengaruh pengalaman merek secara parsial berpengaruh signitifkan terhadap kepuasan konsumen menggunakan Shampo L’Oréal di Kota Palu (3) Terdapat pengaruh citra merek secara parsial berpengaruh signitifkan terhadap kepuasan konsumen menggunakan Shampo L’Oréal di Kota Palu.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA “RUMAH LAUNDRY” DI KECAMATAN PALU SELATAN Vera Ningsih; Rosida P Adam; Yobert Kornelius
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (935.903 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v1i1.10

Abstract

The purpose of this study is to determine the influence of quality of service that consists of physical evidence  (X1),  empathy  (X2),  reliability  (X3), responsiveness  (X4)  and  assurance  (X5)  on  consumer satisfaction using  services  "Home  Laundry" in  South  Palu  Sub-district,  both simultaneously  and partially. The type of study is causal-descriptive. The population consists of all consumers who use the services  of  "Home Laundry"  in  South  Palu  Sub-district.  Sampling  technique  is  purposive sampling with a sample size of 60 people. The analytical tool is multiple linear regressions analysis. Based on the results of multiple linear regression analysis show that the quality of service consists of physical evidence (X1), empathy (X2), reliability (X3), responsiveness (X4) and assurance (X5) simultaneously have  significant  influence  on  consumers’ satisfaction  in  using  the  services  of  "Home  Laundry"  in South Palu, with significant values of 0.000> 0.05. Partial test finds that the quality of service consists of  physical  evidence  (X1)  =  0.011,  empathy  (X2)  = 0.001,  reliability  (X3)  =  0.001,  responsiveness (X4) = 0.000 and assurance (X5) = 0.010 significantly have partial influence on customer satisfaction in using the services of "Home Laundry" in South Palu Sub-district. Tujuan dari  penelitian  ini adalah  untuk  mengetahui  pengaruh  kualitas pelayanan  yang  terdiri  dari bukti  fisik  (X1),  empati  (X2),  reliabilitas (X3),  responsiveness  (X4)  dan  assurance  (X5) terhadap kepuasan konsumen  dengan  menggunakan  layanan  "Rumah  Laundry  "di Kecamatan  Palu  Selatan, baik  secara  simultan  maupun  parsial.  Jenis penelitiannya  bersifat  kausal-deskriptif.  Populasi  terdiri dari  semua konsumen  yang  menggunakan  layanan  "Binatu  Rumah"  di Kecamatan  Palu  Selatan. Teknik  pengambilan  sampel  adalah purposive  sampling  dengan  ukuran  sampel  60  orang.  Alat analisisnya  adalah  analisis  regresi  linier  berganda.  Berdasarkan  hasil analisis  regresi  linier  berganda menunjukkan  bahwa  kualitas pelayanan  terdiri  dari  bukti  fisik  (X1),  empati  (X2),  reliabilitas  (X3), daya  tanggap  (X4)  dan  jaminan  (X5)  secara  simultan  berpengaruh signifikan  terhadap  kepuasan konsumen  dalam  menggunakan layanan  di  Rumah  Laundry  di  Palu  Selatan,  dengan  nilai  signifikan 0,000> 0,05.  Uji  parsial  menemukan  bahwa  kualitas  layanan  terdiri  dari bukti  fisik  (X1)  =  0,011, empati (X2) = 0,001, reliabilitas (X3) = 0,001, responsiveness (X4) = 0,000 dan jaminan (X5) = 0,010 berpengaruh secara  signifikan  terhadap  kepuasan  pelanggan  dalam menggunakan layanan  "Rumah Laundry" di Kecamatan Palu Selatan

Page 1 of 28 | Total Record : 279


Filter by Year

2015 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 3 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 3 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 4 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 3 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 6, No 3 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 5, No 3 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 4, No 3 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 3, No 3 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 1, No 3 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako More Issue