cover
Contact Name
Herny Februariyanti
Contact Email
dinamika@edu.unisbank.ac.id
Phone
+6224-8311668
Journal Mail Official
dinamika@edu.unisbank.ac.id
Editorial Address
Jl. Tri Lomba Juang No.1 Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Dinamika Informatika: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi
Published by Universitas Stikubank
ISSN : 20853343     EISSN : 27148769     DOI : https://doi.org/10.35315/informatika.v12i1
Core Subject : Science,
Jurnal Dinamika Informatika merupakan jurnal yang berisikan tentang ilmu pengetahuan di bidang Sistem Informasi yang mencakup hasil penelitian, kajian teori, ilmu terapan metode yang terkait dengan spesialisasi Sistem Informasi meliputi Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Pendukung Keputusan, Data Mining, Database, Information Retrieval, e-Government, e-Bussines, Manajemen Proyek dan bidang lain yang relevan dengan Sistem Informasi. Mendorong ilmuwan, praktisi, dan lainnya untuk melakukan penelitian dan aktivitas serupa lainnya.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2010)" : 10 Documents clear
APLIKASI PEMBELAJARAN KOSA KATA DAN PRONUNCIATION BAHASA INGGRIS BERBASIS MULTIMEDIA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Kasus : SD Negeri Kadipiro No. 144 Surakarta)
Jurnal Dinamika Informatika Vol 2 No 2 (2010)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (869.852 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v2i2.889

Abstract

Program aplikasi pembelajaran kosa kata (vocabulary) bahasa Inggris dan pronunciation bagi siswa sekolah dasar kelas 1 sebagai alternatif metode pembelajaran bagi para guru dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran bahasa Inggris. Program aplikasi disesuaikan dengan Lembar Kegiatan Siswa untuk vacabulary (kosa kata) dan pronunciation yang disertakan dengan latihan dan evaluasi bagi siswa Sekolah Dasar Kelas 1. Kosa kata (vocabulary), di materi ini akan banyak  latihan selain penentuan  terlebih dahulu objek yang dibuat berdasarkan suatu topik tertentu seperti materi alfabet, bagian tubuh, sayuran (vegetables), buah-buahan (fruits), sekolah (Schools) dan lain-lain.Presentasi obyek gambar disertai dengan Pronunciation yang berhubungan dengan cara pengucapan kata (intonasi dan tekanan) dalam bahasa Inggris yang benar dengan memanfaaatkan audio visual.   Kata kunci :  aplikasi pembelajaran, multimedia, vocabulary  & pronunciation
PENGELOMPOKAN MAHASISWA MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS
Jurnal Dinamika Informatika Vol 2 No 2 (2010)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.663 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v2i2.890

Abstract

Pihak Perhutani perlu mengetahui informasi tentang umur kayu jati, supaya pada waktu pemotongan dapat langsung diketahui umur dari kayu jati. Untuk memberikan informasi yang baik mengenai umur kayu jati, diperlukan suatu sistem yang dapat memberikan informasi mengenai umur kayu jati. Umur kayu dapat diketahui berdasarkan lingkaran tahun pada kayu atau disebut juga dengan growthring. Makalah ini membahas pengelompokan mahasiswa berdasarkan data akademik menggunakan teknik clustering dan membuat   aplikasinya kemudian  menganalisis hasilnya sehingga  diharapkan  mampu  memberikan informasi bagi yang berkepentingan. Algoritma K-Means merupakan salah satu algoritma teknik clustering  yang dimulai dengan pemilihan secara acak K, yang merupakan banyaknya cluster yang ingin dibentuk dari data yang akan di kluster, yaitu nilai tes mahasiswa saat masuk dan Indeks Prestasi Komulatif mahasiswa sampai semester 8. Sistem  yang dibuat  menampilkan hasil klustering data akademik mahasiswa, yaitu pola dari prestasi mahasiswa yang klusternya tetap, turun dan  naik, dan dapat terlihat dari asal program studi, asal kota  dan asal SMA.  Dari  hasil studi kasus  dapat diperoleh informasi mahasiswa yang tetap pada kluster seperti awal masuk sebanyak 422  (45, 085%),  mahasiswa yang naik kluster sebanyak 284  (30,342%) dan mahasiswa yang  turun klusternya sebanyak 230 (24,573%), Kata kunci: teknik clustering, Algoritma K-Means.  
DETEKSI GROWTHRING PADA KAYU DENGAN METODE EDGE LINKING
Jurnal Dinamika Informatika Vol 2 No 2 (2010)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.403 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v2i2.891

Abstract

Pihak Perhutani perlu mengetahui informasi tentang umur kayu jati, supaya pada waktu pemotongan dapat langsung diketahui umur dari kayu jati. Untuk memberikan informasi yang baik mengenai umur kayu jati, diperlukan suatu sistem yang dapat memberikan informasi mengenai umur kayu jati. Umur kayu dapat diketahui berdasarkan lingkaran tahun pada kayu atau disebut juga dengan growthring. Untuk mendeteksi growthring pada kayu salah satu metode yang bisa digunakan adalah menggunakan Edge Lingking. Sedangkan untuk mendeteksi Edge Lingking proses yang sebelumnya harus dilakukan adalah proses Edge Detection. Tahapan yang dilakukan pada deteksi growthring kayu dengan metode edge linking adalah pembacaan citra, deteksi dan analisis, dan tampilan rekonstruksi lingkaran tahun pada kayu. Pada proses deteksi dan analisis yang proses dilakukan adalah  Edge Detection,  deteksi kurva dan analisis lingkaran menggunakan Edge Linking.   Kata Kunci : Growthring, Edge Detection, Edge Linking.
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BUDIDAYA UDANG WINDU DI KEC. JUANA, PATI BERBASIS WEB
Jurnal Dinamika Informatika Vol 2 No 2 (2010)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.737 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v2i2.892

Abstract

Sejarah Pembudidayaan Udang Windu Di Kec. Juana, Pati dimulai sejak tahun 1989. Luas area pertambakan yang kurang-lebih 3000 Ha dimanfaatkan penduduk untuk melakukan pembudidayaan. Pembudidayaan yang dilakukan budidaya ikan dan udang. Berdasarkan permasalahan yang timbul yang dialami oleh para petani tambak dalam mencari informasi mengenai pembudidayaan, maka dibutuhkan sebuah sistem  informasi yang disajikan dalam bentuk Web. Agar penelitaan dapat dilakukan sebaik-baiknya maka peneliti merumuskan masalah : Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Budidaya Udang Windu di Kec. Juana, Pati Berbasis Web. Tujuan dari penelitian adalah untuk membuat sistem informasi berbasis WEB, untuk membantu memecahkan masalah yang berkaitan dengan Pembudidayaan Udang  Windu dari segi pemilihan lahan, pembudidayaan, pemasaran. Berdasarkan pengamamatan dan pembahasan yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa system baru dapat menampilkan informasi bididaya udang Windu, perancangan database, perancangan input dan output dan rancangan implementasi. Sistem baru tersebut diharapkan mampu menyajikan informasi yang cepat, tepat dan bermanfaat. Keywords—3-5 kata kunci, Algoritma A, algoritma B, kompleksitas
SISTEM INFORMASI PENDUKUNG KEPUTUSAN PADA SELEKSI PENERIMAAN PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)
Jurnal Dinamika Informatika Vol 2 No 2 (2010)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (421.253 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v2i2.893

Abstract

Penelitian ini mengembangankan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan memanfaatkan metode Analytical  Hierarchi  Process  (AHP)  sebagai  proses dalam seleksi penerimaan pegawai. Dalam proses seleksi ini digunakan beberapa criteria (multikriteria)  untuk  memilih  pelamar  mana  yang  akan  diterima.  SPK  ini  membantu  manager  sumber daya  manusia (SDM)  dalam  memutuskan  pelamar  yang  akan  dipilih. Penelitian  ini  menitik  beratkan  pada perancangan  basisdata  dan  antarmuka  untuk  implementasi.  AHP  digunakan  sebagai  model  untuk  pembobotan multikriteria dalam seleksi. Keyword: Sistem Pendukung Keputusan, AHP, multicriteria
PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM RANGKA PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK
Jurnal Dinamika Informatika Vol 2 No 2 (2010)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.156 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v2i2.894

Abstract

Penerapan TI tidak hanya hanya pada sektor bisnis, tetapi pada sektor publik khususnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat mutlak harus dibutuhkan. Penelitian ini dilakukan untuk mencoba mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan TI terhadap penerimaan TI pada sektor pelayanan publik. Model yang digunakan pendekatan model TAM yang dikemukakan Davis. Model ini menempatkan faktor sikap dari tiap-tiap perilaku pengguna dengan dua variabel yaitu kemanfaatan (usefulness) dan kemudahan penggunaan (ease of use). Keyword: Model TAM, usefulness, Ease of use
Analisa Profil Data Mahasiswa Baru Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang Tahun 2005-2010 Dengan Teknik Data Mining
Jurnal Dinamika Informatika Vol 2 No 2 (2010)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.962 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v2i2.895

Abstract

Universitas Stikubank (Unisbank) merupakan salah satu perguruan tinggi yang sudah cukup lama berkembang dengan jumlah mahasiswa baru yang diterima setiap tahun cukup banyak. Namun demikian ternyata data mengenai mahasiswa baru belum banyak dimanfaatkan untuk kepentingan yang saling berkait, diantaranya adalah mengenai objek dan wilayah tujuan promosi. Dengan adanya teknik data mining, salah satunya adalah metode klustering dengan K-means, diharapkan data mahasiswa baru dapat diolah menjadi suatu informasi yang lebih bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai salah satu dasar dalam pengambilan keputusan, yaitu menentukan wilayah promosi yang tepat. Kata kunci : Data Mining, Klustering, K-means
PEMBELAJARAN BUDIDAYA TANAMAN ANGGREK BERBASIS MULTIMEDIA
Jurnal Dinamika Informatika Vol 2 No 2 (2010)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.119 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v2i2.896

Abstract

Perkembangan teknologi komputer mengilhami untuk dibuatnya aplikasi komputer pembelajaran budidaya tanaman anggrek, pembudidayaan tanaman yang dimulai dari pembibitan, pengolahan media tanam, pemindahan bibit, pemupukan dan penyiraman serta hama dan penyakit tanaman. Permasalahannya adalah bagaimana menganalisa dan merancang visualisasi budidaya tanaman anggrek berbasis multimedia dengan menggunakan multimedia builder 4.9.8 sesuai dengan perkembangan teknologi. Tujuan dalam pembuatan tugas akhir ini adalah untuk membangun atau merancang visualisasi pembelajaran budidaya anggrek berbasis multimedia. Perangkat keras yang digunakan dalam pembuatan tugas akhir ini adalah komputer dan handycam dan perangkat lunak yang digunakan adalah Multimedia Builder 4.9.8. Dengan pembelajaran ini user dapat memilih modul visualisasi yang tersedia di dalam program ini. Penelitian ini menghasilkan pembelajaran budidaya tanaman anggrek berbasis multimedia. Dalam pembelajaran ini sebaiknya ditambahkan lagi materi yang akan dijabarkan dan divisualisasikan agar menjadi lebih meluas. Kata Kunci: Pembelajaran, Budidaya Tanaman Anggrek, Multimedia
IDENTIFIKASI MACAN TUTUL DENGAN METODE GREY LEVEL COOCURENT MATRIX ( GLCM)
Jurnal Dinamika Informatika Vol 2 No 2 (2010)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.886 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v2i2.897

Abstract

Tekstur (Textures) adalah sifat-sifat atau karakteristik yang dimiliki oleh suatu daerah yang cukup besar sehingga secara alami sifat tersebut dapat berulang dalam daerah tersebut. Pola-pola yang teratur muncul secara berulang-ulang dengan interval jarak dan arah yang tertentu.Syarat terbentuknya tekstur adalah Adanya pola-pola primitive yang terdiri dari satu atau lebih piksel dan pola-pola primitif tadi muncul berulang-ulang dengan interval jarak dan arah tertentu sehingga dapat diprediksi karakteristik pengulangannya. Sebuah citra macan tutul memenuhi persyaratan sebagai tekstur karena memenuhi dua syarat tersebut. Salah satu metode yang digunakan untuk menganalisis citra adalah metode GLCM ( Grey Level CoocurentMatrix). Dalam metode GLCM derajad keabuan sebuah citra dengan ukuran tertentu  direpresentasikan sebagai sebuah matrik co-occurrence. Dengan melakukan perhitungan tertentu pada matrik co-occurrence maka akan dapat diketahui nilai derajad keabuan dari citra yang bersebelahan dengan citra yang diambil. Dengan menggunakan Matlab  untuk mengimplementasikan analisa citra, akan dapat ditentukan apakah sebuah citra mempunyai tekstur macan tutl atau bukan. Kata Kunci : Macan Tutul, GLCM, Citra, Matrik co-occurrence
E-COMMERCE : MODEL PERILAKU KONSUMEN
Jurnal Dinamika Informatika Vol 2 No 2 (2010)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.496 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v2i2.898

Abstract

Perkembangan pengguna komputer sangat cepat serta didukung oleh sermakin terjangkaunya harga komputer serta semakin mudahnya penggunakan komputer semakin membuka peluang terbentuknya pasar maya (pasar digital). Perkembangan pengguna internet yang cepat mendorong dunis usaha untuk memanfaatkan internet sebagai sarana untuk berhubungan dengan konsumen. Keputusan membeli oleh konsumen dipengaruhi oleh berbagai faktor yang dapat dikelompokan menjadi : (1) Stimuli pemasaran; (2) Lingkungan sosial budaya masyarakat; dan (3) Psikologi konsumen. Langkah-langkah yang dilakukan oleh konsumen hinga keputusan membeli dan setelah keputusan membeli adalah sebagai berikut : (1) Pengenalan kebutuhan oleh konsumen; (2) Pencarian informasi tentang produk yang diinginkan; (3) Evaluasi dari berbagai produk yang dipilih agar mendapatkan produk yang paling sesuai kebutuhan; (4) Keputusan membeli produk; dan (4) Perliku setelah mengkonsumsi/menggunakan produk (kepuasan). Kata kunci : perilaku konsumen, keputusan membeli, faktor yang mempengaruhi keputusan membeli.

Page 1 of 1 | Total Record : 10