cover
Contact Name
Lilis Satriah
Contact Email
lilis.satriah@uinsgd.ac.id
Phone
+628172315449
Journal Mail Official
jurnal.irsyad@uinsgd.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/irsyad/about/editorialTeam
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
ISSN : 20864116     EISSN : 20864116     DOI : https://doi.org/10.15575/irsyad
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2008. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan dengan kajian Bimbingan dan Konseling Islam meliputi bimbingan konseling pendidikan Islam, bimbingan konseling mental Islam, bimbingan konseling karir Islam, bimbingan konseling Keluarga sakinah, bimbingan konseling paska bencana, bimbingan konseling Rohani Islam; penyuluhan Islam: penyuluhan sosial agama, penyuluhan penanggulangan NAPZA, penyuluhan keluarga berencana, penyuluhan remaja; media BKI: e-counseling Islam; training Islam, dan motivasi Islami. Naskah yang masuk ke editor jurnal sebelum dipublikasikan akan melewati penilaian melalui double blind review, artinya baik penulis maupun reviewer tidak saling mengetahui.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam" : 6 Documents clear
Teknik Bimbingan Kelompok melalui MetodeWide game untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Sarah Arini Nur Siti Robiah; Wiryo Setiana; Sugandi Miharja
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 1 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.395 KB)

Abstract

This paper aims to find out processes, obstacles and results of the implementation of the group guidance technique through wide game in extracurricular activities Scouts in MTs An-nur 1 Kp. Karanganyar Mekarmulya Malangbong, Garut. This research used used to the qualitative approach with the deskriftif method. Research result are found suggest that in the process the group guidance techniques through wide this game includes three basic stages of its work, namely, the content of the materials and media used. but in the process there are just obtacles experienced by the patrons and students. After following the activities of the wide game change occurred against the confidenceof students in their appearance, communicating in a fringe opinion, taking the decision, cooperate between member groups and in the competition. Keywords: Group Guidance; Wide Game; Confidence. Penelitian ini mengungkapkan proses, hambatan, dan hasil pelaksanaan teknik bimbingan kelompok melalui metode wide game dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MTs An-nur 1 Kp. Karanganyar Desa Mekar Mulya Malangbong Garut. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa prosesn teknik bimbingan kelompok melalui metode wide game ini mencakup tiga hal pokok yaitu tahapan kegiatann, isi materi dan media yang digunakan. Namun dalam prosesnya ada hambatan yang dialami oleh pembina dan siswa saat akan melakukan kegiatan wide game. Setelah mengikuti kegiatan wide game terjadi perubahan terhadap kepercayaan diri siswa dalam berpenampilan, berkomunikasi, mengemukakan pendapat, mengambil keputusan, bekerjasama antar anggota kelompok dan dalam berkompetisi. Kata kunci: Bimbingan Kelompok; Wide Game; Kepercayaan Diri.
Strategi Kolaboratif Guru BK dengan Guru PAI dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa Mira Herdiani; Aep Kusnawan; Hajir Tajiri
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 1 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.478 KB)

Abstract

This study illustrates student’s profile, the collaboration of BK teachers with PAI teachers, collaborative methods and results achieved from the collaboration in shaping students good deeds in Madrasah Tsanawiyah Al-Mukhlisin. The research method used is qualitative descriptive method. Based on the results of the study found collaborative strategies of teachers BK with teachers PAI in Madrasah Tsanawiyah Al-Mukhlisin running well and effectively where PAI teachers provide understanding, explain, direct about good personal to students, while teachers BK control student's daily attitude outside the classroom by rebuking, saying hello, advices and giving good examples. The results showed akhlakul karimah students in the form of discipline, honest, polite, speak well, and able to control emotions. Keywords: Collaboration; Teacher; Morals; Students. Penelitian ini menggambarkan tentang profil akhlak siswa, kolaborasi guru BK dengan guru PAI, dan hasil yang dicapai dari kolaborasi tersebut dalam membentuk akhlakul karimah siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Mukhlisin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui strategi kolaboratif guru BK dengan guru PAI di Madrasah Tsanawiyah Al-Mukhlisin berjalan dengan baik dan efektif dimana guru PAI memberikan pemahaman, menjelaskan, mengarahkan tentang pribadi yang baik kepada siswa, sedangkan guru BK mengontrol sikap keseharian siswa di luar kelas dengan menegur, memberi sapaan, nasehat dan memberikan contoh. Hasil penelitian menunjukan akhlakul karimah siswa berupa disiplin, jujur, sopan, bertutur kata dengan baik, serta mampu mengontrol emosi. Kata Kunci : kolaborasi; guru; akhlak; siswa.
Peran Bimbingan Keagamaan pada Remaja untuk Mengurangi Dampak Penyalahgunaan NAPZA Miladiyah Nur Rohamah; Tjetjep Fachruddin; Abdul Mujib
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 1 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.92 KB)

Abstract

The purpose of this study is to know the process, the role and the achievements of the religious guidance process of Baitul Ummah Foundation in reducing drug abuse in adolescents. The method used in the core research is descriptive method. The data found that process of implementing religious guidance in the Baitul Ummah Foundation consists of mentors, materials, media, methods. The result of this guidance that teenagers begin to live better by not using the drug again and if seen from the spiritual condition, the teenager began to perform his duty back as a servant of God with the good that is by performing the obligations of an Islamic people such as praying, fasting and other etc. Keywords: guidance; religion; youth; drugs. Penelitian ini mengungkapkan proses, peran, dan capaian bimbingan keagamaan yang dilakukan Yayasan Baitul Ummah dalam mengurangi penyalahgunaan NAPZA pada remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Dalam proses pelaksanaan bimbingan keagamaan di Yayasan Baitul Ummah terdapat pembimbing, materi, media, dan metode. Hasil dari bimbingan di Yayasan Baitul Ummah diketahui remaja mulai menjalani kehidupanya yang lebih baik dengan tidak menggunakan NAPZA kembali serta jika dilihat dari kondisi rohani, remaja mulai melakukan kewajibannya kembali sebagai hamba Allah dengan baik yaitu melaksanakan kewajiban seperti sholat, puasa dan sebagainya. Kata Kunci: bimbingan; keagamaan; remaja; NAPZA.
Konseling Teman Sebaya untuk Meningkatkan Lifeskill Remaja Mutiara Jais; Isep Zaenal Arifin; Dudy Imanuddin Effendy
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 1 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.704 KB)

Abstract

This paper discusses program, implementation, and achievement of peer counseling program to improve lifeskill (life skill) of adolescent at Teenage Youth Counseling Information Center Batujajar Bandung Barat. The method used in this research is descriptive method with qualitative approach. The results found that peer counseling programs at the Youth Adult Youth Counseling Information Center have increased experienced of teenagers in their life kills, physical skills, mental skills, emotional skills, spiritual skills, vocational skills, and skills to face the difficulties, so they become a person who is ready to adapt and be effective in living his daily life and face the future. Keywords: Peer Counseling; Lifeskill; Teenagers. Tulisan ini membahas tentang program, pelaksanaan, dan pencapaian program konseling teman sebaya untuk meningkatkan lifeskill (keterampilan hidup) remaja di Pusat Informasi Konseling Remaja, Rumah Remaja Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deksriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program konseling teman sebaya di Pusat Informasi Konseling Remaja Rumah Remaja meningkatkan life skill (keterampilan hidup) remaja baik keterampilan fisik, keterampilan mental, keterampilan emosional, keterampilan spiritual, keterampilan kejuruan, dan keterampilan menghadapi kesulitan. Keterampilan ini mampu menjadikan para remaja manusia yang siap beradaptasi serta efektif dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan menghadapi masa depan. Kata Kunci : Konseling Teman Sebaya; Lifeskill; Remaja.
Aplikasi Fungsi Bimbingan Karir dan Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Sofi Siti Sofiah
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 1 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.201 KB)

Abstract

This study describes the method of applying the function of career guidance in SMAN 2 Garut and the relationship of application of career guidance function to the interest of grade XII students to continue education to university. This research used quantitative approach with correlation method. The results showed that the implementation of career guidance functions provided by BK teachers on student interest has a very strong relation. Relationship of career guidance function with student interest to continue education to college has high value which is influenced formative indicators of majors, gender, social media, and extracurricular. Thus the function of career guidance resulted in a positive relationship and can affect in helping and developing the interest of students to continue study to university. Keywords: Career Guidance; Student; Interest; College. Penelitian ini mendeskripsikan penerapan fungsi bimbingan karir dan hubungan aplikasi fungsi bimbingan karir dengan minat siswa kelas XII di SMAN 2 Garut untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan fungsi bimbingan karir terhadap minat siswa mempunyai hubungan yang sangat kuat. Hubungan fungsi bimbingan karir dengan minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi memiliki nilai yang tinggi yang dipengaruhi indikator formatif yaitu jurusan, gender, sosial media, dan ekstrakulikuler. Dengan demikian fungsi bimbingan karir menghasilkan hubungan yang positif serta dapat mempengaruhi dalam membantu dan mengembangkan minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kata Kunci: Bimbingan Karir; Siswa; Minat; Perguruan Tinggi.
Peran Pembinaan Rohani terhadap Disiplin Prajurit Asep Muhamad Ramdhan; Syukriadi Sambas
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 1 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.035 KB)

Abstract

The purpose of this research is to know the process and role of spiritual guidance to soldier discipline in carrying out the main task of TNI. In this study used descriptive method with a qualitative approach, in order to easily understand the phenomenon of the real spiritual guidance of Islam given to soldiers. The steps undertaken in this research include observation, interviews, and last search for various documents of coaching which is then analyzed. The results of the research found the spiritual guidance provided by the coach to the soldiers can play a role in establishing and maintaining the discipline of soldiers to carry out basic tasks of the TNI. This can be seen from the decrease in the level of discipline violations, either mild or heavy and the low level of divorce of soldiers. Keywords: spiritual guidance; army discipline; main duty of Indonesian Army Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses dan peran dari pembinaan rohani terhadap disiplin prajurit dalam menjalankan tugas pokok TNI. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, agar mudah memahami fenomena secara nyata tentang pembinaan rohani Islam yang diberikan kepada prajurit. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini diantaranya observasi, wawancara, dan terakhir mencari berbagai dokumen pembinaan yang kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembinaan rohani yang diberikan pembina kepada para prajurit dapat berperan dalam membangun dan menjaga disiplin prajurit untuk menjalankan tugas pokok TNI. Hal ini dapat dilihat dari berkurangnya tingkat pelanggaran kedisiplinan baik yang bersifat ringan ataupun berat dan tingkat perceraian prajurit yang rendah. Kata Kunci : pembinaan rohani; disiplin prajurit; tugas pokok TNI

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 1 (2021): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 8 No 4 (2020): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 8 No 3 (2020): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 8 No 2 (2020): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 8 No 1 (2020): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 7 No 4 (2019): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 7 No 3 (2019): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 7 No 2 (2019): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 7 No 1 (2019): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 4 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 3 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 2 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 1 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 5 No 4 (2017): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 5 No 3 (2017): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 5 No 2 (2017): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 5 No 1 (2017): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 1 No 1 (2008): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam More Issue