cover
Contact Name
Herny Februariyanti
Contact Email
dinamika@edu.unisbank.ac.id
Phone
+6224-8311668
Journal Mail Official
dinamika@edu.unisbank.ac.id
Editorial Address
Jl. Tri Lomba Juang No.1 Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Dinamika Informatika: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi
Published by Universitas Stikubank
ISSN : 20853343     EISSN : 27148769     DOI : https://doi.org/10.35315/informatika.v12i1
Core Subject : Science,
Jurnal Dinamika Informatika merupakan jurnal yang berisikan tentang ilmu pengetahuan di bidang Sistem Informasi yang mencakup hasil penelitian, kajian teori, ilmu terapan metode yang terkait dengan spesialisasi Sistem Informasi meliputi Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Pendukung Keputusan, Data Mining, Database, Information Retrieval, e-Government, e-Bussines, Manajemen Proyek dan bidang lain yang relevan dengan Sistem Informasi. Mendorong ilmuwan, praktisi, dan lainnya untuk melakukan penelitian dan aktivitas serupa lainnya.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2015)" : 9 Documents clear
TEKNIK KLUSTERING UNTUK MENGANALISA PEMINATAN SEKOLAH PADA PENERIMAAN PESERTA DIDIK ONLINE TINGKAT SMA DI KOTA SEMARANG
Jurnal Dinamika Informatika Vol 7 No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.004 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v7i1.4207

Abstract

ABSTRAK Sejak pemerintah kota Semarang menyelenggarakan penerimaan peserta didik baru secara online, khususnya untuk tingkat SMA Negeri di Kota Semarang, banyak permasalahan dapat diatasi dengan adanya sistem tersebut. Orang tua/wali dan calon peserta didik tidak lagi harus banyak mengeluarkan tenaga dan pikiran untuk melakukan proses pendaftaran, seperti pergi jauh menuju lokasi sekolah dan menunggu antrian yang cukup lama, tetapi cukup dengan melakukan proses secara online melalui internet. Yang sangat perlu diperhatikan adalah bagaimana proses yang berjalan secara real-time tersebut dapat dipantau secara transparan oleh masyarakat luas, sehingga keputusan yang harus diambil oleh orang tua/wali maupun calon peserta didik sepenuhnya tepat berdasarkan kesadaran dan kondisi yang ada pada saat proses penerimaan siswa baru secara online berlangsung. Yang menjadi unik adalah ketika mengamati bagaimana jumlah SMA yang ada di Kota Semarang diserbu oleh calon peserta didik yang begitu banyak, yang berasal dari negeri maupun swasta dan dari dalam kota maupun luar kota. Kuota yang ada pada setiap sekolah tentunya tidak dapat menampung semua jumlah pendaftar, sehingga ketentuan pada proses seleksilah yang akan menjadi dasar akhir penerimaan. Tidak semua calon peserta didik yang berasal dari sekolah negeri bisa diterima di sekolah yang dituju, demikian pula calon peserta didik yang berasal dari sekolah swasta tetap memiliki kesempatan yang sama untuk bisa diterima di sekolah negeri tujuannya. Dengan menggunakan metode data mining dan teknik klustering diperoleh gambaran hasil bagaimana proses seleksi masuk di SMA Negeri di Kota Semarang yang cukup ketat namun transparan. Data yang diolah dapat mengetahui sejauh mana calon peserta didik berkompetisi memperebutkan kursi di sekolah yang diidamkannya tersebut. Gambaran hasil berikutnya adalah bagaimana porsi sebenarnya antara calon peserta didik laki-laki dan perempuan yang berkesempatan untuk melanjutkan studi di SMA Negeri. Prosentase pendaftar dari Dalam Rayon, Luar Rayon dan Luar Kota juga tampak jelas dalam hasil analisa. Terakhir adalah bagaimana dengan data mining dan teknik klustering diperoleh gambaran kelompok calon peserta didik dengan nilai tinggi, sedang dan rendah, serta kelompok jumlah calon peserta didik dari asal sekolah mereka. Keywords : peserta didik, online, klustering
E-TOURISM WARISAN BUDAYA KOTA SEMARANG DENGAN MEMANFAATKAN WEB SERVICE
Jurnal Dinamika Informatika Vol 7 No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1360.745 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v7i1.4208

Abstract

AbstrakSemarang, kota tua di pantai utara Jawa yang pernah menjadi pusat perdagangan produk perkebunan di masa kolonial Belanda. Kejayaan masa tersebut ditandai dengan pembangunan kota di sisi utara Semarang yang semula dirancang untuk menjadi pusat pemerintahan kolonial Belanda. Semarang memiliki potensi wisata yang lengkap yang bisa ditawarkan pada calon wisatawa domestik maupun mancanegara, seperti wisata kota lama, wisata religi berupa bangunan kuno dan bersejarah, wisata kuliner tradisonal, kuliner cina dan tempo doeloe. Industri pariwisata budaya banyak melibatkan berbagai pemangku kepentingan berupa keputusan untuk mencari dan memperoleh informasi yang berkenaan dengan kota lama Semarang, bagaimana seorang wisatawan mudah mengakses informasi berkitan kunjungan ke lokasi wisata, transportasi apa saja yang bisa digunakan. Pariwisata elektronik Web service dibangun sebagai gerbang informasi bagi wisatawan tentang program-program yang ditawarkan di pariwisata, kesempatan, dan hal teknis di lapangan dalam melakukan perjalanan wisata warisan budaya kota lama di Semarang sehingga dapat dimanfaatkan oleh para pengembang aplikasi pariwisata. Kata Kunci: Web Service, pariwisata budaya , kota lama semarang
ALGORITMA GRAPH UNTUK KLASIFIKASI PERUNDANG-UNDANGAN
Jurnal Dinamika Informatika Vol 7 No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (790.043 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v7i1.4209

Abstract

AbstractBerkembangnya teknologi informasi meningkatkan ketersediaan penyampaian dan penyimpanan dokumen perundang-undangan melalui internet, dimana internet menjadi media publikasi yang sangat populer. Banyaknya dokumen perundang- undangan yang tidak terstruktur sebagai dampak dari perkembangan teknologi informasi yang membutuhkan suatu cara pengorganisasian atau pengelompokan informasi untuk kemudahan pengolahannya. Oleh sebab itu kategorisasi dokumen perundang-undangan secara otomatis merupakan salah satu solusi untuk masalah tersebut karena dengan signifikan dapat mereduksi biaya dan waktu kategorisasi manual. Penelitian ini telah dibangun klasifikasi dam visualisasi perundang-undangan. Klasifikasi dan visualisasi mampu menggambarkan perundangan yang mempunyai dasar hukum yang sama. Algoritma untuk klasifikasi graph masih sebatas berdasarkan dasar hukum. Teori graph pada penelitian ini digunakan untuk menampilkan visualisasi dokumen perundang-undangan. Teori graph sebagai alat bantu untuk merumuskan masalah-masalah yang ada serta mendefinisikan struktur hubungan antara perundang-undangan yang satu dengan yang lain menggunakan dasar hukum yang sama. Kata kunci : klasifikasi, visualisasi, graph, perundang- undangan
PENERAPAN ALGORITMA k-NN (nearest Neighbor) UNTUK DETEKSI PENYAKIT (KANKER SERVIKS)
Jurnal Dinamika Informatika Vol 7 No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (850.631 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v7i1.4210

Abstract

AbstrakSistem pakar merupakan sistem yang berusaha mengadopsi kepakaran manusia sehingga komputer bisa melakukan hal-hal yang dapat dikerjakan oleh seorang pakar untuk memecahkan permasalahan yang bersifat spesifik. Pakar dalam hal ini adalah seorang yang ahli di bidangnya. Sistem pakar dapat digunakan untuk semua bidang ilmu termasuk dunia medis/kedokteran. Salah satu yang berkaitan dengan medis adalah penyakit kanker mulut rahim yang amat ditakutkan semua wanita karena menyerang organ reproduksi yang disebabkan oleh virus Human Virus Papilloma (HPV). Ada banyak teknik untuk meningkatkan keakuratan keputusan yang dapat digunakan salah satunya dengan menggunakan algoritma sehingga dapat meningkatkan keakuratan keputusan yang diambil. Salah satu algoritma yang digunakan adalah algoritma k-Nearest Neighbour (KNN). Algoritma Nearest Neighbor (k-nearest neighbor atau k-NN) adalah sebuah algoritma untuk melakukan klasifikasi terhadap objek berdasarkan data pembelajaran yang jaraknya paling dekat dengan objek tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah suatu rekayasa inferensi kepakaran dengan tujuan untuk memperoleh keputusan klinis penyakit kanker rahim berdasarkan tingkat stadium sebagai upaya meningkatkan pelayanan praktek kedokteran pada pasien untuk penanganan medis sedini mungkin. Kata Kunci : Model Algoritma, Keputusan Klinis, k-Nearest Neighbor (k-NN), Kanker Mulut Rahim
KLASIFIKASI MODEL BASIS PENGETAHUAN UNTUK PERACIKAN TANAMAN OBAT BERDASAR SIFAT TANAMAN
Jurnal Dinamika Informatika Vol 7 No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (822.507 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v7i1.4211

Abstract

AbstraksiTanaman obat didefinisikan sebagai jenis tanaman yang sebagian, seluruh tanaman dan atau eksudat tanaman tersebut dapat digunakan obat, bahan, atau ramuan obat-obatan. Tanaman obat adalah tanaman yang memiliki khasiat obat dan digunakan sebagai obat dalam penyembuhan maupun pencegahan penyakit. Pengembangan model sistem berbasis pengetahuan diperlukan untuk memformulasikan berbagai cara peracikan sesuai dengan komposisi herba dan solusi yang bisa diberikan untuk penyakit. Dengan ketersediaan bank data tanaman yang berkhasiat obat bisa digunakan untuk pengembangan berbagai program aplikasi Informasi mengenai tanaman obat bagi alternatif pengobatan secara herba yang dikembangkan berdasar model yang dibuat. . Kata Kunci: Model Basis Pengetahuan tanaman obat, Peracikan
PENGGUNAAN METODE FUZZY TAKAGI-SUGENO DI ARDUINO UNO UNTUK PENGENDALI PINTU DAN POMPA AIR
Jurnal Dinamika Informatika Vol 7 No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1055.851 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v7i1.4212

Abstract

ABSTRACTTeknologi microkontroller saat ini berkembang sangat pesat mengkibatkan semakin cangih pula sistem kontrol yang diciptakan. Metode lama yang digunakan adalah dengan sistem manual yang dilihat dengan parameter papan yang terdapat ukuran. Setiap beberapa saat yang di rasa perlu maka penjaga pintu air akan melihat tinggi permukaan air untuk disesuaikan dengan ketinggian pintu air yang dibutuhkan guna menjaga ketersediaan air. Sistem ini sudah berjalan. Kelemahan yang timbul adalah kejenuhan atau keteledoran manusia dalam membuka atau menutup pintu air yang menyebabkan keterlambatan membuka atau menutup. Untuk mengantisipasi hal tersebut adalah dengan otomatisasi sistem control ketinggian air dan ketinggian pintu air dalam membuka terhadap kebutuhan luaran air yang dibutuhkan. Penelitian ini menghasilkan suatu sistem kontrol ketinggian air dan pintu air dengan menggunakan metode fuzzy TSK. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem kontrol ini dapat digunakan dan sukup memiliki kepresisian yang cukup tinggi, dengan penyimpangan data yang kecil sekali yakni sebesar 0,045. Dengan demikian sistem kontrol ini dapat dikatakan layak untuk digunakan sebagai dasar untuk pengembangan metode kontrol. Hal ini memberikan harapan agar dapat mengurangi kelemahan yang timbul dalam sistem manual atau sistem lama. Keywords : kontrol, ketinggian air, Arduino UNO, pintu air dan fuzzy TSK
PENGEMBANGAN APLIKASI PEMANTAU GEMPA DAN CUACA DI INDONESIA PADA SMARTPHONE ANDROID (MEMANFAATKAN DATA DARI BMKG)
Jurnal Dinamika Informatika Vol 7 No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (608.961 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v7i1.4213

Abstract

AbstractPenelitian melakukan Pengembangan Aplikasi Pemantau Gempa Dan Cuaca Di Indonesia Pada Smartphone Android. Gempa bumi merupakan kejadian alam yang tidak dapat diprediksi oleh setiap orang termasuk para ilmuan. Untuk mendapatkan informasi secara lebih cepat dan akurat, diperlukan sebuah sistem yang dapat memonitoring terjadinya gempa dan cuaca. Pesatnya perkembangan teknologi informasi, menjadikan pembuatan sistem monitoring gempa dan cuaca ini menjadi lebih dimungkinkan. Aplikasi monitoring gempa bumi ini dikembangkan untuk perangkat bergerak yang berbasis sistem operasi Android dengan memanfaatkan data dari BMKG. Sistem dapat mengecek gempa baru secara real-time. Pada aplikasi juga berisi fasilitas untuk melihat peta lokasi gempa di seluruh Indonesia. Metode penelitian yang digunakan model siklus hidup pengembangan sistem (Sistem Development Life Cycle). Pengembangan aplikasi ini mempergunakan pendekatan berorientasi objek dengan memanfaatkan pemodelan sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML). Implementasi menggunakan tools Android SDK (Software Development Kit) dan Eclipse IDE (Integrated DevelopmentEnvironment) dengan bahasa pemrograman Java. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan hasilnya akan membantu masyarakat memperoleh informasi lokasi gempa dan cuaca di Indoensia. Kata Kunci : gempa bumi, cuaca, Android, BMKG, UML
SISTEM INFORMASI PARIWISATA BERBASIS WEB : STUDI KASUS FASILITAS PENGINAPAN DI WILAYAH PROPINSI YOGYAKARTA
Jurnal Dinamika Informatika Vol 7 No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1002.325 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v7i1.4214

Abstract

ABSTRAKSISistem Informasi Penginapan berbasis WEB ini memberikan beberapa informasi yang berhubungan langsung dengan informasi penginapan yang ada di Wilayah Provinsi Yogyakarta. Sistem informasi yang dibangun bersifat interaktif dimana user (pemakai informasi) dapat memilih sendiri informasi penginapan yang dibutuhkan. Dalam hal ini informasi yang dipilih berdasarkan beberapa kriteria yaitu Area lokasi penginapan, Harga sewa yang dicantumkan serta Jumlah Kamar Tidur yang disediakan. Hal ini didasarkan pemikiran bahwa masing-masing wisatawan memiliki pertimbangan tersendiri dalam menentukan tempat penginapan yang representatif. Obyek penelitian yang digunakan dalam penilitian ini yaitu beberapa villa yang ada di daerah provinsi Yogyakarta. Pemilihan lokasi tersebut mengingat secara statistik provinsi ini menempati peringkat kedua setelah provinsi Bali dalam hal Daerah Tujuan Wisata (DTW).Kata kunci : sistem informasi penginapan, area penginapan, harga sewa penginapan, kamar tidur penginapan
PEMODELAN APLIKASI NAVIGASI DAN PENENTUAN RUTE TERDEKAT DENGAN WAKTU TERCEPAT MENUJU TEMPAT OLEH-OLEH DI KOTA SEMARANG PADA ANDROID
Jurnal Dinamika Informatika Vol 7 No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (916.807 KB) | DOI: 10.35315/informatika.v7i1.4215

Abstract

AbstrakKota Semarang sebagai ibukota Jawa Tengah memiliki pusat oleh-oleh yang sering didatangi oleh wisatawan. Namun karena kurang informasi mengenai keberadaan lokasi pusat oleh-oleh tersebut maka banyak wisatawan mengalami kesulitan mencari lokasi pusat oleh-oleh tersebut. Tujuan penelitian ini adalah merancang aplikasi penentuan rute terdekat dengan waktu tercepat menuju lokasi pusat oleh-oleh secara real time dengan menggunakan GPS pada smartphone android. Metode penelitiannya dengan model siklus hidup pengembangan sistem. Model analisis sistem menggunakan Use Case Diagram, Sequence Diagram, Activity Diagram, Class Diagram. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi menentukan rute terdekat dengan waktu tercepat ke lokasi pusat oleh-oleh di kota Semarang dengan mobile android. Dengan hasil penelitian ini diharapkan akan mempermudah wisatawan dalam memperoleh informasi lokasi pusat oleh-oleh terdekat dari posisi wisatawan di kota Semarang.Kata Kunci : pusat oleh-oleh, android, GPS, semarang, rute

Page 1 of 1 | Total Record : 9