cover
Contact Name
Herny Februariyanti
Contact Email
dinamika@edu.unisbank.ac.id
Phone
+6224-8311668
Journal Mail Official
dinamika@edu.unisbank.ac.id
Editorial Address
Jl. Tri Lomba Juang No.1 Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Dinamika Informatika: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi
Published by Universitas Stikubank
ISSN : 20853343     EISSN : 27148769     DOI : https://doi.org/10.35315/informatika.v12i1
Core Subject : Science,
Jurnal Dinamika Informatika merupakan jurnal yang berisikan tentang ilmu pengetahuan di bidang Sistem Informasi yang mencakup hasil penelitian, kajian teori, ilmu terapan metode yang terkait dengan spesialisasi Sistem Informasi meliputi Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Pendukung Keputusan, Data Mining, Database, Information Retrieval, e-Government, e-Bussines, Manajemen Proyek dan bidang lain yang relevan dengan Sistem Informasi. Mendorong ilmuwan, praktisi, dan lainnya untuk melakukan penelitian dan aktivitas serupa lainnya.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2012)" : 9 Documents clear
SISTEM INFORMASI ANGGARAN KESEHATAN SWAKELOLA PEGAWAI DAN KELUARGA PDAM TIRTA MOEDAL KOTA SEMARANG
Jurnal Dinamika Informatika Vol 4 No 2 (2012)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (721.915 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v4i2.3771

Abstract

Dengan adanya peradaban dunia yang lebih maju yang ditandai dengan adanya perangkat teknologi komputer, pengolahan data serta pemanfaatannya dapat memenuhi kebutuhan umat manusia dari pengguna suatu sistem informasi. Tujuan dari penelitian dan pembuatan laporan ini adalah untuk membangun sistem informasi terkomputerisasi dengan berbasis Database yang pembuatannya menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 dan Microsoft Access sebagai databasenya serta Crystal Report sebagai desain laporannya. Data pegawai dan keluarga yang menjalani rawat inap diinputkan ke dalam program, dimana dari program tersebut dapat mengetahui riwayat kesehatan pegawai, anggaran yang dikeluarkan oleh perusahaan maupun pegawai serta jumlah plafon kesehatan .   Kata kunci : Sistem, Informasi, Kesehatan Swakelola
APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KAMBING POTONG MENGGUNAKAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)
Jurnal Dinamika Informatika Vol 4 No 2 (2012)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (794.054 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v4i2.3772

Abstract

Era globalisasi menuntut sumber daya manusia yang baik dan bermutu untuk selalu siap berkompetisi, baik pada nasional, regional, maupun internasional. Pembuatan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kambing Potong, dimaksudkan untuk mendukung pemerintah daerah dalam membangun infastruktur dalam bidang teknologi informasi. RPH (rumah potong hewan) merupakan salah satu yang berada dilingkungan Demak yang menangani proses pemotongan kambing potong. Dari perjalanan proses pemotongan kambing yang ada dilingkungan RPH Bp. Zaini selama ini dalam proses pemilihan kambing potong tidak berjalan pada sebuah sistem yang baik, yang mana tidak memperhatikan proses criteria yang harus dijalani. Pemilihan criteria yang harus dipenuhinya diantanya kriteria jenis kambing, jenis kelamin, umur kambing, tinggi kambing dan berat badan sehingga hasil yang diperoleh kurang maksimal. Dari permasalahan tersebut, pihak RPH memerlukan adanya sebuah sistem yang dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan untuk proses pemilihan kambing potong. Sistem yang dibangun ini menggunakan metode Fuzzy untuk proses pemecahan masalahnya dan diharapkan sistem ini mampu membantu mendukung suatu pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pengambil keputusan. Dalam hal ini kepala RPH Bp. Zaini dalam proses pemilihan kambing potong. Hasil dari proses sistem ini adalah berupa daftar laporan peringkat kambing-kambing yang masuk di RPH Bp. Zaini pada hari itu dan langsung diseleksi pada sistem dan sistem mengeluarkan hasil berupa kambing yang layak di potong pada hari itu. Metode yang digunakan dalam sistem pendukung keputusan ini adalah metode SAW (Simple Additive Weighting Method). Metode SAW sering juga dikenal istilah metode penjumlahan terbobot. Konsep dasar metode SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kriteria pada setiap alternatif pada semua atribut. Metode SAW membutuhkan proses normalisasi matriks keputusan (X) ke suatu skala yang dapat diperbandingkan dengan semua rating alternative yang ada. Dengan adanya aplikasi sistem pendukung keputusan proses. pemilihan kambing potong ini diharapkan dapat mempermudah pengambil keputusan untuk memilih kambing yang layak untuk dipotong atau tidak.   Kata Kunci : Rumah Potong Hewan, SAW, Kambing Potong
APLIKASI PUZZLE DENGAN BENTUK POTONGAN ACAK BERBASIS FLASH
Jurnal Dinamika Informatika Vol 4 No 2 (2012)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (526.805 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v4i2.3773

Abstract

Hiburan menjadi salah satu kebutuhan hidup dimasa sekarang ini. Dalam kehidupan ini, hiburan menjadi sarana untuk melepas lelah dan kejenuhan. Salah satu hiburan yang paling berkembang saat ini adalah game. Perkembangan game sendiri semakin maju. Tampilan visual yang menarik menjadi salah satu daya tarik bagi penggunanya yang merupakan anak-anak maupun orang dewasa. Selain menarik, game itu sendiri harus didukung dengan pemainan yang edukatif atau mendidik. Salah satu game yang cukup edukatif adalah game puzzle. Tujuan utama dari game puzzle adalah menyusun potongan-potongan gambar yang terpisah menjadi satu gambar yang utuh. Dalam tugas akhir ini dirancang sebuah game yang berjudul Aplikasi Puzzle Dengan Bentuk Potongan Acak Berbasis Flash. Software dirancang menggunakan Adobe Flash CS5, Adobe Photoshop 7.0, Adobe Audition. Program ini dikembangkan menggunakan metode multimedia, dengan tahapan-tahapan Concept (konsep), Design (perancangan), Material Collecting (pengumpulan bahan), Assembly (tahap pembuatan), Testing (pengujian), Distributuon (distribusi). Dalam game puzzle ini, user diberi 3 pilihan tingkat kesulitan. Selain itu game puzzle ini dilengkapi dengan pengetahuan tentang hewan berdasarkan jenis makanannya.   Kata Kunci : game, puzzle, multimedia.
RANCANG BANGUN SISTEM APLIKASI KATALOG BARANG¬ BARANG PENJUALAN PADA PAND’S COLLECTION SEMARANG.
Jurnal Dinamika Informatika Vol 4 No 2 (2012)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (931.922 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v4i2.3774

Abstract

Pand’s colletion semarang ini bergerak dibidang bisnis penjualan busana yang sekaligus menghasilkan informasi berbagai busana yang dijual baik spesifikasi harga maupun ketersediaan stok barang lebih cepat dan akurat yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sistem aplikasi penjualan terkomputerisasi dengan web dan pembuatannya menggunakan Macromedia Dreamweaver dan PHP. Data penjualan dimasukan kedalam suatu form yang disediakan oleh sistem penjualan dengan basis web kemudian setelah di upload sistem akan menampilkan produk katalog sehingga dapat di baca oleh orang lain. Kata Kunci Sistem, Aplikasi, Penjualan, Katalog
RANCANG BANGUN PROGRAM APLIKASI PENCARIAN RUANG DI KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES)
Jurnal Dinamika Informatika Vol 4 No 2 (2012)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1381.05 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v4i2.3775

Abstract

Perkembangan dalam dunia komputer pada sekarang menunjukan pertumbuhan yang sangat cepat, setiap tahun bahkan dalam hitungan bulan banyak hardware maupun software baru yang bermunculan. Komputer sekarang sudah menjadi sebuah perangkat keras yang banyak digunakan oleh perusahaan, instansi bahkan perorangan. Dengan tersedianya program aplikasi pendukung yang ada di dalam komputer maka pemakai merasa lebih dipermudahkan dalam penyelesainya tugas-tugasnya. Dalam skripsi ini dirancang sebuah aplikasi desktop berupa pencarian ruang di dalam kampus dengan bantuan denah animasi kampus unnes. Karena banyak pengunjung di kampus yang kesusahan dalam mencari letak ruang atau gedung yang ingin dituju. Untuk merancang program aplikasi pencarian ruang ini penulis menggunakan bahasa pemrograman Delphi karena cocok untuk diaplikasikan kedalam komputer maupun laptop. Dalam menjalankan program aplikasi ini tidak dikenakan biaya karena sistem yang berjalan tidak online tetapi offline.   Kata kunci : Aplikasi desktop, pencarian ruang, delphi
RANCANG BANGUN SISTEM APLIKASI PEMESANAN TIKET PERJALANAN SECARA ON-LINE BERBASIS WEB PADA PO.DEWI SRI PEMALANG
Jurnal Dinamika Informatika Vol 4 No 2 (2012)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1341.083 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v4i2.3776

Abstract

Pemesanan tiket perjalanan secara online berbasis web bertujuan untuk memberikan alternatif kemudahan serta efesiensi waktu dalam pemesanan tiket dan informasi jadwal keberangkatan dan kota tujuan. Perancangan sistem pemesanan tiket online berbasis web ini dibuat berdasarkan proses pemesanan tiket pada Po.Dewi Sri Pemalang diimplementasikan dengan menggabungkan bahasa pemrograman PHP sehingga nantinya dapat diakses melalui komputer yang mempunyai jaringan wireless.
APLIKASI PEMESANAN KADO ONLINE PADA EMY COLLECTION BERBASIS WEB
Jurnal Dinamika Informatika Vol 4 No 2 (2012)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (762.947 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v4i2.3777

Abstract

Sistem pemesanan kado memiliki kekurangan serta kelemahan dalam hal pemesanan dan penyebaran informasi sehingga pemesanan kado menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, kami berupaya membuat suatu aplikasi pemesanan kado online pada Emy Collection berbasis web dengan menggunakan PHP dan MySQL yang mencakup cara pemesanan online, cara belanja, cara pembayaran, biaya pengiriman dan proses pengiriman secara online. Aplikasi pemesanan online ini menggunakan tahapan prototype. Dalam membuat sistem informasi kado online ini kami menggunakan pemodelan antara lain :OOD, Use Case, Class Diagram, Sequence Diagram dan State. Dengan adanya sistem informasi secara online ini, pemesanan kado akan lebih mudah dan cepat. Selain itu penyebaran informasi tentang Emy Collection menjadi lebih luas. Sehingga diharapkan penjualan bisa lebih meningkat.   Kata Kunci: Pemesanan, kado, online, web
SISTEM INFORMASI KEUANGAN PADA UPTD GELANGGANG PEMUDA DAN OLAHRAGA DINAS SOSIAL, PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA SEMARANG BERBASIS CLIENT - SERVER
Jurnal Dinamika Informatika Vol 4 No 2 (2012)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1648.751 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v4i2.3778

Abstract

Sistem Informasi Keuangan pada UPTD Gelanggang Pemuda dan Olahraga Dinas Sosial, Pemuda dan Olahraga Kota Semarang merupakan sistem informasi keuangan yang bekerja pada jaringan komputer pada UPTD Gelanggang pemuda dan Olahraga. UPTD Gelanggang Pemuda dan Olahraga merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas di bawah naungan Dinas Sosial, Pemuda dan Olahraga, dimana bergerak dalam bidang penyediaan sarana dan prasarana olahraga dan kepemudaan, seperti : Kolam renang, gedung pertemuan, penginapan, lapangan tenis, lapangan bulutangkis, lapangan sepak bola, lapangan atletik, gedung perkantoran dan ruko. UPTD Gelanggang Pemuda dan Olahraga secara periodik diwajibkan untuk melaporkan pendapatan yang diterima dan biaya operasional yang dikeluarkan dari dana APBD Tk. II kepada Dinas Sosial, Pemuda dan Olahraga, Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, serta Inspektorat Wilayah Kota Semarang. Kebutuhan penyajian informasi keuangan yang cepat, tepat waktu, relevan dan dapat dipercaya tentulah sangat dibutuhkan untuk menunjang kinerja UPTD Gelanggang Pemuda dan Olahraga khususnya dalam penentuan langkah- langkah pencapaian target pendapatan dan penentuan kebijakan yang lain. Sehingga dengan penerapan sistem informasi keuangan berbasis client-sever ini, diharapkan adanya peningkatan terhadap kinerja UPTD Gelanggang Pemuda dan Olahraga Kota Semarang. Kata Kunci : Sistem Informasi Keuangan, Client, server.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN MELALUI WEB PADA CV. IDENTITAS KARYA PRIMA SEMARANG
Jurnal Dinamika Informatika Vol 4 No 2 (2012)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1155.171 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v4i2.3779

Abstract

CV. Identitas Karya Prima bergerak dalam bidang konveksi. CV. Identiats Karya Prima mempunyai kekurangan ataupun kesulitan dalam hal menjual hasil – hasil produksinya, sementara produk dari CV. Identitas Karya Prima dapat terjual hanya pada waktu melakukan penawaran dan itupun tidak semua penawaran deal. Penelitian ini bertujuan membangun system informasi penjualan melalui web pada CV. Identitas Karya Prima dengan bantuan media internet, yaitu dengan metode E-Commerce. Untuk mendukung pembuatan web penjualan hasil produksi dari CV. Identitas Karya Prima dengan metode E-Commerce, penelitian ini menggunakan software Dreamweaver, Xampp, Corel Draw X5, dll. Sedangkan untuk menampilkan web tersebut, penulis menggunakan Mozilla firefox dan berguna juga untuk membantu dalam tahap design web tersebut. Penelitian ini telah menghasilkan system Informasi Penjualan melalui Web pada CV. Identitas Karya Prima Semarang. Kata Kunci : Sistem Informasi Penjualan, E - Commerce.

Page 1 of 1 | Total Record : 9